//
you're reading...
Dunia Pendidikan

PERENCANAAN SEKOLAH UNTUK PENGEMBANGAN SEKOLAH

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

 

PERENCANAANSEKOLAHUNTUKPENGEMBANGANSEKOLAH

KarenTaylor*)

 

Tujuan Rencana  Pengembangan
  Sekolah
  (RPS)
  adalah untukmemberikanprioritasatasapayangakandilakukanpadasebuahperiodemasatertentusertauntukmenentukansiapa,
apa,
dankapansesuatudilakukansertamemberikansaranauntukmelakukankonsultasi
danmelibatkanparapemangkukepentingan.

   Perencanaanpengembangansekolahyangefektifakanmemungkinkansekolahsekolahmampumengelolaperubahan.


 

PerencanaanPengembanganSekolahadalahsebuahpersyaratanhukumbagisemuasekolah.RencanaPengembanganSekolahinihendaknyaditelaahdandiperbaharuikembalisecarateraturuntukmemastikanagarbisamemenuhikebutuhandarisekolahtersebutsendiri.

Haliniartinyajugaakanmelibatkankegiatan  konsultasi
  dengan para pemangku kepentingan dan kegiatandiseminasi
 rencana
 itukepadamerekasemuayangterlibat.
 
Konsultasi,
komunikasi
dankolaborasi
di
dalampengembangandanpenerapanrencanasekolahmenjadiunsurunsuryangpentingdidalamprosesRPS.

Sekolahharusbisamengembangkansebuahpendekatankolaboratifdan
inklusif.


 

Fokusutamasebuahsekolahadalahsiswanya,dankarenamakayangmenjadi

fokusutamasebuahRPStentunyaadalahpembelajaranyangdilakukansiswa.

Sekolahmembuatrencanadenganmengambilkeputusanmengenaitindakanyang  perlu dilakukan berdasarkan data dengan tujuan untuk bisamemaksimalkan pencapaian para siswa.
   RPS hendaknya juga bisamengakomodasikan
   kebutuhan
   siswa
   dan
   masyarakat
   yangtelahteridentifikasikan,persyaratankebijakandanhukumyangadadanmelibatkansemuastafsekolah.

RPShendaknyamemasukkanbaikelemenperencanaanstrategisdan
jugaoperasional.

Perencanaankelas
jugaharussesuai
denganRPS.


 

Walaukegiatanpendokumentasianperencanaansekolahpenteing,akantetapiprosespengembanganrencanasekolahsendiritidakkalahpentingnya.

Keefektifansebuahprosesperencanaansekolahbisadiukurberdasarkansejauhapasemuaanggotawargasekolahtersebutbisamengertiakanvisidan


misiyangada,dansejauhapamerekatelahmemberikankontribusiterhadappengembangantujuansekolah,mengertiapayangdimaksudkandanterlibatsecaraaktifdidalampelaksaaannyasertamemberikandukunganterhadapapayangtelahdirencanakan.Sebuahprosespengembanganyangefektifbahkanakanmemberikankontribusiterhadappeningkatanmotivasidariparastaf,penguatandukungandanketerlibatanmasyarakatsertahasilbelajarsiswayanglebihbaik.

 

Prosesperencanaanyangefektifjugamenjadiciridarisebuahkepemimpinanyangkuat.Menciptakansebuahprosesperencanaanyangefektifakanmemerlukanwaktu,tenagadanketekunanuntukmembangunhubunganyangkuatdanproduktifdidalamsekolahsertaantarasekolahdanmasyarakat.

KERANGKAKERJAPERENCANAANSEKOLAH

 

UnsuryangdipersyaratkandidalamRPStelahdigarisbawahididalamPermendiknasNo.19tahun2007mengenaiStandarPengelolaanPendidikan.Sekolahharusmengembangkansebuahrencanayangmemenuhipersyaratanini,tapirencanaituharuslahsebuahrencanayanghidupyangmenjadimilikdanbisadigunakanolehparastafsekolahsertajugabersifatluwessehinggabisamengakomodasiperubahanperubahanyangmungkinterjadi.

 

WalauRPShendaknyadikembangkansesuaidengansistemyangada,tapiRPSjugahendaknyadikembangkanberdasarkanbuktidankeadaanyangadadisekolahtersebut.Rencanasekolahendaknyaterfokuskepadakebutuhansekolahyangtelahdiidentifikasikan.RPShendaknyajugamengacukepadadokumendokumen  perencanaan yang ada,
  tapi
  tidak harus kemudiandidominasi
oleh
isi
dokumentersebut.




 

RencanaoperasionalataurencanakerjasekolahdilakukansetiaptahunnyadanmemuatstrategistrategisertakegiatankegaiatanyangakandilakukansekolahuntukbisamenunjangpencapaitujuansekolahyangtelahdigaribawahididalamRPS.

 

Perencanaankelashendaknyajugaharussesuaidenganperencanaansekolah.

RPShendaknyasecaraeksplisitatautertulismenyatakanapayangdiharapkanuntukdilakukanguruagarbisamembuatperencanaankelasyangsesuaidenganRPS.





RENCANASEKOLAH

 

Rencanasekolahadalahsebuahdokumenpublikyangmemuatgambaranumumstrategisakankeadaansekolah.
 
    Rencanasekolahinihendaknyadikembangkandenganberkonsultasidengankomitesekolahdanstafsekola.Rencanasekolahhendaknyamengacupadajangkawaktutertentudanjugalugas.

ElemenkunciyangharusdimasukkankedalamRPS:

vVisidanMisi

v Tujuan

v Targetpeningkatan

v Analisa situasional  hendaknya memasukkan bentuk tertentu dari sebuah

evaluasi diri sekolah dan juga faktorfaktor lingkungan (luar) yang bisa

memberikandampakkepadasekolah.

v Strategiutamauntukmencapaitujuan.

v Sumberdayamanusiadanfisik

v Monitordanevaluasistrategidanproses.

v Jangkawaktutertentu4tahun.

VisidanMisi

 

Adaterdapatbanyakinterpretasiberkaitandenganistilahvisidanmisi.

Untuktujuankegiatanperencanaansekolah,makasebuahpernyataanvisiadalahpernyataanyangmenggambarkancitacitaakanbagaimanasebuahsekolahnantinyayangdikaitandenganapayangtelahdicapaidimasalalu,pencapaianmasa  kini
  dan impian‐impian di
  masa mendatang.
   Misi
  sekolahmengambarkan tujuan sekolah tersebut dan bagaimana misi
  akanmengoperasionalkanvisi
dari
sekolah
itu.

Bagianperencanaansekolah
ini
seringmenjadi
bagianyangpalingsulit.




 

Pernyataanvisidanmisihendaknyabersifatunikuntukmasingmasingsekolah.

      Keduapernyataaninimerefleksikanaspirasidantujuandarimasyarakatsekolahmasingmasingdanhendaknyabersifatkhususyangterkaitdengansituasidankondisilokalyangmemangunikditiaptiapsekolahdanmasyarakatnya.

Pernyataanvisidanmisiyangdikopidaridokumensekolahdi


lokasiyanglainakanmenjaditidakberartidanakansangatkeciladanyakomitmendariwargasekolahuntukmewujudkanvisitersebutkarenavisiitutidakdikembangkanolehmerekayangmemangberkepentingan.

Tujuan



 

Tujuansekolahadalahpernyataanyangberkaitandengankeinginanapayangingindicapaisebuahsekolah.Sebuahrencanasekolahakanmemasukkansemuatujuansekolahyangada.

Prioritassekolahyangtelahdiidentifikasikanuntukdiwujudkandalamjangakwaktutertentuakanmenjadibagianbagiandaritujuansekolah.Semunprioritastersebuthendaknyaberdasarkanbuktiyang  ada dan dipillih berdasarkan kebutuhan yang memang telahdiidentifikasikan.


 

Bisasajasebuahsekolahmemilikilebihdarisatubagianyangharusdiprioritaskanpadasaatbersamaan.Danjugasangatdimungkinkandimanaterjadibeberapatujuanakanlebihdiprioritaskandibandingkanyanglainnya.

 

Jumlahtujuansekolahyangdicantumkandidalamrencanasekolahakanditentukan
  berdasarkan
  kebutuhan
  yang
  telah
  diidentifikasikan  dankemampuansekolahuntukmelakukanperubahan.

Memangtidakada
jumlayangdikhususkantapiberdasarkanpengalaman,makadisarankanbahwalebihsedikit
lebihbaikdan
jumlah
lebihdari
empatsudahmenjadi
terlalubanyak.

Fokusyangdikonsetrasikanpadasejumlahkecil
prioritasakan
lebihmungkinberhasil
 dilakukandari
 padamenghabiskanenergy,
  antuasismen dansumberdayauntukberagam
jenisprioritas.

Prioritasyang
lebihsedikitakan
lebihmudahuntukdisesuaikandengantigatingkatanperencanaansekolahstrategis,
operasional
danruangkelasdanhal
ini
khususnyaakanbisamemastikanbahwaperencanaankelasakanbisamerefleksikanRPS.


 

Pentinguntukdiingatbahwatujuanyangadaakanberbedauntukmasingmasingsekolah.Sekolahtidakbisabegitusajamengulangtujuanyangtelahdisebutkandidalamsebuahdokumenyangadadisistempendidikan.Akantetapi,lebihbaikjikatujuansepertiitukemudiandituliskembalidenganmemperhitungkansituasidankondisilokaldanmengidentifikasikancaraagartujuandarisistemyangadabisadilaksanakandisekolatersebut.

TargetPeningkatan




Targetatausasaranadalahindikatorakanperkembanganyangterjadimenujuperwujudantujuan.


Sasaranhendaknyamemilikijangkawaktutersendiri,bisadiukurataudiamatidancukupmenantanguntukbisamendorongterjadinyaperubahansertapadasaatbersamaanjugabisadicapaiagarusahayangdilakukanmembawahasil.

 

Menentukansasaranyangterukurmemerlukananalisayangmendetiluntukmemastikankalausasaranyangdibuattidakbersifatasalasalanatautidaklogisdanstrategiyangdigunakanmemangbisamemberikankontribusiuntukmeningkatkankeluaranyangada.

 

Sasaranhendaknyadidasarkanpadakeadaanawaldanstandaryangrealistisyangmemberikanperasaanbahwaituakanbisadicapaijikastrategitertentudigunakanuntukjangkawaktutertentuyangcukup.

     StandarNasionalPendidikandanStandarPelayananMinimumtelahmemberikandasaryangbaikuntukmenentukansasaran.

Targetyangbersifatstrategisbiasanyauntukjangkamenengahhinggajangkapanjang.
   Akantetapi,sekolahjugaharusbersifatrealistisakanapayangbisadicapainyadanharusbisamengertibahwaserangkaiansasaranuntukjangkawaktutertentumungkinharusditentukanterlebih  dahulu untuk memastikan pencapaian standar yang telahdiidentifikasikan.Hal
ini
akanbergunabagi
sekolahagarbisamendapatkansasaranyang
 lebihoperasional
 (bisaditerapkan)
 yangakanmembantumengidentifikaskanperkembanganmenunjupencapaiansasaranuntuksatutahunajarantertentu.


AnalisaSituasional/ProfilSekolah

 

Semua  perencanaan sekolah hendaknya berdasarkan bukti
  yang ada.

Perencanaansekolahadalahsebuahprosessiklusyangmemiliki
tigaunsur;
menilai
 keadaansekolahsaat
 ini
 terkaitdenganareakunci,
membuatperencanaanuntukpeningkatandanmenerapkanrencanatersebut.

Setelahmelakukan penerapan,
  maka sekolah kemudian juga harus melakukanpenilaiankembali
untukmelihatpencapaianyangtelahdidapatapakahstrategi
yangdigunakanberhasil
danapayangsebenarnyatelahdicapai.


SemuaRPShendaknyamemuatringkasanmengenaikeadaangeografissekolah

termasukdidalamnyalokasigeograpfisdansemuatantanganyangadapada

saat sekarang ini, serta data yang detil mengenai keadaan sosial ekonomi


warga sekolah.  Informasi ini hendaknya ditinjau kembali tapi secara umum,

biasanyaakantetapkonsistenpadamasaperencanaan.

 

Selaindarimenyediakaninformasiumummengenaisekolah,analisayanglebihmendetiljugaharusdilakukanpihaksekolahuntukmenjelaskanpencapaianyangtelahdilakukansekolahdiareaareakunci.Halinimenjadibagianpenilaiandarisebuahsiklusperencanaansekolahyangmemungkinkansekolahitunantinyamengambilkeputusanakanapayangharusdiprioritaskanuntukditingkatkanberdasarkandatayangnyataberkaitandengankinerjadanpencapaiansiswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EvaluasiDiriSekolah


EvaluasiDiriSekolah(EDS)memberikansebuahperangkatyangbergunabagisebuah
  sekolah
  untuk
  melakukan
  penilaian
  diri
  atas
  kinerja  danpencapaiannya.


 

EDSadalahsebuahmekanismeevaluasiinternalyangdilakukanolehkepalasekolah,guru,komitesekolahdanorangtuasiswadenganmendapatkanbantuandaripengawas.Hasildarievaluasidirisekolahinibisadigunakanuntukpembuatanprogrampengembangansekolah.

InstrumenEDSdibuatdenganmengacukepadaDelapanStandarNasionalPendidikan:StandarIsi,StandarProses,StandarKompetensiLulusan,
StandarPendidikdanTenagaKependidikan,StandarSaranadanPrasarana,StandarPembiayaan,StandarPengelolaandanStandarPenilaian.InstrumenDSEdifokuskanpadaaspekkegiatanpentingsehariharinyadisekolahdanpadakondisiyangterkaitdenganmutupelayananpenga