//
you're reading...
Dunia Pendidikan

MEMBIMBING DAN MELATIH PROFESIONAL GURU DAN MELAKSANAKAN TUGAS DI DAERAH KHUSUS

I. Membimbing dan Melatih Profesional Guru

Setiap Pengawas Sekolah berkewajiban melakukan pembinaan terhadap guru dan/atau kepala sekolah. Bentuk pembinaan tersebut dapat berupa memberikan arahan, bimbingan dan pelatihan, contoh, saran dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah;
• Memberi arahan agar para guru dan tenaga kependidikan lainnya lebih terarah dalam melaksanakan untuk mencapai tujuan pendididkan
• Memberi bimbingan dan pelatihan agar para guru dan TK lainnya tahu lebih rinci kegiatan yang harus dilaksanakan dan terampil cara melaksanakan
• Memberi contoh dalam hal ini pengawas berperan sebagai guru yang melaksanakan KBM untuk materi tertentu didepan kelas agar guru bisa mempraktekkannya dengan baik
• Memberi saran bila ada masalah yang muncul untuk ditindak lanjuti baik kepada KS maupun pejabat yang lain

Sub Unsur Membimbing dan Melatih Profesional Guru
Penilaian angka kredit sub unsur membimbing dan melatih professional guru bagi pengawas sekolah, meliputi kegiatan dengan kriteria dan bukti fisik sebagai berikut:
1. Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP/KKG /MGP dan Kepala Sekolah di KKKS/MKKS dan sejenisnya:
a. Kriteria
Program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP/KKG/ MGP dan kepala sekolah di KKKS/MKKS dan sejenisnya yang memenuhi tujuh aspek Sistematika program:
1) Identitas (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi)
2) Pendahuluan (latar belakang, fokus masalah, tujuan dan sasaran, tugas pokok/ruang lingkup)
3) Kerangka pikir pemecahan masalah
4) Pendekatan dan metode pengawasan
5) Program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP/KKG/ MGP dan kepala sekolah di KKKS/MKKS
6) Penutup (simpulan saran dan rekomendasi)
7) Lampiran (RPA/RPM/RPBK, jadwal, surat tugas, instrumen pengawasan):
2. Program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP/KKG/MGP dibuat lengkap dengan materi pelatihan mencakup:
• Penguasaan kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan profesional.
• Pengembangan diri
• Publikasi ilmiah, dan
• Karya Inovatif

Untuk pembimbingan dan pelatihan Guru meliputi antara lain:
(1) Perencanaan Pembelajaran.
(2) Pelaksanaan Pembelajaran.
(3) Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran.
(4) Pelaksanaan Pembimbingan dan pelatihan siswa dan tugas tambahan.
(5) Pembimbingan pembuatan KTI dalam bentuk PTK.

Program pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah di KKKS/MKKS dibuat lengkap dengan materi pelatihan yang mencakup:
1) Penguasaan kompetensi guru
2) Penguasaan kompetensi tugas sebagai kepala sekolah.
3) Pembimbingan penulisan KTI terutama PTK/PTS yang dimulai dengan pembuatan proposal, pelaksanaan penelitian sampai ke pembuatan laporan PTK/PTS.
4) Pembimbingan pelaksanaan pendidikan karakter, program induksi, EDS, dan akreditasi sekolah, dll.

Untuk pembimbingan dan pelatihan Kepala Sekolah meliputi antara lain:
(1) Menyusun Program Kerja Sekolah.
(2) Pelaksanaan Program Kerja Sekolah.
(3) Program Pengawasan dan Evaluasi.
(4) Kepemimpinan Sekolah.
(5) Sistim Informasi Manajemen.
(6) Pembimbingan PTK/PTS.
(7) Penyusunan RKAS dengan SNP.
(8) Akreditasi Sekolah.

b. Bukti fisik
Program pembimbingan dan pelatihan professional guru dan/atau kepala sekolah di MGMP/ KKG/ MGP dan MKKS/KKKS dan yang sejenisnya, sesuai dengan sistematika yang berlaku dan diketahui Korwas.

c. Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun:.
Pengawas sekolah muda : 0,30
Pengawas sekolah madya: 0,45 dan
Pengawas sekolah utama: 0,60.

3. Melaksanaan Pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan /atau kepala sekolah .
a. Kriteria
Laporan pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan kepala sekolah di MGMP/KKG/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya, terdiri dari: aspek, kegiatan, sasaran, target, metode, hambatan, ketercapaian dan tindak lanjut.

Laporan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dilengkapi dengan 6 (enam) bukti, antara lain:
1) Surat Keterangan dibuat di setiap sekolah tempat pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru di MGMP/ KKG/MGP.
2) Daftar hadir terdiri dari minimal 75% dari jumlah sekolah peserta MGMP/KKG/MGP
3) Jadwal pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan rencana.
4) Materi pembimbingan dan pelatihan meliputi kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan profesional, materi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya Inovatif.
5) Kesimpulan hasil pembimbingan dan pelatihan ditulis secara lengkap
6) Tindak lanjut pembimbingan dan pelatihan ditulis secara tepat.

Laporan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme kepala sekolah dilengkapi dengan enam bukti, antara lain:
1) Surat Keterangan dibuat di setiap sekolah tempat pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme kepala sekolah di KKKS/MKKS.
2) Daftar hadir terdiri dari minimal 75% dari jumlah sekolah peserta KKKS/MKKS.
3) Jadwal pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan rencana.
4) Materi pembimbingan dan pelatihan meliputi: Kompetensi guru, Kompetensi kepala sekolah, Materi kompetensi tugas tambahan kepala sekolah, penulisan KTI terutama PTK/PTS yang dimulai dengan pembuatan proposal, pelaksanaan penelitian sampai ke pembuatan laporan PTK/PTS., Pembimbingan pelaksanaan pendidikan karakter, program induksi, EDS, dan akreditasi sekolah, dll.
5) Kesimpulan hasil pembimbingan dan pelatihan ditulis secara lengkap
6) Tindak lanjut pembimbingan dan pelatihan ditulis secara

b. Bukti fisik
Laporan lengkap pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan kepala sekolah di MGMP/KKG/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya diketahui Korwas.

c. Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap yahun
Pengawas sekolah muda : 6,00
Pengawas sekolah madya: 9,00 dan
Pengawas sekolah utama: 9,00

4. Pelaksanaan pembimbinan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program kerja sekolah, pelaksanaan program kerja sekolah, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan sistim informasi manajemen.
a) Kriteria
Laporan pelaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme kepala sekolah dilengkapi dengan bukti berisi:
1. Surat keterangan pembinaan Kepala Sekolah di K3S /MKKS.
2. Daftar hadir pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKS.
3. Jadwal pelaksanaan pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKs.
4. Materi pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKS.
5. Instrumen pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKS.
6. Kesimpulan hasil pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKS.
7. Tindak lanjut hasil pembinaan Kepala Sekolah di K3S/MKKS.

b) Bukti fisik
Laporan lengkap pelaksanaan pembimbingan Pengawas Sekolah muda dan/atau madya dalam melaksanakan tugas pokoknya yang sesuai dengan sistematika dan diketahui Korwas.

c) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun.
Pengawas sekolah madya: 0,75 dan
Pengawas sekolah utama: 1,00

5. Mengevaluasi hasil pembimbingaan dan pelatihan profesional guru dan/atau kepala sekolah.
a) Kriteria
Laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pembimbingan dan pelatihan profesionalime guru dan/atau Kepala Sekolah teridiri dari:
1. Laporan evaluasi pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalime guru.
2. Laporan evaluasi pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalime kepala sekolah.
3. Laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pembimbingan dan pelatihan profesionalime guru dan/atau Kepala Sekolah minimal berisi aspek:
a. Program.
b. Uraian Kegiatan.
c. Target Yang diharapkan.
d. Hasil Yang dicapai.
e. Keterangan (Tindak Lanjut .
b) Bukti fisik
Laporan lengkap evaluasi hasil pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan professional guru dan kepala sekolah yang sesuai dengan sistematika yang berlaku dan diketahui Korwas.
c) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun
Pengawas sekolah muda : 0,60
Pengawas sekolah madya: 0,90 dan
Pengawas sekolah utama: 1,20

6. Membimbing pengawas sekolah muda dan/atau pengawas madya dalam meleksanakan tugas pokok.
a) Kriteria
Laporan pelaksanaan pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya dalam melaksanakan tugas pokok, berisi:
1. Surat keterangan pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya minimal dari korwas.
2. Daftar hadir pengawas sekolah muda dan/atau madya yang dibimbing.
3. Jadwal pelaksanaan pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya.
4. Materi pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya.
5. Instrumen pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya.
6. Kesimpulan hasil pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya.
7. Tindak lanjut hasil pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya.

b) Bukti fisik
Laporan lengkap pelaksanaan pembimbingan pengawas sekolah muda dan/atau madya dalam melaksanakan tugas pokok, yang sesuai dengan sistematika yang berlaku dan diketahui Korwas.

c) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun
Pengawas sekolah madya: 0,75 dan
Pengawas sekolah utama: 1,00

7. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan penelitian tindakan
a) Kriteria
Laporan hasil pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan kepala sekolah dalam penelitian tindakan yang ditunjukkan dengan empat bukti:
1. Data hasil hasil pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan kepala sekolah dalam penelitian tindakan.
2. Hasil analisis.
3. Kesimpulan.
4. Tindak lanjut.

b) Bukti fisik
Laporan lengkap pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan professional guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan penelitian tindakan yang sesuai dengan sistematika yang berlaku dan diketahui Korwas.

c) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun
Pengawas Sekolah utama : 2,00

II. Melaksanakan Tugas Di Daerah Khusus
1) Kriteria
a) Daerah tersebut ditetapkan sebagai daerah khusus oleh gubernur kepala daerah tingkat I.
b) Yang bersangkutan ditugaskan di daerah khusus sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
2) Bukti fisik
a) Surat tugas dari koordinator Pengawas Sekolah.
b) Fotocopy atau salinan sah keputusan gubernur kepala daerah tingkat I tentang penetapan daerah tempat bertugas Pengawas Sekolah tersebut adalah termasuk daerah khusus.

3) Pemberian angka kredit
Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/ setiap tahun:
Pengawas Muda : 10,00
Pengawas Madya : 10,00
Pengawas Utama : 10,00

 

D. Rangkuman
Membimbing dan melatih merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh pengawas sekolah sesuai dengan jabatan kepengawasannya yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan. Sebagai penghargaan terghadap prestasi kerja dalam kegiatan membimbing dan melatih pengawas sekolah berhak memperoleh angka kredit.

 

DAFTAR PUSTAKA

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Monitoring Pelaksanaan SNP dan Akreditasi Nasional. Modul 02-B7. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Modul 04-A2. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Penilaian Kinerja Guru. Modul 04 A3. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Modul A3-2. Jakarta: Depdiknas.
Gorton, Richard A. & Schneider, Gail T. 1991. School-Based Leadership: Callenges and Opportunities. Dubuque, IA: Wm. C. Brown Publishers.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor III /PB/2011 dan Nomor 6 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka kredit.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/ Madrasah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Kependidikan.
Siagian, Sondang P. 2005. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara 45
Suharsimi Arikunto. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Juni 2014
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: