//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NTGE DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Latar Belakang.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Fungsi pendidikan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertawa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Nomor 20 Tahun 2003: 8). Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlu adanya peningkatan kualitas dan mutu pembelajaran Dengan demikian guru diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar sehingga siswa mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Hal ini sejalan dengan S.Degeng (2006) mengatakan, bahwa “Belajar bagaikan air mengalir di sungai, sedangkan Mengajar bagaikan tukang bersih sungai agar air mengalir bebas hambatan“. Peranan guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi (I2M3) Pendapat tersebut sesuai pula dengan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab IV pasal 19 ayat 1 menyatakan: bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatif, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal dewasa ini pada umumnya adalah masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang senantiasa sangat memperihatinkan. Hasil belajar ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh ranah dimensi itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu. Dalam arti yang lebih substansi bahwa proses pembelajaran hingga dewasa ini masih didominasi guru dan kurang memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara sendiri melalui pelibatan kemampuan kognitif siswa. Disisi lain secara empiris berdasarkan hasil analisis penelitian terhadap rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan proses pembelajaran yang didominasi oleh pembelajaran tradisonal yakni berpusat pada guru (teacher-centrered) sehingga siswa menjadi pasif.
Sejalan dengan permasalahan secara umum pada pendidikan formal tersebut diatas, di sekolah di sekolah binaan SMA/SMK kab.Dompu berdasarkan data hasil refleksi awal, nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah dilaksanakan ulangan harian pertama khususnya di kelas X-D, hanya mencapai rata-rata 6,45, masih relatif rendah bila dibandingkan dengan kreteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 7,50 (standar nasional). Hal ini sangat diperlukan adanya upaya meningkatkan sehingga mampu mencapai standar idial atau standar ketuntasan minimum.
Berdasarkan studi awal tentang rendahnya hasil belajar Pendidikan Matematika di kelas X-D SMA Negeri 1 Kempo, mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan mungkin kurang menantang, memotivasi dan menyenangkan.
2. Sarana dan media pembelajaran masih kurang
3. Jumlah siswa kelas X-D cukup banyak (40 orang).
4. Aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran sangat rendah.
5. Kemampuan dasar dan daya ingat siswa sangat beranekaragam dan relatif rendah
Dari beberapa identifikasi permasalah yang diasumsikan sebagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Matematika, dalam penelitian ini kami mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara berkolaboratif untuk mencapai tujuan kurikuler. Metode pembelajaran kooperatif tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama siswa yang berbeda latarbelakangnya. Dalam pembelajaran kooperatif tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) siswa diberikan kesempatan untuk berperan ganda yakni sebagai siswa dan atau sebagai guru. Selain itu keunggulan pembelajaran kooperatif antara lain: siswa dapat mengembangkan keterampilan sosial dalam memecahkan masalah bersama dan membuat suatu kesimpulan dari permasalahan yang dihadapi. Adanya saling ketergantungan positif, saling membantu dan saling memberikan motivasi sehingga ada interaksi promotif; adanya akuntabilitas individual yang mengukur penguasaan materi pelajaran tiap anggota kelompok, dan kelompok diberi umpan balik tentang hasil belajar para anggotanya sehingga dapat saling mengetahui siapa yang memerlukan bantuan dan siapa yang dapat memberi bantuan.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2014
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Statistik Blog

  • 1,760,511 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Ribuan Muslim Semarakkan Morowali Mengaji 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MOROWALI—Ribuan jamaah umat Islam larut melantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam Morowali Nusantara Mengaji.  Acara yang dimotori dan digagas oleh Bupati Morowali, Anwar Hafiz dalam rangka HUT Kabupaten ke-17 ini...
    Nasih Nasrullah
  • Ini Alasan Mantan Ketua DPR Akom Ingin 'Melawan' Putusan MKD 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua DPR Ade Komarudin, akan melakukan langkah-langkah terhadap keputusan MKD, yang pada Rabu (30/12) memberhentikannya sebagai ketua DPR. Pria yang akrab disapa Akom itu mengaku...
    Nur Aini

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: