//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PERANAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

10428260_857548197606127_4298609028369524491_oUpaya peningkatan kualitas pendidikan hingga dewasa ini masih merupakan kegiatan yang terus digalakkan. Hal ini tidak saja disebabkan olej tuntutan laju perkembangan IPTEK maaupun tuntutan masyarakat kita yang sedang membangun, tetapi juga tuntutan profesionalisme dalam berbagai sektor di bidang pendidikan. Tidaklah mengherankan jika para guru termasuk dosen dituntut kemampuan profesional yang lebih memadai agar mampu mengembang berbagai tugas lembaga pendidikan. Para guru dan Dosen dewasa ini secara khusus lebih dituntut kemampuan memahami metode , pendeketan dan teknik penelitian serta kemampuan menulis karya ilmiah baik sebagai hasil penelitian , penulisan bahan ajar LKS,Modul dll sebagainya serta kemapuan menulis berbagai informasi ilmiah ataupun kemampuan transformasi ilmu dan teknologi. sebagaai dasar penilaian kinerja dan profesiolalismenya.
Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat (long Life education). Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik. Pendidikan itu sendiri bermakna sebagai upaya membantu peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, kecakapan, nilai, sikap dan pola tingkah laku yang berguna bagi hidupnya ( Kamus pendidikan menurut St. Vembriarto ; Jakarta tahun 1994 )
Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk meneruskan pembangunan di negara Indonesia.
Mutu pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia. Di sisi lain, tantangan global dan internal mengharuskan kita memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menjadi negara yang kuat dan besar.Dalam konteks pendidikan, pengertian mutu pendidikan mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Dalam proses pendidikan yang bermutu terlibat berbagai input, seperti : bahan ajar yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotor , metodologi yang bervariasi sesuai kemampuan guru , sarana sekolah, dukungan administrasi, sarana prasarana dan sumber daya lainnya serta penciptaan suasana yang kondusif.
Mutu dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh sekolah pada setiap kurun waktu tertentu ( bisa setiap akhir semester, akhir tahun, 2 tahun atau 5 tahun, bahkan 10 tahun ). Prestasi yang dicapai atau hasil pendidikan ( student achievement ) dapat berupa hasil tes kemampuan akademis ( misalnya ulangan umum dan ujian nasional ). ( Sumber : Kilas Balik Pendidikan Nasional 2006; Departemen pendidikan Nasional )
Ada dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yang berkualitas . Pertama: strategi pendidikan, mencakup : penyediaan buku–buku materi ajar dan alat belajar lainnya, penyediaan sarana pendidikan, pelatihan guru dan tenaga kependidikan lainnya. dan pengelolaan pendidikan. Kedua : pengelolaan pendidikan, yang selama ini tergantung pada kebijakan pemerintah.
Ada beberapa paradigma untuk mendasari pendidikan yang berkualitas yaitu, pembahasan kurikulum, pembaruan dalam proses pembelajaran, pembenahan manajemen pendidikan nasional, pembenahan pengelolaan guru dan mencari serta mengembangkan berbagai sumber alternatif pembiayaan pendidikan. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan mutu pendidikan.
Pendidikan tinggi mencetak para sarjana yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing – masing. Sebagai contoh Guru yang mencetak profesionalisme guru, dimana lembaga penyelenggara program dan model pendidikan guru mempengaruhi keunggulan khas keguruan ( pedagogical craft knowledge ) tetapi tidak menentukan mutu guru. Derajat mutu guru ditentukan oleh kualitas program, lembaga penyelenggara program, dan proses penyelenggaraan program yang akuntabilitasnya diukur melalui akreditasi.
Peranan guru untuk meningkatkan Mutu Pendidikan lahir dari sekian proses yang syarat cerita Oemar Bhakrie, Guru penuh derita, begitu kata sebagian kalangan, tetapi itulah kenyataannya. Tetapi peran besar dibalik gelar yang begitu di nafikkan oleh sebagian kalangan adalah bukti baru, bahwa pendidikan dan mutu pendidikan tidak akan pernah lepas dari Guru – Gurunya.
Guru dalam ranah psikologis adalah kelengkapan antara kebutuhan lahir dan kebutuhan batin pendidikan, antara kemandirian ragawi dan kemajuan jiwa pendidikan, untuk bersama-sama maju membimbing, mengarahkan dan mengembangkan alur gerak kualitas pendidikan di Indonesia.
Guru yang pada akhirnya sebagai pengajar sekaligus pendidik sebenarnya adalah profesi yang paling indah di dunia. Sebagai pendidik seorang sarjana
pendidikan sangat berperan memberikan kontribusi langsung dan terukur bagi bangsa kita dan dunia dengan membantu anak–anak muda mengenal pengetahuan dan keterampilan.
Mengajar memberikan tantangan sekaligus kesempatan yang tiada habisnya untuk berkembang. Ketika seorang Guru mengajar dan mendidik akan menguji keterampilan komunikasi interpersonal, pengetahuan akademis maupun kemampuan kepemimpinan seorang Guru tersebut. Sebagai seorang pendidik dan pengajar seorang Guru berkesempatan membagi semangat untuk belajar, memberikan inspirasi, motivasi dan tantangan kepada generasi muda untuk mengembangkan bakat dan kemampuan individual kepada generasi muda. Dan akan merasakan kebahagiaan ketika salah satu atau lebih di antara mereka sukses dalam menggapai cita – cita.
Semakin jelas kiranya peran Guru bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.
Pertama, Guru dicetak, ditumbuhkembangkan dan diarahkan untuk semata-mata menjadi penerus dan pewaris dunia pendidikan di Indonesia.
Kedua, Guru dengan mengesampingkan berbagai isyu-isyu miring seputar ketidakprofesionalannya, adalah sarjana yang paling tahu tentang kondisi pendidikan di Indonesia.
Ketiga, Guru adalah betul-betul pribadi pendidik, bukan kebetulan berpribadian sebagai pendidik, bukan pula pribadi pendidik yang tidak betul.
Keempat, Guru adalah satu-satunya oase harapan di padang tandus pendidikan Indonesia, mereka pada akhirnya akan menjadi tumpuan harapan untuk menyelamatkan dunia pendidikan, dan mereka adalah guru pendidikan terbaik di negeri tercinta ini.
Tetap Maju Pendidikan Indonesia.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

September 2014
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Statistik Blog

  • 1,758,171 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Andik: Melawan Vietnam Menguras Tenaga 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemain sayap Tim Nasional Indonesia, Andik Vermansyah mengaku sangat senang dan puas bisa mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 2-1. Dia mengatakan kemenangan pada putaran pertama babak...
    Andi Nur Aminah
  • Koeman Ingin Pemainnya Tunjukkan Kekuatan Melawan MU 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih Everton, Ronald Koeman mengatakan para pemainnya harus menunjukkan kekuatan dan komitmen mereka dalam beberapa pekan mendatang. Hal tersebut dimulai dari pertandingan pada Ahad malam (4/12) melawan...
    Israr Itah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: