//
you're reading...
Pendidik

LEMBAR PENGAMATAN TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS

LEMBAR PENGAMATAN  TENTANG PROSES PEMBELAJARAN

DALAMPENELITIANTINDAKANKELAS

 

Hari/Tanggal            : ……

Tempat/lokasi         : ……

Waktu                        : ……

 

No

Objek yang Diamati

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1.

Perhatiansiswaterhadappembelajaran

a.  Siswa fokus perhatiannya terhadap Pembelajaran

b.  Melaksanakantugasdengansegera

c.  Gerak-geriknyaserius

 

 

 

 

 

2.

Minatsiswaterhadappelajaran

a.  Siswatidakberhentibekerja

b.  Wajahsiswaberseri-seri

c.  Terlihatasyikmengerjakantugas

 

 

 

 

 

3.

Aktivitassiswa

a.  Kalautidakjelasmaubertanya

b.  Segeramenjawabketikaditanya

c.  Mencatat hal-hal yang penting

 

 

 

 

 

4.

Semangatbelajar

a.  Masukruangan dengansegera

b.  Seperti lupa waktu, pelajaran habis masih terus bekerja

c.  Kelihatan sibuk

 

 

 

 

 

5.

Suasanabelajarriuhmenyenangkan

a.    Kelasterdengarramai, sahut-menyahutsuarasiswa

b.    Hilirmudiktetapitertujuuntukpembelajaran

c.    Setiapmenyelesaikantugassiswakelihatangembira

 

 

 

 

 

6.

Keadaanpembelajarantertib

a.  Kalau mau bertanya mengangkat tangan

b.  Masing-masing siswa asyik dengan tugasnya

c.  Ketua kelompok menegur kalau ada siswa yang lalai

 

 

 

 

 

7.

Pelaksanaanpembelajaranlancar

a.  Penggalansetiapindicatorsesuai target waktu

b.  Tidakterlihatadakegiatanterhenti

c.  Pelajaran selesai pada waktu  yang ditentukan

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Skor 4 : Jika lebih ≥ 85 % siswa memenuhi

Skor 3 : Jika 50% ≤ X < 85% siswa memenuhi

Skor 2 : jika  25 %  ≤ X <50% siswa memenuhi

Skor 1 : Jika < 25 % siswa memenuhi

========================================================================================

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-ansi-language:IN;}

LEMBAR PENGAMATAN  TENTANG PROSES PEMBELAJARAN

DALAMPENELITIANTINDAKANKELAS

 

Hari/Tanggal            : ……

Tempat/lokasi         : ……

Waktu                        : ……

 

No

Objek yang Diamati

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1.

Perhatiansiswaterhadappembelajaran

a.  Siswa fokus perhatiannya terhadap Pembelajaran

b.  Melaksanakantugasdengansegera

c.  Gerak-geriknyaserius

 

 

 

 

 

2.

Minatsiswaterhadappelajaran

a.  Siswatidakberhentibekerja

b.  Wajahsiswaberseri-seri

c.  Terlihatasyikmengerjakantugas

 

 

 

 

 

3.

Aktivitassiswa

a.  Kalautidakjelasmaubertanya

b.  Segeramenjawabketikaditanya

c.  Mencatat hal-hal yang penting

 

 

 

 

 

4.

Semangatbelajar

a.  Masukruangan dengansegera

b.  Seperti lupa waktu, pelajaran habis masih terus bekerja

c.  Kelihatan sibuk

 

 

 

 

 

5.

Suasanabelajarriuhmenyenangkan

a.    Kelasterdengarramai, sahut-menyahutsuarasiswa

b.    Hilirmudiktetapitertujuuntukpembelajaran

c.    Setiapmenyelesaikantugassiswakelihatangembira

 

 

 

 

 

6.

Keadaanpembelajarantertib

a.  Kalau mau bertanya mengangkat tangan

b.  Masing-masing siswa asyik dengan tugasnya

c.  Ketua kelompok menegur kalau ada siswa yang lalai

 

 

 

 

 

7.

Pelaksanaanpembelajaranlancar

a.  Penggalansetiapindicatorsesuai target waktu

b.  Tidakterlihatadakegiatanterhenti

c.  Pelajaran selesai pada waktu  yang ditentukan

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Skor 4 : Jika lebih ≥ 85 % siswa memenuhi

Skor 3 : Jika 50% ≤ X < 85% siswa memenuhi

Skor 2 : jika  25 %  ≤ X <50% siswa memenuhi

Skor 1 : Jika < 25 % siswa memenuhi


===========================================================================================

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

RUMUSAN MASALAH :

1). Apakah Penerapan Model  Pembelajaran  TPS (Team Pair Share) Dapat Meningkatkan  Motivasibelajar  Matematika  Materi  Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa  Kelas  V SDN 1 Lantung ?

 

MENYUSUN INSTRUMEN PENGAMATAN :

a.   siswa tidak menghindar perhatiannya ke arah lain

b.  melaksanakan tugas dengan segera

c.    gerak-geriknya serius

 

a)      siswa tidak berhenti bekerja

b)     wajah siswa berseri-seri

c)     terlihat asyik mengerjakan tugas

 

Motivasi

Perhatian/konsentrasi

Minat

Aktivitas

Semangat belajar

Suasana menyenangkan

Pembelajaran tertib

Indikator :

Diskreptor :

DST.

1.         Komponen

 

 

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Lembar Pengamatan  Tentang Proses Pembelajaran

DalamPenelitianTindakanKelas (Data primer)

 

Hari/Tanggal            : ……

Tempat/lokasi            : ……

Waktu                                    : ……

 

No

Objek yang diamati

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1.

Perhatiansiswaterhadappembelajaran

a.   mempersiapkan alat tulis

b.  Siswatidak ngobrol dengan temannya

c.   Siswa mengerjakan PR

d.  Siswa tidak ngantuk

 

 

 

 

 

2.

Minatsiswaterhadappelajaran

a.Melaksanakantugasdengansegera

b.siswatidakberhentibekerja

c.  wajahsiswaberseri-seri

d.terlihatasyikmengerjakantugas

 

 

 

 

 

3.

Aktivitassiswa

a.   kalautidakjelasmaubertanya

b.  segeramenjawabketikaditanya

c.   mencatat hal-hal yang penting

d.  meyimpulkan materi yang sudah disampaikan

 

 

 

 

 

4.

Semangatbelajar

a.masukruangdengansegera

b.  seperti lupa waktu, pelajaran habis masih terus bekerja

c.  kelihatan sibuk

d.memanfaatkan buku paket

 

 

 

 

 

5.

Suasanabelajarriuhmenyenangkan

a.   kelasterdengarramai, sahut-menyahutsuarasiswa

b.  hilirmudiktetapitertujuuntukpembelajaran

c.   setiapmenyelesaikantugassiswakelihatangembira

d.  Bekerja sama dalam diskusi dengan serius dan asyik

 

 

 

 

 

6.

Keadaan pembelajaran tertib

a.   kalau mau bertanya mengangkat tangan

b.  siswa menyelesaikan soal tepat waktu

c.   ketua kelompok menegur kalau ada siswa yang lalai

d.  Saling memberikan informasi dalam diskusi

 

 

 

 

 

7.

Pelaksanaanpembelajaranlancar

a.   Penggalansetiapindikatorsesuai target waktu

b.  Tidakterlihatadakegiatanterhenti

c.   Pelajaran selesai pada waktu  yang ditentukan

d.  Soal diselesaikan sesuai dengan hasil yang benar

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Skor 4 : Jika lebih ≥ 75 % siswa memenuhi

Skor 3 : Jika 50% ≤ X < 75% siswa memenuhi

Skor 2 : jika  25 %  ≤ X  <50% siswa memenuhi

Skor 1 : Jika < 25 % siswa memenuhi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN

Untuk : GURU

 

Mata Pelajaran/Topik :

                                /

Kelas/Sekolah              :

                                /

Nama Pengajar             :

               

Nama Observer            :

 

 

No

Aspek yang Diamati

Skor

1

2

3

4

1

Kesiapan ruang, alat, media dan sumber belajar

 

 

 

 

2

Memeriksa kesiapan siswa

 

 

 

 

3

Melakukan kegiatan apersepsi

 

 

 

 

4

Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai

 

 

 

 

5

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

 

 

 

 

6

Mengaitkan materi dg pengetahuan yg lain

 

 

 

 

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dg kompetensi yg akan dicapai

 

 

 

 

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

 

 

 

 

9

Melaksanakan pembelajaran yg memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

 

 

 

 

10

Melaksanakan pembelajaran sesuai dg alokasi waktu yg direncanakan

 

 

 

 

11

Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik

 

 

 

 

12

Merespon positif partisipasi siswa

 

 

 

 

13

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa

 

 

 

 

14

Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme siswa dlm belajar

 

 

 

 

15

Melakukan penilaian akhir sesuai dg kompetensi

 

 

 

 

 

Keterangan  :

1       = Kurang

2       = Cukup

3       = Baik

4       = Sangat baik

 

Saran :

             ———————————————————————————

             ———————————————————————————

             ———————————————————————————

             ———————————————————————————

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Pengamatan  Tentang Proses Pembelajaran

Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Data primer)

 

Hari/Tanggal             : ……

Tempat/lokasi            : ……

Waktu                        : ……

 

No

Objek yang diamati

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1.

Perhatian siswa terhadap pembelajaran

a.   siswa tidak menghindar perhatiannya ke arah lain

b.  melaksanakan tugas dengan segera

c.   gerak-geriknya serius

 

 

 

 

 

2.

Minat siswa terhadap pelajaran

a.   siswa tidak berhenti bekerja

b.  wajah siswa berseri-seri

c.   terlihat asyik mengerjakan tugas

 

 

 

 

 

3.

Aktivitas siswa

a.   kalau tidak jelas mau bertanya

b.  segera menjawab ketika ditanya

c.   mencatat hal-hal yang penting

 

 

 

 

 

4.

Semangat belajar

a.   masuk ruang dengan segera

b.  seperti lupa waktu, pelajaran habis masih terus bekerja

c.   kelihatan sibuk

 

 

 

 

 

5.

Suasana belajar riuh menyenangkan

a.   kelas terdengar ramai, sahut-menyahut suara siswa

b.  hilir mudik tetapi tertuju untuk pembelajaran

c.   setiap menyelesaikan tugas siswa kelihatan gembira

 

 

 

 

 

6.

Keadaan pembelajaran tertib

a.   kalau mau bertanya mengangkat tangan

b.  masing-masing siswa asyik dengan tugasnya

c.   ketua kelompok menegur kalau ada siswa yang lalai

 

 

 

 

 

 

7.

 

Pelaksanaan pembelajaran lancar

a.   Penggalan setiap indikator sesuai target waktu

b.  Tidak terlihat ada kegiatan terhenti

c.   Pelajaran selesai pada waktu  yang ditentukan

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Skor 4 : Jika lebih ≥ 75 % siswa memenuhi

Skor 3 : Jika 50% ≤ X < 75% siswa memenuhi

Skor 2 : jika  25 %  ≤ X  < 50% siswa memenuhi

Skor 1 : Jika < 25 % siswa memenuhi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara membubuhkan skor pada kolom sesuai skor yang diperlukan, yaitu  mempertimbangkan banyaknya bukti yang tampak dalam proses.

          Sekor 4 jika memenuhi bukti a, b, c dengan kategori ”SANGAT TINGGI”

          Sekor 3 jika memenuhi bukti 2 dari a, b, c dengan kategori ”TINGGI”

          Sekor 2 jika memenuhi 1 bukti saja dari a, b, c, kategori ”RENDAH”

          Sekor 1 jika tidak ada bukti yang terpenuhi, kategori ”SANGAT RENDAH”

       Selanjutnya untuk memperoleh kesimpulan, peneliti menyatukan pendapat dari siswa seluruh kelas yang mengisi angket. Sekor masing-masing objek yang diamati didasarkan pada penyatuan pilihan siswa untuk memberi centangan pada kolom sekor. Misalnya saja hasil penyatuan sebagai berikut.

                                    

 

Tabel Perhitungan Nilai Per Objek Yang Diamati

No

Objek yang diamati

 Sekor kelas

Nilai

(Rata-rata)

Kategori

1

2

3

4

1.

Perhatian siswa terhadap pembelajaran

3

7

10

10

 

 

2.

Minat siswa terhadap pelajaran

 

 

 

 

 

 

3.

Aktivitas siswa

 

 

 

 

 

 

4.

Semangat belajar

 

 

 

 

 

 

5.

Suasana belajar riuh menyenangkan

 

 

 

 

 

 

6.

Keadaan pembelajaran tertib

 

 

 

 

 

 

7.

Pelaksanaan pembelajaran lancar

 

 

 

 

 

 

 

4 = SANGAT TINGGI

3 = TINGGI

2 = RENDAH

1 = SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

Data Tentang Hasil Belajar 20 orang siswa

 

60, 91, 41, 65, 50,   58, 45, 50, 45, 75,

 

83, 65, 75, 50, 67, 100, 83, 40, 50, 66.

 

KKM = 56

 

Tentukan :

a.   Rata-ratanya

b.  Rentang nilai.

 

 

Rata-rata = 62,95

Rentangannya = 100 – 40 = 60

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara menentukan nilai (rata-rata) adalah sebagai berikut:

  1. Mengalikan sekor setiap kolom peringkat
  2. Menjumlahkan hasil perkalian sekor
  3. Jumlah sekor dibagi 30 (atau sebanyak yang mengisi)

Contoh butir pertanyaan 1

Langkah 1, mengalikan sekor setiap kolom peringkat

  1. Perkalian sekor kolom 1 : 2 x 1 =     2
  2. Perkalian sekor kolom 2 : 5 x 2 =   10
  3. Perkalian sekor kolom 3 : 7 x 3 =   21
  4. Perkalian sekor kolom 4 : 16 x 4 = 64

Langkah 2, menjumlahkan hasil perkalian:

                   2 + 10 + 21 + 64  = 97

Langkah 3, jumlah sekor dibagi 30, yaitu  97 : 30 = 3, 23

Setelah masing-masing nomer ditemukan nilainya, langkah berikutnya adalah melakukan identifikasi komponen mana yang perlu mengalami perbaikan melalui indikator yang nilai ndikator dan bukti tertentu masih rendah Setelah diketahui indikator yang nilainya masih rendah, perlu ditelusuri mana bukti yang belum terpenuhi .

2.      MENYUSUN INSTRUMEN TES :

a.      CONTOH INSTRUMEN UNTUK MENGUJI PEMAHAMAN :

1.      a. Hitunglah 5 + 8 = 13

2.      b. Dari mana kalian mendapatkan jawaban tersebut?

b.      Bagaimana hubungan antara  bilangan 5, 8 dengan 13?

c.       CONTOH INSTRUMEN UNTUK MELIHAT PRESTASI BELAJAR  :

E

1.     

D

Perhatikan gambar disamping .

Cc

Tuliskan unsur-unsur sebuah kubus

A

B

2.      Tuliskan jumlah titik sudut pada sebuah kubus

3.      Jika sebuah segmen garis menghubungkan dua titik yang berhadapat pada sebuah kubus maka garis tersebut dinamakan ….

60,91,41,65,50,58, 45,50,45, 75,

 

83, 65 75, 50, 67, 100, 83, 40, 50, 66

 

KKM = 56

 

Rentang nilai : 100 – 41= 59

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN

Pelaksanaan tindakan dilakukan di kelas… pada hari… tanggal … jam ke …

Pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri sedangan pengamat adalah … orang teman sejawat.

(silakan ceritakan proses pembelajaran yang anda lakukan pada saat open kelas di  sekolah masing-masing)

………………………………………………………………

 

 

 

 

 

X rata-rata = x1 + x2+ …+ xn/n

Keterangan :

X  rata-rata = rata-rata

Xn = jumlah data

N   =  banyaknya data


 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,278,438 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4.928 pengikut lainnya.

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • DPR: Jangan Intervensi Hasil Capim KPK 29 Agustus 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan penundaan penyerahan nama Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Panitia Seleksi (Pansel) kepada Presiden Joko Widodo jangan dijadikan...
    Esthi Maharani
  • Sikap Pragmatis dan Hedonis Dominasi Pemikiran Mahasiswa 29 Agustus 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dosen Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ahmad Anfasul Marom mengatakan, saat ini sikap dan pemikiran kritis mahasiswa dan golongan muda...
    Taufik Rachman

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

TERMINAL KOMPUTER

MERDEKA ATAU MATI..!

FORUM KOMUNIKASI PENGAWAS TK/SD KOTA PALEMBANG

CIPTAKAN SDM YG HANDAL MENUJU PALEMBANG EMAS 2018

Dyah Budiarsih

Berbagi ilmu dengan para pendidik bangsa

Sharing

Berbagi tak pernah rugi

Staff Dikmen LPMP Jawa Tengah

Dengan TIK Memajukan Pendidikan Jawa Tengah

hilangpermataku.wordpress.com

A great WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

Makalah dan Artikel Pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 4.928 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: