//
you're reading...
Dunia Pendidikan

Penilaian Kinerja

  1. Penilaian dilakukan secara berkala setiap tahun

    (Penilaian kinerja tahunan ini dilaksanakan oleh pengawas

sekolah/madrasah).

}Penilaian ini terdiri dari;

}penilaian formatif (awal tahun pelajaran); dan

}penilaian sumatif (akhir tahun pelajaran)

 

PELAKSANAAN

}Penilaian dilaksanakan secara periodik setiap tahun dan secara berkala diatur sesuai surat pengangkatannya sebagai kepala sekolah/madrasah. Penilaian formatif dilaksanakan awal tahun pelajaran oleh kepala sekolah yang bersangkutan sebagai evaluasi diri untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta memetakan hambatan dan tantangan yang dihadapi. Sedangkan penilaian sumatif dilaksanakan akhir tahun pelajaran oleh pengawas satuan pendidikan sebagai evaluasi terhadap kinerja kepala sekolah serta untuk melihat kemajuan yang telah dicapai setelah kepala sekolah dalam melaksanakan Pengembangan Keprofeian Berkelanjutan bagi guru (PKBG).

}Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang.

Penilaian Kinerja yang dilakukan secara kumulatif setiap 4 (empat) tahun

}Penilaian kinerja 4 (empat) tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah dimana yang bersangkutan bertugas. Penilaian ini dilaksanakan secara periodik setiap empat tahun, sejak seorang kepala sekolah/madrasah diangkat sebagai kepala sekolah/madrasah.

}Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan secara berkala setiap tahun.

}Pelaksanaan penilaian kinerja satu tahunan dilakukan oleh pengawas sekolah.

}Pelaksanaan penilaian kinerja kepala sekolah 4 (empat) tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah, pendidik,  tenaga kependidikan, dan komite sekolahdengan mempertimbangkan pemenuhan persyaratan penilai seperti di bawah ini;

}Terlatih untuk melakukan penilaian kinerja dan memahami cara menerapkan pedoman penilaian.

}Memiliki keterampilan untuk menggunakan instrumen secara objektif.

}Mampu mengolah dan menafsirkan data hasil penilaian serta dapat menyusun rekomendasi dari hasil penilaian sebagai input bagi pembuat kebijakan.

Proses Penilaian

}Penilaian dilakukan dengan cara memberikan skor pada setiap indikator kinerja berdasarkan kelengkapan dan keabsahan bukti yang releven dan teridentifikasi.

}Bukti-bukti dapat berupa data, dokumen, kondisi lingkungan fisik sekolah, perilaku dan budaya, dan lain-lain yang dapat diidentifikasi oleh Penilai melalui pengkajian, pengamatan, dan penggalian informasi dari pihak-pihak yang terkait di sekolah seperti guru, pegawai, komite sekolah, dan peserta didik.

}Penilai mencatat semua bukti yang teridentifikasi pada tempat yang disediakan pada setiap kriteria penilaian.

}Bukti-bukti yang dimaksud dapat berupa:

¨bukti yang teramati (tangible evidences) seperti:

}dokumen-dokumen tertulis.

}kondisi sarprasarana (hardware dan/atau software) dan lingk sekolah,foto, gambar, slide, video.

}produk-produk peserta didik.

¨bukti yang tidak teramati (intangible evidences) seperti

}sikap dan perilaku kepala sekolah.

}budaya dan iklim sekolah

Bukti-bukti ini dapat diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan pemangku kepentingan pendidikan (guru, komite, peserta didik, mitra dunia usaha dan dunia industri).

Lima kategori penilaian yaitu ‘Amat Baik’, Baik’, Cukup’, Sedangdan Kurangdengan ketentuan sebagai berikut:

nnn

Konversi Nilai Hasil Penilaian Kinerja ke Angka Kredit

Angka kredit unsur pembelajaran/bimbingan guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah ditentukan berdasarkan NPK dan NPKKS dengan bobot 25% dan 75%.

Perhitungan perolehan angka kredit dilakukan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut.

AK=25% (AKK-AKPKB-AKP) X (JM/JWM) X NPK    + 75% (AKK-AKPKB-AKP) X (JM/JWM) X NPKKS

Keterangan:

AK   = Perolehan angka kredit per tahun

AKK  = Angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan

AKPKB  = Angka kredit unsur pengembangan profesional berkelanjutan

AKP  = Angka kredit unsur penunjang

}JM  = Jumlah jam mengajar per minggu

}JWM  = Jumlah wajib mengajar per minggu (6 jam untuk kepala sekolah)

}NPK  = Nilai perolehan hasil kinerja sebagai guru

}NPKKS  = Nilai perolehan hasil kinerja sebagai kepala sekolah

 

GGG

nnb

cropped-738165_558059580888325_954128278_o.jpg

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Agustus 2015
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,764,690 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Warga Pidie Jaya Harapkan Bantuan Segera Tersalurkan 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, TRIENGGADENG -- Masyarakat korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya mengharapkan bantuan dari pemerintah bisa segera tersalurkan. Seperti masyarakat Desa Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12). Dimana...
    Sadly Rachman
  • BPBD Magetan Bangun Posko Tanggap Darurat 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membangun sebuah pos komando (posko) tanggap darurat bencana di wilayah paling rawan tanah longsor guna memberikan penanganan cepat jika sewaktu-waktu terjadi...
    Yudha Manggala P Putra

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: