//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN ( PKB)DAN ANGKA KREDITNYA

AMANAT KONSTITUSI (tentang hakekat & tujuan pendidikan

PEMBUKAAN UUD 1945:“….melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Pasal 28 ayat (1) UUD’45:
Setiap orang berhak … mendapatkan pendidikan dan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan umat manusia.

Pasal 31 UUD’45:
Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, Untuk dapat melaksanakan proses pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, maka di sekolah/madrasah diperlukan:GURU PROFESIONAL

Dalam rangka pembinaan untuk menjadi guru yang profesional, maka diperlukan:Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB)

TUJUAN PKB

Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
Memotivasi guru agar memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
Mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan bangga kepada penyandang profesi guru.

aq.

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

Berdasar Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bergradasi, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya..Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu dari unsur utama yang kegiatannya dapat diberikan angka kredit.

PKB merupakan pembaruan secara sadar akan pengetahuan dan peningkatan kompetensi guru sepanjang kehidupan kerjanya. PKB berkaitan dengan pengembangan diri dalam rangka peningkatan kinerja dan karir guru.

Yang Dipertimbangkan dalam Pelaksanaan PKB

Analisis kebutuhan guru dilakukan di sekolah oleh guru;
Kegiatan dilaksanakan oleh guru, sekolah, KKG/MGMP, LPMP, atau pihak lain;
Pembina guru harus menggali sebanyak-banyaknya informasi kebutuhan PKB;
Kegiatan PKB melibatkan guru secara aktif
Mengingat jumlah guru, keterbatasan dana dan fasilitas, keadaan geografis, sedapat mungkin PKB diadakan di sekitar sekolah;

oo.

Di Mana PKB Dilakukan?

PKB di sekolah/antar Sekolah (di KKG/MGMP/MGBK):

Relevan dengan aktivitas guru
Meningkatkan kemandirian guru dan sekolah
Mengurangi dampak negatif (guru sering meninggalkan sekolah)
Keterbatasan dana
Dampak pada lingkungan

PKB di luar Sekolah

Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi di sekolah – terutama pengembangan penguasaan materi .

qPengembangan diri adalah upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalismenya agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau kebijakan pendidikan nasional serta perkembangan IPTEKS.Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru untuk meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru.Diklat fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam kurun waktu tertentu.Sedangkan kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertermuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesianalan guru

Publikasi ilmiah adalah karya tulis yang telah dipublikasikan kepada masyarakat dalam bentuk buku, jurnal, modul/diktat, dan sejenisnya yang memenuhi kriteria ilmiah sebagai bentuk kontribusi guru terhadap pengembangan dunia pendidikan.

Jenis Publikasi Ilmiah

Prasaran seminar atau lokakarya ilmiah
Prasaran pada koloqium atau diskusi ilmiah
Laporan hasil penelitian dalam bentuk buku ber ISBN dan diedarkan secara nasional
Laporan hasil penelitian dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat nasional/provinsi/kabupaten/kota

Laporan hasil penelitian, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.
Tinjauan ilmiah, tidak diterbitkan, disimpan di perpustakaan.
Artikel Ilmiah Populer dimuat di media masa tingkat nasional/provinsi
Artikel Ilmiah dimuat di jurnal tingkat nasional/propvinsi/kabupaten/kota

Buku pelajaran yang lolos BSNP/ber ISBN/belum ber-ISBN
Modul/diktat tingkat Provinsi/ kota/kabupaten/ sekolah/madrasah
Buku pendidikan ber-ISBN/belum ber-ISBN.
Karya hasil terjemahan
Buku pedoman guru (rencana kegiatan guru tahunan)

Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi, atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap pengembangan IPTEKS.

 

Karya Sains/Teknologi

LAPORAN TENTANG CARA PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN DISERTAI BUKTI FISIK TERTENTU

Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer
Program aplikasi komputer
Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan/masyarakat

Bahan hasil penemuan baru atau hasil modifikasi
Konstruksi dengan bahan tertentu
Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi
Hasil pengembangan metodologi pembelajaran

 

Karya Seni

LAPORAN TENTANG CARA PENCIPTAAN DAN PUBLIKASI DISERTAI BUKTI FISIK TERTENTU

Karya sastra (contoh: buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen, novel, naskah drama yang telah diterbitkan)
Seni rupa (contoh: lukisan, patung, ukiran dan sejenisnya yang telah dipamerkan)
Seni kriya (contoh: barang keramik/tembika, barang souvenir dan sejensinya yang telah dipamerkan)

seni desain (contoh: billboard, taman, busana, dan sejenisnya yang telah dipamerkan)
seni pertunjukan (contoh: seni musik yang telah direkam, seni tari dan teater/drama yang telah dipertunjukkan)

 

Alat Pelajaran

LAPORAN TENTANG CARA PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN DISERTAI BUKTI FISIK TERTENTU

Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif, proyektor sederhana dan sejenisnya)
Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam dan sejenisnya)
Alat bantu praktik (contoh: alat penepat pengeboran (jig), alat penjepit (fixtures), panel listrik, adjustable power suply dan sejenisnya)
Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah

 

Alat Peraga

LAPORAN TENTANG CARA PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN DISERTAI BUKTI FISIK TERTENTU

Poster/gambar untuk pelajaran
Alat permainan pendidikan
Model benda/barang atau alat tertentu
Benda potongan (cutaway object)
Film/video pelajaran
Gambar animasi komputer

 

Alat Praktikum

LAPORAN TENTANG CARA PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN DISERTAI BUKTI FISIK TERTENTU

Alat praktikum sains (fisika, kimia, biologi)
Alat praktikum teknik (mesin, listrik, sipil dlll
Alat praktikum bahasa, ilmu sosial, humaniora dan lainnya.

 

SYARAT KTI AGAR DITERIMA SEBAGAI KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI (MEMPEROLEH ANGKA KREDIT)

A – asli, bukan hasil menjiplak
P – perlu, atau bermanfaat
I – ilmiah, berdasarkan keilmuan
K – konsisten, sesuai bidang tugas

 

Jenis Penelitian

Menurut caranya :
Penelitian Deskriptif (Non Eksperimen)
Penelitian Eksperimen
Penelitian Tindakan

 

Penelitian Bidang Pembelajaran
Paling sesuai
Penelitian tindakan kelas
Penelitian eksperimen
Penelitian deskriptif berorientasi peningkatan mutu pembelajaran

 

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah
Judul Penelitian
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I : Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

Bab II : Landasan Teori
A. Konsep Umum
B. Konsep Khusus/Terfokus

Bab III : Metodologi Penelitian
A. Jenis Penelitiaan
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Sasaran Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data
G. Rancangan Tindakan

Bab IV : Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Kondisi Awal Pra Tindakan
B. Deskripsi Siklus 1
1. Perencanaan Tindakan
2. Pelaksanaan Tindakan
3. Hasil Pengamatan
4. Refleksi
C. Deskripsi Siklus 2 (idem isinya)
D. Pembahasan

Bab V : Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran

 

Sistematika Laporan Penelitian EksperimenJudul Penelitian
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I : Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

 

Bab II : Landasan Teori
A. Konsep Umum
B. Konsep Khusus/Terfokus
C. Hipotesis

 

Bab III : Metodologi Penelitian
A. Jenis Penelitiaan
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi dan Sampel
D. Variabel Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data
G. Rancangan Tindakan

 

Bab IV : Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Uji Persyaratan Analisis
– Normalitas Data
– Homogenitas Data
B. Pelaksanaan Pembelajaran Pada
Kelompok Pembanding
1. Persiapan Pembelajaran
2. Pelaksanaan Pembelajaran
3. Hasil Pembelajaran
C. Pelaksanaan Pembelajaran Pada
Kelompok Eksperimen
1. Persiapan Eksperimen
2. Pelaksanaan Eksperimen
3. Hasil Eksperimen
D. Pembahasan/Analisis Data

 

Bab V : Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran

 

Sistematika Laporan Penelitian Deskriptif (Korelasi, Komparasi- Kualitatif)

Judul Penelitian
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I : Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitia

Bab II : Landasan Teori
A. Konsep Umum
B. Konsep Khusus/Terfokus
C. Hipotesis

Bab III : Metodologi Penelitian
A. Jenis Penelitiaan
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi dan Sampel
D. Variabel Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data

Bab IV : Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Kondisi Kelas
B. Upaya Pengembangan/ Pemecahan Masalah
(tindakan yang dilakukan guru atau kepala sekolah)
C. Analisis Data
(analisis korelasi, analisis komparasi, analisis kualitatif)
D. Hasil Pengembangan/Pemecahan Masalah

Bab V : Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran

 

MAKALAH TINJAUAN ILMIAH

ISI MAKALAH:
Bidang Pembelajaran
Berdasarkan Fakta Nyata di kelas
Sistematika sesuai aturan Makalah
Logis
Masalah tidak terlalu luas

Sistematika Makalah Tinjauan

Judul Makalah
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I : Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Tulisan
Bab II : Landasan Teori
A. Konsep Umum
B. Konsep Khusus/Terfokus
Bab III : Pembahasan Masalah
A. Kondisi Nyata/Permasalahan
B. Pembahasan
C. Pemecahan Masalah (Rencana Tindakan)
Bab IV : Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran

 

Artikel Ilmiah

Bidang Pembelajaran
Berdasarkan Fakta Nyata di Sekolah (contoh kejadian di sekolah)
Sistematika sesuai aturan media masa
Logis
Masalah tidak terlalu luas

 

Sistematika Artikel Ilmiah

Judul Artikel (menarik dan sedang menjadi topik hangat)
Nama Penulis
Ringkasan Bagian Terpenting (Headline)
Pendahuluan
Latar Belakang Masalah
Masalah Yang Terjadi dan Masih Hangat Dibicarakan Masyarakat
Konsep Teori
Konsep Umum
Konsep Khusus/Terfokus
Pembahasan Masalah
Permasalahan (dg data nyata)
Pembahasan
Pemecahan Masalah (Tindakan Yang Ditawarkan)
Penutup
Kesimpulan

 

Sistematika Diktat

BAGIAN DEPAN
Halaman Pengesahan
Halaman Judul
Halaman Keterangan Identitas Buku
Kata Pengantar
Daftar Isi (ditambah Daftar Gambar dan Daftar Tabel kalau ada)
BAGIAN PENDAHULUAN
Pendahuluan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Yang Akan Dicapai
BAGIAN ISI
Judul/Sub Judul Materi
Tujuan Pembelajaran
Uraian Materi
Contoh soal dan penyelesaian
Soal Latihan
BAGIAN PENUNJANG
Daftar Pustaka

Sistematika Laporan Karya Sains/Teknologi Berupa Alat/Media Pembelajaran Berbasis Komputer

BAGIAN AWAL
Jenis Karya : Karya Sains/Teknologi
Halaman Judul (Nama Karya dan identitas)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAGIAN ISI
Tujuan Pembuatan : ………..
Manfaat : …………….
Desain/rancangan
Proses Pembuatan
Cara Penggunaan (disertai contoh penggunaan)
LAMPIRAN
Karyanya bila memungkinkan

 

Sistematika Laporan Karya Sains/Teknologi Berupa Eksperimen

BAGIAN AWAL
Jenis Karya : Karya Sains/Teknologi
Halaman Judul (Nama Karya dan identitas)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAGIAN ISI
Bab I : Pendahuluan
(latar belakang, rumusan masalah, tujuan eksperimen, manfaat eksperimen)
Bab II : Landasan teori
Bab III: Prosedur dan Hasil Eksperimen
(Persiapan, Pelaksanaan, dan Hasil Eksperimen)
Bab IV: Kesimpulan dan Saran
LAMPIRAN
Foto Persiapan Pelaksanaan, dan Hasil Eksperimen

 

Sistematika Laporan Karya Seni

BAGIAN AWAL
Jenis Karya : Karya Seni
Halaman Judul (Nama Karya dan identitas)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAGIAN ISI
Tujuan Pembuatan : ………..
Manfaat : …………….
Proses Penciptaan
Proses Publikasi
LAMPIRAN
Foto saat menciptakan dan saat dipublikasikan atau karyanya bila memungkinkan
Surat keterangan lain yang menguatkan
Saran

Sistematika Laporan Karya Alat Pelajaran/Alat Peraga/Alat Praktikum

BAGIAN AWAL
Jenis Karya : Karya Sains/Teknologi
Halaman Judul (Nama Karya dan identitas)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAGIAN ISI
Tujuan Pembuatan : ………..
Manfaat : …………….
Desain/rancangan
Proses Pembuatan
Cara Penggunaan (disertai contoh penggunaan)
LAMPIRAN
Foto pembuatan dan penggunaan atau karyanya bila memungkinkan

 

Sistematika Laporan Pengembangan Diri

BAGIAN AWAL
Jenis Pengembangan Diri : Pelatihan/Kegiatan Kolektif dsb
Halaman Judul (Nama Kegiatan dan identitas)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAGIAN ISI
Bab I : Pendahuluan
(latar belakang, tujuan pengembangan diri, manfaat pengembangan diri)
Bab II : Uraian Kegiatan dan Hasil Yang Diperoleh
Bab III: Implementasi Hasil Pengembangan Diri
Bab IV: Kesimpulan dan Saran
LAMPIRAN
Surat Tugas
Dokumen kegiatan
Sertifikat/surat keterangan

 

Sumber Materi PKB
Materi yang telah dikembangkan dalam rangka program BERMUTU
Materi yang dikembangkan selain untuk program BERMUTU
Contoh, masuk alamat http://www yahoo.com/pppptk/ebook.p4tkmatematika.org

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Agustus 2014
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: