//
you're reading...
Pendidik

LAPORAN EDS

1.   STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1.      Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

1.         Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

  1. Sertifikat tanah
  2. IMB
  3. Dokumen daftar Inventaris sekolah
  4. DBR ( Daftar Barang Ruang)
  5. Buku  penerimaan dan pengeluaran
  6. Instrumen/dokumen persepsi TU
  7. Instrumen/dok. Barang lab. IPA
  8. Instrumen/dok. Buku perpustakaan

sudah memiliki 21 ruang kelas telah memenuhi SNP dan berkeramik, ruang kepala, TU, guru, Masjid, Perpustakaan, Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, UKS, BP, Gudang, Kopsis, OSIS, Keterampilan, Sanggar Pramuka, alat olah raga dan Drum Band dan jamban masih memiliki 20 kurang serta ruang guru belum standar.

Jumlah peserta didik dalam kelompok belajar masih belum memenuhi standar, kelas VIII dan IX rata-rata 45 siswa/kelas, sedangkan kelas VII rata-rata 42 siswa/kelas.

Untuk alat dan sumber belajar termasuk buku sudah memenuhi standar, walaupun ada beberapa alat Lab. IPA yang jumlahnya terbatas, untuk kenyamanan dan kebersihan siswamasing-masing kelas telah disediakan 2 tempat sampah dan dibentuk im kebersihan kelas dan lingkungan hidup (KCRL).

Program rekomendasi:

  1. Mengganti lantai dengan keramik 8 ruang kelas
  2. Membangun 3 ruang kelas baru
  3. Memenuhi kelengkapan peralatan Lab. IPA
  4. Memenuhi komputer dengan pentium yang lebih tinggi

3

1.2.      Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

q Bangunan

Ÿ  Bangunan sekolah memenuhi semua ketentuan standar,  dalam ukuran dan jumlah

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Buku catatan kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus baik karena kebutuhan sendiri maupun atas panggilan guru BP sudah tertib.

Pemeliharaan barang dilakukan setiap ada kerusakan, inventarisasi barang Lab. IPA, Lab. Komp. Tertib, sedangkan inventarisasi barang secara umum belum tertib.

Melengkapi label barang inventaris negara.

Program Rekomendasi:

  1. Memaksimalkan kerja perangkat petugas barang.
  2. Menginventaris catatan laporan tindak lanjut temuan siswa bermasalah oleh guru BK/BP
  3. Menginventaris pembukuan barang-barang secara umum.
  4. Menghapus barang-barang yang telah rusak.

Tingkat yang dicapai

2

  • Catatan pengeluaran
  • Pendapat peserta didik
  • Pendapat guru
  • Pendapat wali murid
  • Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus
  • Buku catatan  penerimaan dan pengeluaran barang
  • Buku Harian Kegiatan Lab
  • KIB (Kartu Inventaris barang)
  • DBR (Daftar Barang Ruangan)
  • Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

·       Observasi

·       Buku daftar inventaris Sekolah

2.   STANDAR ISI

2.1.      Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum

Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan

q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan

Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.

Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

KTSP Dok. 1 sudah memiliki dan sudah ada revisi, sedangkan Dok. 2 untuk kelas 7 dan 8 lengkap sedangkan kelas 9 masih semester I, dan 70% semester II.

Arsip untuk Dok. 2 sudah lengkap.

2

Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

Wawancara dengan orang tua peserta didik dan guru

Wawancara dengan peserta didik

Program Rekomendasi:

  1. Mengaktifkan dan mengefektifkan MGMP
  2. Mengadakan workshop KTSP
  3. Mengikutsertakan guru dalam workshop KTSP
  4. MGMP membuat perangkat pembelajaran kelas 9 semester II
  5. Mengadakan MGMP setiap awal semester.
1. KTSP Dok. 1

2. KTSP Dok. 2 kelas 7 ,8

3. KTSP Dok. 2 kelas 9 semester 1, 70% semester 2

2.2.      Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

  • Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

Madrasah menyediakan konseling. Program bimbingan konseling masuk struktur kurikulum masing-masing kelas 1 jam pelajaran tatap muka.

Madrasah juga menyediakan program ekstrakurikuler diantaranya pramuka, PMR, Tartil Al-qur’an, Qiro’ah, Drum Band, Qosidah modern, menjahit, KIR, Klub Bahasa Arab, Klub Bahasa Arab, Komputer, olah raga prestasi (Volly Ball, SSB, Tenis meja). Kegiatan ekstrakurikuler  mempunyai program kerja, presensi kehadiran siswa, presensi kehadiran pembina ekstra, jadwal kegiatan ekstrakurikuler dan laporan hasil kegiatan ekstrakurikuler. Tetapi kurikulum ekstrakuriler belum lengkap dan sebagian besar pembina ekstra memiliki kriteria penilaian.

Program Rekomendasi:

1. Pembuatan kurikulum ekstrakurikuler dan perumusan kriteria penilaian setiap ekstrakurikuler

2

Wawancara orang tua peserta didik

Observasi

Laporan mengenai kegiatan sekolah

1. Program kerja ekstrakurikuler
2. Jadwal kegiatan ekstrakurikuler
3. Presensi kehadiran siswa
4. Presensi kehadiran pembina ekstra
5. Laporan hasil kegiatan ekstrakuriler

3.   STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Standar proses belajar

A: Silabus

Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan sebagian besar silabus dan RPP hasil pengembangan sendiri.

Program Rekomendasi:

  1. Mengaktifkan MGMP dan pelatihan-pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran.
  2. Mengikutsertakan guru dalam pelatihan pengembangan silabus dan RPP
  3. Megefektifkan MGMG dalam pengembangan silabus dan RPP

2

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik

Wawancara dengan guru

3.2.      Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif

Spesifikasi dalam standar proses belajar

B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar

Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran – Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

Setiap guru mempersiapkan RPP mata pelajaran yang menjadi tugasnya dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan dan pembelajaran. Sebagian besar RPP sudah mencerminkan yang CTL.

Program Rekomendasi:

  1. Supervisi terjadwal secara berkala dan berkelanjutan.
  2. Mengikutsertakan guru dalam pelatihan pengembangan RPP
  3. Megefektifkan MGMG dalam pengembangan RPP yang mencerminkan CTL

3

Observasi kelas

Interviu guru

Interviu peserta didik

Interviu wali murid

RPP, hasil supervisi ( review RPP dan
format penilaian pembelajaran)

3.3.      Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Implementasi Proses Belajar

  • Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

Madrasah menyediakan buku paket untuk siswa untuk semua mata pelajaran meskipun beberapa mata pelajaran jumlahnya masih kurang sehingga 1 buku untuk 2 siswa. Untuk guru selain buku paket yang sama dengan siswa juga ada referensi lain, buku pengayaan. Sumber belajar lain selain buku berupa media dan alat peraga di Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, kolan, taman dll.

Pemanfaatan sumber belajar kurang optimal baik oleh guru maupun siswa.

Program Rekomendasi:

1. Jadwal dibuat oleh guru yang menggunakan lab. Dan diatur oleh kurikulum dan pembina

2. Penambahan sumber belajar IT

3. Sosilisasi kepada wali murid tentang buku paket

4. Pengadaan buku paket

2

Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

Wawancara dengan peserta didik

Wawancara dengan guru

Wawancara dengan wali murid

  1. Buku inventaris jenis buku pelajaran
  2. Buku peminjaman buku perpustakaan
  3. Buku inventaris bacaan tambahan
  4. Buku harian lab.
  5. Buku peminajaman Lab. IPA
  6. Buku hasil praktik/karya IPA

3.4.      Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar

Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik

Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi

Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

Sebagian besar guru sudah menerapkan pembelajaran yang CTL, , kurang konsisten memberikan penghargaan pada peserta didik baik pada proses pembelajaran maupun pada siswa berprestasi pada bidang akademik maupun non akademik.

Program rekomendasi:

1. Pelatihan pembelajaran PAKEM/CTL (telah dilakukan pada awal tahun pelajaran 2008/2009)

2. Supervisi terjadwal secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala, pengawas, guru teman sejawat ( Desember 2008 )

3. Mengikutsertakan guru dalam pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media berbasis IT

4. Supervisi class

2

Kehadiran peserta didik

Wawacara dengan guru dan peserta didik

Observasi sesama guru

Observasi Pengajaran

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

1. Hasil supervisi kelas berupa review   RPP dan observasi pembelajaran
2. RPP
3. Absen Siswa
4. Jurnal Kelas
5. Monitoring KBM
6. penataan ruang dan pajangan


3.5.      Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Perencanaan proses belajar

Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

q Implementasi proses belajar

Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya

Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik

Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

RPP dan implementasi RPP dalam pembelajaran sebagian masih belum mencerminkan PAKEM dan CTL tapi sudah memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual dll. Program ekstrakurikuler  telah berusaha memperhatikan minat, bakat, potensi, kebutuhan khusus dan lingkungan peserta didik tetapi peserta ekstrakurikuler cenderung menurun.

2

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Kehadiran peserta didik
Observasi sesama guru
Rencana pengajaran guru
1. DKN ujian madrasah dan nasional
2. Rapor sisipan, semester, kenaikan kelas
3. Buku presensi siswa
4. Format hasil supervisi kelas
5. RPP
6. Program kerja ekstra
7. Jadwal kegiatan ekstra
8. Absen guru pembina dan siswa
9. Buku laporan kegiatan ekstra
10. Catatan nilai ekstra
Program rekomendasi:

–       Mengoptimalkan monitoring oleh wali kelas terhadap jenis ekstra, absen ekstra, jadwal ekstra

–         Pembuatan wibesite madrasah

3.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

  • Implementasi Proses Belajar

q  Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.

q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

Prestasi akademik yang dicapai siswa secara rutin diberi beasiswa setiap semester. Prestasi non akademik masih sebatas diumumkan pada saat upacara pada semua siswa.

Program rekomendasi:

1. Pemberian beasiswa berprestasi akademik pada setiap semester.

2

Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

Perilaku lain yang relevan
Portofolio hasil karya siswa yang dipajang di kelas

4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi dalam standar evaluasi

  • Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
  • Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
  • Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
  • Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

Guru membuat perencanaan penilaian baik UH, UTS, UAS, UKK mengimplementasikan, dan melakukan analisis hasil untuk menentukan remidi dan pengayaan. Penilaian hasil umumnya dilakukan sedangkan penilaian proses masih jarang dilakukan. Dokumen untuk UH remidi belum tertib.

Perencanaan penilaian UTS, UAS, UKK, Ujian praktik, UM dilakukan dimulai dari pembuatan kisi-kisi, kartu, master, kunci dan penskoran. Hanya untuk UH masih sebatas membuat master soal tanpa disertai kisi-kisi, kunci dan penskoran dan belum terdokumentasi dengan tertib.

Program Rekomendasi:

1. Seluruh aktifitas penilaian harus dibuat dan  dokumentasi

2. Monitoring pelaksanaan penilaian

3. Sosialisasi Permendiknas no. 20 tahun 2007

4. Pelatihan pembuatan perangkat penilaian

5. Menyusun dan mendokumentasi naskah UH

6. MGMP pembuatan kriteria penilaian proses

3

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik, guru
Rencana pengajaran guru
  1. UH, UTS, UAS, UKK, Ujian Praktik, UM dan UN
  2. Program remidial dan pengayaan
  3. Program Kegiatan setiap semester
  4. Raport sisipan, raport semester, DKN semester, DKN ujian akhir
  5. Laporan UTS, UAS, UKK, UN dan UM

4.2         Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi dalam standard proses belajar

q Evaluasi oleh guru

Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian pada peserta didik tetapi belum menggunakan hasil penilaian untuk mereview merencanakan program pembelajaran berikutnya (metode pembelajaran, bentuk penilaian), cenderung memberikan nilai tuntas pada siswa sebenarnya belum tuntas.

Kriteria kenaikan kelas dan kelulusan kurang direspon wali murid.

Program Rekomendasi :

  1. Meningkatkan pemahaman guru tentang penilaian melalui MGMP dan pelatihan.
  2. Merview RPP yang berkaitan dengan metode pembelajaran.
  3. Guru meremidi siswa yang belum tuntas.

3

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik, guru
Rencana pengajaran guru
  1. DKN Ujian Nasional
  2. KKM mata pelajaran
  3. Raport sisipan, UAS, UKK, Ijazah, SKHUN
  4. RPP dan review RPP
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·         Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

Madrasah membuat laporan hasil penilaian dalam bentuk rapor sisipan, rapor semester, rapor kenaikan kelas, Ijazah, SKHUN. Orang tua kurang merespon tentang ketuntasan belajar putra-putrinya.

Program Rekomendasi :

1. Sosialisasi kriteria kenaikan kelas dan kelulusan kepada wali  murid.

2.Membuat buku pribadi siswa sebagai penghubung antara siswa, orang tua dan madrasah.

  1. Orang tua disertakan dalam proses pembelajaran secara berkala dan bergantian.

2

Wawancara orang tua

Wawancara guru
Laporan kegiatan sekolah
Raport sisipan, UAS, UKK, Ijazah, SKHUN
5. Kompetensi Lulusan
5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung Hasil belajar peserta didik sebagian besar sesuai dengan standar (KKM, Ujian nasional). Persentase kelulusan Ujian Nasional tahun pelajaran 2007/2008 sebesar 96,9%

Program Rekomendasi:

1. Mengadakan bimbingan materi UN secara intensif

2. Meningkatkan mutu proses pembelajaran

3. Try out materi UN 4 kali.

4. Sosialisasi KKM kepada siswa dan wali murid.

5. Sosialisasi kelulusan kepada guru, siswa dan wali murid.

3

Hasil Ujian
Hasil-hasil tes
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama
Hasil wawancara dengan siswa, guru dan wali murid
  1. DKN Ujian akhir
  2. Data tentang kelanjutan studi TP. 2006/2007, TP. 2007/2008
  3. Rapor sisipan, semester dan kenaikan kelas
5.2. Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik

q  Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup

q  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik

Madrasah menyediakan program ekstrakurikuler  dan pembiasaan yang berupa pembiasaan membaca Al-Qur’an pada awal pelajaran, tambahan praktik agama, muhafadhoh yang mengarah kepada pengembangan pribadi dan keterampilan hidup.

Piagam prestasi siswa di bidang non akademik belum terdokumentasi secara lengkap.

Program Rekomendasi:

  1. Prestasi siswa didokumentasi dengan tertib dan dilengkapi dengan FC piagam setiap kejuaraan yang diraih siswa.
  2. Pelaksanaan kegiatan ekstra yang terjadwal dan terukur.

2

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler
Pencapaian dalam olahraga
Catatan mengenai program budaya
  1. Catatan prestasi siswa
  2. Buku nilai ekstra
  3. Rapor sisipan, semester dan kenaikan kelas
  4. Catatan keikutsertaan siswa dalam berbagai lomba
  5. Pembagian tugas mengajar
  6. Jadwal pelajaran
6.Standar Pengelolaan
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

Spesifikasi dalam standard pengelolaan

·         Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pihak berkepentingan.

q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan misi sekolah

Madrasah merumuskan visi, misi dan disosialisaikan kepada warga madrasah dan semua pihak yang berkepentingan. Namun Warga sekolah belum sepenuhnya memahami visi dan misi madrasah.

Program Rekomendasi:

  1. Memapangkan visi misi madrasah kepada masyarakat madrasah
  2. Sosialisasi visi misi pada setiap rapat dinas

3

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan

Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
  1. RKAM
  2. Program kerja Madrasah
  3. Kalender dan Brosur PSB
  4. Daftar hadir rapat
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

  • Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana

Madrasah merumuskan program dengan jelas dan disosialisasikan kepada semua warga madrasah dan pihak terkait. Program madrasah belum ada monev yang jelas.

Program Rekomendasi:

  1. Pembuatan laporan program madrasah
  2. Perlu adanya monitoring dari kepala madrasah dan pengawas

3

Pendokumentasian dan sosialisasi rencana

  1. RPS, KTSP

Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

Perencanaan Program

q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah

  • Supervisi dan Penilaian

q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  sekolah.

q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri sekolah

Madrasah merumuskan rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran.  Madrasah belum merumuskan indicator pencapaian untuk menilai kinerja dan melakukan perbaikan.

Program Rekomendasi:

1. Merumuskan indikator pencapaian untuk melakukan monev.

2. Melakukan monev terhadap pelaksanaan program kerja.

3. Mengadakan interview / angket tentang kemajuan program kerja madrasah

3

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah
Interviu dengan peserta didik
Interviu dengan guru
Interviu dengan orang tua
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka
  1. Program Kerja Madrasah
  2. Notulen rapat komite dengan madrasah
  3. Notulen pertemuan wali murid
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

q  Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan

q  Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses

q  Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

Madrasah mengelolah dan menyediakan informasi yang memadai, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses oleh warga madrasah tapi belum untuk masyarakat.

Program Rekomendasi:

Perlu membuka website.

3

Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data

Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah
  1. Angket /Format Biodata /Papan data / statistik siswa, guru, pegawai
  2. Laporan setiap kegiatan
  3. Buku Administrasi Kesiswaan, guru, kurikulum dan Kepegawaian
Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan

q  Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi

  • Supervisi dan Evaluasi

q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

Madrasah mengatur program pendidik dan tenaga kependidikan, melakukan supervisi dan evaluasi.

Administrasi kepegawaian belum lengkap.

. Program Rekomendasi:

1. Madrasah melakukan penilain Kinerja guru dan pegawai menyeluruh dan kontinyu.

  1. File kegegawaian / observasi dilengkapi dan ditertibkan secara sempurna.
  2. Merumuskan kriteria penilaian tenaga kependidikan dengan dibentuk tim

3

Interviu guru
Observasi
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu
  1. Ijazah
  2. Sertifikat yang dimilki oleh Pendidik dan Tenaga kependidikan
  3. Surat tugas
  4. DP3  Guru dan Karyawan
  5. Lembar Observasi/Penilaian
  6. Laporan kegiatan pelatihan
Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

q  Sekolah harus melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah

q  Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite sekolah

Sebagaian besar masyarakat belum banyak terlibat dalam kehidupan sekolah.

Program Rekomendasi:

Perlu peningkatan peran humas

3

Tingkat pendaftaran peserta didik

Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat
  1. Buku Tamu
  2. Kotak Saran
  3. Laporan PSB

7.   STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar guru dan tenaga pendidik

q  Jumlah guru dan tenaga pendidik memenuhi standar

q  Kualifikasi guru dan tenaga pendidik memenuhi standar

q  Guru dan tenaga pendidik memenuhi standar kompetensi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

Jumlah guru disesuaikan dengan beban mengajar, jumlah siswa, job diskripsi, kualifikasi dan prodi maka dapat disimpulkan bahwa jumlah guru kurang 17 orang, tenaga BP kurang 3 orang, guru belum memenuhi standar kualifikasi 6% (3/49), guru belum sesuai dengan prodi 8% (4/49), belum seluruh guru disertifikasi 16 : 49, petugas Tenaga  Kependidikan ( TU ) kurang, petugas Pustakawan kurang sesuai.

Program Rekomendasi:

Mengusulkan penambahan pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan prodinya.

2

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik

Beban mengajar guru
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik
  1. File setiap guru dan karyawan
  2. Buku Kepegawaian
  3. Data personil guru dan karyawan
  4. Dokumen / Ijazah

5.    SK pembagian tugas

8. Standar Pembiayaan
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

Ÿ  Pengelolaan keuangan sekolah

q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah

q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.

q Sekolah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan Rencana anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBM) dirumuskan dan merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan

Pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan

Program Rekomendasi:

  1. Sosialisasi RAPBM kepada seluruh warga sekolah.
  2. Pembiayaan memenuhi SNP (Rp 100.000,-) per bulan per siswa.
  3. RAPBM disusun oleh Kepala, bendahara, komite, wakil guru, orang tua siswa (Tim RAPBM).
  4. Penggunaan keuangan dilaporkan ke seluruh warga MTs.
  5. Menggali dan mengembangkan sumber dana.

4

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Pembukuan keuangan sekolah
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.
  1. RAPBM
  2. BKU DIPA MTsN Gresik
  3. Laporan/SPJ BOS
  4. Buku belanja barang
  5. Buku pengeluaran barang
  6. Daftar gaji
  7. Buku pajak
8.2 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan Madrasah berusaha mencari sumber dana lain untuk melengkapi sarana prasarana.

Program Rekomendasi:

  1. Melengkapi buku paket dengan dana dari infaq wali murid Rp 75.000,-/siswa.
  2. Pengadaan RKB 3 ruang kelas dari Kanwil Depag Jatim.

3

Catatan alumni
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan
Catatan pendapatan dari semua sumber
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.
Interviu dengan siswa, guru dan wali murid
  1. Daftar hadir pertemuan wali murid dan komite
  2. Buku Sumbangan partisipasi masyarakat / Wali murid
  3. Usulan pengadaan RKB kepada Kanwil Depag Jatim

8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi dalam standard pembiayaan

q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua

q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

Madrasah tidak menarik SPP dari siswa dan melakukan subsidi silang.

Program rekomendasi:

  1. SPJ dibuat setiap bulan dan diperiksa setiap 3 bulan sekali.
  2. Laporan dilaporkan setiap bulan ke kepala dan instansi terkait.

3

Wawancara dengan anak didik

Wawancara dengan orang tua
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat
Wawancara perwakilan masyarakat daerah
Catatan SPP yang dibayarkan
Tingkat putus sekolah
  1. Laporan SPJ
  2. Laporan Keuangan

3. Buku catatan subsidi silang

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

5 respons untuk ‘LAPORAN EDS

  1. Mohon ijin copy paste yah.. untuk dipelajari… Insya Allah bermanfaat

    Suka

    Posted by Najieb | 26 September 2010, 2:52 am
  2. makci buanyaak …..
    wktu prensentasi aq btuh in…
    matur nuwwun…….

    Suka

    Posted by Rizky FS | 8 Oktober 2010, 2:40 am
  3. Terimakasih…

    Suka

    Posted by encim | 19 Oktober 2010, 1:25 am
  4. makasih ya, kamu sangat-sangat-sangat membantu saya. kalo tidak alamet deh saya bakalan begadang.

    Suka

    Posted by chemist kamelia | 30 Oktober 2010, 4:17 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Hari ini

April 2010
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 6.865.619 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 314 pelanggan lain

Teratas

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Rhakateza's Weblog

Aku menulis karena aku ada

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Siapapun Anda, jika nyasar ke sini semoga tak menyesal 😋🐝🌸

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

A curated webspace for Poetry, Politics, and Nature. Over 20,000 daily subscribers, 7,000 archived posts, 73 million hits.

Architecture Here and There

Style Wars: classicism vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About My Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

TIME TO REGISTER TO VOTE

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.