Melalui tulisan ini para pembaca dapat memahami tentang topik PKPS, unsur-unsur kegiatan pengawasan akademik dan manajerial dan indikator penilaian kinerja beserta dengan bukti fisik pelaksanaan tugas pokok sebagai pengawas sekolah.
Dasar Hukum
Kinerja pengawas: adalah Unjuk kerja atau prestasi kerja yang dicapai oleh pengawas yang mengacu pada tugas pokok dan fungsinya, kreatifitas dan aktifitasnya dalam proses kepengawasan, komitmen dalam melaksanakan tugas, hasil karya tulis ilmiah yang berdampak terhadap peningkatan prestasi sekolah dibawah binaannya
Penilaian kinerja (performance assessment):adalah proses untuk menentukan kinerja seseorang dengan menggunakan kriteria tertentu melalui pengumpulan informasi mengenai pelaksanaan tugas-tugas dan/atau pekerjaan-pekerjaan yang telah dideskripsikan, baik proses maupun hasil kerja dan sistem penilaian formal yang digunakan secara periodik untuk mengetahui kinerja seseorang dibandingkan dengan standar tertentu , serta proses pengumpulan bukti kinerja untuk menentukan derajat mutu kinerja dalam pelaksanaan tugas atau hasil kerja yang dicapai dengan menggunakan kriteria /patokan yang baku.
Jadi Penilaian kinerja Pengawas: merupakan proses menghimpun data kinerja pengawas dengan menggunakan kriteria sesuai standar pengawas melalui pengumpulan informasi mengenai proses pelaksanaan dan hasil pelaksanaan tugas yang telah ditetapkan. Proses untuk menentukan kinerja pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan dan hasil kerja yang dicapainya sebagai pengawas sekolah dengan menggunakan kriteria tertentu. Proses penentuan nilai pelaksanaan dan hasil kerja pengawas sekolah dengan menggunakan kriteria tertentu. Proses mengidentifikasi seberapa baik seorang pengawas sekolah memanfaatkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki (kompetensi) untuk melaksanakan tugas pokoknya sebagai pengawas sekolah.
Tujuan Penilaian Kinerja
No | Rincian Kegiatan | Pengws Muda | Pengawas Madya | PengwsUtama | ||||
III/c | III/d | IV/a | IV/b | IV/c | IV/d | IV/e | ||
1. | Menyusun program pengawasan | w | w | w | w | w | w | w |
2. | Melaksanakan pembinaan guru | w | w | w | w | w | w | w |
3. | Melaksanakan pembinaan kepala sekolah | tw | tw | w | w | w | w | w |
4. | Memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian | w | w | w | w | w | w | w |
5. | Memantau pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan | tw | tw | w | w | w | w | w |
6. | Melaksanakan penilaian kinerja guru | w | w | w | w | w | w | w |
7. | Melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah | tw | tw | w | w | w | w | w |
8. | Melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan | w | w | w | w | w | w | w |
No | Rincian Kegiatan | Pengws Muda | Pengawas Madya | PengwsUtama | ||||
III/c | III/d | IV/a | IV/b | IV/c | IV/d | IV/e | ||
9. | Mengevaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan tingkat Kabuaten/Kota atau Propinsi | tw | tw | tw | tw | tw | w | w |
10. | Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di KKG/MGMP /MGP dan sejenisnya. | w | w | w | w | w | w | w |
11. | Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah di KKKS/MKKS dan sejenisnya. | tw | tw | w | w | w | w | w |
12. | Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru | w | w | w | w | w | w | w |
13. | Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah. | tw | tw | w | w | w | w | w |
No | Rincian Kegiatan | Pengws Muda | Pengawas Madya | PengwsUtama | ||||
III/c | III/d | IV/a | IV/b | IV/c | IV/d | IV/e | ||
14. | Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi dan manajemen | tw | tw | w | w | w | w | w |
15. | Mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru. | w | w | w | w | w | w | w |
16. | Mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah. | tw | tw | w | w | w | w | w |
17. | Membimbing Pengawas Sekolah Muda dalam melaksanakan tugas pokok | tw | tw | w | w | w | w | w |
18. | Membimbing Pengawas Sekolah Madya dalam melaksanakan tugas pokok | tw | tw | tw | tw | tw | w | w |
19. | Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan penelitian tindakan | tw | tw | tw | tw | tw | w | w |
Jenis Penilaian Kinerja
dilaksanakan secara periodik setiap tahun. Penilaian dilaksanakan bersiklus yang diatur tersendiri yang disesuaikan dengan kalender pengawasan sekolah.
2. Penilaian sumatif:
dilaksanakan secara periodik setiap empat tahun, sejak seorang pengawas diangkat sebagai pengawas dan pelaksanaannya bersiklus sepanjang seorang pengawas bertugas.
Prosedur Penilaian
Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah: (Terlampir)
Contoh Hasil Penilaian Kinerja Tugas Utama
Pengawas Sekolah Muda
No | Komponen | Bobot | Skor | NK |
1 | Penyusunan program pengawasan (K1) | 30 | 3,50 | 105,00 |
2 | Pelaksanaan program pengawasan (K2) | 50 | 3,75 | 187,50 |
3 | Evaluasi hasil program pengawasan (K3) | 20 | 3,60 | 72.00 |
Jumlah | 364,50 | |||
Nilai Akhir (NA) | 86,78 |
moga bermanfaat
SukaSuka
terimakasih…sangat bermanfaat
SukaSuka
terima kasih ya, sukses selalu untuk anda.
SukaSuka
Terima kasih Informasi yang sangat berharga.
SukaSuka
Terima kasih ….sangat membantu
SukaSuka