//
you're reading...
Dunia Pendidikan

Permendikbud Kurikulum 2013

Kurikulum 2013

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, kurikulum meliputi dua dimensi, yang pertama rencana dan pengaturan  tujuan, isi, dan bahan pelajaran, kedua adalah cara yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Muatan kurikulum sesungguhnya merupakan materi yang dirumuskan untuk menunjang terwujudnya manusia yang memiliki kepribadian, kecerdasan, kehandalan dalam bekerja, serta keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk meraih kemuliaan hidup. Dengan demikian pengembangan mutu sumber daya manusia meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai kompetensi yang harus siswa miliki.

Dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah Kemendikbud menyelenggarakan pelatihan  untuk ketiga pilar mutu pelaksana kurikulum dengan materi sebagai berikut:

A.  Struktur Program

B. Materi Pelatihan 

  1. Perubahan pola pikir (mindset)
  2. Rasional: Mengapa Kurikulum 2013?
  3. Elemen Perubahan
  4. SKL, KI, dan KD
  5. Strategi Implementasi

C.   Pembelajaran

  1. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
  2. Konsep Pembelajaran IPA Terpadu
  3. Konsep Pembelajaran IPS Terpadu
  4. Kosep Pendekatan Saintifik
  5. Metode Inkuiri
  6. Model Pembelajaran
  7. Konsep penilaian autentik menilai proses dan hasil belajar
  8. Analisis Buku Guru dan Buku Siswa (analisis kesesuaian, kecukupan, dan kedalaman materi)

Downlod :

01. A. Salinan Permendikbud No. 54 tahun 2013 ttg SKL

01. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 54 tahun 2013 ttg S

02. A. Salinan Permendikbud No. 64 th 2013 ttg Standar Isi

02. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 64 th 2013 ttg Stan

03. A. Salinan Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Standar Prose

03. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Sta

04. A. Salinan Permendikbud No. 66 th 2013 ttg Standar Penil

04. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 66 th 2013 tentang

05. A. Salinan Permendikbud No. 67 th 2013 ttg KD dan Strukt

05. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 th 2013 ttg Kuri

06. A. Salinan Permendikbud No. 68 th 2013 ttg ttg KD dan St

06. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 68 th 2013 ttg Kuri

07. A. Salinan Permendikbud No. 69 th 2013 ttg ttg KD dan St

07. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 69 th 2013 ttg Kuri

01 Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI 01.-B.-Salinan-Lampiran-Permendikbud-No.-54-tahun-2013-ttg-SKL1

1.permendikbud-no-66-th-2013-tentang-standar-penilaian

02 Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP-MTs 2. A. Salinan Permendikbud No. 66 th 2013 ttg Standar Penilaian

2. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 66 th 2013 tentang Standar Penilaian

03 Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA 03. A. Salinan Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Standar Proses

03. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Standar Proses

03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses

03-permendikbud-nomor-69-tahun-2013-tentang-kerangka-dasar-dan-struktur-kurikulum-sma-ma-biro-hukor

04 Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK 04. A. Salinan Permendikbud No. 66 th 2013 ttg Standar Penilaian

04. A. Standar Penilaian 04. B. Salinan Standar Penilaian

04. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 66 th 2013 tentang Standar Penilaian

04-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-66-th-2013-tentang-standar-penilaian 04-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-66-th-2013-tentang-standar-penilaian 04-permendikbud-nomor-70-tahun-2013-tentang-kerangka-dasar-dan-struktur-kurikulum-smk-mak-biro-hukor

05 Permendikbud Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran Layak – Biro Hukor 05-permendikbud-nomor-71-tahun-2013-tentang-buku-teks-pelajaran-layak-biro-hukor 12-juknis-pengembangan-muatan-lokal__isi-revisi__01

04 PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013_SD SMP SMA_termutakhir

PP No. 32 Tahun 2013-1

08. Permendikbud Nomor 70 ttg Kerangka Dasar dan Struktur Ku

09. Permendikbud Nomor 71 tahun 2013 ttg Buku Teks Pelajaran

10. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi K

PP No 19 Thn 2005-SNP

PP No 32 Thn 2013-SNP

Materi penunjang di antaranya:
  •  [Download ]
Sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 hendaknya memperhatikan beberapa langkah utama:
  1. Merumuskan indikator mutu lulusan yang sekolah harapkan yang diselaraskan dengan kriteria pemenuhan SKL. Sekolah sekurang-kurangnya menetapkan mutu lulusan sesuai SKL, namun demikian sekolah dapat pula menetapkan lebih dari itu. Kelebihan itu dapat diwujudkan pada tiap indikator kompetensi pada dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Berikut format yang diperlukan untuk menganalisis kesesuaian SKL, KI, KD: Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD
  3. Untuk mencapai target mutu pada tiap indikator yang ditetapkan  hendaknya dipetakan terlebih dahulu dengan mengembangkan peta sebaran beban belajar siswa dengan menggunakan model format berikut: Format Pemetaan Kegiatan Belajar dan Sebaran Tugas Siswa
  4. Setelah terhimpun sebaran beban belajar siswa, sekolah hendaknya merumuskan struktur kurikulum dengan mengacu pada Permendikbud  tentang struktur kurikulum satuan pendidikan.  Struktur Kurikulum Sekolah Menengah ;
  5. Menganalisis buku guru dan buku siswa dengan menggunakan format analisis berikut: Lembar Analisis Buku Guru Lembar Analisis Buku Siswa
  6. Mengembangkan kalender akademik tingkat satuan pendidikan dengan menggunakan model format: FORMAT KALENDER AKADEMIK 2013
  7. Dalam rencana implementasi kurikulum selanjutnya sekolah merancang RPP yang disesuaikan dengan SKL, KI, KD, dan indikator  pencapaian kompetensi, dan penilaian. Untuk melaksanakan kegiatan ini sekolah hendaknya memastikan terlebih dahulu bahwa guru telah dibekali kemampuan menyusun rencana pembelajaran dan penilaian. Ada pun model RPP dapat dilihat pada contoh berikut:

6.  Mengembangkan format penilaian dengan menggunakan model berikut Model Perangkat Administrasi Penilaian Otentik  , Contoh Format Penilaian Proyek Format Penilaian Karya Siswa 

8.  Menghimpun data pada portofolio sebagai dasar penulisan rapot.

Seluruh model rapot  bentuk final yang akan sekolah gunakan. Bentuk final sesuai perturannya ditetapkan. Namun demikian disain ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah pada awal tahun pelajaran sehingga dapat memperjelas data yang perlu guru himpun dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “Permendikbud Kurikulum 2013

  1. maaf pak buku rapor sd nya kok masih yang lama ?????

    Suka

    Posted by kahuri | 20 Februari 2014, 4:58 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Januari 2014
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: