//
you're reading...
Dunia Pendidikan

CONTOH PENULISAN LATAR BELAKANG

Foto0084CONTOH PENULISAN LATAR BELAKANG
Hal-hal yang harus dimuat pada latar belakang Penelitian adalah sbb :
Paragraf I :Harapan Pemerintah/Das Sollen
Paragraf II :Pendapat Pribadi
Paragraf III : Harapan Pemerintah/ Das Sollen
Paragraf IV : Masalah/ Kenyataan Lapangan (Das Sein)
Paragraf V : Solusi yang Disajikan
Paaragraf VI : Pentingnya Melakukan Penelitian Ini

Contoh Latar Belakang :
A. Latar Belakang
Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia adalah agar berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman, takwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Bab II pasal 3). Pembahasan pendidikan perlu direncanakan, terarah dan dilakukan dengan ber-kesinambungan, pendidikan harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai kehidupan lokal, nasional dan blobal (Pertimbangan Presiden RI dan UU Sisdiknas).
Apa yang tersurat dalam UU tersebut dan yang tersirat dalam Pertimbangan Presiden RI sama mengharap terjadinya peningkatan mutu pendidikan dan oleh karenanya semua upaya harus benar-benar diupayakan untuk mencapai hal tersebut. Untuk dapat mencapai hal tersebut tentu bukan seperti membalikkan telapak tangan atau bertepuk sebelah tangan yang tidak ada bunyinya. Semua warga negara terutama kaum pendidik mesti berupaya sekuat tenaga untuk mencapai hal dimaksud. Dalam hal ini tentu yang paling utama mesti melakukan hal tersebut para pakar pendidikan seperti guru, pengawas sekolah, dosen dan para pakar pendidikan lainnya. Untuk dapat mencapai hal tersebut labih jauh kemampuan gurulah yang sangat perlu untuk ditingkatkan.

Upaya pemerintah meningkatkan mutu tertuang lagi dalam PP No. 19 tahun 2005 Bab VIII pasal 53 ayat 2 huruf h yang menyatakan bahwa pengelolaan satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja. Selanjutnya ditegaskan bahwa rencana kerja yang dimaksud berisi program-program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi sekurang-kurangnya jenis, durasi, peserta dan penyelenggara program.
Masalah umum yang terjadi adalah sulitnya mengupayakan peningkatan mutu serta kemampuan guru. Hal ini terjadi karena guru-guru cukup sibuk dengan berbagai urusan pribadi, urusan keluarga, adat dan lain-lain. Permasalahan nyata yang ada di lapangan adalah ketidakmampuan guru-guru membuat RPP Inovatif sesuai fokus penelitian ini. Faktor-faktor yang melatarbelakangi masalah ini adalah: 1) guru-guru sudah terbiasa menerima RPP yang sudah jadi bikinan MGMP tingkat kabupaten, 2) sulitnya merubah kebiasaan yang sudah tertanam begitu lama, 3) faktor kemalasan guru, 4) upaya pribadi guru untuk mencari buku-buku acuan yang dapat digunakan dalam pembelajaran, 5) guru sudah terbiasa mengajar dan bukan membelajarkan, 6) ketidakmampuan guru-guru mengaplikasikan materi dengan metode serta tugas-tugas yang diberikan tidak mendorong aktivitas siswa. Temuan emperis di lapangan untuk masalah I adalah guru-guru tidak membuat sendiri RPP, tetapi sewaktu mengajar mereka membawa RPP yang sudah jadi bikinan MGMP. Setelah ditanya, guru menyadari hal tersebut. Untuk masalah yang kedua, setelah guru diawasi dan diajak membuat RPP yang baru mereka mengatakan masih sibuk dengan tugas-tugas lain dan berjanji pada waktu-waktu selanjutnya. Namun setelah didatangi lagi, mereka belum juga membuat yang baru. Hal ini terkait dengan masalah yang ketiga yaitu faktor kemalasan dan terkait lagi dengan faktor yang keempat yang digunakan sebagai senjata yang ampuh yaitu kurangnya buku-buku acuan yang diberikan oleh pemerintah. Temuan empiris yang lain di lapangan berdasarkan permasalahan yang kelima adalah sewaktu guru diawasi beliaunya bergiat mengajar agar kelihatan mereka melakukan tugas yang baik sedangkan semestinya mereka membelajarkan siswa dan tidak mengajar siswa. sedangkan faktor yang keenam adalah sulit bagi mereka untuk dapat mengaplikasikan materi dengan metode serta pemberian tugas yang mendorong aktivitas siswa jarang dilakukan.
Langkah-langkah yang diupayakan dalam pemecahan masalah-masalah di atas adalah bimbingan dengan memberikan acuan-acuan, diskusi, tanya jawab, presentasi, umpan balik dan studi dokumen, unjuk kerja. Bimbingan diupayakan untuk memberi penjelasan bahwa acuan yang digunakan untuk membuat RPP adalah Permen Diknas No. 41 Tahun 2007 yang merupakan RPP Pembaharuan (RPP Inovatif). Diskusi dimaksudkan untuk memperdalam ilmu mereka tentang isi RPP. Tanya jawab dimaksudkan adalah agar ada keterbukaan dimana guru bisa bertanya pada peneliti tentang kemampuan peneliti dalam penguasaan RPP yang baik dan benar. Studi dokumen dimaksudkan agar guru bersama peneliti dapat mengkaji bersama apa isi Permen No. 41 serta standar-standar yang lain yang dirujuk oleh Permen tersebut. Sedangkan unjuk kerja yang merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan sebagai pertunjukan kemampuan mereka membuat RPP setelah RPP yang mereka buat dari masing-masing siklus setelah diberi umpan balik. Penerapan langkah-langkah supervisi di atas sangat meyakinkan bisa membuat perubahan pada diri guru-guru serta peningkatan kemampuan mereka dalam membuat RPP Inovatif demi kemajuan dunia pendidikan dan peningkatan kecerdasan bangsa sehingga penelitian ini sangat perlu untuk dilakukan.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2015
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: