//
home

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 Sahabat Pengunjung Blog yang Terhormat….!

1484090_756807657680182_536850671_nAlhamdulillah saat ini perjalanan profesi pengawas dan kepengawasan sekolah  sudah mulai ada titik terang dengan lahirnya beberapa regulasi pendidikan misalnya tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan .Dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mencakup standar: (1) isi; (2) proses; (3) kompetensi lulusan; (4) pendidik dan tenaga kependidikan; (5) sarana dan prasarana; (6) pengelolaan; (7) pembiayaan; dan (8) standar penilaian pendidikan. Standar-standar tersebut di atas merupakan acuan dan sekaligus kriteria dalam peningkatan dan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan.

Salah satu standar yang memegang peran penting dan strategis dalam peningkatan mutu  pendidikan  adalah  standar pendidik dan tenaga kependidikan. Pengawas satuan pendidikan merupakan salah satu komponen tenaga kependidikan yang perlu ditingkatkan mutunya.

       Peran pengawasan pendidikan diatur secara khusus dalam PP 19 Tahun 2005 Pasal 55 dan 57 tentang Standar Pengelolaan yang meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. Pengaturan pengawasan pendidikan diatur pula dalam PP 74 Tahun 2008 tentang Guru pada Pasal 15 ayat 4 menjelaskan  bahwa guru yang diangkat menjadi pengawas satuan pendidikan melaksanakan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan tugas pengawasan.

       Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya selanjutnya menjadi acuan operasional yang menjadi landasan utama dalam melaksanakan tugas pokok pengawas sekolah.

       Istilah Pengawas Satuan Pendidikan yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 berubah penyebutan sesuai dengan Permenpan Nomor 21 Tahun 2010 menjadi Pengawas Sekolah. Berdasarkan itu, sebutan Pengawas Sekolah berlaku pula untuk pengawas di lingkungan Kementerian Agama.

Permenegpan dan RB Nomor 21 Tahun 2010 menyatakan bahwa pengawas sekolah merupakan salah satu tenaga kependidikan yang memegang peran strategis dalam meningkatkan profesional guru, kepala sekolah dan mutu pendidikan di sekolah. Tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah, pemantauan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan, penilaian kinerja guru dan kepala sekolah, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, pengawas sekolah berfungsi sebagai supervisor pendidikan atau pengawas pendidikan, baik pengawasan akademik maupun maupun pengawasan manajerial. Berkaitan dengan sasaran pengawasan akademik, pengawas sekolah bertugas membantu dan membina guru meningkatkan profesionalnya agar dapat mempertinggi kualitas proses dan hasil belajar siswa. Berkaitan dengan pengawasan manajerial, pengawas sekolah bertugas membantu kepala sekolah dan seluruh staf sekolah agar dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan pada sekolah yang dibinanya lebih efektif.

namun belum ada ketagasan posisi pengawas sekolah dalam sistem pendidikan di Negara kita. Berbagai persoalan masih menyelimuti nasib profesi yang disebut-sebut sebagai penjamin mutu pendidikan ini.

U ntuk itu semua , saya menyediakan ruang ini  sebagai mediaTeropong Bagi insyan Pengawas sekaligus sebagai ajang  untuk ber silaturahmi di antara sesama keluarga besar Pengawas Sekolah di seluruh Indonesia.Mari  untuk bertukar pikiran dan pengalaman sesama pengawas indonesia  demi kemajuan pendidikan di inddonesia tercinta. Tuangkan gagasan kreatif Anda!, Ekspresikan harapan Anda!, Ungkapkan kegelisahan Anda, Tumpahkan “uneg-uneg “Anda!, Sebarkan informasi   yang Anda miliki melalui forum ini!

Diskusi ini bersifat terbuka,  pemikiran sangat dinanti-natikan oleh rekaan -rekan pengawas sekolah dan akan sangat bermanfaat bagi penguatan dan peningkatan kompetensi pengawas saat ini,

Untuk menyemarakkan ruang ini, saya mengundang Anda untuk memberikan gagasan,  komentar,  atau mungkin kritik membangun tentang situasi pendidikan kita.

Semoga saja pemikiran kritis Anda dalam ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya.

Semoga bisa membuka wawasan serta memberikan konstribusi  bagi pengembangan kepengawasan di indonesia saat ini. Amiiiin..

Iklan

Diskusi

161 thoughts on “Forum Pengawas Indonesia

  1. Selamat atas hadirnya blog ini, yang telah menyediakan forum khusus bagi para pengawas.
    Semoga forum ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun kebersamaan di antara sesama pengawas di Indonesia.
    Mohon ijin untuk ditambahkan sebagai situs sahabat

    Suka

    Posted by AKHMAD SUDRAJAT | 24 April 2010, 6:15 am
    • Trimakasih pa , saya terinspirasi stelah mengikuti blog bapak yang luar biasa banyak mambantu saya dalam mengembangkan materi sebagai fasilitator maupun ditrik trainner WSD/WDD AIBEP, saya banyak terbantu . Saya pun berusaha membuat blog yang tidak sempurna ini moga bisa membantu teman teman guru dan pengawas Pa.

      Suka

      Posted by suaidinmath | 24 April 2010, 11:55 am
  2. Selamat dan salam kenal dari saya, Toto Raharjo (Pengawas SMA Lombok Timur). Saya senang membaca blog Bapak, termasuk keberhasilan Bapak dan teman-teman Pengawas di Dompu yang telah menikmati berbagai kesejahteraan, sementara kami di Lotim belum merasakannya. Pak, bisakah saya meminta contoh Penelitian Tindakan Sekolah ? Saya ingin belajar dari Bapak. Terimakasih.

    Suka

    Posted by Toto Raharjo | 14 Juli 2010, 2:27 am
  3. terima kasih adanya blog ini moga lbh bermanfaat jika bisa menampilkan ide2 pengawasan yang baru..bagaimana cara masuk di forum pengawas indonesia

    Suka

    Posted by hasto wahjono | 14 September 2010, 5:35 am
  4. terimakasih Pak, saya sbg pengawas pemula sangat terbantu dari blog Bp.karena masih ingin banyak tahu n belajar ttg sekitar kepengawasan n belajar ngeblog biar ga’ goblog,mohon izinnya pula blog Bp utk menjadi blog sahabat.

    Suka

    Posted by totok jp | 27 November 2010, 2:37 pm
  5. Silahkan Pak dengan senag hati. moga sukses selalu.

    Suka

    Posted by suaidinmath | 18 Desember 2010, 9:16 am
  6. Teruskan menulis dan mengisi blog dengan konten informatif. Blog yang sangat bermanfaat dan kami tunggu tulisan lain tentang kepengawasan.

    Suka

    Posted by putrasembon | 6 Januari 2012, 8:12 am
  7. Pak,saya senang bisa terhubung ke blog bapak.Kita tukeran link ya,Pak.
    Terima kasih

    Suka

    Posted by H.Indra Kusumah | 29 Januari 2012, 7:35 am
  8. semoga ada manfaatnya.

    Suka

    Posted by suaidinmath | 8 Februari 2012, 6:08 am
  9. Alhamdulillah, saya dipertemukan dengan bapak walau lewat e-mail. saya sangat bergembira berkenalan dengan bapak, semoga kita dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan bapak, saya senang menulis dan meneliti, akan lebih baik apabila kita bertukar dan bekerjasama dalam hal ini.
    wassalam.

    Suka

    Posted by yurhadi ghani | 6 Januari 2013, 10:06 am
  10. Assalamu’alaikum Pak, salam kenal pak dan terima kasih blogs bapak ini banyak membantu saya dalam pengembangan tugas sebagai pengawas.

    Suka

    Posted by asril sawalogh | 14 Januari 2013, 2:48 am
  11. salam bapak
    senang sekali ada forum pengawas, bisa digunakan untuk menambah wawasan kepengawasan. yang paling utama untuk saling berbagi informasi dan pengalaman bagaimana menjadi pengawas yang ditunggu kehadirannya oleh guru dan sekolah.
    salam sukses……..

    Suka

    Posted by ismun darjatiningsih | 24 Januari 2013, 12:31 pm
  12. salam bapak, mau diskusi nih tentang organisasi kepengawasan. ada APSI, MKPS dan KKPS. bagaimana kedudukan secara hirarki organisasi. benarkah MKPS membawahi kkps sd,kkps smp dan kkps sma juga kkps smk. dan bagaimana dengan korwas. masih bingung nih……

    Suka

    Posted by ismun darjatiningsih | 29 Januari 2013, 2:01 pm
    • benar bu Ismun. MKPS itu kedudukannya di tingkat kab/kota, membawahi KKPS ( SMA,SMK,SMP,SD,TK dstnya). sedangkan korwas boleh lanmgsung ketua MKPS atau boleh juga tersendiri.kalau kami ketua MKPS langsung sebagai korwas agar tdk terjadi dupikasi tugas.

      Suka

      Posted by suaidinmath | 31 Januari 2013, 12:22 pm
  13. ass.wr.wb, Terima kasih Pak atas kiriman artikelnya yang sangat membamtu kami dalam tugas menjadi Pengawas, Oh ya pak saya menjadi pengawas baru 1 tahun, merasakan bahwa pengawas di KLu masih dianggap jabatan sebelah mata oleh guru dan Ks, bgaimana pendapat Bpak Suadin cara meningkatkan citra tsb.trims

    Suka

    Posted by hary suharno | 4 Februari 2013, 5:20 am
    • alhamdulilah saya tdk merasakan seperti itu,kami berkolaborasi yang sinergis dengan guru dan kepala sekolah. kami setiap hari berada di sekolah, hanya hari jumat dan sabtu ada di kantor utk rapat evalkuasi pelaksanaan prigram. Biaya rapat disiapkan di RKA pengawas Rp.700.000 potong pajak .

      Suka

      Posted by educatinalwithptk | 11 Februari 2013, 3:09 pm
  14. Pak Kami mau sharing nih, apakah Pengawas Di Dikbudpora dompu diberikan anggaran dengan No rekening kusus? kami di Kab Lombok utara tidak ada,sehingga kami kesulitan untuk mmprogramkan peningkatan mutu bagi gur dan Ks, Bahkan SPPD( perjalan dinas pun tidak diberikan. Bagaimana kondisi di Dompu pak? Kalau disediakan anggaran kusus Pengawas mohon diinfokan no. rek. berapa, apa numpang di anggaran bidang atau seretariat. Mohon tanggapannya. trims

    Suka

    Posted by hary suharno | 10 Februari 2013, 6:15 am
    • Yth.Pak Hary, di Lombok Utara, alhamdulilah pengawas di Dompu memiliki RKA sendiri, ada SPPD daerah, ada Tunjangan tetap, ada ada ATK, ada biaya foto copy, ada biaya rapat ,ada biaya suku cadang/bensin kendaraan dinas, kami punya staf sendiri . dll masih banyaklah .

      Suka

      Posted by educatinalwithptk | 11 Februari 2013, 3:05 pm
  15. As. pak terima kasih dpt berkenalan dg bapak,sy ingin sukses seperti bapak bantu saya pak……,sy bisa komputer setelah jadi pengawas….(malu….. saya,tp sy pikir lebih baik terlambat ,dari pada ngak bisa …..)

    Suka

    Posted by melly | 19 Februari 2013, 10:43 am
  16. As.Pak kayaknya….ditempat kami kab.Kepahiang keadaannya sama persis dg di daerahnya pak harry….,klu bisa tolong kirimi kami copy Rka pengawas….kami bisa mengusulkan ke Kadis…Terima kasih..

    Suka

    Posted by melly | 19 Februari 2013, 10:54 am
  17. 1. dengan kondisi struktur kurikulum 2013, apakah akan dapat menyelesaikan masalah kondisi beban tatap muka bagi guru?
    2. kompetensi inti dan kompetensi dasar dari kurikulum 2013 meminta para guru untuk lebih kreatif …dan melakukan pengamatan setiap gerak gerik siswa, masalahnya apakah semua guru dapat dan mampu menterjemahkan kurikulum sesuai ketentuan…bagaimana pendapat bapak

    Suka

    Posted by ismun darjatiningsih | 2 Maret 2013, 3:32 pm
    • yth,Bu Ismun,
      1.kehadiran kur 2013 bukan utk menyelesaikan masalah beban kerja guru, tp lebih jauh dari itu Kurikulum 2013 memang merupakan instrumen peningkatan mutu pendidikan. Peran guru dan kepala sekolah menjadi pendukung utama agar Kurikulum 2013 dapat secara signifikan meningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah.
      2. .bukan hanya kurikulum 2013 yang meminta para guru untuk lebih kreatif …dan melakukan pengamatan setiap gerak gerik siswa, KBK, KTSP juga demikian sesuai stndar prose , juga guru dituntut untk pengembangan keprofesian berkelanjutan salah satunya dalam PTK tdk terlapar dari pengamatan .
      3. Ideaalnya semua guru harus mampu menjabarakan setiap isi kurikulum termasuk kur 2013. sehingga kedepan akan dilatih guru inti utk setiap matapelajaran dari unsuru guru, pengawas dan kepala sekolah tuk mendampingi mereka

      Suka

      Posted by suaidinmath | 25 April 2013, 7:24 am
  18. maaf saya, saya may nanya kalo kedudukan pengawas itu seperti apa dan bagaimana struktur pengawasan yang ada di indonesia . terimakasih

    Suka

    Posted by Syukron Smanela | 22 April 2013, 6:52 am
    • Kedudukan pengawas indonesia adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis untuk melakukan pengawasan dan pembinaan pendidikan terhadap sejumlah sekolah atau guru tertentu yang ditunjuk/ ditetapkan. landasannya permendiknas RB no.21 thn 2010.

      Suka

      Posted by suaidinmath | 26 Mei 2013, 4:18 am
  19. Wah ternyata hebat ya pengawas ditempat lain ternyata ada biaya oprasional tapi kalau tempat saya bertugas transport aja tidak ada anggarannya. tertinggal jauh deh dengan guru/kepala sekolah, mereka setiap gerak ada anggarannya, sedang pengawas?

    Pengawas ditempat saya sebagai tumpuan pertama untuk menyelesaikan masalah sekolah tapi pengawas sering ditinggalkan atau dinomorbuncitkan dalam pelaksanaan proram2 pendk.

    Sekolah binaan saya ada tunjangan daerah khusus untuk guru, tapi pengawasnya dengan 38 sekolah binaan seperti saya cukup mendapat tendangan khusus.

    he, he, he, mengadu apa bertanya ya

    Suka

    Posted by Purwadi Kok | 15 Mei 2013, 4:09 pm
    • heheeh, sabar pak, nasib pengawas kedepan sedang di perbaiki oleh pemerintah.heheheeh

      Suka

      Posted by suaidinmath | 26 Mei 2013, 4:05 am
    • jangan mengeluh pak, semuanya mari kita nikmati dan terima dengan ikhlas. yang pasti sebagai pengawas kita jangan sampai ketinggalan informasi, hayo semangat pak, kita saling berbagi informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita, walaupun pada kenyataanya kita jarang di sentuh. yakinlah suatu saat keberadaan pengawas akan di berdayakan dengan baik. semangat

      Suka

      Posted by yoyoh rohayati | 27 Mei 2013, 2:38 pm
  20. Assalamualaikum Pak Suadin,
    Wah,sudah lama saya gak mampir ke blog bapak.Blog bapak sekarang keren banget ! Semoga materi yang ada disini menjadi slahsatu rujukan bagi teman-teman pengawas di seluruh Indonesia,khususnya,umumnya untuk kepsek,guru dan insan yang peduli pendidikan.Saya mohon izin download Laporan Kepengawasan tahun 2013 untuk disosialisasikan sebagai salah satu model laporan kepada teman-teman di Karawang.
    salam,Sukses terus untuk bapak !

    Suka

    Posted by H.Indra Kusumah | 22 Mei 2013, 12:01 pm
  21. salam kenal pak, sebagai pengawas baru saya sangat terinspirasi dengan tulisan yang ada di blog bapak, sehingga dapat memberikan pencerahan bagi saya untuk memulai pekerjaan di tahun pelajaran baru nanti. saya izin untuk share ya pak. terimakasih

    Suka

    Posted by yoyoh rohayati | 27 Mei 2013, 1:02 pm
  22. Pengawas seharusnya menunjukkan prestasinya terlebih dahulu. Salah satu cara praktis untuk menunjukkan prestasi adalah pengawas lebih fokus pada supervisi akademik ketimbang supervisi administratif. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu supervisi akademik untuk guru/KS yang dapat dilakukan bertahap antara lain adalah (1) memantau kinerja guru secara ilmiah, objektif, adil, dan transparan, dan berkelanjutan; (2) menilai kinerja guru secara priodik dan menyampaikan hasilnya kepada kepada guru untuk ditindaklanjuti; (3) merencanakan dan melaksanakan Peningkatan Keprofesian Guru secara profesional; (4) mendampingi dan melatih guru secara profesional; (5) meningkatkan koordinasi kerja KKPS/MKPS secara kontinyu; (6) meningkatkan pembelajaran kolaboratif, dan (7) meningkatkan budaya positif dan iklim akademik yang kondusif di kelas/sekolah. Dari butir (1) sampai (7) lakukan yang mudah, murah, sedikit demi sedikit dahulu. Jika pengawas sudah menunjukkan prestasi tinggi, insya Allah, penghargaan yang tinggi terhadap pengawas akan datang dengan sendirinya pula. Semoga bermanfaat.

    Suka

    Posted by Husaini Usman | 3 Juni 2013, 12:31 am
  23. Majulah terus pantang mundur wahai para pengawas sekolah.

    Suka

    Posted by ncuhi dompu.bambang s | 10 Juni 2013, 10:45 pm
  24. senang bisa memperluas wawasan tentang pendidikan khususnya kepengawasan di Blog ini. saya teman peserta benchmarking pengawas pak suaidin.

    Suka

    Posted by naziefah | 11 Juni 2013, 4:36 pm
  25. Assalamu alaikum,
    1. Luar biasa kerja teman-teman pengawas di Dompu bisa bersinergi yg baik dgn guru dan kepsek. Tapi jauh lebih luar biasa lagi bagi saya karena mampu menggelontorkan sejumlah dana operasional yang plus. Bagi kiatnya dong pak.
    2. Bagaimana pendapat bapak tentang pengawas sekolah di tingkat provinsi, provinsi mana saja yang ada pengawas sekolah di tingkat provinsi
    3. Terima kasih, wassalam

    Suka

    Posted by ahmad azikin | 5 Juli 2013, 6:15 pm
    • WAALAIKUMUSSALAM WR.WB.
      1.Biasa aja pak Ahmad,kita berjalan sesuai tupoksi yang ada.
      2.Berdasarkan Aturan kepengawasan sampau saat ini bwlum ada aturan pengawas propinsi dan tdk ada pengawas propinsi . yang ada adalah pengawas sekolah di tingkat kab/kota.

      Suka

      Posted by suaidinmath | 6 Juli 2013, 3:02 pm
  26. Dalam implementasi kurikulum 2013, peranan pengawas sekolah sangat menentukan keberhasilan keterlaksanaan kurikulum 2013. Hal itu karena pengawas sekolah harus benar benar melaksanakan tupoksinya sesuai ketentuan dalam buku kerja pengawas sekolah. Senjata yang digunakan oleh pengawas sekolah dalam melaksanakan tupoksinya harus AMPUH . (Aspiratif,Manageble,Produktif,Urgensi,Holistic).Benarkah demikian? Mohon tanggapannya…tks dan salam sukses

    Suka

    Posted by boo itsmoon | 30 Juli 2013, 12:32 am
  27. Assalamualikum , bu Senang bergabung dengan blog ini dapat menambah wawasan dan informasi tentang kepengawasan

    Suka

    Posted by eka nugrah | 30 Juli 2013, 4:34 pm
  28. Ass.Wr.Wb Pak Suaidin, Tolong kami dibantu dikirimi RKA pengawas di dompu, sebagi gambaran kami mengajukan ke Kadis, karena thn 2013 sekarang kami pengawas tidak diberikan RKA sehingga tidak dpat anggaran,RKA Pengawas masuk di sekretariat apa dibidang masing-masing sesuai jenjang pengawas pak ? Terima kasih sebelumnya pak
    ( smantanklu@yahoo.com)

    Suka

    Posted by hary suharno | 4 Agustus 2013, 1:59 am
  29. Selamat siang pak, saya senang membaca artikelnya tentang peran pengawas sekolah yang sampai saat ini belum ada kejelasannya. Padahal PS sangat berperan penting dalam membantu pemerintah untuk menjalankan roda pendidikan didaerah. walaupun kepala sekolah dapat melakukannya, tetapi harus diingat bahwa kita ini mahluk sosial yang hrs saling memberi dan menerima, karena belum semua kepala sekolah dapat melakukan dan menjalankan kepemimpinannya dengan baik, pasti selalu ada kekurangan. oleh sebab itu pengawas adalah mitra terbaik sebagai motivator bagi kepala sekolah untuk membantu dan mendampingi dalam menjalankan tugas kepemimpinan kepala sekolah.

    Suka

    Posted by Charolina A. Watung | 12 Agustus 2013, 2:57 am
  30. salut sama bapak semoga blog ini berguna untuk pengawas sekolah, sy pingin trik dari bapak giaman memberdayakan pengawas di era otonomi daerah.

    Suka

    Posted by hajirun | 16 Agustus 2013, 1:15 pm
  31. tolong bantu kami beberapa hal tentang kurikulum 2013 di bawah ini ! (syukur jika dilengkapi referensinya)
    – kegiatan yang dilakukan pengawas dalam pendampingan kepada KS & guru dalam implementasi krklm 2013
    – silabusnya?
    – penilaiannya pertema atau permapel ? kwalitatif atau kwantitatif atau diskriftif?
    – format rapornya?
    – indikator dari masing2 KD?
    – jadwal pelajarannya?
    dsb (dan saya bingung)…….?????????????????????

    Suka

    Posted by kahuri | 24 Agustus 2013, 2:46 pm
  32. bagi yang berkenan membantu kami dapat lewat email drskahuri@yahoo.co.id. maturnuwun

    Suka

    Posted by kahuri | 24 Agustus 2013, 2:51 pm
  33. Assalamualaikum w. w. Salam kenal pak Suaidin, saya pengawas kota Banda Aceh, senang sekali bisa mengikuti blog bapak, saya ingin belajar lebih banyak tentang kepengawasan dari bapak, terimakasih.

    Suka

    Posted by Nurhayati | 3 September 2013, 3:23 pm
  34. gimana kedudukan pengawas mata pelajaran yang ada di SD yang akhir-akhir ini marak? saya bingung mau menempatkan dimana karena susah mengsinkronkan dengan permen dan pendataan-pendataan selama ini termasuk Dapodik, trims. sampai jumpa di acara bencmarking selanjutnya.

    Suka

    Posted by sultan | 17 September 2013, 3:18 pm
  35. senang bisa membangun wawasan kepengawasn di blog ini.Sukses Bapak… Salam Kenal dari yogya…

    Suka

    Posted by Yustina Sri Rahayu | 28 September 2013, 9:40 am
  36. Forum yang baik sekali, semoga terwujut perbaikan mutu Pengawas sekolah secara merata, tidak saja di kota2 besar tapi juga di daerah2. trims

    Suka

    Posted by Maulidi Al Baiquni, lampung timur | 30 September 2013, 1:46 am
  37. ass pak trims atas tersedianya blog ini,menambah wawasan para pengawas se Indonesia,salut buat bpk mudah-mudahan sumbangsih para pengawas dikemudian hari merupakan salah satu faktor penentu kemajuan mutu pendidikan di masa depan,bravo buat rekan seprofesi.

    Suka

    Posted by nurmaherawati | 1 Oktober 2013, 3:47 pm
  38. assalamu’alaikum… pak, salam kenal, makasih atas kehadiran forum kepengawasan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pengawas sekolah yang ada di tanah air , dan dunia pendiidkan semakin maju dan sukses selalu buat rekan-rekan seprofesi

    Suka

    Posted by sriwarningsih | 6 Oktober 2013, 7:16 am
  39. terimaksih semoga saya dapat memanfaatkan blog ini untuk meningkatan kualitas pengawas sekolah karena hampir tidak pernah mengikuti penguatan pengawas sekolah di tempat saya

    Suka

    Posted by gusrial | 9 Oktober 2013, 12:40 am
  40. boleh bergabung, pak?

    Suka

    Posted by susilo utomo | 17 Oktober 2013, 1:00 am
  41. terima kasih atas lahirnya blog ini, dan sangat membantu kami sebagai pengawas sekolah

    Suka

    Posted by farid wajidi | 24 Oktober 2013, 4:27 pm
  42. Terima kasih atas artikel Bapak, memang banyak yang perlu diperdalam tentang kepengawasan karena kita adalah tempat bertanya oleh guru dan kepala sekolah. Semoga juga ada bimbingan untuk karya-karya ilmiah

    Suka

    Posted by Enidarwaniswati Syn | 27 Oktober 2013, 2:40 am
  43. Saya senang sekali dapat bergabung di blog ini, karena ini wadah untuk kita berdiskusi memperdalam wawasan kita tentang kepengawasan sekolah, karena selama ini pengawas dianggap sebagai superman yang dapat menyelesaikan semua permasalahn disekolah, Terima kasih

    Suka

    Posted by Isnawati | 7 November 2013, 8:10 am
  44. Alhamdulillah dengan adanya blog ini, selain tempat bertukar pengalaman juga kita bisa curhat ! Kan kalau kita bisa curhat ,plong rasanya hati ini ! Rekan 2 kami pengawas di lombok timur-nusa tenggara barat lagi resah nd gelisah sebab usulan perpanjangan bup ditolak pemda . Adakah teman-teman yang mengalami nasib kayak kami ? Terima kasih ! Sukses untuk kita !

    Suka

    Posted by ahsan | 4 Januari 2014, 12:56 am
  45. Saya sangat terkesan dengan blog Bapak, karena isinya banyak membantu teman-teman pengawas seperti saya. Kalau bisa Bapak kirimkan contoh RKAS Pengawas Dompu untuk jadi referensi kami di Lombok Tengah. Terima kasih

    Suka

    Posted by Bambang Nurcahyono | 12 Januari 2014, 8:46 am
  46. KAMARUDDIN( 15 JANUARI 2014) saya sangat berteima kasih atas adanya blok bapk ini , sangat membntu kami pengaws di kab.gowa sul sel

    Suka

    Posted by kamaruddin | 14 Januari 2014, 12:26 pm
  47. Bangkit dan bangkitlah sang Pengawas Sekolah/mapel. Munculnya Blog ini memberikan satu wadah lagi untuk komunikasi efektif profesionalisme pengawas sekolah. Perlu saya perkenalkan, alhamdulillah saya berhasil menyusun program aplikasi kepengawasan “SMART” yang efektif dan cepat. Alahamdulillah sudah banyak yang menggunakannya dan komentarnya efektif dan sangat membantu untuk kegiatan supervisi. Berikutnya saya telah berhasil pula menciptakan program aplikasi supervisi manajerial 8 SNP dilengkapi dengan evaluasi, analisis, tindak lanjut dan rekomendasi serta pembahasan. Dua program tersebut sangat cocok untuk supervisi kepengawasan sekolah. apa lagi secara umum pengawas adalah para manula. Sehingga sangat membantu tugas para pengawas dalam mengemban profesinya. Hasil sipervi untuk adm pembelajaran lengkap yang meliputi 10 komponen dapat menyelesaikan 40 orang guru dalam waktu 3.30 jam. Jika Saudara-saudaraku pengawas berminat dapat menghubungi saya : YUDDO SUSWANTO, HP 085230853941. E-mail sitiwahyuli@yahoo.co.id. OK saya setia menanti infonya

    Suka

    Posted by Yuddo Suswanto | 26 Januari 2014, 5:07 pm
  48. Assalamu Wr Wb.
    salam kenal dari BUSA pengawas sekolah kota blitar
    saya sangat senang dengan blog ini mudah-mudahan dengan diskusi via blog dapat menambah wawasan bagi pengawas sekolah

    Suka

    Posted by Budi Sasmito | 28 Januari 2014, 11:49 am
  49. Assalamuaiaikum Wr Wb ..terimakasih sudah diterima bergabung…saya pengawas SD ..kab Belitung Prov Bangka Belitung….saya senang blog ini banyak informasi yang bisa menambah wawasan sebagai pengawas pemula .dan dapat menjadi motivasi untuk menjadi pengawas profesinal …. dan mohon bimbingan supaya saya bisa membuat PTS….terimakasih

    Suka

    Posted by eka nugrah | 13 Februari 2014, 9:46 am
  50. ingin bergabung dan Selamat atas hadirnya blog ini, yang telah menyediakan forum khusus bagi para pengawas yang ada di indonesia.
    Semoga forum ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun kebersamaan di antara sesama pengawas di Indonesia.
    Mohon ijin untuk ditambahkan sebagai situs sahabat.
    Dari zulham Iskandar M, S.Pd., M.Pd Pengawas Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara

    Suka

    Posted by Zulham IsM. | 17 Februari 2014, 9:35 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Oktober 2017
S S R K J S M
« Jul    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Statistik Blog

  • 2,088,530 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

AWARD BLOG PENDIDIKAN

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya

Teratas

RSS Republika online

  • Wajah Pesantren, Wajah Indonesia 22 Oktober 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK --  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa bahwa wajah keberagamaan pesantren sangat mempengaruhi corak keberagamaan di Indonesia. “Pesantren seperti apa wajahnya, akan mempengaruhi wajah Indonesia secara...
    Agus Yulianto
  • Hamilton di Ambang Gelar pada Balapan di Amerika 22 Oktober 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton di ambang sejarah. Cerita manis driver asal Inggris bakal tertulis, jika mampu mengunci gelar juara dunia dalam gelaran Grand Prix Formula One di...
    Ratna Puspita

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Rhakateza's Weblog

Aku menulis karena aku ada

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Siapapun Anda, jika nyasar ke sini semoga tak menyesal 😋🐝🌸

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

A Public Sphere for Poetry, Nature, and Politics

Architecture Here and There

Style Wars: classicism vs. modernism

Stories From the Belly

Feminine Embodiment, Detoxing From Sexual Objectification, & Taking Up Space

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

THIS MACHINE MOCKS FASCISTS

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

%d blogger menyukai ini: