//
you're reading...
Pendidik

PERBEDAAN RPP SIKLUS I DAN II PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MODEL JIGSAW

 RPP SIKLUS I

a.       Kegiatan awal

1)      Guru menyampaikan apersepsi terkait dengan materi (………).

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa, melalui penjelasan pentingnya pemahaman tentang materi (….), sertamenjelaskanteknispembelajarankooperatiftipeJigsaw.

3)      Guru menyampaikantujuanpembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)    Guru membentuk siswa menjadi 8 kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang), selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

c)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

2)      Elaborasi:

a)    Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)   Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

c)    Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli.

3).     Konfirmasi:

a)    Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)   Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

c.         Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya

RPP SIKLUS II

a.       Kegiatan awal

1)      Apersepsi: guru menegaskankembalilangkah-langkahpembelajaran model kooperatiftipejigsaw.

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran siklus I agar lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, serta tetap memberikan semangat kepada siswa yang sudah berhasil dalam pembelajaran pada siklus I.

3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)     Guru menugaskan siswa untuk menujuk elompok yang telah dibentuk sebelumnya yaitu 8 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang, selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Kelompok yang dibentuk pada siklus II ditata kembali disesuaikan dengan kondisi/kendala yang dijumpai pada siklus I.

c)     Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

d)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

Guru meningkatkan pengawasan agar diskusi dapat berjalan lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Bantuan individual diberikan kepada siswa yang mengalami masalah dalam penguasaan materi

a)     diampunya.

b)     Dalam kelompok ahli, guru menugaskan siswa membaca berbagai literatur yang terkait dengan materi (Susila).

c)     Guru meningkatkan intensitas bimbingan pada kelompok ahli, agar hasil yang dicapai siswa lebih optimal.

1)      Elaborasi:

a)      Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)     Guru kembali meningkatkan pengawasan dan memberikan bimbingan yang lebihefektif agar bisa dipastikan setiap siswa menguasai materi  yang  diampunya.

c)      Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

d)     Guru berkeliling memantau diskusi dalam kelompok asal, dan  memastikan agar setiap kelompok dapat memahami materi secara utuh. Guru juga memberikan bantuan apabila ada anggota kelompok kesulitan memberikan penjelasan materi  yang  diampu kepada temannya dalam kelompok asal.

Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli

1)      Konfirmasi:

a)      Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)      Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

a.    Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan.

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.

DIKUTIP DARI WIDANA ( BAHAN BIMTEK PTK )

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

2 thoughts on “PERBEDAAN RPP SIKLUS I DAN II PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  1. Wah sangat membantu yg akan melaksanakan PTK … terima kasih … ditunggu tulisan lainnya

    Suka

    Posted by Apriyanti Arifin | 15 Juli 2013, 9:37 am
  2. TRIM, INFO SANGAT BERGUNA

    Suka

    Posted by arif | 18 November 2014, 1:31 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,280,731 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4.936 pengikut lainnya.

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • VP reiterates RI not to seek IMF loan 31 Agustus 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Jusuf Kalla reiterated on Monday that Indonesia is not seeking a loan from the International Monetary Fund (IMF)."We will not ask for a loan,"...
    Julkifli Marbun
  • Japanese students to study disaster management in Aceh 31 Agustus 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- A group of Japanese students from Waseda University will visit and share experiences on disaster and risk reduction management in West Aceh District, Aceh Province.The Chairman...
    Julkifli Marbun

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

TERMINAL KOMPUTER

MERDEKA ATAU MATI..!

FORUM KOMUNIKASI PENGAWAS TK/SD KOTA PALEMBANG

CIPTAKAN SDM YG HANDAL MENUJU PALEMBANG EMAS 2018

Dyah Budiarsih

Berbagi ilmu dengan para pendidik bangsa

Sharing

Berbagi tak pernah rugi

Staff Dikmen LPMP Jawa Tengah

Dengan TIK Memajukan Pendidikan Jawa Tengah

hilangpermataku.wordpress.com

A great WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

Makalah dan Artikel Pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 4.936 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: