//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SMK/MAK

20140605_081318Kurikulum pada sekolah menengah kejuruan /madrasah aliyah kejuruan yang telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2013/2014 disebut Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan terdiri atas:
a. Kerangka Dasar Kurikulum;
b. Struktur Kurikulum;
c. Silabus; dan
d. Pedoman Mata Pelajaran.
Kerangka Dasar Kurikulum  berisi landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar pada setiap satuan pendidikan dan program pendidikan.Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan pada setiap tingkat kelas.

Kompetensi Inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: a. Kompetensi Inti sikap spiritual;b. Kompetensi Inti sikap sosial;c. Kompetensi Inti pengetahuan; dad. Kompetensi Inti keterampilan.Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan yang mengacu pada Kompetensi Inti.

Kompetensi Dasar merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti dan terdiri atas:a. Kompetensi Dasar sikap spiritual;b. Kompetensi Dasar sikap sosial;c. Kompetensi Dasar pengetahuan; dan, d. Kompetensi Dasar keterampilan.Kerangka Dasar Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan  tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.Mata pelajaran dikelompokkan atas: mata pelajaran umum Kelompok A; mata pelajaran umum Kelompok B; dan mata pelajaran peminatan kejuruan Kelompok C.
Mata pelajaran umum Kelompok A  merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mata pelajaran umum Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni. Mata pelajaran peminatan kejuruan Kelompok C  merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan dalam Bidang Kejuruan, Program Kejuruan, dan Paket Kejuruan.Muatan dan acuan pembelajaran mata pelajaran umum Kelompok A sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan muatan dan acuan pembelajaran mata pelajaran peminatan kejuruan Kelompok C sebagaimana dimaksud pada ayat (4) bersifat nasional dan dikembangkan oleh Pemerintah.Muatan dan acuan pembelajaran mata pelajaran umum Kelompok B bersifat nasional dan dikembangkan oleh Pemerintah dan dapat diperkaya dengan muatan lokal oleh pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan.Mata pelajaran umum Kelompok A sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a terdiri atas:
a. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti;
b. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;
c. Bahasa Indonesia;
d. Matematika;
e. Sejarah Indonesia; dan
f. Bahasa Inggris.

Mata pelajaran umum Kelompok B sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b terdiri atas:
a. Seni Budaya;
b. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan; dan
c. Prakarya dan Kewirausahaan.

Mata pelajaran Seni Budaya  dan mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sebagaimana kelompok B  dapat ditambah dengan mata pelajaran muatan lokal yang berdiri sendiri.Mata pelajaran peminatan Kelompok C sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c dikelompokkan secara bertingkat atas:
a. Dasar Bidang Kejuruan;
b. Dasar Program Kejuruan; dan
c. Paket Kejuruan.

Mata pelajaran Dasar Bidang Kejuruan  dikelompokkan atas:
a. Bidang Kejuruan Teknologi dan Rekayasa;
b. Bidang Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
c. Bidang Kejuruan Kesehatan;
d. Bidang Kejuruan Agribisnis dan Agroteknologi;
e. Bidang Kejuruan Perikanan dan Kelautan;
f. Bidang Kejuruan Bisnis dan Manajemen;
g. Bidang Kejuruan Pariwisata;
h. Bidang Kejuruan Seni Rupa dan Kriya; dan
i. Bidang Kejuruan Seni Pertunjukan.

Mata pelajaran Dasar Program Kejuruan  merupakan muatan-substantif pengikat yang berfungsi sebagai fokus utama dari Program Kejuruan tersebut.Mata pelajaran untuk Paket Kejuruan sebagaimana dimaksud pada ayat (11) huruf c merupakan muatan Kejuruan spesifik dalam lingkup Paket Kejuruan.Mata pelajaran untuk Dasar Program Kejuruan dan mata pelajaran untuk Paket Kejuruan dikembangkan secara kolaboratif antara unsur-unsur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan asosiasi profesi terkait Bidang Kejuruan dan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah.

Dasar Bidang Kejuruan masing-masing memiliki muatan-substantif pengikat yang berfungsi sebagai fokus utama dari Bidang Kejuruan tersebut.Bidang Kejuruan Teknologi dan Rekayasa memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Fisika, Mata Pelajaran Kimia, dan Mata Pelajaran Gambar Teknik.Bidang Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi  memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Fisika, Mata Pelajaran Pemrograman Dasar, dan Mata Pelajaran Sistem Komputer.Bidang Kejuruan Kesehatan memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Fisika, Mata Pelajaran Kimia, dan Mata Pelajaran Biologi.Bidang Kejuruan Agribisnis dan Agroteknologi  memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Fisika, Mata Pelajaran Kimia, dan Mata Pelajaran Biologi.

Bidang Kejuruan Perikanan dan Kelautan memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Fisika, Mata Pelajaran Kimia, dan Mata Pelajaran Biologi.
Bidang Kejuruan Bisnis dan Manajemen memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis, Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi, dan Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran.
Bidang Kejuruan Pariwisata memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran IPA Terapan dan Mata Pelajaran Pengantar Pariwisata.
Bidang Kejuruan Seni Rupa dan Kriya  memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan.
Bidang Kejuruan Seni Pertunjukan memiliki muatan-substantif pengikat berupa Mata Pelajaran Wawasan Seni Pertunjukan, Mata Pelajaran Tata Teknik Pentas, dan Mata Pelajaran Manajemen Pertunjukan.

Madrasah aliyah kejuruan dapat menambah mata pelajaran rumpun pendidikan agama Islam dan bahasa arab selain Mata pelajaran umum Kelompok A .Ketentuan lebih lanjut mengenai penambahan mata pelajaran rumpun pendidikan agama Islam dan bahasa arab  diatur oleh menteri yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama.

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan 3 (tiga) tingkatan kelas, yaitu kelas X (sepuluh), kelas XI (sebelas), dan kelas XII (dua belas), atau dengan 4 (empat) tingkatan kelas yaitu kelas X (sepuluh), kelas XI (sebelas), kelas XII (dua belas), dan kelas XIII (tiga belas) sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Penyelenggaraan program pendidikan dengan 4 (empat) tingkatan kelas pada Sekolah Menengah Kejuruan diatur lebih lanjut oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.

Beban belajar merupakan keseluruhan muatan dan pengalaman belajar yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pelajaran.Beban belajar di Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan terdiri atas:
a. kegiatan tatap muka;
b. kegiatan terstruktur; dan
c. kegiatan mandiri.
Beban belajar kegiatan tatap muka sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dinyatakan dalam jumlah jam pelajaran per minggu, dengan durasi setiap satu jam pelajaran adalah 45 (empat puluh lima) menit.
Beban belajar kegiatan terstruktur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dan kegiatan mandiri sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c paling banyak 60% (enam puluh persen) dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.Beban belajar satu minggu untuk Kelas X, Kelas XI, dan Kelas XII masing-masing adalah 48 (empat puluh delapan) jam pembelajaran.
Beban belajar satu semester di Kelas X dan Kelas XI masing-masing paling sedikit 18 (delapan belas) minggu efektif.
Beban belajar di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 (delapan belas) minggu efektif dan pada semester genap paling sedikit 14 (empat belas) minggu efektif.

Silabus sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) huruf c merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan dikelompokkan atas:

silabus mata pelajaran umum Kelompok A;
silabus mata pelajaran umum Kelompok B; dan
silabus mata pelajaran peminatan Kelompok C.
Silabus mata pelajaran umum Kelompok A dikembangkan oleh Pemerintah.
Silabus mata pelajaran umum Kelompok Bdikembangkan oleh Pemerintah dan dapat diperkaya dengan muatan lokal oleh pemerintah daerah.
Silabus mata pelajaran peminatan Kelompok C dikembangkan oleh Pemerintah.
Silabus sebagaimana  digunakan oleh pendidik sebagai acuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Silabus Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Pedoman Mata Pelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf d merupakan profil utuh mata pelajaran yang berisi latar belakang, karakteristik mata pelajaran, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran, desain pembelajaran, model pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar, dan peran guru sebagai pengembang budaya sekolah.Pedoman Mata Pelajaran dikembangkan oleh Pemerintah dan/atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.Pedoman Mata Pelajaran digunakan oleh pendidik untuk:a. memahami secara utuh mata pelajaran sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan; dan b. acuan dalam penyusunan dan penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran.4) Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran III yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.Berkenaan dengan telah ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, dengan  ini kami sampaikan untuk di dpwnload dan  diketahui dan digunakan sebagaimana mestinya.atas perhatian , kami ucapkan terima kasih.

LAMPIRAN I :

Lampiran I Permen Nomor 60 th 2014_a (KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM )

Lampiran I Permen Nomor 60 th 2014_b1.(Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Umum SMKMAK)

Lampiran I Permen Nomor 60 th 2014_c(2. Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Kejuruan Pada Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan)

LAMAPIRAN II:

SILABUS MATA PELAJARAN UMUM :

1a. SILABUS Agama Islam SMK

1b. SILABUS Agama Kristen SMK.

1c. SILABUS Agama Katolik SMK

1d. SILABUS Agama Hindu SMK

1e. SILABUS Agama Buddha SMK

1f. SILABUS Agama Khonghucu SMK

2. SILABUS PPKN SMK

3. SILABUS B.Ind SMK

4. SILABUS MTK SMK

5. SILABUS SEJIND SMK

6. SILABUS B.ING SMK

7. SILABUS SENBUD SMK

8. SILABUS PJOK SMK

9a. SILABUS PKWU-Kerajinan SMK

9b. SILABUS PKWU-Rekayasa SMK

9c. SILABUS PKWU-Budidaya SMK

9d. SILABUS PKWU-Pengolahan SMK

SILABUS MATA PELAJARAN PEMINATAN

10. SILABUS Teknologi & Rekayasa

11. SILABUS Teknologi Informasi & Komunikasi

12. SILABUS Kesehatan

13. SILABUS Agribisnis & Agroteknologi

14. SILABUS Perikanan & Kelautan

15. SILABUS Bisnis & Manajemen

16. SILABUS Pariwisata

17. SILABUS Seni Rupa & Kriya

18. SILABUS Seni Pertunjukan

LAMPIRAN III:

1a. PMP Pend. Agama Islam dan BP SMA Allson 1Juni2014

1a. PMP Pend. Agama Islam dan BP SMK Allson 1Juni2014

1b. PMP Pend. Agama Kristen dan BP SMA Allson 1Juni2014

1b. PMP Pend. Agama Kristen dan BP SMK Allson 1Juni2014

1c. PMP Pend. Agama Katolik dan BP SMA Allson 1Juni2014

1c. PMP Pend. Agama Katolik dan BP SMK Allson 1Juni2014

1d. PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMA Allson 1Juni2014

1d. PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMK Allson 1Juni2014

1e. PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMA Allson 1Juni2014

1e. PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMK Allson 1Juni2014

1f. PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMA Allson 1Juni2014

1f. PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMK Allson 1Juni2014

2. PMP PPKn SMA Allson 1Juni2014

2. PMP PPKn SMK Allson 1Juni2014

3. PMP B.Ind SMA Allson 1Juni2014

3. PMP B.Ind SMK Allson 1Juni2014

1d. PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMA Allson 1Juni2014

1d. PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMK Allson 1Juni2014

1e. PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMA Allson 1Juni2014

1e. PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMK Allson 1Juni2014

1f. PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMA Allson 1Juni2014

1f. PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMK Allson 1Juni2014

2. PMP PPKn SMA Allson 1Juni2014 2. PMP PPKn SMK Allson 1Juni2014

3. PMP B.Ind SMA Allson 1Juni2014

3. PMP B.Ind SMK Allson 1Juni2014

5. PMP SEJIN SMA Allson 1Juni2014

5. PMP SEJIN SMK Allson 1Juni2014

6. PMP B.ING SMA Allson 1Juni2014

6. PMP B.ING SMK Allson 1Juni2014

7. PMP SENBUD SMA Allson 1Juni2014

7. PMP SENBUD SMK Allson 1Juni2014

8. PMP PJOK SMA Allson 1Juni2014

8. PMP PJOK SMK Allson 1Juni2014

9. PMP PKWU SMA Allson 1Juni2014

9. PMP PKWU SMK Allson 1Juni2014

 

baca juga di sini :download juga di sini

DSC01500 DSC01500 (2) DSC01497 (2) DSC01497 DSC01498 DSC01499 (2) DSC01499 DSC01502 (2) DSC01501 DSC01501 (2) DSC01502 DSC01505 (2) DSC01505 DSC01506 DSC01503 (2) DSC01503 DSC01504 (2) DSC01504B

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

3 thoughts on “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SMK/MAK

  1. terima kasih sekali…

    Suka

    Posted by Jenal Aripin | 16 September 2014, 7:56 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Modul Pemrograman Web Smk Kurikulum 2013 | Terbaru 2015 - 23 November 2014

  2. Ping-balik: info buku pelajaransekolah kurikulum tahun 2013 | info pendidikan - 15 Desember 2014

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

September 2014
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: