//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

 

 

Supervisimanajerialmerupakankegiatan supervisiberkenaandengan aspek pengelolaansekolah yangterkaitlangsungdenganpeningkatanefisiensidan efektivitassekolahyangmencakupperencanaan,koordinasi, pelaksanaan, penilaian,pengembangankompetensisumberdayapendidikdan tenaga kependidikan,dan sumber daya lainnya.

 

Berubahnya  kurikulum  dari  KTSP  2006  ke  KTSP  2013  secara  langsung menuntutpeningkatan fungsisupervisimanajerialseorangpengawas.Dengan munculnyamanajemenperubahanyangharusdilakukan olehkepalasekolah, pengawasharusmelakukanpendampingansecaraefektifsebagai wujud tajamnyasupervisimanajerialdengan targetberlangsungnya perubahan– perubahan di sekolahdenganbaikuntukimplementasikurikulum 2013.

 

Ruanglingkupsupervisi manajerialterdiridaripemantauan,penilaian,dan pembinaan.   Metodeutamayang   mestidilakukanolehpengawassatuan pendidikandalamsupervisimanajerialadalahmonitoringdanevaluasi. Tetapi metodelainnyadapat digunakansesuaidengan kondisisekolahdan masalah yangakan dipecahkan disekolah.

 

Dalamkegiatanpembelajaranini,  saudaraakanmendiskusikan  bahanajar pelaksanaansupervisimanajerialterkaitdengan implementasikurikulum 2013, mulaidariperencanaan,pelaksanaan dan penilaian.Pelaksanaan pengawasan manajerialdilakukan melaluipemantauan,penilaiandan pembinaan.Penilaian dilaksanakan terhadapkinerja kepala sekolah tentangpengelolaan sekolah.

 

Esensidari supervisimanajerialadalahberupa kegiatanpemantauan, penilaian danpembinaanterhadapkepalasekolahdanseluruhelemensekolahlainnyadi

 

dalammengelola,mengadministrasikan dan melaksanakanseluruhaktivitas sekolah,sehingga dapatberjalandenganefektifdanefisiendalamrangka mencapai tujuan sekolah serta memenuhi 8 standar nasional pendidikan.

 

Dengandemikianfokus supervisiiniditujukan padapelaksanaanadministrasi danpengelolaansekolah.Kegiatanadministrasi ditekankanpadaprosesdan metodeuntukmenjaminsuatutindakanyangtepat.Administrasisebagai tugas (kewajiban)dalamkontekspendidikan mengacu padaStandarNasional Pendidikan yangmeliputi:1.Administrasistandarisi,2.Administrasistandar kompetensilulusan,3.Administrasistandar proses,4.Administrasistandar pendidikdan tenagakependidikan,5.Administrasistandarsaranadan prasarana,6.Administrasistandarpengelolaan,7.Administrasi standar pembiayaan,dan 8.Administrasi standar penilaian.Tujuan supervisi terhadap kedelapan aspektersebutadalah agar sekolah terakreditasidengan baikdan dapat  memenuhi  standar  nasional  pendidikan.  Dengan  demikian  dapat dikatakanbahwaadministrasisekolahadalah pengaturandanpendayagunaan segena sumber   daya   sekolah   secara   efisie dala penyelenggaraan pendidikan agartujuan pendidikan disekolah tercapai secaraoptimal.

 

Supervisipada kegiatanadministrasisekolah dilakukan agar pengawas memastikanbahwaadministrasisekolahdapat:

1.    Memberiarah dalam penyelenggaraansekolah

2.     Menjadiumpan balikbagiperbaikanprosesdan hasilpendidikan

3.    Meningkatkanmutupenyelenggaraanadministrasisekolah

4.    Tertib   administrasi  

5.      Mewujudkan   suasan belajar   dan   proses pembelajaran  yanaktif,  inovatif,kreatif,  efektif,  danmenyenangkan.

6.      Menunjangtercapainya program sekolah secaraefektif dan efisien.

 

Salahsatufokuspentinglainnyadalamsupervisimanajerialoleh pengawas terhadapsekolah,adanya halberkaitan pengelolaan atau manajemen sekolah. Sebagaimanadiketahuidalamdasawarsa terakhirtelahdikembangkanwacana manajemenberbasis sekolah(MBS),sebagaibentukparadigma baru pengelolaan  dari  sentralisasi  ke  desentralisasi  yang  memberikan  otonomi kepadapihaksekolah danmeningkatkan partisipasimasyarakat(Sudarwan Danim,2006:4).Pengawasdituntutdapatmenjelaskan sekaligus mengintroduksimodelinovasimanajemenini sesuaidengankonteks sosial budaya sertakondisiinternal masing-masingsekolah.

1.  RuangLingkupSupervisiManajerial. a.  Pemantauan

Pemantauan  manajemen  perubahan  mengarah  pada  pencapaian  8

standar nasionalpendidikan (SNP) dan memanfaatkan hasil-hasilnya untukmembantu kepalasekolah mempersiapkanakreditasi sekolah.

b.  Penilaian

Penilaianterhadapkinerjakepala sekolah dalamhalmenjadiagen perubahanpertamadi sekolahdalamimplementasikurikulum2013 sesuai denganstandar nasional pendidikan.

c.  Pembinaan

Pembinaandilakukan pengawastentangpengelolaansekolah meliputi :

1)    penyusunanKTSP2013berdasarkanStandar NasionalPendidikan,

2)    membantukepalasekolahmengembangkanpusatsumber belajar(PSB) dan      sumbersumber      belajar      lainnya      dalam      mendukung terselenggaranya pembelajaran dengan pendekatan saintifik,

3)    mengembangkan kemampuan kepala sekolah dalampenyusunan program  dan  pelaksanaan  peminatan  dan  ekstra  kurikuler  wajib Pramuka,

4)    melakukanpendampingankepada kepalasekolahdalam melaksanakanpengelolaandanadministrasi sekolahsecaraumum,

5)    melakukanpendampingankepada kepalasekolahdalampelaksanaan pelayananbimbingan dankonseling,serta

6)    melakukanpendampingan kepalasekolahdalam mengevaluasiketerlaksanaanprogramprogram sekolah,

7)    melaporkan hasilevaluasinyakepadapemangku kepentingan, dan

8)    menyusunrencanatindaklanjut berdasarkandatahasilevaluasi tersebut.

 

Hasilpemantauandan penilaianolehpengawasharusdijadikan dasaruntuk peningkatankompetensidan profesionalismekepalasekolah dan ditindaklanjuti denganmelakukanpembinaanbaikberupapembimbingan dan/atau  pelatihan kepala sekolah.

 

Padaimplementasi kurikulum2013supervisimanajerialsangatdibutuhkan mengingatadanya perubahan mindsetdan perilaku warga sekolah yang dipimpinoleh kepala sekolah.Karenaitupengawasharusmelakukan pendampingankepada kepalasekolahagarmendapatkepastianbahwa implementasi kurikulumberjalan sesuai denganharapan.

 

Sepertitelahdikemukakandidepan, dalammelaksanakansupervisi manajerial,pengawasharusmelakukan perencanaanterlebihdahulu. Perencanaanmeliputi:

1)    penyusunanProgram PengawasanTahunan,

2)     Program Semester,

3)     Program  Pembinaan  Kepala  Sekolah,

4)     Program  Pemantauan StandarNasionalPendidikan(SNP),

5)     Program PenilaianKinerjaKepala Sekolah,

6)    RencanaPengawasan Manajerial(RPM),dan

7)     membuatInstrumen SupervisiManajerial.

 

Seluruh program yangdisiapkan harusmengacu pada standar penilaian kinerja pengawas sekolah (PKPS).Halinipenting,sebab selainuntukmenjadipatokanpendokumenanhasilsupervisisekolah binaan, secara individualsetiappengawasmemerlukan nilaikinerja minimalbaik dalam rangka peningkatan karirnya.Sebagai pedoman dalam penyusunan program yangmemenuhikriteriaPKKS,pengawashendaknyamenganalisis instrumenpenilaiankinerjapengawassekolah(menurutPermendiknasno

21 tahun 2010 tentangtugas pengawas sekolahdanangka kreditnya).

 

2.  Metode danTeknikSupervisi Manajerial.

 

Metode pelaksanaanpengawasanmanajerialdapatdilakukan dengan cara observasi, kunjunganataupemantauan,pengecekan/klarifikasidata, dan rapat  dengan  kepala  sekolah.  Secaraspesifik  berikut  ini  saudara  akan membaca penjelasan jenisjenis metode dantekniksupervisimanajerial.

 

 

a.MonitoringdanEvaluasi

 

Metodeutamayang  mestidilakukan olehpengawassatuanpendidikan dalam supervisi manajerial tentu saja adalah monitoringdanevaluasi.

 

1)  Monitoring

 

Monitoringadalahkegiatanpengontrolan pelaksanaanprogram– program   penyelenggaraa sekolah   dengan   konsekue sesuai dengan rencana,program dan/atau standaryangtelah ditetapkan. Melaluimonitoring,dapatdiperolehumpan balikbagisekolahatau pihaklainyangterkait untukmenyukseskan ketercapaiantujuan. Sebagaicontoh, pengawasmelakukanmonitoringterhadap:

1)  penyusunan  KTSP  2013,

2)   memantau  penyusunan  program peminatandenganmelibatkanguru bimbingandankonseling,

3)  memantau  penyusunan  programpenerimaan  peserta  didik  baru,

4)  memantauprogramsupervisiakademik kepalasekolahuntuk memastikanterselenggaranyaproses pembelajarandengan pendekatansaintifik,

5)   memantaupenyusunanprogram pengelolaan sarana prasarana sekolah menyangkutsarana pendukung terselenggaranya  pembelajaran  saintifik,  mulai  dari

o  penyediaan bukusiswadan bukuguru,

o   kegiatananalisisbukusiswadan analisis bukuguru,

o   menyiapkan laboratorium IPA,laboratoriumkomputer, laboratoriumbahasa,perpustakaan,dan sumbersumberbelajar lainnya,

o  menyusunadministrasikeuanganyang efisien,transparan danakuntabel,

o  menyusunprogrampenilaianotentiksecaramakro danmikro,

o  menyusunprogrampeningkatan kualitashubungan sekolahdenganmasyarakatterkaitpelaksanaankurikulum2013, dan

o  menyusunprogram pengembangandiridanlayanankhusus,di antaranya  program  peminatan  dan  ekstra  kurikuler.    

Pengawas harusmemantau program pelaksanaan ekstra kurikuler Pramuka mengingatPramuka sudahditetapkan sebagai ekstrakurikulerwajib. Monitoringlebih bersifatklinis,pengawasdapatsegeramengatasi hambatandan gangguanyangditemukan selamaprogram masih berjalan.Namunjanganlupa,pengawasharus memastikanbahwa apayangdimonitornya adalahhal-halyangdikembangkan dan dijalankan dalam rencana pengembangansekolah (RPS).

 

 

Dalammelakukanmonitoringinitentunya pengawasharus melengkapidiridengan parangkatataudaftarisianyangmemuat seluruhindikatorsekolahyangharusdiamati dandinilai.Secara tradisional pelaksanaanpengawasanmelibatkantahapan:

(a) menetapkan standar untukmengukur prestasi,

 (b) mengukur prestasi,

 (c)menganalisisapakahprestasimemenuhistandar,dan

(d)mengambiltindakan apabilaprestasikurang/tidakmemenuhi standar (NanangFattah,1996:102).

 

Dalamperkembangan terakhir,kecenderunganpengawasan dalam duniapendidikan jugamengikutiapayangdilakukanpada industri, yaitudenganmenerapakanTotalQuality Controll. Pengawasanini tentusaja terfokuspadapengendalian mutudan lebih bersifat internal.   Oleh karena itu pada akhir-akhir ini setiaplembaga pendidikan umumnya memilikiunitpenjaminan mutu.

 

2)   Evaluasi

 

Kegiatanevaluasi ditujukanuntukmengetahuisejauhmana kesuksesan  pelaksanaan  penyelenggaraan  sekolah  atau  sejauh

manakeberhasilanyangtelahdicapaidalamkurunwaktutertentu.

 

Tujuan  evaluasi  utamanya  adalah  untuk  

(a)  mengetahui  tingkat keterlaksanaanprogram,

 (b)mengetahuikeberhasilanprogram,

 (c) mendapatkanbahan/masukandalamperencanaantahun  berikutnya, dan

 (d)  memberikan  penilaian  (judgement)  terhadap  sekolah.

 

Sebagai  contoh  pengawas  melakukan  evaluasi  keterlaksanaan kurikulum  2013,  pengukuran  dilakukan  dengan  menggunakan instrumensepertiberikutini:(contohhanyamenunjukkansupervisi manajerial saja,tidakmencantumkan supervisi akademik).

 

 1.PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

2.PENYUSUNAN INSTRUMEN SUPERVISI MANAJERIAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

3.PENILAIAN

4.TINDAK LANJUT DAN PELAPORAN HASIL SUPERVISI MAJERIAL

Beberapa dokumen resmi yang dapat dijadikan referensi dan standar dalam kegiatan supervisi manajerial 

INSTRUMEN PEMANTAUAN KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2014
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: