//
you're reading...
Pendidik

PERBEDAAN RPP SIKLUS I DAN II PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MODEL JIGSAW

 RPP SIKLUS I

a.       Kegiatan awal

1)      Guru menyampaikan apersepsi terkait dengan materi (………).

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa, melalui penjelasan pentingnya pemahaman tentang materi (….), sertamenjelaskanteknispembelajarankooperatiftipeJigsaw.

3)      Guru menyampaikantujuanpembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)    Guru membentuk siswa menjadi 8 kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang), selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

c)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

2)      Elaborasi:

a)    Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)   Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

c)    Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli.

3).     Konfirmasi:

a)    Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)   Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

c.         Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya

RPP SIKLUS II

a.       Kegiatan awal

1)      Apersepsi: guru menegaskankembalilangkah-langkahpembelajaran model kooperatiftipejigsaw.

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran siklus I agar lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, serta tetap memberikan semangat kepada siswa yang sudah berhasil dalam pembelajaran pada siklus I.

3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)     Guru menugaskan siswa untuk menujuk elompok yang telah dibentuk sebelumnya yaitu 8 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang, selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Kelompok yang dibentuk pada siklus II ditata kembali disesuaikan dengan kondisi/kendala yang dijumpai pada siklus I.

c)     Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

d)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

Guru meningkatkan pengawasan agar diskusi dapat berjalan lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Bantuan individual diberikan kepada siswa yang mengalami masalah dalam penguasaan materi

a)     diampunya.

b)     Dalam kelompok ahli, guru menugaskan siswa membaca berbagai literatur yang terkait dengan materi (Susila).

c)     Guru meningkatkan intensitas bimbingan pada kelompok ahli, agar hasil yang dicapai siswa lebih optimal.

1)      Elaborasi:

a)      Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)     Guru kembali meningkatkan pengawasan dan memberikan bimbingan yang lebihefektif agar bisa dipastikan setiap siswa menguasai materi  yang  diampunya.

c)      Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

d)     Guru berkeliling memantau diskusi dalam kelompok asal, dan  memastikan agar setiap kelompok dapat memahami materi secara utuh. Guru juga memberikan bantuan apabila ada anggota kelompok kesulitan memberikan penjelasan materi  yang  diampu kepada temannya dalam kelompok asal.

Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli

1)      Konfirmasi:

a)      Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)      Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

a.    Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan.

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.

DIKUTIP DARI WIDANA ( BAHAN BIMTEK PTK )

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

2 thoughts on “PERBEDAAN RPP SIKLUS I DAN II PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  1. Wah sangat membantu yg akan melaksanakan PTK … terima kasih … ditunggu tulisan lainnya

    Suka

    Posted by Apriyanti Arifin | 15 Juli 2013, 9:37 am
  2. TRIM, INFO SANGAT BERGUNA

    Suka

    Posted by arif | 18 November 2014, 1:31 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,625,108 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 5.203 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Atletico tak Ingin Lengah Lagi 24 Juli 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Klub asal ibu kota Spanyol Atletico Madrid konsisten bersaing di papan atas La Liga dalam tiga tahun terakhir. Klub berjuluk Los Rojiblancos itu mengejutkan dunia dengan...
    Fernan Rahadi
  • Serunya Wisata Sumur Migas Berusia 100 Tahun 24 Juli 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jenis wisata yang satu ini belum populer di kalangan para pelancong dalam negeri. Desa Wonocolo yang terletak di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyajikan jenis wisata baru...
    Hazliansyah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

LaDIYfest Sheffield

2015 - NOW ORGANISING!

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites (& Other Stories ) by Diahann Reyes

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

A WORLD OF NEVERENDING HAPPINESS

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.203 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: