//
Opini

Menteri Atur Mutasi Kepala Sekolah

Kepala Daerah Tidak Lagi Berwenang Penuh

JAKARTA — Kepala daerah (bupati atau wali kota) kini tidak lagi punya kewenangan penuh untuk memutasi kepala sekolah (Kasek). Itu terjadi setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kasek.

Dengan adanya permendiknas itu, kewenangan kepala daerah secara resmi diambil alih pemerintah pusat. Mendiknas M. Nuh menjelaskan, peraturan tersebut berlaku untuk mutasi Kasek jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Tidak terkecuali rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). “Semua jenjang akan diatur permendiknas,” ungkapnya.

Menurut dia, salah satu alasan pemindahan kewenangan itu adalah menyiapkan pemimpin tertinggi lembaga pendidikan dengan baik. Dia menyatakan, jika sebelumnya mutasi Kasek bisa dengan mudah dilakukan kepala daerah, kini calon Kasek wajib mengikuti berbagai seleksi ketat. “Pemerintah daerah tidak bisa lagi semena-mena mengganti Kasek,” ujarnya.

Permendiknas yang ditetapkan pada 27 Oktober 2010 ini, kata Nuh, sengaja dikeluarkan untuk melindungi Kasek dari politik pemerintah yang sering merugikan mereka. “Kami mendengar banyak laporan tentang Kasek yang menjadi korban politik,” ungkap mantan menteri komunikasi dan informasi (Menkominfo) itu.

Tanpa merinci permasalahan yang diterima, Nuh menyatakan berkewajiban melindungi pimpinan lembaga pendidikan untuk tetap mengabdi tanpa ada intervensi pemda. “Karena itu permendiknas ini kami munculkan. Semua yang terlihat tidak beres bisa diluruskan dengan satu aturan yang sama,” tuturnya.

Dia menganggap desentralisasi pemutasian Kasek sering disalahartikan beberapa pihak. Karena itu, dia mengesahkan aturan khusus untuk dapat memindah dan memberhentikan Kasek, sehingga diterbitkanlah permendiknas tersebut. “Aturan memang dari pusat. Tapi, proses pemindahan tetap dipegang kendali oleh pemerintah daerah,” katanya.

Artinya, meski sudah diatur penuh oleh permendiknas, pemerintah daerah tetap bisa mengganti dan memberhentikan Kasek. Hanya, prosedur yang dilakukan saat ini tidak bisa sembarangan. Sebab, pemda harus mendaftarkan calon Kasek baru dua tahun sebelum mutasi dilakukan. “Ini untuk menggodok calon Kasek baru dengan matang,” paparnya.

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Baedhowi menegaskan, pengangkatan Kasek perlu melalui penilaian akseptabilitas oleh tim pertimbangan pengangkatan yang ditetapkan pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, dan penyelenggara sekolah. Bahkan, para calon Kasek juga akan diperkenalkan dengan lisensi yang menyatakan lulus kompetensi.

Dia menerangkan, orang-orang yang berada di ruang lingkup pendidikan patut dilindungi dari politik praktis yang sering melibatkan mereka. “Ada yang dicopot dari jabatan Kasek tanpa alasan. Ada juga yang dipindah di daerah terpencil dan tidak ada alasan jelasnya,” lanjut Baedhowi.

Cegah Korban Politik

Sementara itu, Ketua umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo mendukung penuh kebijakan Kemendiknas untuk mengeluarkan Permendiknas 28 tahun 2010. Sulistyo berharap, pemda tidak lagi seenaknya memindahkan kepala sekolah tanpa didasari dengan kualifikasi tertentu.

Dia mengungkapkan, PGRI sempat menangani beberapa kasus yang terjadi saat Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) berlangsung. Diantaranya pencopotan status kases tanpa ada alasan tertentu. “Setelah kami turun investigasi, pemindahan itu karena ada permainan politik selama Pilkada,” ujarnya.

Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu menjelaskan, laporan yang ditangani PGRI di antaranya terjadi karena ketidakpuasan calon kepala daerah terhadap Kasek tersebut. “Ada yang dijanjikan kenaikan pangkat jika memberikan suara pada satu calon tertentu, tapi Kasek menolak. Yang ini malah jadi korban,” tuturnya.

Kasus lain, kata Sulistyo, calon pimpinan daerah terpaksa memindahkan Kasek lama ke daerah terpencil dan diganti dengan Kasek baru dari tim suksesnya selama pilkada. “Kalau sudah begini, kasek tidak punya kekuatan untuk menolak,” tandasnya.

Dengan adanya peraturan tersebut, Sulistyo berharap pemda taat merealisasikannya. Aturan itu bukan saja untuk kepentingan daerah, tapi juga untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan memimpin dari SDM guru yang disiapkan menjadi Kasek. (jpnn)

Baca Juga tulisan Terkait:

Penyiapan Calon Kepala Sekolah Melalui Rektrutmen Merupakan salah satu Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia

penyiapan-calon-kepala-sekolah-melalui-rekrutmen-dan-seleksi-salah-satu-solusi-dalam-upaya-peningkata-mutu-pendidikan-di-indonesia

 

Iklan

Diskusi

10 thoughts on “Opini

  1. mudah-mudahan berjalan sesuai rencana. dalam sistem yg mau hancur seperti skrg ini, solusi tambal sulam memang terpaksa dilakukan

    Suka

    Posted by kambalidompumantoi | 21 Oktober 2011, 12:48 pm
  2. pemerintah sudah melatih tim terpadu mulai dari pusat sampai daerah, malah sampai ke level sekolah, : yang meliputi Assesor, master trainner, dll diharapkan bisa jalan efektif thn 2013

    Suka

    Posted by suaidinmath | 9 Maret 2012, 3:52 am
  3. Kalau dilihat terbitnya permen tersebut seharusnya berlaku sejak ditetapkan. Tetapi kenyataan di daerah belum seperi itu. Atau mungkin berlaku surut kah? Yuk ramai-ramai tanya Pak Menteri.

    Suka

    Posted by ahmad azikin | 20 Juni 2013, 6:06 pm
  4. Bolehkah saya menulis opini dengan berbagai topik untuk dimuat di sini. Misalnya yg berkaitan dgn kecenderungan penggunaan bahasa tertentu (baca: kata dan kalimat) para pengamat dalam siaran TV?

    Suka

    Posted by Zainudin | 11 Juli 2013, 3:02 pm
  5. Bagus tapi bagaimana kepala sekolah yg punya kasus korupsi?

    Suka

    Posted by Teheli tafonao,S.pd SD | 8 Maret 2014, 4:20 pm
  6. Tp bgmna kasek yg mempunyai kasus korupsi?

    Suka

    Posted by Teheli tafonao,S.pd SD | 8 Maret 2014, 4:21 pm
  7. Saya melaporkan kpd bpk,tlg ganti kepala sekolah kami di sdn no.076089 Hilimbowo atas nama FASA’ARO TAFONAO,A.ma.pd karna merusak

    Suka

    Posted by Liziso lase | 27 Juli 2014, 2:39 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

September 2017
S S R K J S M
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Statistik Blog

  • 2,035,485 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

AWARD BLOG PENDIDIKAN

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 272 pengikut lainnya

Teratas

RSS Republika online

  • In Picture: Barang Jamaah Dibongkar di Bandara Akibat Melebihi Batas 21 September 2017
    IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Banyak jamaah haji yang membawa barang melebihi batas maksimal yang ditentukan oleh maskapai penerbangan.Saat di bandara, puluhan jamaah terpaksa membongkar barang bawaannya dan berusaha sekuat tenaga...
    Mohamad Amin Madani
  • NTB Siap Gelar Anugerah Bahasa dan Sastra 21 September 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memberikan penghargaan bagi para pegiat bahasa dan sastra pada Oktober mendatang. Kepala Kantor Bahasa NTB Syarifudin mengatakan, anugerah bagi para...
    Gita Amanda

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Rhakateza's Weblog

Aku menulis karena aku ada

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Siapapun Anda, jika nyasar ke sini semoga tak menyesal 😋🐝🌸

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicism vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

THIS MACHINE MOCKS FASCISTS

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

%d blogger menyukai ini: