//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PELAKSANAAN PROGRAM PENGAWASAN

Secara umum tugas pokok pengawas sekolah/madrasah adalah melaksanakan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial (Sudjana: 2009). Pengawasan akademik adalah membina, memantau, dan menilai guru agar dapat mempertinggi kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun, pengawasan manajerial adalah membina, memantau, manilai kepala sekolah/madrasah dan seluruh tenaga kependidikan lainnya di sekolah/ madrasah agar dapat meningkatkan kualitas administrasi dan pengelolaan sekolah/madrasah. Jadi, setiap Pengawas Sekolah selain menyusun program pengawasan juga harus melaksanakan program yang terdiri dari: (1) melaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah; (2) memantau pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan; (3) melaksanakan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah.

1. Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah

Ruang lingkup pembinaan guru mengacu pada supervisi akademik yang memfokuskan pada tugas guru dalam mengelola pembelajaran. Supervisi akademik disebut juga supervisi pembelajaran yang bertujuan untuk perbaikan proses pembelajaran secara total. Artinya, tujuan supervisi akademik tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas termasuk di dalamnya mengadakan fasilitas yang menunjang kelancaran proses pembelajaran, peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru, pemberian bimbingan dan pembinaan dalam hal implementasi kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat pelajaran, prosedur, dan teknik evaluasi pengajaran, dan sebagainya. Jadi, tujuan supervisi akademik ialah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas dan yang berpengaruh pada peningkatan kualitas belajar siswa. Secara umum ruang lingkup pembinaan guru, adalah sebagai berikut :
1) Melakukan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun administrasi perencanaan pembelajaran/program bimbingan.
2) Melakukan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran/bimbingan
3) Melakukan pendampingan membimbing guru dalam meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik.
4) Melakukan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan media dan sumber belajar
5) Memberikan masukan kepada guru dalam memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar
6) Memberikan rekomendasi kepada guru mengenai tugas membimbing dan melatih peserta didik
7) Memberi bimbingan kepada guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
8) Memberi bimbingan kepada guru dalam pemanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pemebalajaran/pembimbingan
9) Memberikan bimbingan kepada guru untuk melakukan refleksi hasil-hasil yang dicapainya.

b. Ruang Lingkup Pembinaan terhadap Kepala Sekolah
Kepala Sekolah ialah guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Ruang lingkup pembinaan kepala sekolah oleh pengawas ialah pada supervisi manajerial. Esensi supervisi manajerial adalah pembinaan, pemantauan dan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah/ madrasah dan tenaga kependidikan lainnya dalam pengelolaan sekolah/ madrasah dan administrasi sekolah/ madrasah. Dalam melaksanakan fungsi manajerial, pengawas sekolah berperan sebagai: (1) fasilitator dalam proses perencanaan, koordinasi, pengembangan manajemen sekolah, (2) asesor dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta menganalisis potensi sekolah, (3) informan pengembangan mutu sekolah, dan (4) evaluator hasil pengawasan.
Secara Umum, ruang lingkup pelaksanaan pembinaan kepala meliputi:
1) Pengelolaan sekolah yang meliputi penyusunan program sekolah berdasarkan SNP, baik rencana kerja tahunan maupun rencana kerja 4 tahunan, pelaksanaan program, pengawasan dan evaluasi internal, kepemimpinan sekolah dan sitem informasi manajemen (SIM)
2) Membantu Kepala Sekolah melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) dan merefleksikan hasil-hasilnya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan
3) Mengembangkan perpustakaan dan laboratorium serta sumber-sumber belajar lainnya
4) Kemampuan kepala sekolah dalam membimbing pengembangan program bimbingan konseling di sekolah
5) Melakukan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi sekolah ( supervisi manajerial), yang meliputi :
a) Membeikan masukan dalam pengelolaan dan administrasi kepala sekolah berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidika di sekolah
b) Melakukan pendampingan dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
c) Memberikan bimbingan kepada kepala sekolah untuk melakukan refleksi hasil-hasil yang dicapainya

c. Hal- hal yang harus Diperhatikan dalam Penilaian Pembinaan terhadap Guru dan Kepala Sekolah

1) Kriteria
Laporan pelaksanaan program pembinaan guru dan/atau Kepala Sekolah yang ditunjukkan dengan 6 (enam) bukti:
a) Surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
b) Daftar hadir pembinaan guru (memenuhi jumlah minimal guru dan/ atau kepala sekolah) dan/atau kepala sekolah (memenuhi jumlah beban kerja minimal).
c) Jadwal pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
d) Kesimpulan hasil pembinaan guru dan/ kepala sekolah.
e) Tindak lanjut hasil pembinaan guru dan/ kepala sekolah
f) Materi pembinaan guru (kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial) dan/ kepala sekolah (kompetensi kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumber daya, kewirausahaan, dan supervisi pembelajaran).
2) Bukti fisik
Laporan lengkap sesuai dengan kriteria dan diketahui Korwas.
3) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun:
Pengawas sekolah muda : 5,60
Pengawas sekolah madya: 6,00 dan
Pengawas sekolah utama: 8,00.

2. Pemantauan Pelaksanaan Delapan Standar Nasional Pendidikan
a. Pemantauan pelaksanaan standar isi meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar isi pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar isi pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar isi sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar isi sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar isi seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

b. Pemantauan pelaksanaan standar proses meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar proses pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar proses pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar proses sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar proses sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar proses seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

c. Pemantauan pelaksanaan standar kompetensi lulusan meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar kompetensi lulusan pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar kompetensi lulusan pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar kompetensi lulusan sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar kompetensi lulusan sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar kompetensi lulusan seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.
d. Pemantauan pelaksanaan standar sarana dan prasarana meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar sarana dan prasrana pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar sarana dan prasarana pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar sarana dan prasarana seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

e. Pemantauan pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar pendidik dan kependidikan pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

 

f. Pemantauan pelaksanaan standar pengelolaan meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar pengelolaan pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar pengelolaan pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pengelolaan sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pengelolaan sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pengelolaan seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

g. Pemantauan pelaksanaan standar pembiayaan meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar pembiayaan pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar pembiayaan pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pembiayaan sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pembiayaan sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar pembiayaan seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

h. Pemantauan pelaksanaan standar penilaian pendidikan meliputi:
1) Memantau pelaksanaan standar penilaian pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Memantau pelaksanaan standar penilaian pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
3) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar penilaian sekolah/madrasah binaan kategori standar dan kategori mandiri;
4) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar penilaian sekolah/madrasah binaan kategori RSBI kategori SBI;
5) Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan standar penilaian seluruh sekolah/madrasah tingkat kabupaten kota/provinsi.

3. Acuan penilaian pemantauan delapan Standar Nasional Pendidikan sebagai berikut.
1) Kriteria
Laporan pelaksanaan pamantauan delapan standar Nasional pendidikan yang ditunjukkan dengan enam bukti:
a) Surat keterangan pelaksanaan pemantauan delapan SNP.
b) Daftar sekolah yang dipantau.
c) Instrumen yang telah diisi.
d) Hasil pengolahan pemantauan.
e) Kesimpulan temuan pemantauan.
f) Tindak lanjut hasil pemantauan delapan SNP.
2) Bukti fisik
Laporan lengkap sesuai dengan kriteria yang berlaku dan diketahui Korwas.
3) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun:
Pengawas sekolah muda : 6,00
Pengawas sekolah madya: 9,00 dan
Pengawas sekolah utama: 12.

4. Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan/ Kepala Sekolah
a. Penilaian kinerja kepala sekolah dan guru meliputi sebagai berikut.
1) Menilai kinerja kepala sekolah/madrasah dalam pengelolaan sekolah/madrasah dan administrasi pada sekolah/madrasah kategori standar dan kategori mandiri;
2) Menilai kinerja kepala sekolah/madrasah dalam pengelolaan sekolah/madrasah dan administrasi pada sekolah/madrasah kategori RSBI dan SBI kategori mandiri;
3) Menilai kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran/bimbingan sekolah/madrasah kategori standard dan kategori mandiri;
4) Menilai kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran/bimbingan sekolah/madrasah kategori RSBI dan kategori SBI;
5) Menilai kinerja sekolah/madrasah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah.

b. Acuan Penilaian untuk Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
1) Kriteria
Laporan pelaksanaan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah yang ditunjukkan dengan enam bukti:
a) Surat keterangan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah.
b) Instrumen penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah.
c) Daftar hadir guru (memenuhi beban jumlah guru minimal) dan/atau kepala sekolah (memenuhi jumlah minimal kepala sekolah binaan) yang dinilai.
d) Hasil pengolahan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah.
e) Kesimpulan penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah.
f) Rekomendasi/tindak lanjut.
Laporan pelaksanaan program yang memenuhi sistematika yang berlaku berisi:
1. Identitas berisi Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi.
2. Bab I. Pendahuluan berisi (Latar Belakang, Fokus Masalah, Tujuan dan sasaran, Ruang lingkup Pengawasan ).
3. Bab II. Kerangka Pikir Pemecahan Masalah.
4. Bab III. Pendekatan dan Metode.
5. Bab IV. Hasil Pengawasan Pada Sekolah Binaan.
a. Hasil pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
b. Hasil pemantauan pelaksanaan SNP.
c. Hasil penilaian kinerja guru dan/atau kepala sekolah,
6. Bab V Penutup.
Lampiran berisi:
1. Surat keterangan telah melaksanakan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
2. Daftar hadir pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
3. Jadwal pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
4. Materi pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
5. Instrumen pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
6. Kesimpulan hasil pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
7. Tindak lanjut hasil pembinaan guru dan/atau kepala sekolah.
2) Bukti fisik
Laporan lengkap sesuai dengan kriteria yang berlaku dan diketahui Korwas.
3) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun:
Pengawas sekolah muda : 4,00
Pengawas sekolah madya: 6,00 dan
Pengawas sekolah utama: 8,00.

5. Pembimbingan dan Penilaian Program Induksi Guru Pemula (PIGP)
a. Melaksanakan pembimbingan terhadap guru pemula dalam penguasaan kompetensi guru
b. Melaksanakan penilaian terhadap guru pemula dalam penguasaan kompetensi guru.
c. Bukti laporan pembimbingan dan penilaian PIGP

 

D. Rangkuman
Pelaksanaan program pengawasan pada dasarnya merupakan implementasi dari rencana kegiatan pengawasan yang telah dituangkan dalam program pengawasan. Pada dasarnya pelaksanaan program pengawasan meliputi:
1. Pembinaan Guru dan Kepala sekolah
2. Pemantauan Pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan
3. Penilaian KInerja Guru dan Kepala Sekolah
4. Pembimbingan dan penialian Program Guru Pemula (PIGP)

 

DAFTAR PUSTAKA

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Monitoring Pelaksanaan SNP dan Akreditasi Nasional. Modul 02-B7. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Modul 04-A2. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Penilaian Kinerja Guru. Modul 04 A3. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Modul A3-2. Jakarta: Depdiknas.
Gorton, Richard A. & Schneider, Gail T. 1991. School-Based Leadership: Callenges and Opportunities. Dubuque, IA: Wm. C. Brown Publishers.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor III /PB/2011 dan Nomor 6 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka kredit.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/ Madrasah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Kependidikan.
Siagian, Sondang P. 2005. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara 45
Suharsimi Arikunto. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Juni 2014
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 1,758,171 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Andik: Melawan Vietnam Menguras Tenaga 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemain sayap Tim Nasional Indonesia, Andik Vermansyah mengaku sangat senang dan puas bisa mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 2-1. Dia mengatakan kemenangan pada putaran pertama babak...
    Andi Nur Aminah
  • Koeman Ingin Pemainnya Tunjukkan Kekuatan Melawan MU 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih Everton, Ronald Koeman mengatakan para pemainnya harus menunjukkan kekuatan dan komitmen mereka dalam beberapa pekan mendatang. Hal tersebut dimulai dari pertandingan pada Ahad malam (4/12) melawan...
    Israr Itah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: