Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai implementasi dari upaya tersebut ditindaklanjuti melalui kegiatan penyusunan kisi-kisi dan soal-soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2011-2012.
Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan soal-soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2011-2012 dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas soal Ujian Sekolah sehingga karakteristinya hampir sama dengan Ujian Nasional. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesenjangan antara hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.
Untuk mendukung kegiatan tersebut telah dipersiapkan tenaga fasilitator dan narasumber dari unsur Direktorat PSMA Dirjen Dikmen, Pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu, dan Pengawas Mata Pelajaran Kabupaten Dompu. Sedangkan para penyusun kisi-kisi dan butir soal ditunjuk dari guru-guru yang memiliki komitmen dan kompetensi memadai di bidangnya masing-masing.
Kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan dimaksud, diharapkan dapat menjadikan panduan ini sebagai acuan dalam menjalankan fungsi, peran, dan tugas masing-masing, dengan tetap menjaga dan meningkatkan sikap profesional dalam melakukan pelayanan, sehingga tujuan yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat dicapai secara optimal.
A. LATAR BELAKANG
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa penilaian hasil belajar bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan teknologi dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional (UN).
Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, telah mengambil berbagai langkah konkret untuk menjaga mutu lulusannya diantaranya melalui pembinaan, workshop/bintek, supervisi dan evaluasi ke satuan pendidikan.
Hasil pemantauan Direktorat Pembinaan SMA, menunjukkan bahwa adanya kesenjangan yang cukup tinggi antara hasil Ujian Sekolah (US) dan Ujian nasional (UN). Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut adalah karakteristik soal US yang disusun oleh satuan pendidikan masih berbeda jauh dengan karakteristik soal UN. Hal ini disebabkan oleh kemampuan guru-guru dalam menulis kisi-kisi dan soal masih sangat bervariasi.
Menyikapi kondisi tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu melakukan workshop Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal US sebagai langkah nyata dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu. Kisi-kisi dan naskah soal yang dihasilkan diharapkan memiliki karakteristik dan mutu yang hampir sama dengan UN, sehingga hasil yang dicapai oleh peserta didik saat mengikuti US tidak berbeda jauh dengan hasil UN.
B. TUJUAN
Tujuan kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi-kisi UN tahun pelajaran 2011-2012.
2. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian).
3. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal;
4. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;
5. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal;
6. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam perakitan naskah soal ujian.
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, adalah tersusunnya dokumen-dokumen sebagai berikut:
1. Kisi-kisi soal US tahun pelajaran 2011-2012.
2. Rumusan butir soal yang ditulis dalam bentuk kartu soal, sesuai dengan kisi-kisi sebanyak 5 (lima) paket.
3. Hasil telaah butir soal menggunakan kartu talaah soal.
4. Naskah soal ujian pemantapan sebanyak 5 (lima) paket.
A. PENGORGANISASIAN
Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu Bidang Pendidikan Menengah.
B. JADWAL DAN TEMPAT
Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 akan dilaksanakan dalam 4 (empat) tahapan kegiatan, yaitu:
NO |
PELAKSANAAN |
URAIAN KEGIATAN |
DOKUMEN HASIL |
1. | Tahap I15 Feb 2012 | Penyusunan kisi-kisi soal US. | Kisi-kisi soal US. |
2. | Tahap II16-17 Feb 2012 | Penyusunan butir soal yang ditulis dalam kartu soal sesuai dengan kisi-kisi | Kartu soal sebanyak 5 (lima) paket |
3. | Tahap III18 Feb 2012 | Melakukan telaah butir soal menggunakan kartu telaah | Hasil telaah butir soal dalam bentuk kartu telaah sebanyak 5 (lima) |
4. | Tahap IV18 Feb 2012 | Perakitan dan Finalisasi naskah soal US | Master naskah soal US sebanyak 5 (lima) paket. |
Seluruh kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Wanita, Jl. Beringin Kabupaten Dompu-NTB.
Catatan:
Jadwal kegiatan selengkapnya dapat di lihat pada lampiran 1.
A. NARASUMBER
Narasumber penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, terdiri atas beberapa unsur yaitu:
a. Direktorat Pembinaan SMA.
b. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu.
c. Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu.
d. Tim Pendamping:
1) Drs. Suaidin
2) Drs. Abubakar
B. PESERTA
Peserta Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 adalah guru-guru yang ditunjuk pada masing-masing jenjang satuan pendidikan, didasarkan atas pengalaman, prestasi kerja dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap kemajuan pendidikan.
Daftar peserta terdapat pada Lampiran 2.
C. STRUKTUR PROGRAM
Struktur Program Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, sebagai berikut:
No. |
Materi |
Waktu (@ 45’) |
Narasumber/ Fasilitator |
Metode Penyajian dan Penugasan |
A. |
MATERI UMUM/KEBIJAKAN |
|
||
1. |
Pembukaan/Penutupan |
4 |
Kadisdikpora |
Pleno – Presentasi |
2. |
Orientasi Kegiatan |
2 |
Kabid Dikmen | |
Jumlah |
6 |
|||
|
|
|||
B. |
MATERI POKOK |
|
|
|
3. |
Karakteristik kisi-kisi UN 2011-2012 |
2 |
I Wayan Widana | Presentasi dan Kerja Mandiri |
4. |
Teknik Penulisan Indikator Soal |
2 |
I Wayan Widana | Presentasi dan Kerja Mandiri |
5. |
Penyusunan Kisi-kisi Soal |
4 |
Tim Fasilitator | Presentasi dan Kerja Mandiri |
6. |
Kaidah Penulisan Butir Soal |
2 |
I Wayan Widana | Presentasi dan Kerja Mandiri |
7. |
Penulisan Butir Soal |
16 |
Tim Fasilitator | Presentasi dan Kerja Mandiri |
No. |
Materi |
Waktu (@ 45’) |
Narasumber/ Fasilitator |
Metode Penyajian dan Penugasan |
8. |
Telaah Butir Soal (Kualitatif) |
4 |
Tim Fasilitator | Presentasi dan Kerja Mandiri |
9. |
Perakitan/Finalisasi Naskah Soal US |
4 |
Tim Fasilitator | Presentasi dan Kerja Mandiri |
Jumlah |
34 |
|||
JUMLAH TOTAL |
40 |
Penjelasan Materi Kegiatan:
Pleno Materi Kebijakan/Umum
1. Pembukaan dan Pengarahan
Pembukaan dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu diawali dengan pengarahan tentang kebijakan umum pembinaan satuan pendidikan tahun 2011-2012.
2. Orientasi kegiatan akan disampaikan oleh Kabid Dikmen, berkaitan dengan rencana kegiatan dan hal-hal teknis tentang penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012.
3. Karakteristik kisi-kisi UN 2011-2012
Materi ini akan disampaikan oleh fasilitator Direktorat PSMA, membahas spesifikasi kisi-kisi UN 2012 dan perbedaannya dengan kisi-kisi UN tahun-tahun sebelumnya.
4. Teknik Penulisan Indikator Soal
Materi ini berisi tentang berbagai informasi bagi para peserta tentang pengertian indikator soal, cara merumuskan indikator soal yang dijabarkan dari indikator pencapaian KD, berbagai teknik penulisan indikator soal yang mengacu pada aspek UKRK baik yang berisi stimulus maupun tidak. Pada akhir kegiatan ini peserta diharapkan memiliki keterampilan tentang cara merumuskan indikator soal, yang akan dijadikan dasar untuk menyusun kisi-kisi soal.
5. Penyusunan Kisi-kisi Soal
Dalam sesi ini akan dibahas tentang pentingnya menyusun kisi-kisi soal (blueprint) sebelum penyusunan butir soal. Dengan adanya kisi-kisi soal, diharapkan peserta akan lebih mudah merumuskan butir soal karena spesifikasi soal yang akan diujikan sudah jelas dan terukur. Disamping itu pemetaan soal yang akan diujikan sesuai dengan SK-KD sudah tertentu, sehingga penyebaran butir soal relatif merata sesuai dengan kebutuhan. Pada akhir kegiatan ini, peserta akan menghasilkan dokumen kisi-kisi soal pemantapan ujian nasional tahun pelajaran 2011-2012.
6. Kaidah Penulisan Butir Soal
Pada sesi ini akan diinformasikan tentang aturan penulisan butir soal menyangkut aspek substansi/materi, konstruksi dan kebahasaan. Materi ini merupakan dasar/acuan bagi penulis soal sehingga soal yang dihasilkan diharapkan bermutu dan dapat mengukur dengan tepat aspek yang hendak diukur. Pada akhir sesi ini pemahaman peserta diharapkan dapat ditingkatkan, sehingga dapat merumuskan butir soal dengan baik sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.
7. Penulisan Butir Soal
Kegiatan penulisan butir soal dilakukan dalam bentuk kegiatan mandiri oleh peserta sesuai dengan kisi-kisi yang telah disusun pada kegiatan sebelumnya. Dalam kegiatan penulisan butir soal akan didampingi oleh tim fasilitator sesuai dengan pembagian tugasnya. Alokasi waktu untuk kegiatan penulisan butir soal relatif lebih lama dibandingkan dengan sesi lainnya, karena pada akhir sesi ini peserta wajib menyelesaikan butir soal yang telah ditulis dalam bentuk kartu soal-kartu soal sebanyak 5 (lima) paket.
8. Telaah Butir Soal
Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, agar soal yang disusun sesuai dengan kisi-kisi dan kaidah penulisan butir soal. Kegiatan telaah butir soal dilakukan menggunakan kartu telaah soal. Pada akhir sesi ini peserta wajib mengisi kartu telaah dan melakukan edit terhadap soal yang dipandang tidak sesuai dengan ketentuan pada kartu telaah. Editing dilakukan terhadap 5 (lima) paket butir soal yang telah disusun pada kegiatan sebelumnya.
9. Perakitan/Finalisasi Naskah Soal US
Perakitan tes dilakukan dalam rangka menyusun soal yang tertuang pada kartu soal menjadi master naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012. Soal-soal yang telah diedit melalui kegiatan telaah soal, disusun menjadi naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012. Editing dilakukan pada saat finalisasi terkait dengan penataan tampilan naskah soal (lay out), pengaturan margin, spasi, keterbacaan, dan penggandaan master naskah soal US. Pada akhir kegiatan ini akan tersusun 5 (lima) buah master naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012.
D. PEMBIAYAAN
Semua biaya yang berkaitan dengan kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 ini dibebankan pada DIPA…….
BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan kesimpulan bahwa workshop penyusunan kisi-kisi dan dan penyusunan soal US tahun pelajaran 2011-2012 dapat:
- meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam pengembangan instrumen penilaian/pengujian.
- menghasilkan kisi-kisi dan naskah soal US dengan karakteristik yang hampir sama dengan soal-soal UN, sehingga diharapkan dapat meminimalkan kesenjangan hasil yang diperoleh peserta didik saat US dan UN.
B. REKOMENDASI
1. Workshop penyusunan kisi-kisi dan dan penyusunan soal US tahun pelajaran 2011-2012 perlu dilaksanakan secara berkala, untuk meningkatkan kualitas kisi-kisi dan naskah soal US serta dapat merupakan penyegaran bagi guru tentang materi-materi pengujian.
2. Kepedulian stakeholders sangat diharapkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Dompu.
Lampiran 1.
JADWAL KEGIATAN
PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
KABUPATEN DOMPU-PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal : 15 s.d. 18 Pebruari 2012
1. Hari Kesatu: Rabu, 15 Pebruari 2012
WAKTU |
MATERI |
PENYAJI |
PESERTA |
08.00 – 09.00 | Pembukaan dan Pengarahan Kepala Dinas Pendidikan | Ka. Dinas Pendidikan Kab. Dompu | A dan B |
09.00 – 09.15 | Orientasi Program | Panitia | A dan B |
09.15 – 09.30 |
Istirahat/Snack |
A dan B | |
09.30 – 10.00 | Teknik Pengembangan Kisi-kisi Soal US 2012 | I Wayan Widana | A saja |
10.00 – 12.00 | Pengembangan Kisi-kisi Soal US | Tim Fasilitator | A saja |
12.00 – 13.00 |
SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG |
|
|
13.00 – 15.00 | Pengembangan Kisi-kisi Soal US | Tim Fasilitator | A saja |
15.00 – 15.15 |
Istirahat/Snack |
||
15.15 – 17.00 | Pengembangan Kisi-kisi Soal US (Finalisasi/Pencetakan) | Tim Fasilitator | A saja |
2. Hari Kedua: Kamis, 16 Pebruari 2012
WAKTU |
MATERI |
PENYAJI |
PESERTA |
08.00 – 08.45 | Kaidah Penulisan Butir Soal | I Wayan Widana | B saja |
08.45 – 09.30 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
09.30 – 09.45 |
Istirahat/Snack |
||
09.45 – 12.00 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
12.00 – 13.00 |
SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG
|
|
|
13.00 – 15.00 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
15.00 – 15.15 |
Istirahat/Snack |
||
15.15 – 17.00 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
3. Hari Ketiga: Jumat, 17 Pebruari 2012
WAKTU |
MATERI |
PENYAJI
|
PESERTA |
08.00 – 09.45 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
09.45 – 10.00 |
Istirahat/Snack |
B saja | |
10.00 – 12.00 | Pengembangan Butir Soal | Tim Fasilitator | B saja |
12.00 – 13.00 |
SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG
|
|
|
13.00 – 15.00 | Perakitan Naskah Soal US | Tim Fasilitator | B saja |
15.00 – 15.15 |
Istirahat/Snack |
B saja | |
15.15 – 17.00 | Perakitan Naskah Soal US | Tim Fasilitator | B saja |
4. Hari Keempat: Sabtu, 18 Pebruari 2012
WAKTU |
MATERI |
PENYAJI |
PESERTA |
08.00 – 09.45 | Telaah Kualitatif | I Wayan Widana | A saja |
09.45 – 10.00 |
Istirahat/Snack |
A saja | |
10.00 – 12.00 | Telaah Kualitatif | Tim Fasilitator | A saja |
12.00 – 13.00 |
SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG |
A saja | |
13.00 – 15.00 | Finalisasi/Pencetakan Naskah Soal US | Tim Fasilitator | A dan B |
15.00 – 15.15 |
Istirahat/Snack |
A dan B | |
15.15 – 16.30 | Finalisasi/Pencetakan Naskah Soal US | Tim Fasilitator | A dan B |
16.30 – 17.00 | Penutupan | Panitia | A dan |
Tim Fasilitator:
- I Wayan Widana (Direktorat PSMA)
- Suaidin (Fasilitator)
- Abubakar (FasilitatoR)
Peserta:
A = Penyusun kisi-kisi
B = Penulis Soal US
Lampiran 2.
DAFTAR PESERTA WORKSHOP
PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US)
KABUPATEN DOMPU-PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal : 15 s.d. 18 Pebruari 2012
No. |
N a m a |
Asal Sekolah |
Mata Pelajaran |
Keterangan |
1. |
Sodikin, S.Pd. |
SMAN 1 Woja |
Kimia |
Penyusun Kisi-kisi |
2. |
Dra. Hj. Siti Rahmawati |
SMAN 1 Dompu |
Bahasa Indonesia |
Penyusun Kisi-kisi |
3. |
dst |
Penyusun Kisi-kisi |
||
selamat Berdiskusi.
SukaSuka