//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

 

A.      1484090_756807657680182_536850671_nKEGIATAN PENDAHULUAN

1.       menyiapkan peserta didik

2.       menjelaskan tujuan pembelajaran

3.       mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materI yang akan dipelajari

B.      KEGIATAN INTI

1.       Eksplorasi

a.       melibatkan peserta mencari informasi

b.      menggunakan beragam pendekatan pembelajaran

c.        terjadinya interaksi antar peserta didik/Guru/Lingkungan

2.       Elaborasi              

a.       memfasilitasi memunculkangagasan baru baik secara lisan maupun tertuluis

b.      membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis

c.        memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut

d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif

e.      memfasilitasi peserta didik  berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar

f.        Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi ,baik lisan maupun tulisan, secara individu atau kelompok;

g.       memfasilitasi  peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan

 

3.       Konfirmasi

a.       memberikan umpan balik positif

b.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi

c.       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi

d.      memfasilitasi memperoleh pengalaman yang bermakna

Ø  membantu menyelesaikan masalah

Ø  berfungsi sebagai nara  dan fasilitator

Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih lanjut;

Ø  memberi motivasi kepada peserta untuk bereksplorasi lebih lanjut

 

4.       PENUTUP

a.       bersama mebuat rangkuman/kesimpulan pelajaran

b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi

c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil

d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut

e.      meyampaikan pembelajaran berikutnya

ALTERNATIF MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

1.       Pendekatan Proyek Work

  1. Quantum Teaching and Learning  (QTL)
  2. Contextual Teaching and Learning (CTL)
  3. Menerapkan Multi Kecerdasan Dalam Strategi ”PAKEM

 

1. Pendekatan Pryek Work (Model Pembelajaran Program Produktif)

Ø  Pembelajaran berbasis kompetensi (Competency based Training/ CBT),

Ø  Pembelajaran berbasis produktsi (production based training/PBT (model pembelajaran pendekatan tugas proyek (project work).

Project work adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk (barang atau jasa), melalui proses produksi/ pekerjaan yang sesungguhnya.Project work adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk (barang atau jasa), melalui proses produksi/ pekerjaan yang sesungguhnya.

1.       Pelaksanaan Model Pembelajaran Pendekatan  Project Work

Guru

a.       menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

  1. menyampaikan strategi pembelajaran dengan pendekatan project work
  2. menyampaikan alternatif judul/nama produk/jasa yang dapat dipilih peserta.
  3. menyampaikan ruang lingkup standar kompetensi yang akan dipelajari oleh peserta didik dalam setiap judul/nama produk/jasa
  4.  Menyusun dan menetapkan pedoman penilaian kompetensi sesuai dengan judul project work
  5. memfasilitasi bimbingan kepada peserta didik dengan memanfaatkan lembar bimbingan.

Peserta didik

a.       memilih salah satu judul/nama produk/jasa

  1. menyusun proposal/rencana dengan lay out sebagi berikut:

Ø  LATAR BELAKANG

Ø  KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUK/JASA.

Ø  SKETSA/GAMBAR KERJA (jika diperlukan)

Ø  BAHAN

Ø  FASILITAS/PERALATAN.

Ø  PROSES PRODUKSI (SISTEMATIKA KERJA)

Ø  RENCANA ANGGARAN BIAYA

Ø  SASARAN PASAR/PENGGUNA

Ø  JADWAL PELAKSANAN

  1. melakukan proses belajar sesuai dengan proses produksi (sistematika kerja) yang telah direncanakan.
  2. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam proposal, dengan bimbingan dan pengawasan. Proses ini menekankan pada pencapaian standar kompetensi yang dibuktikan dengan bukti belajar (learning evidence) dan diorganisir dalam portofolio sebagai bahan verifikasi.
  3. mengorganisasikan bukti belajar (evidence) sebagai portfolio,
  4. melaksanakan kegiatan kulminasi,
  5. menyusun laporan sesuai dengan pengalaman belajar yang diperoleh.

Penilaian hasil belajar dengan pendekatan project work        

1.       penilaian standar kompetensi Mencakup aspek

          pengetahuan,

          keterampilan,

          sikap,

          kesesuaian produk/jasa,

          dan kesesuaian waktu

2.       batas lulus minimal kompetensi adalah nilai 7,00.

          7,00 (baik)       = ang mencapai kompetensi standar minimal yang sesuai                 kualitasditetapkan pada indikator dengan bantuan pembimbing;

          8,00(amat baik)=mencapai kompetensi sesuai kualitas standar   minimal yang ditetapkan pada indikator secara mandiri, dan

          9,00 (istimewa) =mencapai kompetensi melebihi kualitas standar minimal yang                 ditetapkan pada indikatorsecara mandiri

 

2.       Quantum Teaching and Learning  (QTL)Quantum Teaching and Learning  (QTL)

Azas Utama Pembelajaran  Quantum:

”Bawalah Dunia Mereka Ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita Ke Dunia Mereka “.

Prinsip Pendekatan Pembelajaran Quantum:
Segalanya Berbicara, Segalanya Bertujuan, Pengalaman Sebelum Pemberian Nama, Akui Setiap Usaha, Jika Layak Dipelajari, maka Layak Pula Dirayakan

Filosofi Pendekatan Pembelajaran Quantum (TANDUR

Ø  Tumbuhkan, tumbuhkan minat dengan menunjukkan “Apakah manfaatnya bagiku, dan bagi kehidupanku”

Ø  Alami, ciptakan dan datangkan pengalaman umum yang  dapat dimengerti semua peserta didik

Ø  Namai,  sediakan kata-kata kunci, konsep, model, rumus, strategi, sebagai sebuah masukan

Ø  Demonstrasikan, sediakan waktu dan kesempatan bagi peserta didik untuk menunjukkan bahwa mereka tahu

Ø  Ulangi,  tunjukkan pada peserta didik cara mengulangi materi dan tegaskan bahwa “ Aku tahu bahwa aku memang tahu ini

Ø  Rayakan,  untuk mengakui hasil belajar peserta didik, baik dalam bentuk penyelesaian, partisipasi, perolehan keterampilan ataupun ilmu pengetahuan lainnya, maka akuilah dan rayakan

Suasana Yang Memberdayakan

bagaimana caranya ?

l  Bangun Ikatan Emosional .

l  Jalinlah Rasa Simpati & Saling Pengertian

l  Ciptakan Keriangan & Ketakjuban

l  Pengambilan Resiko

l  Rasa Saling Memiliki

l  Keteladanan

Landasan Yang Kukuh

l  Tujuan

l  Prinsip-prinsip

l  Yakinkan Kemampuan Peserta didik Dalam Belajar, dan Kemampuan Anda dalam Mengajar

l  Jagalah Agar Komunitas Kelas Tepat Berjalan

Lingkungan Yang Mendukung

l  beberapa gagasan/ide untuk menciptakan lingkungan yang mendukung

l  Poster Ikon, poster afirmasi,  tujuan pembelajaran

l  Pengaturan bangku   memudahkan interaksi

l  Tumbuhan, aroma & unsur organik lainnya    memperkaya kesegaran ruangan kelas

l  Musik    menata suasana hati      meningkatkan hasil belajar

3.       Contextual Teaching and Learning (CTL)

keterlibatan penuh pembelajar,

l  adanya kerjasama murni,

l  adanya variasi dan keragaman dalam metode belajar,

l  adanya motivasi internal,

l  adanya kegembiraan dan kesenangan dalam belajar,

l  integrasi belejar yang lebih menyeluruh kesegenap kehidupan organisasi

pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta

l  Belajar adalah kegiatan aktif,

l  Belajar bukanlah  suatu proses mengumpulkan sesuatu

l  Peserta didik mempunyai cara untuk mengerti sendiri

jika ditinjau dari sudut guru sebagai pengajar

l  Mengajar bukanlah memindahkan pengetahuan dari guru kepeserta didik

l  Mengajar berarti berpartisipasi dengan peserta didik dalam membentuk pengetahuan, membuat makna, mempertanyakan kejelasan, bersikap kritis, mengadakan justifikasi.

l  Guru berperan sebagai mediator dan fasilitator

Komponen Apa yang perlu diberikan dalam CTL

l  INQUIRY  (merumuskan masalah)

l  QUESTIONING ( bertanya)

l  KONSTRUKTIVISME

l  LEARNING COMMUNITY (masyarakat belajar)

l  AUTHENTIC ASSESSMENT (penilaian yang sebenarnya)

l  MODELING (permodelan)

l  REFLECTION (refleksi

 

4.       “PAKEM”

Apa saja yang terbayang dalam pikiran Anda, bila mendengar kata Belajar Aktif/PAKEM?

Apa indikator bahwa suatu kelas/sekolah telah menerapkan Belajar Aktif/PAKEM?

peserta didik memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. dalam belajar

Kecerdasan Peserta didik dalam Belajar

l  Kecerdasan Linguistik (Lingustic Intellegence)

l  Kecerdasan Logika Matematika (Logical Mathematic Intellegence)

l  Kecerdasan Spasial (Spatial Intellegence)

l  Kecerdasan Kinestetik Tubuh (Bodily Kinesthetic Intellegence)

l  Kecerdasan Musik (Musical Intellegence)

l  Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intellegence)

l  Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intellegence)

Beberapa Metode dalam “Pakem”

1.       Cooperative Script (Skrip kooperatif)

  1. Problem Based Introduction (PBI)
  2. Mind Mapping
  3. Debate
  4. Student facilitator and Explaining
  5. Demonstration
  6. Cooperative Learning (CL)

1.       COOPERATIVE SCRIPT

Skrip kooperatif :

metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari

Langkah-langkah :

a.       Guru membagi siswa untuk berpasangan

b.      Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan

c.        Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar

d.       Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.

       Sementara pendengar :

a.       Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap

b.      Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya

e.      Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.

f.        Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru

g.       Penutup

2.       PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)(PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)

Langkah-langkah :

1.       Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.

2.       Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)

3.       Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

4.       Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

5.       Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

3.       MIND MAPPING

Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban

Langkah-langkah :

1.       Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

2.       Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban

3.       Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang

4.       Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi

5.       Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru

6.       Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

4.       DEBATE

Langkah-langkah :

1.       Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra

2.       Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas

3.       Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.

4.       Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.

5.       Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap

6.       Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

5.       STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

(Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya )

Langkah-langkah :

Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

Ø  Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi

Ø  Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.

Ø  Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.

Ø  Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.

Ø  Penutup

6.       DEMONSTRATION

(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)

Langkah-langkah :

Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

Ø  Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan

Ø  Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan

Ø  Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.

Ø  Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.

Ø  Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.

Ø  Guru membuat kesimpulan.

7.       Cooperative Learning (CL) (proses belajar secara kelompok)

Hal penting di dalam pembelajaran kelompok  

Ø  Saling ketergantungan secara positif

Ø  Tanggung jawab perseorangan.

Ø  Komunikasi antar anggota

Ø  Evaluasi proses kelompok

Selesai

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

  1. Jika sudah terstruktur pasti bisa menjadi yang terbaik untuk dijalankan terhadap peserta didik,

    Suka

    Posted by Maxgrosir | 11 Januari 2014, 6:51 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Desember 2013
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Statistik Blog

  • 1,764,690 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Warga Pidie Jaya Harapkan Bantuan Segera Tersalurkan 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, TRIENGGADENG -- Masyarakat korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya mengharapkan bantuan dari pemerintah bisa segera tersalurkan. Seperti masyarakat Desa Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12). Dimana...
    Sadly Rachman
  • BPBD Magetan Bangun Posko Tanggap Darurat 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membangun sebuah pos komando (posko) tanggap darurat bencana di wilayah paling rawan tanah longsor guna memberikan penanganan cepat jika sewaktu-waktu terjadi...
    Yudha Manggala P Putra

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: