//
you're reading...
Dunia Pendidikan

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi GURU

Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

bagi  GURU

 

Berdasar Peraturan

Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009

Juklak Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 /2010

Juknis Nomor  35 tahun 1020

Oleh :Suhardjono

Disajikan pada Diklat Teknis GURU

Lombok, NTB 

       10 September 2013

 

Ringkasan  kegiatan 

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi  GURU

 

Angka kredit Gurudiperoleh melalui berbagai unsur pelaksanaan kegiatan, yakni  (a)  pendidikan, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang disingkat PKB, dan (f) penunjang. 

Dengan demikian, PKB termasuk sebagai kegiatan yang wajib dilakukan dalam  pengumpulan angka kredit.  Pada kegiatan PKB ada 3 (tiga) kelompok  kegiatan,  yakni:

A

Pengembangan Diri

1.      Mengikuti diklat fungsional

2.      Melaksanakan kegiatan kolektif guru

B

Publikasi Ilmiah

1.      Membuat publikasi ilmiah

2.      Membuat publikasi buku

C

Karya Inovatif

1.      Menemukan teknologi tetap guna

2.      Menemukan/menciptakan karya seni

3.      Membuat/memodifikasi alat pelajaran

4.      Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

 


1.      Jumlah angka kredit kegiatan PKB

Dari

Ke

Jumlah Angka Kredit Minimal

Pengem-bangan Diri

Publikasi Ilmiah dan/atau Karya Inovatif

Guru Pertama golongan ruang III/a

Guru Pertama golongan ruang III/b

3 (tiga)

Guru Pertama golongan ruang III/b

Guru Muda golongan ruang III/c

3 (tiga)

4 (empat)

Guru Muda golongan ruang III/c

Guru Muda golongan ruang III/d

3 (tiga)

6 (enam)

Guru Muda golongan ruang III/d

Guru Madya

golongan ruang IV/a

4 (empat)

8 (delapan)

Guru Madya

golongan IV/a

Guru Madya

golongan IV/b

4 (empat)

12 (dua belas)

Guru Madya

golongan ruang IV/b

Guru Madya

golongan ruang IV/c

4 (empat)

12 (dua belas)

Guru Madya

golongan ruang IV/c

Guru Utama *)

golongan ruang IV/d

5 (lima)

14 (empat belas)

Guru Utama

golongan ruang IV/d

Guru Utama

golongan ruang IV/e

5 (lima)

20 (dua puluh)

*)   bagi Guru Madya, golongan ruang IV/c, yang akan naik jabatan menjadi Guru Utama, golongan ruang IV/d, wajib melaksanakan presentasi ilmiah.

 


2.      Macam Kegiatan dan Angka Kreditnya

 

A.    Pengembangan Diri

1.       Mengikuti diklat fungsional

Angka Kredit

lebih dari   960 jam

15

antara  641 s.d. 960

9

antara 481 s.d.  640

6

antara 181 s.d.  480

3

antara   81 s.d.  180

2

antara   30 s.d.    80

1

 

  1. Melaksanakan kegiatan kolektif guru

Angka Kredit

Lokakarya atau kegiatan bersama untuk penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran.

0,15

Kegiatan ilmiah, seperti seminar, koloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah yang lain:

  • Sebagai pembahas atau pemakalah
  • Sebagai peserta

 

 

0,2

0,1

Kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru, termasuk in house training (kurang dari 30jam)

0,1


B.     Publikasi Ilmiah

  1. Makalah dalam pemrasaran/nara sumber dalam Forum Ilmiah

Angka Kredit

pada seminar atau lokakarya ilmiah

0,2

pada koloqium atau diskusi ilmiah

0,2

 

2.       Laporan Hasil Penelitian

Angka Kredit

Berupa buku yang diterbitkan ber ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP. 

4

Berupa tulisan (artikel ilmiah)  yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat nasional  yang terakreditasi

3

Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat

·         di jurnal ilmiah tingkat provinsi 

·         di jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota

 

2

1

Berupa makalah hasil penelitian dan telah diseminarkan di Sekolah/madrasah penulis.

4

 

3.       Makalah Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran

Angka Kredit

Berupa makalah yang berisi  Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran

2

  1. Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran

Angka Kredit

 media massa tingkat nasional

media massa tingkat provinsi

2

1,5

  1. Artikel  di bidang pendidikan formal dan pembelajaran

 

jurnal tingkat nasional terakreditasi

jurnal tingkat provinsi terakreditasi

jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/sekolah/madrasah

2

1,5

1

 

  1. Buku pelajaran

Angka Kredit

Dicetak oleh penerbit dan ber ISBN  disyahkan BSNP

6

Dicetak oleh penerbit dan ber ISBN

3

Dicetak oleh penerbit tetapi belum  ber -ISBN

1

  1. Modul dan diktat

Angka Kredit

Digunakan di tingkat provinsi.

1,5

Digunakan di tingkat kota/kabupaten.

1

Digunakan di Sekolah/madrasah.

0,5

 

  1. Buku  pendidikan

Angka Kredit

Diicetak oleh penerbit dan ber-ISBN 

3

Dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN

1,5

  1. Karya Terjemahan

Angka Kredit

Penerjemahan buku pelajaran atau buku pendidikan digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

1

 

  1. Buku Pedoman Guru

Angka Kredit

Berisi rencana kerja tahunan guru

1,5

C.    Karya Inovatif

1.       Teknologi tetap guna / Karya Seni

Angka Kredit

Kompleks

4

Sederhana

2

2.       Alat pelajaran / Alat peraga

Angka Kredit

Kompleks

2

Sederhana

1

3.       Alat praktikum

Angka Kredit

Kompleks

4

Sederhana

2


  1. Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

Angka Kredit

Tingkat Nasional

1

Tingkat Propinsi

1

 

3.    Jumlah dan Jenis Karya Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif  yang Diperlukan

Dari

Ke

A.K. yang dibutuhkan

Jenis Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif yang Wajib Ada

III/a

 III/b

 

 

III/b

III/c

4 (empat)

Bebas pada jenis karya publikasi ilmiah & karya inovatif

III/c

III/d

6 (enam)

III/d

IV/a

8 (delapan)

Minimal terdapat 1(satu) laporan hasil penelitian

IV/a

IV/b

12 (duabelas)

Minimal terdapat 1(satu) laporan hasil penelitian dan 1 (satu) Artikel yang dimuat di jurnal yang ber-ISSN

IV/b

IV/c

12 (dua belas)

IV/c

IV/d

14 (empat belas)

Minimal terdapat 1(satu) laporan hasil penelitian dan 1 (satu) arti-kel yang dimuat di jurnal yang ber-ISSN dan 1 (satu) buku pelajaran atau buku pendidikan yang ber-ISBN

IV/d

IV/e

20 (dua puluh)

Jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah, jumlah buku pedoman guru paling banyak 1 (satu) buah.

Karya inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan.

Untuk penulisan laporan peneli-tian maksimal 2 laporan per tahun


 

4.      Angka kredit untuk kegiatan secara bersama

Jumlah  penulis

Pembagian angka kredit

Penulis utama

Penulis pembantu I

Penulis pembantu II

Penulis pembantu III

2 orang

60%

40%

3 orang

50%

25%

25%

4 orang

40%

20%

20%

20%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi GURU

  1. yang benar untuk PKG dimulai kapan ? dengan versi 2010 (formatif awal tahun pelajaran & sumatif akhir tahun pelajaran) atau 2011 (evaluasi diri diawal terus penilaian di akhir rentang 2 semester). Kok kayaknya tidak menentu …….bingung aku,,,,, Tolong pencerahannya !

    Suka

    Posted by kahuri | 10 Februari 2014, 6:31 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2014
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: