//
you're reading...
Dunia Pendidikan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF ATAU COOPERATIVE LEARNING BELAJAR DENGAN KKLOMPOK KECIL (DISKUSI KELOMPOK KECIL)

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF ATAU COOPERATIVE LEARNING
BELAJAR DENGAN KKLOMPOK KECIL (DISKUSI KELOMPOK KECIL)
ROBERT E. SLAVIN; SECOND EDITION; GREEN WOOD DALQUADH & HALL

1. STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMEN DIVISIONS)
Untuk semua bidang studi.
1. Penyajian bahan.
2. Bentuk tim dan belajar di tim mereka sendiri untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan guru.
3. Kasi kuis / pertanyaan-pertanyaan (anggota tim tidak saling membantu).
4. Pertanyaan-pertanyaan di no 3 diulang bagi siswa yang tidak dapat menjawab untuk perbaikan skor.
5. Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu.

2. TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS)
Untuk semua bidang studi.
1. Penyajian bahan.
2. Sama dengan yang di STAD.
3. Games. Yaitu model permainan. Salah satu wakil tim yang dianggap mampu ke depan kelas. Para wakil (boleh 3-4) diberi pertanyaan oleh guru. Pertanyaan guru boleh dijawab oleh wakil tim yang lain bila tidak menjawab. Permainan lain persiapan permainan. Selelah kartu diisi nomor lalu siswa yang ke depan mengambil nomor undian yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Siswa duduk di meja yang dikasi warna berbeda, misalnya kuning, hijau, merah dan lain-lain. Pertanyaan bisa dibacakan oleh seorang murid yang lain, selanjutnya siswa yang menang maju dengan peserta lain dan seterusnya.
4. Pengenalan tim (sama dengan di STAD)
3. JIGSAW (YANG PALING UMUM BAGI GURU-GURU)
Untuk semua bidang studi.
1. Penyajian bahan-bahan.
2. Bentuk tim dan siswa bekerja di tim mereka menjawab pertanyaan yang berbeda.
3. Bentuk tim ahli. Yang menjawab pertanyaan nomor 1 kumpul dengan yang menjawab pertanyaan nomor 1, begitu pula yang menjawab pertanyaan nomor 2 dan seterusnya.
4. Setelah selesai kembali ke tim mereka masing-masing. Masing-masing orang memberitahu jawaban.
5. Evaluasi.

4. CO-OP CO-OP ( COOPERATIVE – COOPERATIVE)
Untuk sernua bidang studi.
1. Diskusikan dengan siswa minat, keinginan siswa untuk mempelajari topik, pengalaman yang mereka miliki.
2. Bentuk tim sesuai yang mereka inginkan.
3. Tim memiliki lopik yang diinginkan.
4. Tim membicarakan mini topik yang mana mau dibahas oleh masing-masing pribadi siswa dalam tim (pemilihan mini topik).
5. Persiapan mini topik. Di sini siswa bekerja secara individu untuk memutuskan semua pertanyaan yang akan muncul terhadap mini topik tersebut.
6. Presentasi mini topik. Masing-masing siswa berprestasi dihadapan anggota timnya terhadap hal-hal/bagian-bagian yang ditugaskan pada masing-masing siswa.
7. Persiapan presentasi tim. Tim disiapkan untuk ke depan kelas untuk dilakukan dalam diskusi kelompok besar / diskusi kelas.
8. Presentasi tim. Satu tim mengambil kontrol terhadap kelas.

9. Evaluasi.
a. Tampilan tim dievaluasi oleh kelas.
b. Kontribusi individu untuk usaha tim dievaluasi oleh anggota.
c. Presentasi mini topik oleh masing-masing siswa dievaluasi oleh guru.

5. TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALINATION) ATAU (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION)
Untuk Matematika.
1. Bentuk tim (sama dengan di STAD, TGT)
2. Pre test.
3. Pemberian materi.
4. Tim belajar masing-masing mencri tim mereka dan membahas semua hal yang berhubungan dengan materi. i
5. Team scores and team recognation.
6. Teaching Groups. Setiap hari guru ada di tim-tim yang berbeda untuk membantu kesulitan tim. Di sini dituntut keterampilan guru dalam membimbing kelompok kecil.
7. Test. Tes diberikan hampir 2 x seminggu, atau boleh disuruh belajar di rumah dengan LKS barn besoknya dites.
8. Whole Class Unit. Lebih kurang 3 minggu guru bisa menyetop program ini dan bisa belajar ke hal lain.

6. CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)
Untuk bidang studi Bahasa.
Siswa diupayakan belajar bergroup dalam aktivitas-aktivitis berikut, misalnya: kemampuan membaca dinilai oleh teamnya di group.
1. Oral Reading.
– Reading out aloud
2. Reading comprehension skill.
3. Writing and language art.
4. Story – related activitis.
5. Story grammar and story related writing.
6. Words out loud.
7. Word meaning.
8. Spelling.
9. Kira-kira setelah 3 x pertemuan dikasi tes.
10. Direct instruction in reading comprehension. Guru selalu memberi instruksi yang tidak monoton, misal : disuruh identifying main ideas, atau understanding causal relations, atau making inferences, (menarik kesimpulan).
11. Integrated language arts and writing.
12. Independent reading and book reports.

7. STRUSTURED DYADIC METHOD
Untuk bidang studi Bahasa.
A paioff students teach each other, they practice the language, they check, evaluate each other. Praktek berbicara berdua dengan dikasi topik bahasan atau topik dibebaskan apa saja boleh dipilih oleh kedua siswa yang berlatih berbicara.

8. GROUP INVESTIGATION/SMALL GROUP TEACHING
Untuk Ilmu Sosial.
1. Materi.
2. Bentuk team.
3. Group diskusi.
4. Group report.
5. Peresentasi di depan kelas.
6. Evaluasi.

9. LEARNING TOGETHER
Untuk Matematika.
1. Materi.
2. Bentuk team
3. Lembar kerja/assignment sheet.
4. Presentasi.
5. Assesment.

10. COMPLEX INSTRUCTION
Untuk Ilmu Sosial dan Bahasa. ,
1. Pelaksanaan seperti pelaksanaan membuat proyek.

11. GROUP OF FOUR
Untuk semua bidang studi.
1. Dibentuk kelompok masing-masing 4 orang.
2. Pembahasan muteri yang diberikan guru.
3. Penyimpulan.
4. Pelaporan.

12. STRUCTURED DYADIC MATHOD
Untuk Bahasa.
1. Dua orang murid diberikan tugas bercakap-cakap tentang satu lopik bahasan.
2. Praktek berbicara.

PENGERTIAN METOPE, STRATEGI DAN TEKHNIK

Metoda :- Menurut Kamus Bahasa Indonesia (529) : Metode adalah cara-cara sistematis untuk mencapai tujuan.

Strategi:

– Menurut Ahmad Rohani (2004: 32): Dalam konteks pengajaran, strategi dapat diartikan sebagai suatu pola umum tindakan guru-peserta didik dalam manifestasi aktivitas pembelajaran.
– Menurut Nana Sudjana (1998): strategi mengajar (pengajaran) adalah “taktik” yang digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
– Menurut Pedoman RPS (Depdiknas: 2006 : 6): Strategi adalah langkah-langkah berisikan program inovatif.

Tekhnik:- Tekhnik adalah cara yang digunakan guru melakukan tindakan inovatif.

METODA dan STRATEGI
1. Merode Ceramah
strategi yabg digunakan
– Ceramah murni
– Ceramah bervariasi (diselingi dengan tanya jawab atau demonstrasi)

2. Metode Diskusi
strategi yabg digunakan
– Diskusi panel
– Diskusi kelompok besar
– Diskusi kelompok kecil

3. Metode Tanya jawab
strategi yabg digunakan
– Satu arah
– Dua arah
– Tiga arah

4. Metode Permainan
strategi yabg digunakan
– Role play (bermain peran)
– Gambling (tebak terka)
– Pacuan (ambil lotre untuk menjawab pertanyaan)

5. Meode Penugasan
strategi yabg digunakan
– Tugas perorangan
– Tugas kelompok

6. Metode Presentasi
strategi yabg digunakan
– Bergroup
– Perorangan

7. Metode Drill
strategi yabg digunakan
– Bergroup/kelas
– Perorangan

8. Metode Demonstrasi
strategi yabg digunakan
– Kelompok
– Perorangan

9. Metode Tutorial
strategi yabg digunakan
– Kelompok
– Perorangan

10. Meode Unjuk kerja
strategi yabg digunakan
– Kerja kelompok
– Kerja perorangan`

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF ATAU COOPERATIVE LEARNING BELAJAR DENGAN KKLOMPOK KECIL (DISKUSI KELOMPOK KECIL)

  1. When corporation presents a fresh item; or
    wants to pushup their sagging revenue, they produce progressive tips.

    More folks than ever are seeking ways to spend less and produce their
    bucks extend farther, and something of the largest arguments is
    finished the worth of online deals.

    Suka

    Posted by Candice | 8 Maret 2016, 9:08 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2015
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Statistik Blog

  • 1,764,690 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Warga Pidie Jaya Harapkan Bantuan Segera Tersalurkan 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, TRIENGGADENG -- Masyarakat korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya mengharapkan bantuan dari pemerintah bisa segera tersalurkan. Seperti masyarakat Desa Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12). Dimana...
    Sadly Rachman
  • BPBD Magetan Bangun Posko Tanggap Darurat 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membangun sebuah pos komando (posko) tanggap darurat bencana di wilayah paling rawan tanah longsor guna memberikan penanganan cepat jika sewaktu-waktu terjadi...
    Yudha Manggala P Putra

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: