1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA |
||
1.1. Apakah sarana sekolah sudah memadai? |
||
Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana
|
||
Indikator Pencapaian |
||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
1. Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana
|
sudah memiliki 21 ruang kelas telah memenuhi SNP dan berkeramik, ruang kepala, TU, guru, Masjid, Perpustakaan, Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, UKS, BP, Gudang, Kopsis, OSIS, Keterampilan, Sanggar Pramuka, alat olah raga dan Drum Band dan jamban masih memiliki 20 kurang serta ruang guru belum standar.Jumlah peserta didik dalam kelompok belajar masih belum memenuhi standar, kelas VIII dan IX rata-rata 45 siswa/kelas, sedangkan kelas VII rata-rata 42 siswa/kelas. Untuk alat dan sumber belajar termasuk buku sudah memenuhi standar, walaupun ada beberapa alat Lab. IPA yang jumlahnya terbatas, untuk kenyamanan dan kebersihan siswamasing-masing kelas telah disediakan 2 tempat sampah dan dibentuk im kebersihan kelas dan lingkungan hidup (KCRL). Program rekomendasi:
|
3 |
1.2. Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik? |
|||
Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana
q Bangunan Bangunan sekolah memenuhi semua ketentuan standar, dalam ukuran dan jumlah Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali Bangunan mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat . |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan buktiBuku catatan kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus baik karena kebutuhan sendiri maupun atas panggilan guru BP sudah tertib.Pemeliharaan barang dilakukan setiap ada kerusakan, inventarisasi barang Lab. IPA, Lab. Komp. Tertib, sedangkan inventarisasi barang secara umum belum tertib. Melengkapi label barang inventaris negara. Program Rekomendasi:
|
Tingkat yang dicapai2 |
|
|
√ |
||
· Observasi |
|||
√ |
|||
√ |
|||
√ |
|||
· Buku daftar inventaris Sekolah |
√√ √ √ √ √ √ |
||
2. STANDAR ISI |
|||
2.1. Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? |
|||
Spesifikasi dalam standar isiq Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai yang disusun BNSP. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran |
|||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah |
√ |
KTSP Dok. 1 sudah memiliki dan sudah ada revisi, sedangkan Dok. 2 untuk kelas 7 dan 8 lengkap sedangkan kelas 9 masih semester I, dan 70% semester II.
Arsip untuk Dok. 2 sudah lengkap. |
2 |
Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah |
√ |
||
Wawancara dengan orang tua peserta didik dan guru | √ | ||
Wawancara dengan peserta didik |
√ |
Program Rekomendasi:
|
|
1. KTSP Dok. 1
2. KTSP Dok. 2 kelas 7 ,8 3. KTSP Dok. 2 kelas 9 semester 1, 70% semester 2 |
2.2. Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik? |
||||||
Spesifikasi dalam standar isi
|
||||||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||||
Wawancara peserta didik |
√ |
Madrasah menyediakan konseling. Program bimbingan konseling masuk struktur kurikulum masing-masing kelas 1 jam pelajaran tatap muka.
Madrasah juga menyediakan program ekstrakurikuler diantaranya pramuka, PMR, Tartil Al-qur’an, Qiro’ah, Drum Band, Qosidah modern, menjahit, KIR, Klub Bahasa Arab, Klub Bahasa Arab, Komputer, olah raga prestasi (Volly Ball, SSB, Tenis meja). Kegiatan ekstrakurikuler mempunyai program kerja, presensi kehadiran siswa, presensi kehadiran pembina ekstra, jadwal kegiatan ekstrakurikuler dan laporan hasil kegiatan ekstrakurikuler. Tetapi kurikulum ekstrakuriler belum lengkap dan sebagian besar pembina ekstra memiliki kriteria penilaian. Program Rekomendasi: 1. Pembuatan kurikulum ekstrakurikuler dan perumusan kriteria penilaian setiap ekstrakurikuler |
2 |
|||
Wawancara orang tua peserta didik |
√ |
|||||
Observasi | ||||||
Laporan mengenai kegiatan sekolah |
√ | |||||
|
3. STANDAR PROSES BELAJAR |
|||
3.1. Apakah silabus sudah sesuai dan relevan? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajarStandar proses belajarA: Silabus Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP) Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan |
|||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah |
√ |
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan sebagian besar silabus dan RPP hasil pengembangan sendiri.Program Rekomendasi:
|
2 |
Wawancara dengan orang tua peserta didik | √ | ||
Wawancara dengan peserta didik |
√ | ||
Wawancara dengan guru |
√ | ||
3.2. Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif |
||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran – Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu, metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Reviu RPP |
√ |
Setiap guru mempersiapkan RPP mata pelajaran yang menjadi tugasnya dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan dan pembelajaran. Sebagian besar RPP sudah mencerminkan yang CTL.
Program Rekomendasi:
|
3 |
|
Observasi kelas |
√ |
|||
Interviu guru |
√ |
|||
Interviu peserta didik |
√ |
|||
Interviu wali murid |
√ |
|||
|
||||
3.3. Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat? |
|||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarImplementasi Proses Belajar
|
|||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|||
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan |
√ |
Madrasah menyediakan buku paket untuk siswa untuk semua mata pelajaran meskipun beberapa mata pelajaran jumlahnya masih kurang sehingga 1 buku untuk 2 siswa. Untuk guru selain buku paket yang sama dengan siswa juga ada referensi lain, buku pengayaan. Sumber belajar lain selain buku berupa media dan alat peraga di Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, kolan, taman dll.Pemanfaatan sumber belajar kurang optimal baik oleh guru maupun siswa. Program Rekomendasi: 1. Jadwal dibuat oleh guru yang menggunakan lab. Dan diatur oleh kurikulum dan pembina 2. Penambahan sumber belajar IT 3. Sosilisasi kepada wali murid tentang buku paket 4. Pengadaan buku paket |
2 | ||
Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan |
√ |
||||
Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang |
√ |
||||
Wawancara dengan peserta didik |
√ |
||||
Wawancara dengan guru |
√ |
||||
Wawancara dengan wali murid |
√ |
||||
|
|||||
3.4. Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? |
|||||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarq Implementasi proses belajar Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik Para peserta didik berpeluang untuk melakukan ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi Para Guru memiliki kemampuan mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif |
|||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|||||
Tingkat/jumlah DO |
√ |
Sebagian besar guru sudah menerapkan pembelajaran yang CTL, , kurang konsisten memberikan penghargaan pada peserta didik baik pada proses pembelajaran maupun pada siswa berprestasi pada bidang akademik maupun non akademik.
Program rekomendasi: 1. Pelatihan pembelajaran PAKEM/CTL (telah dilakukan pada awal tahun pelajaran 2008/2009) 2. Supervisi terjadwal secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala, pengawas, guru teman sejawat ( Desember 2008 ) 3. Mengikutsertakan guru dalam pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media berbasis IT 4. Supervisi class |
2 |
||||
Kehadiran peserta didik |
√ |
||||||
Wawacara dengan guru dan peserta didik |
√ |
||||||
Observasi sesama guru |
√ |
||||||
Observasi Pengajaran |
√ |
||||||
Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran |
√ |
||||||
|
|||||||
3.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik? |
|||||||||||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Perencanaan proses belajar Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.
q Implementasi proses belajar Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya Guru menghargai pendapat peserta didik Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka |
|||||||||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|||||||||||
Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional |
√ |
RPP dan implementasi RPP dalam pembelajaran sebagian masih belum mencerminkan PAKEM dan CTL tapi sudah memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual dll. Program ekstrakurikuler telah berusaha memperhatikan minat, bakat, potensi, kebutuhan khusus dan lingkungan peserta didik tetapi peserta ekstrakurikuler cenderung menurun. |
2 |
||||||||||
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
√ |
||||||||||||
Kehadiran peserta didik | √ | ||||||||||||
Observasi sesama guru | √ | ||||||||||||
Rencana pengajaran guru | √ | ||||||||||||
|
Program rekomendasi:
– Mengoptimalkan monitoring oleh wali kelas terhadap jenis ekstra, absen ekstra, jadwal ekstra – Pembuatan wibesite madrasah |
||||||||||||
3.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi? | ||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai. q Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian. |
Prestasi akademik yang dicapai siswa secara rutin diberi beasiswa setiap semester. Prestasi non akademik masih sebatas diumumkan pada saat upacara pada semua siswa.Program rekomendasi: 1. Pemberian beasiswa berprestasi akademik pada setiap semester. |
2 |
||
Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik. |
√ |
|||
Perilaku lain yang relevan | ||||
Portofolio hasil karya siswa yang dipajang di kelas |
4. Standar Penilaian |
||||
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik? |
||||
Spesifikasi dalam standar evaluasi
|
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional |
√ |
Guru membuat perencanaan penilaian baik UH, UTS, UAS, UKK mengimplementasikan, dan melakukan analisis hasil untuk menentukan remidi dan pengayaan. Penilaian hasil umumnya dilakukan sedangkan penilaian proses masih jarang dilakukan. Dokumen untuk UH remidi belum tertib.
Perencanaan penilaian UTS, UAS, UKK, Ujian praktik, UM dilakukan dimulai dari pembuatan kisi-kisi, kartu, master, kunci dan penskoran. Hanya untuk UH masih sebatas membuat master soal tanpa disertai kisi-kisi, kunci dan penskoran dan belum terdokumentasi dengan tertib. Program Rekomendasi: 1. Seluruh aktifitas penilaian harus dibuat dan dokumentasi 2. Monitoring pelaksanaan penilaian 3. Sosialisasi Permendiknas no. 20 tahun 2007 4. Pelatihan pembuatan perangkat penilaian 5. Menyusun dan mendokumentasi naskah UH 6. MGMP pembuatan kriteria penilaian proses |
3 |
|
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
√ |
|||
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik, guru | √ | |||
Rencana pengajaran guru | √ | |||
|
||||
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? |
||||
Spesifikasi dalam standard proses belajarq Evaluasi oleh guru Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional |
√ |
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian pada peserta didik tetapi belum menggunakan hasil penilaian untuk mereview merencanakan program pembelajaran berikutnya (metode pembelajaran, bentuk penilaian), cenderung memberikan nilai tuntas pada siswa sebenarnya belum tuntas.
Kriteria kenaikan kelas dan kelulusan kurang direspon wali murid. Program Rekomendasi :
|
3 |
|
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
√ |
|||
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik, guru | √ | |||
Rencana pengajaran guru | √ | |||
|
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? | |||
Spesifikasi dalam standar penilaian· Penilaian berdasarkan unit pendidikanSekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan |
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Wawancara peserta didik |
√ |
Madrasah membuat laporan hasil penilaian dalam bentuk rapor sisipan, rapor semester, rapor kenaikan kelas, Ijazah, SKHUN. Orang tua kurang merespon tentang ketuntasan belajar putra-putrinya.
Program Rekomendasi :
1. Sosialisasi kriteria kenaikan kelas dan kelulusan kepada wali murid.
2.Membuat buku pribadi siswa sebagai penghubung antara siswa, orang tua dan madrasah.
|
2 |
Wawancara orang tua |
√ |
||
Wawancara guru | √ | ||
Laporan kegiatan sekolah | √ | ||
Raport sisipan, UAS, UKK, Ijazah, SKHUN | √ | ||
5. Kompetensi Lulusan | ||||
5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan? | ||||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
q Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran. |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung | √ | Hasil belajar peserta didik sebagian besar sesuai dengan standar (KKM, Ujian nasional). Persentase kelulusan Ujian Nasional tahun pelajaran 2007/2008 sebesar 96,9%
Program Rekomendasi: 1. Mengadakan bimbingan materi UN secara intensif 2. Meningkatkan mutu proses pembelajaran 3. Try out materi UN 4 kali. 4. Sosialisasi KKM kepada siswa dan wali murid. 5. Sosialisasi kelulusan kepada guru, siswa dan wali murid. |
3 |
|
Hasil Ujian | √ | |||
Hasil-hasil tes | √ | |||
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan | √ | |||
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama | √ | |||
Hasil wawancara dengan siswa, guru dan wali murid | √ | |||
|
||||
5.2. Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat? | ||||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
q Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik q Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup q Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik | √ |
Madrasah menyediakan program ekstrakurikuler dan pembiasaan yang berupa pembiasaan membaca Al-Qur’an pada awal pelajaran, tambahan praktik agama, muhafadhoh yang mengarah kepada pengembangan pribadi dan keterampilan hidup.Piagam prestasi siswa di bidang non akademik belum terdokumentasi secara lengkap. Program Rekomendasi:
|
2 |
|
Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler | √ | |||
Pencapaian dalam olahraga | √ | |||
Catatan mengenai program budaya | ||||
|
||||
6.Standar Pengelolaan | ||||
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? | ||||
Spesifikasi dalam standard pengelolaan· Perencanaan Programq Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak berkepentingan. q Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Pernyataan Visi dan misi sekolah |
√ |
Madrasah merumuskan visi, misi dan disosialisaikan kepada warga madrasah dan semua pihak yang berkepentingan. Namun Warga sekolah belum sepenuhnya memahami visi dan misi madrasah.Program Rekomendasi:
|
3 |
|
Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan |
√ |
|||
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah | √ | |||
|
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan. |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Tujuan dan Rencana |
√ |
Madrasah merumuskan program dengan jelas dan disosialisasikan kepada semua warga madrasah dan pihak terkait. Program madrasah belum ada monev yang jelas.
Program Rekomendasi:
|
3 |
|
Pendokumentasian dan sosialisasi rencana |
√ |
|||
|
Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Perencanaan Program q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah. q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Laporan evaluasi diri sekolah | √ |
Madrasah merumuskan rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran. Madrasah belum merumuskan indicator pencapaian untuk menilai kinerja dan melakukan perbaikan.Program Rekomendasi:
1. Merumuskan indikator pencapaian untuk melakukan monev. 2. Melakukan monev terhadap pelaksanaan program kerja. 3. Mengadakan interview / angket tentang kemajuan program kerja madrasah |
3 |
|
Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah | ||||
Interviu dengan peserta didik | √ | |||
Interviu dengan guru | √ | |||
Interviu dengan orang tua | √ | |||
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka | √ | |||
|
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan q Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses q Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan |
Madrasah mengelolah dan menyediakan informasi yang memadai, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses oleh warga madrasah tapi belum untuk masyarakat.Program Rekomendasi:Perlu membuka website. |
3 |
||
Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data |
√ |
|||
Diknas kabupaten memiliki catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah | ||||
|
Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi
q Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah |
√ |
Madrasah mengatur program pendidik dan tenaga kependidikan, melakukan supervisi dan evaluasi.Administrasi kepegawaian belum lengkap. . Program Rekomendasi: 1. Madrasah melakukan penilain Kinerja guru dan pegawai menyeluruh dan kontinyu.
|
3 |
|
Interviu guru | ||||
Observasi | √ | |||
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai | √ | |||
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu | √ | |||
|
Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah harus melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah q Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
Catatan mengenai dukungan komite sekolah |
√ |
Sebagaian besar masyarakat belum banyak terlibat dalam kehidupan sekolah.
Program Rekomendasi: Perlu peningkatan peran humas |
3 |
|
Tingkat pendaftaran peserta didik |
√ |
|||
Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat | ||||
|
||||
7. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN |
|||
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai? | |||
Spesifikasi dalam standar guru dan tenaga pendidik
q Jumlah guru dan tenaga pendidik memenuhi standar q Kualifikasi guru dan tenaga pendidik memenuhi standar q Guru dan tenaga pendidik memenuhi standar kompetensi |
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Jumlah dan kualifikasi guru |
√ |
Jumlah guru disesuaikan dengan beban mengajar, jumlah siswa, job diskripsi, kualifikasi dan prodi maka dapat disimpulkan bahwa jumlah guru kurang 17 orang, tenaga BP kurang 3 orang, guru belum memenuhi standar kualifikasi 6% (3/49), guru belum sesuai dengan prodi 8% (4/49), belum seluruh guru disertifikasi 16 : 49, petugas Tenaga Kependidikan ( TU ) kurang, petugas Pustakawan kurang sesuai.
Program Rekomendasi: Mengusulkan penambahan pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan prodinya. |
2 |
Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik |
√ |
||
Beban mengajar guru | √ | ||
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru | √ | ||
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik | √ | ||
5. SK pembagian tugas |
8. Standar Pembiayaan | ||||
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan? | ||||
Spesifikasi dalam standar pembiayaan Pengelolaan keuangan sekolah q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel. q Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan. |
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan | √ | Rencana anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBM) dirumuskan dan merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan
Pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan Program Rekomendasi:
|
4 |
|
Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan. | √ | |||
Pembukuan keuangan sekolah | √ | |||
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan | ||||
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. | √ | |||
|
8.2 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya? | |||||||
Spesifikasi dalam standar pembiayaanq Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri |
|||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|||||
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan | √ | Madrasah berusaha mencari sumber dana lain untuk melengkapi sarana prasarana.
Program Rekomendasi:
|
3 |
||||
Catatan alumni | |||||||
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan | √ | ||||||
Catatan pendapatan dari semua sumber | √ | ||||||
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. | |||||||
Interviu dengan siswa, guru dan wali murid | √ | ||||||
|
|||||||
8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? |
|||||||
Spesifikasi dalam standard pembiayaan
q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi |
|||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|||||
Angka peserta didik yang masuk dan keluar |
√ |
Madrasah tidak menarik SPP dari siswa dan melakukan subsidi silang.Program rekomendasi:
|
3 |
||||
Wawancara dengan anak didik |
√ |
||||||
Wawancara dengan orang tua | √ | ||||||
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat | |||||||
Wawancara perwakilan masyarakat daerah | |||||||
Catatan SPP yang dibayarkan | |||||||
Tingkat putus sekolah | √ | ||||||
3. Buku catatan subsidi silang |
|||||||
Mohon ijin copy paste yah.. untuk dipelajari… Insya Allah bermanfaat
SukaSuka
makci buanyaak …..
wktu prensentasi aq btuh in…
matur nuwwun…….
SukaSuka
Terimakasih…
SukaSuka
makasih ya, kamu sangat-sangat-sangat membantu saya. kalo tidak alamet deh saya bakalan begadang.
SukaSuka
thank’s ya?
SukaSuka