//
you're reading...
Pendidik

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Apa,Mengapa dan Bagainama)

 

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS), Bahan ajar Diklat supervisi pengawas sekolah

Baru-bari ini saya mengikuti kegiatan pengawas sekolah di jakarta , materi bahan ajar supervisi pengawas images (6)sekolah ini baik sekali menjadi referensi untuk penguatankemampuanpengawassekolah dalam bidang pengembangan profesi melaksanakan Penepitian Tundakan Sekolah (PTS). Pengembanganmateritersebuttelah mengacu pada standarpengawassekolah/madrasahsebagaimana diatur dalam PermendiknasNo. 12Tahun 2007tentang StandarKompetensiPengawas Sekolah/Madrasah.Sayamegucapkan terima kasihyang tinggikepadaPusat Pengembangan  TenagKependidikan  atas  dihasilkannymateri  penguatan kemampuan  pengawas     sekolah           dalam         rangka          meningkatkan         kompetensi pengawas sekolah di indonesia. MaterPTS  insangat baik untuk  dapat  dijadikan  referensi  bagi  individu pengawas  sekoladalam  penguatan  kemampuan pengawassekolah untuk mewujudkanpengawassekolahyang profesionaldanakuntabel. Semoga kemampuanpengawassekolah seluruh indonesia sudah sesuai  dengan  standar  pengawas  sekolah  sebagaimana  diamanahkan  dalam PermendiknasNo.12Tahun2007tentangStandarPengawassekolah/Madrasah . Semoga  dapatterwujut,sehinggadapatmeningkatkanmutupendidikandisekolah danmenghasilkanlulusan  yangcerdas,kreatif,inovatif,berpikirkritis,cakap menyelesaikanmasalah, danbernalurikewirausahaan.

 

Merujuk  pada  Permendiknas  Nomor  12  Tahun  2007  tentang Standar Pengawas/madrasah,dimana salasatu    dimensi kompetensinya  adalah  kompetensi  penelitian  dan  pengembangan. Dalamhalini,pengawassekolahdituntutmampumenyusunproposal penelitianpendidikan,sekaligusmerumuskanberbagaipermasalahan kepengawasan  yang  penting  untuk  diteliti.  Namun,  kenyataan  di lapanganmenunjukkanbahwamasihbanyakpengawassekolahyang perlu  penguatan  kemampuannya  dalam  bidang  tersebut.Sebagian dari  mereka  masih  ada  yang  belum  memahami  cara:   membuat proposal,  melaksanakan,dan  melaporkan  hasil  penelitian  dengan baik.Sebagiandarimerekaadapulayangsudahmemahamitetapi belum melakukannya.

 

 

Walaupun Badan Pengembangan       SumberDaya Manusia   dan PenjaminanMutu Pendidikan  (BPSDMPdanPMP)telahmelaksanakansosialisasidan bimbingan teknikPTS. Namun StrategisosialisasidanstrategibimbinganteknikPTSselamaini ternyatamasihbelummemadaiuntukmenjangkauseluruhpengawas sekolahdalamwaktu  yangrelatifsingkat.Intensitasdankedalaman penguasaanmaterikurangdapat  dicapaidengankeduastrategiini karena terbatasnya waktu.

 

Berdasarkan kenyataan tersebut, maka  perlu ada upaya strategis yang  dilakukan oleh pemerintah , salah satustrategiuntuk meningkatkan minat dan kemampuan pengawassekolah menurut hemat penulis adalah  pemerintah melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia                dan PenjaminanMutu Pendidikan  (BPSDMPdanPMP) turun ke daerah melaksanakanpelatihan ditiap tiap kabupaten/kota atau minimal propinsi di seluruh Indonesia sehingga semua pengawas terjangkau dan mendapatkan kesempatan yang sama mengijuti diklat penyususnan PTS .Untuk dapatmemberikanpemahaman,danmotivasiparapengawassekolah dalam  menyelesaikan  permasalahan  di  sekolah  binaannya  melalui metode  ilmiah  yangantaralainberupaPenelitianTindakanSekolah (PTS).BilapenyelesaianmasalahdisekolahdibiasakanmelaluiPTS, maka kompetensi                              PTS pengawas          sekolah    akan              meningkat  dan berimplikasi          pada    peningkatan kreativitas,    inovasi, kemampuan menyelesaikan  masalah,  dan  berpikir  kritis  para  pengawas  yang bermuara padapeningkatanmutupembinaandankualitaspendidikan. Bahkandampaklainnyapunakan  meningkatan  angkakredituntuk kenaikan  pangkat  dan  atau  sertifikasi,  yang  pada  gilirannya  akan meningkatkan kesejahteraan pengawassekolah.

 

Dengan adanya program strategis ini pengawas di seluruh Indonesia  diharapkan mampu menguasai berbagai pendekatan,jenis, dan metodepenelitian dalam pendidikan, menentukan masalah kepengawasan yangpenting ditelitibaikuntuk keperluan tugaspengawasamaupun untukpengembangan karirnya sebagai pengawas, menyusunproposal penelitian pendidikan baikproposal penelitian kualitatifmaupun penelitian kuantitatif, mengolah dan menganalisisdatahasil penelitian pendidikan baikdata kualitatif maupun datakuantitatif (SesuaidenganPermendiknasno12tahun2007). Dengan demikian semua pengawas Indonesia bisa memahami lebih mendalam tentang KonsepPTS, bagaimana menyusunan Proposal dan Pelaksanaan PTS, serta menyusunan Laporan PTS sebagai salah satu bahan usul kenaikan pangkat

 

Berikut ini Penulis mencoba mebuat resume hasik pelatihan PTS yang pernah di ikuti semoga dapat minimal memberikan gambaran apa, mengapa dan bagaimana Penelitian Tindakan sekolah itu?.

 

Tips : harusadakemauanyangkuatuntukberubahke arahyang  lebihbaik.Bukankahdimanaadakemauandisituada cara/jalan?  .

Konsep  PTS  yang  dipraktikkan  dengan  sukses  melalui rencanatindakanakanmenjadi  contoh  bagigurudansiswauntuk mengubahpolapikir,polasikap,danpola  tindakmerekasehingga mampukreatif,inovatif,mampumenyelesaikanmasalah,danberpikir kritis.

 

APA ITU  PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH?

Penelitian tindakan          yang        dilakukan            guru   disebut Penelitian TindakanKelas(PTK).Sedangkanpenelitiantindakanyangdilakukan oleh  pengawassekolahdisebutPenelitianTindakanSekolah(PTS). PTK bertujuanuntukmenyelesaikanmasalahmasalahpembelajaran dikelas,sedangkan  PTS  bertujuanuntuk  menyelesaikan  masalah– masalahyangterjadidisekolah,khususnyaberkenaandengansistem, pendekatan, dan strategikepengawasan.

 

PTSadalahpenelitianyangdilaksanakanolehpeneliti(umumnya juga  praktisi)  disekolah  untuk  membuatpenelitilebihprofesional terhadap pekerjaannya,                    memperbaikipraktikpraktik                               kerja, melakukaninovasisekolahsertamengembangkanilmupengetahuan terapan(professionalknowledge).

 

Berdasarkan         definisi   tersebut,         maka        ciri  utama   PTS adalah melakukantindakannyatauntukmemperbaikisituasiataumelakukan inovasi sekolah   dalamupaya meningkatkanmutu pembelajaran sehinggamenghasilkankepalasekolah,guru,dansiswayangmampu kreatif, inovatif,mampu menyelesaikan masalah,dan berpikir kritis.

 

CiriutamaPTSadalahsebagai berikut.

 

(1)Adanyatindakannyatauntukmenyelesaikanmasalah/menghadapi tantangan/melakukan inovasi.

(2)Bersifatkualitatif,meskipun dapatmenggunakan datakuantitatif. (3)  Didasarkan  padamasalahatautantangannyatayangdihadapi

pengawassekolah.

 

(4)Ada perubahan positifpada pengawassekolah dan sekolahnya.

(5)Dilakukan   secara   kolaboratif  antara   peneliti  bersama   warga sekolahbaikguru,tenagakependidikan,siswa,maupunpihak– pihak lain yangterkait.

(6)Peneliti juga bertindaksebagai praktisi yangmelakukan refleksi. (7)Setiap         siklus                  memiliki               empat    tahap    yaitu    perencanaan,

pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi.

 

(8)JumlahsiklustergantungpencapaiantujuanPTS,minimaldua siklus.  Jika  dua  siklus  belum  mencapai  tujuan,                                        maka  dapat dilanjutkan padasiklus ketiga,dan seterusnya.

KetikamelaksanakanPTSperlumemperhatikanetikaantaralain sebagai berikut.

(1)Bersikap   jujur   yaitu   tidak   fiktif,   tidak   merubah   data,   dan menuliskan semua sumber referensi yang dikutip.

(2)Memintaijin kepada orangorang yangditeliti.

 

(3)Menjamin kerahasiaandatarespondenyang diteliti

 

(4)Tidak   boleh   mengganggu   tugas   pokok   dan   fungsi   sebagai pengawassekolah.

(5)Tidak   boleh   mengganggu    proses   pembelajaran   dan   tugas mengajargurudankepalasekolahsertakegiatanpendidikanyang sedang berlangsungdisekolah.

(6)Tidakterlalu banyak menyitawaktudalampengambilan data.

 

Perbedaan penelitian tindakan oleh pengawassekolah, kepala sekolah, dan guru

Jika Peneliti :Pengawas Sekolah

 

Subjek Penelitian

a.    Kepala sekolah

Aspekyang Diteliti

        ·   Delapan Standar Nasional Pendidikan.

        ·   Tugas pokokdan fungsiKepala Sekolah.

        ·   Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah

        ·   Peranankepala sekolah.

       ·   Berpikir kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan       menyelesaikan masalah

 

b.      Guru

    Aspekyang Diteliti

          ·   Standar Isi, StandarProses,Standar Penilaian,Standar Pendidik.

          ·   Tugas pokokdan fungsiguru.

          ·   Peranan guru.

            ·   Berpikir kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan   menyelesaikan masalah

 

c.     Tenaga kependidikan

    Aspekyang Diteliti

         ·   Standar Tenaga Administrasi, StandarTenaga Laboratorium, Standar

Tenaga Perpustakaan,dan Standar Tenaga Kependidikan lainnya.

         ·   Tugas pokokdan fungsitenaga kependidikan.

         ·   Peranan tenaga kependidikan.

        ·   Berpikir kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuamenyelesaikan masalah

 

 

Jika PENELITI : Kepala sekolah

Subjek Penelitian

 

  1. Guru

Aspekyang Diteliti

·              Standar Isi, StandarProses,Standar Penilaian,Standar Pendidik.

·         Tugas pokokdan fungsiguru.

·         Peranan guru.

·         Berpikir kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan menyelesaikan masalah

 

  1. kependidikan

Aspekyang Diteliti

·                 Standar Tenaga Administrasi, StandarTenaga Laboratorium,Standar Tenaga  Perpustakaan,dan Standar Tenaga Kependidikan lainnya.

·         Tugas pokokdan fungsitenaga kependidikan.

·         Peranan tenaga kependidikan..

·         Berpikir kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan menyelesaikan masalah

 

 

  1. Siswa

Aspekyang Diteliti

·         Standar KompetensiLulusan.

·         Standar Penilaian.

·         Berpikir Kritis,kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

Jika PENELITI : Guru

 

  1. Guru

Aspekyang Diteliti

 

·         Standar Isi, StandarProses,Standar Penilaian,Standar Pendidik.

·         Tugas pokokdan fungsiguru.

·         Peranan guru.

·         Berpikir kritis, kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan menyelesaikan masalah

 

 

  1. Siswa

Aspekyang Diteliti

·         Standar KompetensiLulusan.

·         Standar Penilaian.

·         KegiatanKesiswaan.

·         Berpikir kritis, kreatif,inovatif,jiwakewirausahaan,dankemampuan memecahkan masalah.

 

 

Perbedaan PTS dengan NonPTS

 

PTS

  1. Dilaksanakan oleh Praktisi yaitu pengawassekolah,kepala sekolah
  2. Tujuan penelitian Tidak untuk menguji teori tetapiuntuk memecahkan masalah,menghadapi tantangan, memperbaikisituasi sekolah. Tidak

          untuksolusi yang berlaku umum (tidak untuk membuat generalisasi)

 

  1. Jenis data Kualitatif/dan atau kuantitatif
  2. Maksud pengumpulan dan analisisdata Menyelesaikanmasalah praktis, mengarahkan rencana tindakan
  3. Standar mutu penelitian Hasil penelitianmenunjukkan adanyaperubahan situasi,kondisi, dan kinerja sekolah.
  4. Pemakai utama Warga sekolah

 

 

 

Bukan PTS

 

  1. Dilaksanakan oleh  :Teoretisi yaitu ilmuwandi luar sekolah
  2. Tujuan penelitian :Menguji teorimelaluihipotesisdan atau mengembangkan pengetahuan baru Untuk membuat generalisasi 
  3. Jenis data :Kualitatif/dan atau kuantitatif
  4. Maksud pengumpulan dan analisisdata :Mendapatkan pemahaman terhadap gejala,dan menguji hipotesis
  5. Standar mutu penelitian :Hasil penelitian mampu memverifikasi teori.
  6. Pemakai utama : Ilmuwan, praktisi,birokrat, usahawan, dan masyarakat

 

 

 

Langkah-langkahPTSyaitu:perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi,danrefleksi

 

a.Perencanaan

 

Perencanaan adalah langkah awal yangdilakukan peneliti saatakanmemulaitindakannya.Agarperencanaanmudahdipahamiolehpeneliti yangakanmelakukantindakan,makapenelitimembuatrencanatindakanyang meliputi:

(1)  rumusan langkahlangkah kegiatanpenyelesaian masalah/

 

kegiatan menghadapi tantangan/kegiatan melakukan inovasi,

 

(2)  identifikasiwargasekolahdanataupihakpihakterkaitlainnyayang terlibat          dalam              penyelesaian                masalah/    menghadapi    tantangan/ melakukan inovasi,dan

(3)  identifikasi fasilitasyang diperlukan.

 

 

 

b.Pelaksanaan (Tindakan)

 

Pelaksanaaadalapenerapan  darirencana  tindakan.Halhalyang harusdiperhatikanoleh peneliti adalah sebagai berikut.

1)      Bagaimanacara    melaksanakan     tindakan    untuk     memecahkan masalah/menghadapi tantangan/melakukan inovasi?

2)      Apakah      ada     kesesuaian         antara       rencanatindakandengan pelaksanaannya?

3)      Apakahtindakan  yangdilaksanakatelah  terarah  padapencapaian tujuan penelitian?

4)      Seberapabesarpelaksanaantindakanmelibatkanwargasekolahdan ataupihakpihakterkaitlainnya?

5)      Apaperanmasingmasingwargasekolahdanataupihakpihakterkait lainnya dalammelaksanakan tindakan?

6)      Apasajayangmenjadihambatandalampelaksanaan tindakan?

7)      Bagaimana  perubahan  perilaku  dan  tanggapan  subyek  penelitian terhadaptindakan yangditerapkan?

 

c.  Pengamatandan Evaluasi

 

Pengamatanadalahpencermatanterhadaphalhalyangterjadiselama pelaksanaan                tindakan.          Halhal     yang    diamati   adalah    proses   yang berlangsung   selama             pelaksanaan      tindakan  (perubahan  perilaku       dan tanggapansubyekpenelitianterhadaptindakanyangditerapkan)danhasil kegiatan  yang  dilakukan  subyek  penelitian.  Pengamatan  menggunakan instrumen  yang  beris indikatorindikator  proses  tindakan.  Pada  akhir kegiatandilaksanakanevaluasiterhadappencapaianhasilataupencapaian kinerja  pada                  subyek            penelitian.   Evaluasi    mengacu    pada   indikator

keberhasilan tindakanyang telah ditentukansebelumnya.

 

 

d.Refleksi

 

Padarefleksiinidilakukankajianterhadapprosesdanhasiltindakan yangtelahdilakukansertakajiantentangkekuranganatauhambatanyang dialami  dan  kemungkinan  cara  mengatasi  kekurangan  atau  hambatan selamapelaksanaan  tindakan.Selainitu,jugadikajitentangsejauhmana ketercapaian indikatorkeberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya.

 

 

PENYUSUNAN PROPOSAL PTS

 

1.Format Proposal PTS

 

Langkah  awal  sebelum  melakukan  PTS  adalah  menyusun  proposal. ProposalPTSmerupakan  rencanapenelitiantindakanyangakandigunakan sebagaipedomandalam  pelaksanaanPTS.Jikaproposaldisusundengan benar,makapelaksanaanPTSakan  terarahsesuaidengantujuanyang akandicapai.Dansebaliknyajikaproposalsalah,  makapelaksanaanPTS punakansalah.Olehsebabitu,proposalharusdisusundenganbenaragar pelaksanaanPTSdapatmencapaitujuan.SistematikaproposalPTSadalah sebagai berikut.

 

Sistematika Proposal PTS

 

JudulPTS

 

BABI PENDAHULUAN

 

A.Latar Belakang Masalah

 

B.Rumusan Masalah

 

C.Tujuan Penelitian

 

D.Manfaat Penelitian

 

BABIIKAJIAN PUSTAKA

 

A.Kajian Teoridan HasilPenelitian yang Relevan

 

B.PenyelesaianMasalah

 

BABIII METODE PENELITIAN

 

A.Subjek, Lokasi, dan WaktuPenelitian

 

B.Prosedur Penelitian

 

C.TeknikPengumpulan Data

 

D.TeknikAnalisisData

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

2.PenjelasanFormatProposal

 

JUDULPTS

 

a.  Kriteria

 

·    APA -Ada masalah yang akan diteliti (Y)

·    BAGAIMANA-Ada tindakan  untukmengatasi masalah(X)

·    SIAPA -Adasubjek(gurusekolah ….)

·    KAPAN  dan  DIMANA  (optional)   Lokasi  yang  spesifik  (tempat  & waktu penelitian)

 

 

b.  Pola Judul

 

·    Penerapan Xuntukmeningkatkan Y pada….

·    Upaya meningkatkan YmelaluiX pada….

·    Optimalisasi Xuntuk meningkatkan Y pada….

·    Peningkatan Y melaluiX pada…..

·    PeningkatanY denganmenerapkanX pada….

 

 

JudulPTS

BerlatihBersamaSebagaiStrategiAlternatifPeningkatan KemampuanKepalaSekolah dalam MelaksanakanSupervisiKlinis GuruSMA/MANegeri/SwastaKotaBatu

 

UsahaMeningkatkanKemampuanGuruMataPelajaran KewirausahaandalamMenyusunRPPmelalui WorkshoppadaSMK BinaandiKotaMalang

 

PeningkatanKemampuanTenagaAdministrasiSekolahdalam MembuatanSurat Dinas MelaluiPendampinganpadaSMKBinaandi KotaBatu

 

upayapeningkatanketerampilangurudalampenerapan pakiemmelalui  kegiatanpelatihan dalam bentuk workshopdi Wilayah SMA Binaan  Kabupaten Dompu semester ganjil tahun 2012/2013

Peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan  kriteria ketuntasan minimal melalui workshop pada smk negeri 2 tabananTahun 2008

 

BAB IPENDAHULUAN A LatarBelakang

Berisiuraiansingkattentangkondisiidealataukondisisekolahyang diharapkan,situasinyatasekolah,perkiraantindakanuntukmengatasi kesenjangan/mengatasi                                     masalah/memperbaiki    kondisi/meningkatkan mutu,alasan  menggunakatindakantersebut,dan  pentingnyaPTS

dilakukan.

 

 

B.Rumusan Masalah

 

Masalahpenelitianyang   idealbersumberdaripengalamanpengawas itusendiridalammelaksanakanpengawasanakademikdanmanajerial. Fakta,  fenomena,  proses,  kejadian  seharihari  yang  tekait  dengan pelaksanaantugas  kepengawasanmenjadipentingdiangkatmenjadi masalah penelitian kepengawasan.

Masalahtersebutselanjutnyadirumuskandalamkalimattanyasesuai judul PTS.

 

Contoh:

 

Saat   pengawas   mengunjungi   kelas  ditemukan   fakta   bahwa   guru mengajartanpamelihat/memandangparasiswanyadangurukesulitan menjawabpertanyaansiswanya.

 

Faktatersebutmengindikasikanbahwa:     gurutidakbisamenguasai kelas;  kurang percayadiri dan kurangmenguasai materi pelajaran.

 

Darikasusinihalyangbisadiangkatsebagaimasalahpenelitianadalah bagaimanameningkatkankemampuanguruagarbisamenguasaikelas ataudapatmenguasaimateri pelajaran?

 

MasalahpelaksanaanSupervisiAkademikyangbisadiangkatmenjadi masalah dalam PTS yaitu MasalahGurudalamPBM, antaralain:

 

1.    Menyusunsilabusdan RPP;

 

2.    Mempraktekkan pembelajaran inovatif;

 

3.    Menggunakan mediadan alat peraga dalam pembelajaran;

 

4.    Mengkonstruksi dan menanalisisbutir soal;

 

5.    Melaksanakan PTK danmenulisKTI.

 

SedangkanpadapelaksanaanSupervisiManajerialyangbisadiangkat menjadimasalahdalam PTS antaralain:

 

a.  Mengembangkan MBS;

 

b.  Menata administrasi sekolah;

 

c.  Mengurussekolah dankepemimpinan;

 

d.  Melaksanakan SNP;

 

   e.  Mengoptimalkan sumberdaya pendidikan. POLA RUMUSAN MASALAH:

1.   Apakah melaluiX dapat meningkatkan Y pada guru .

 

2.   Apakah dengan menerapkan X dapatmeningkatkan Y pada guru.

 

 

Contoh Rumusan Masalah:

 

·      Apakah   melalui    supervisi    individual   pendekatan    kolaboratif   dapat meningkatkan KinerjaGuruMatematikadi Sub Rayon 01… .?

 

Contoh salah:

 

·Bagaimanakah penerapan supervisi individual pendekatan kolaboratifuntukmeningkatkan Kinerja guruMatematika di Sub Rayon 01….?(dalam hal ini peneliti akanmelakukan tindakan, tetapitidaktahu caranya).

 

B.Tujuan Penelitian

 

Berisi pernyataan tentang perubahan yang diharapkandari hasil PTS. Contoh Tujuan Penelitian:

 

·  Untuk meningkatkan kinerja gurumatematikamelaluipenerapansupervisi individual pendekatan kolaboratif diSub rayon 01…. 

 

C.  ManfaatPenelitian

 

Berisi pernyataan tentang manfaatPTS bagipengawassekolah, kepala sekolah, guru, tenagakependidikan, siswa, dan sekolah pada umumnyaserta pengembangan ilmupraktis/aplikatif.

Contoh manfaatPTS:

 

·  PTS   ini   dapat   memberikan    manfaat   langsung   bagi   guru,   akan mendapatkan  metode  yang  efektif  dalam  pengelolaan  pembelajaran matematika.

·  Adapunmanfaattidaklangsungadalah:(1)bagisiswa,merekadapat meningkatkan  hasil  belajar  matematika,  dan  (2)  bagi  sekolah  dan pendidikanpadaumumnya,akanterjadipeningkatankinerjaguruyang sekaligusdapat meningkatkan kinerjasekolah.

 

 

C.DefinisiIstilah (jika diperlukan)

 

Berisipenjelasanistilahistilah/katakatakunciyangtercantumdalam judul PTS.

Contoh judul,

 

Upaya   Peningkatan   Kemampuan   Guru  dalam   Pembelajaran   Aktif melaluiBimbingan Kelompok diSMPN 88Yogyakarta.

 

Definisi istilah:

Kemampuan Guru adalah …………………………………………. Pembelajaran Aktifadalah …………………………………….. Bimbingan Kelompok adalah ............…............

 

 

BAB IIKAJIAN PUSTAKA

 

A.Kajian TeoridanHasilPenelitian yang Relevan

 

Berisi teori-teori dan hasil penelitian yang relevan untuk menyelesaikan masalah/menghadapi tantangan/melakukan inovasi.

Contoh:     Berdasarkan   judul   PTS      (MeningkatkanKinerja  Guru

MatematikaMelaluiSupervisiIndividualPendekatanKolaboratifDiSubRayon01….),maka                            kajianteoriyangdiperlukanadalahsebagai berikut.

BAB II KAJIAN TEORI

1.KINERJA GURU

 

a.Pengertian kinerja

 b.Faktorfaktorygmempengaruhi kinerja c.Indikatorkinerja guru

d.dstnya.

 

2.SUPERVISI

a.Pengertian SupervisiPendidikan b.Teknikdanpendekatan Supervisi

c.Supervisi indevidualpendekatan kolaboratif

d.dstnya

 

B.PenyelesaianMasalah/kERANGKA bERPIKIR

Berisitentangrancangantindakanuntukmenyelesaikanmasalahatau meningkatkan  mutu,  yang   meliputi        jenis   tindakan,      dan    cara melaksanakanuntukmencapaihasiltindakanyangdiharapkanseperti yang tertulispada tujuan PTS

 

BAB III. METODE PENELITIAN

 

A.Subjek,Lokasi,danWaktuPenelitian

 

Berisisubjekyangditelitimisalnya,guru,tenagakependidikan,dansiswa, tempatdanwaktupelaksanaan PTS.

 

B.ProsedurPenelitian

 

Berisi  uraian  tentang  langkahlangkah  pelaksanaan  penelitian  tindakan minimal2  siklus,dantiapsiklusterdiri4kegiatanyaituperencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.

 

 

C.Indikator keberhasilan tindakan.

 

Merumuskan indikatorkeberhasilan tindakan,misalnya:

 

Setelah  dilaksanakan  tindakan  pembinaan  dalam  pembelajaran  PAKEM, sekurangkurangnya:

 

a.80%gurutrampil melaksanakan pembelajaran PAKEM

 

b.70%siswa mencapaiminimal 70.

 

 

D.Teknik Pengumpulan Data

 

Berisicaramengumpulkandatamelaluipengamatanlangsungatauoleh orang  lain,  serta  instrumen  pengamatan  yang  dapat  digunakan  untuk mengumpulkan data, yaitu:

1.Observasi

 

Observasidapatdilakukan dengan dua cara,yang kemudian untuk menyebut jenisobservasi yaitu :

a. Observasi non sistematisyangdilakukan oleh pengamat dengan tidak menggunakan  instrumen pengamatan.

b.Observasi sistematis, yang dilakukan oleh pengamatan dengan menggunakanpedoman sebagaipengamatan.

2.Wawancara atauInterview

 

Wawancaraatauinterviewadalahsebuahdialogyangdilakukanoleh pewawancarauntukmemperoleh informasidariterwawancara.Interview digunakanolehpenelitiuntukmenilaikeadaanseseorang,misalnyauntuk mencari    data        tentang variable latar       belakang     murid,orangtua, pendidikan, perhatian,sikap terhadap sesuatu.

 

 

3.MetodeDokumentasi

 

Dalam  melaksanakan  metode  dokumentasi,  peneliti  mengumpulkan  dan mencermati  bendabenda  tertulis  seperti  bukubuku,  majalah,  dokumen, peraturanperaturannotulen rapat,catatan harian dan sebagainya.

 

 

4.Kuesioner

 

Kuesioner adalah sejumlah pertanyaantertulisyang digunakan untuk memperoleh informasidari respondendalamarti laporan tentang pribadinya,atau halhal yang ia ketahui.Kuesionerdipakai untuk menyebutkan metodemaupun instrumen. Jadi dalam menggunakan metodeangket atau kuesioner instrumen yang dipakai adalahangket

atau kuesioner.

 

 

 

 

Macam kuesionerdapat dibedakan menjadibeberapajenis: Dilihatdari caramenjawabmakaada jenis:

a.Kuesioenerterbuka,yang memberi kesempatan kepada

 

respondenuntukmenjawabdengan kalimatnyasendiri. b.  Kuesionertertutup,yang sudah disediakan jawabannyaMsehinggaresponden tinggal  memilih.

 

 

Dilihatdari jawaban yang diberikan pada :

 

a.Kuesionerlangsungyaitu respondenmenjawabtentangdirinya.

 

b.Kuesionertidaklangsungyaitu jikaresponden menjawabtentangorang lain.

Dilihatdaribentuknya makaada :

 

a.Kuesionerpilihanganda,yangdimaksudadalah sama dengan kuesioner tertutup.

b.Kuesionerisian,yang dimaksud adalahkuesioner tercheck list, sebuah daftar,dimanaresponden tinggal membubuhkan tanda cek (Ö)padakolomyang sesuai.

 

E.Teknik Analisis Data

 

Berisi  analisis  deskriptif  tentang  perubahan  dari  situasi  nyata  sekolah menujusituasi  sekolahyangdiharapkansehinggadapatdiketahui                     tingkat ketercapaiantujuanPTS.Perlujugadiberikanuraiantentang                                        validasidata yang diperolehsebelum dianalisisdengan menggunakan                                      tekniktriangulasi. Pada  umumnyaanalisis  kualitatif  terhadap  data  dapat  dilakukan  dengan tahaptahap:menyeleksi,menyederhanakan,mengklasifikasi,memfokuskan, mengorganisasi  (mengaitkan  gejalasecarasistematisdanlogis),membuat abstraksi ataskesimpulan maknahasilanalisis

Datayangdiperolehdapatdikelompokkan menjadidua,yaitudatakualitatif

 

dan datakuantitatif.

 

1.Data Kuantitatif:

 

Data kuantitatifmerupakandatayangberupaangkaataubilangan,baikyang diperolehdari  hasilpengukuranmaupundiperolehdengancaramengubah datakualitatifmenjadidatakuantitatif.

Contohnya:

 

skortesawalTinauntukmatapelajaranmatematika=65,beratbadanTini

 

47 kg,panjangmeja tulis 150cm.

 

 

2.Data Kualitatif:

 

Datakualitatifadalahdatayangberupakalimat-kalimat,ataudatayang dikategorikanberdasarkankualitasobyekyangditeliti,misalnya:baik,buruk, pandai,dan sebagainya.

 

F.   JadwalPenelitian

 

BuatlahjadwalrencanaPTSAndadalambentukmatrikseperticontoh berikut

 

No

 

KEGIATAN

Bulan / Minggu Ke

Mei

Juni

Juli

 

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1

Penyempurnaan Proposal dan seluruh instrumen PTS

 

 

 

V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Persiapan di sekolah binaan

 

 

 

 

V

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pelaksanaan PTS

 

 

 

 

V

V

V

V

 

 

 

 

4

PengumpulanData

 

 

 

 

 

 

 

 

V

V

 

 

5

AnalisisData

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

 

 

6

Penyusunan Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

 

7

Pelaporan Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

 

PembuatanproposalcukupsampaiBabIIIdiJadwalpenelitianinisajadandi tambahkan  dengan daftar pustakadan lampiran

JikaAndaakanmembuatLaporanPTSmakapenulisan  harusdilanjutkan

 

sampai babIV danbabV

 

 

BAB IV.HASILPENELITIAN DANPEMBAHASAN A.   Kondisi Awal

Berisi   tentang   kondisi   nyata   subyek   penelitian   sebelum   diterapkan tindakan yangdirancang sebelumnya.

 

 

B.   Siklus 1

 

·  Perencanaan

 

Berisitentangrencanatindakanyangakandilakukan,meliputilangkah– langkah atau prosedur tindakan yang akan dilakukan.

·  Pelaksanaan

 

Berisi  tentang  implementasi  tindakan  dan  situasi/kondisi  pada  saat tindakanditerapkan,yangmeliputiperilakudantanggapanataureaksi subjek penelitian.

·    HasilPengamatan

 

Berisi  tentang  hasil  pengamatan  terhadap  perilaku  dan  hasil  kerja subjek penelitian sehubungan dengantindakan yang diterapkan.

 

 

·  Evaluasidan Refleksi

 

Berisi  tentang  evaluasi  atas  proses  dan  hasil  tindakan  yang  telah dilakukanserta kajiantentangkekuranganatauhambatanyangdialami dankemungkinancaramengatasikekuranganatauhambatanselama pelaksanaan tindakan.

 

 

C.Siklus 2

 

Struktur isi sama dengan siklus1 tetapimenceritakan situasi dan kondisisiklus2,padasiklus2 ini harusdijelaskan penyempurnaan tindakan jikadibandingkan dengan siklus1.

 

D.  Pembahasan

Berisitentanguraiantentangkondisiawaltindakan,hasiltindakansetiap siklusyang          dibandingkan            dengan   kajian   teori  pada   Bab   II   diatas,

mengungkapkanpandanganpenulistentanghasilyangdidapatdengan

 

 

mengacupadapermasalahanpenelitian.Selanjutnyamelakukanpengujian hipotesisuntukmengetahuikeberhasilanpenelitian,yaitumembandingkan hasil penelitian siklusterakhirdengan indikatorkinerja

 

 

BAB V.SIMPULANDANSARAN A.Simpulan

Simpulan,merangkum  semuahasilpenelitianyangdiuraikanpadababIV. Sebaiknya      sajianini                 menggunakan                    urutan   yang   merupakan   urutan jawabandarirumusanpermasalahanyangdiajukan.Simpulanmerupakan kristalisasi  dari  hasilpenelitiandanpembahasan.Simpulanmerupakan jawabanterhadap  pertanyaanyangmunculpadaperumusanmasalah, makasimpulan harus relevan dengan perumusan masalah.

 

 

 

B.   Saran

 

Saransaranyangdituliskanharusberdasarkanatauberhubungandengan penelitian.  Sebuah  saran  harus  didahului  dengan  uraian  yang  berupa argumentasidarisaran  yangdajukan.Saraninibisaditujukankepada siapa  saja  yang  berkepentingan.  Cara  melakukan  saransaran  bersifat praktis (mudah diterapkan) dan logisyaitu berdasarkan kesimpulan.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Daftar  pustaka  dituliskan  secara  konsisten  dan  alphabetis.Sumber  yang dicantumkandalamdaftarpustakahanyayangbenarbenardirujukdidalam naskah.  Daftar  pustaka  dapat  bersumber  pada  buku,  jurnal,  majalah  dan internet.Caramenulisreferensilihatdaftarpustakapadamateripelatihanini

(di halaman terakhir).

 

 

LAMPIRAN

 

Lampiran harusada,berisi:

 

·      Rancangan  pelaksanaan  PTS  seperti  skenario  pelaksanaan,  bahan  ajar, handout,diktat,dan lain,

·      Semua  instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian,  terutama  lembar pengamatan  yang  digunakan  selama  PTS  dilaksanakan.  Misal:                                 lembar observasi,kuisener, tes, dan lainlain,

·      Contohcontohasli(ataufotokopi)  hasilkerja darisiswa,atauguru  dalam pengisian/pengerjaan instrumen,

·      DokumenpelaksanaanpenelitianyanglainsepertifotofotokegiatanPTS, daftar hadir, suratijinpenelitian, catatan harian, dan lainlain.

 

 

PENYUSUNAN LAPORAN PTS

 

 

A.    Pengantar

 

PadaKegiatanBelajar3kitaakanmempelajaritentangpenyusunanlaporan PTS.    Setelah         mempelajari                kegiatan   belaja3,   kita   diharapkan   mampu menyusunsebuahlaporanPTS.  DarisebuahlaporanPTSdapatdikembangkan menjadi  sebuah  KaryaTulisIlmiah(KTI).Kompetensiinisesuaidengan tuntutakompetensi  pengawassekolahdalamPermendiknasno12tahun

2007.Selamat belajar!

 

 

 

B.   MateriPokok

 

1.    Laporan PTS

 

Apabila  Anda  sudah  menyelesaikan  pelaksanaan  PTS,  maka      langkah berikutnyaadalah  menyusunlaporankegiatan.Prosespenyusunanlaporanini tidakakandirasakansulitapabilasejakawalPengawassudahdisiplinmencatat apa  saja           yang      sudah     dilakukan.Untuk  menyusun  sebuah           laporan      PTS diperlukanpedomanpenulisanyangdapatdipakaisebagaiacuanparapeneliti pelaksana,sehinggatidak  ditemukanadanyavariasibentuk.Disampingitu, jugaperludisesuaikandenganpedomanyangsudahditetapkanDiknasdalam rangkamemenuhipersyaratanpenulisankaryatulisilmiah(KTI)dalamupaya meningkatkan jabatan/golonganmelaluipengembanganprofesi.

 

 

2.SistematikaLaporan

 

SetelahmelakukanPTSberdasarkanproposalyangAnda     susun,Dalam menyusun  laporan  Anda                                 dapat  merujuk  padsistematika  laporan  PTS Berikut iniadalah

HALAMANJUDUL LEMBAR PENGESAHAN

ABSTRAK

KATAPENGANTAR DAFTAR ISI

 

DAFTAR TABEL (kalauada) DAFTAR GAMBAR (kalau ada) DAFTAR LAMPIRAN

BABI PENDAHULUAN

A.LatarBelakang Masalah B.Rumusan Masalah C.Tujuan Penelitian D.Manfaat Penelitian

 

BABIIKAJIAN PUSTAKA

A.Kajian Teoridan HasilPenelitian yang Relevan

B.PenyelesaianMasalah(Kerangka Berfikir)

 

BABIII METODE PENELITIAN

A.Subjek, Lokasi, dan WaktuPenelitian

B.Prosedur Penelitian

C.TeknikPengumpulan Data

D.TeknikAnalisisData

 

BABIV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN D.         KondisiAwal

E.   Siklus1

1.Perencanaan

2.Pelaksanaan

3.Pengamatan

4.Evaluasidan Refleksi

C.   Siklus2(rumuskanrencanasiklus2,3,danseterusnyahingga masalah terselesaikan)

(jika diperlukan) D.  Pembahasan

 

BABV SIMPULANDANSARAN A.Simpulan

B.Saran

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Evaluasi ProposalPTS

 

BacalahproposalpartnerAnda!    TuliskankankoreksidansaranAndadi lembar berikut!

Diskusikan hasilnya dengan partner Anda!

 

No

Aspek yangdievaluasi

Bagianyang dikoreksi

Saran

 

 

A. B. C. D. E.

BABI PENDAHULUAN

 

LatarBelakang Rumusan Masalah Tujuan Penelitian IndikatorKeberhasilan ManfaatPenelitian

 

 

 

 

A.

 

 

 

B.

BABIIKAJIANPUSTAKA

 

Kajian Teori danHasil

Penelitian yangRelevan

 

PenyelesaianMasalah

 

 

 

 

 

A. B. C. D.

BABIIIMETODE PENELITIAN

Subjek,LokasidanWaktu

Penelitian

Prosedur Penelitian

 

TeknikPengumpulan Data

 

TeknikAnalisisData

 

 

 

DAFTAR  PUSTAKA

 

 

 

 

Setelah  proposal  dievaluasi  dengan  menggunakan  format  di  atas,  maka selanjutnya  Andadapatmelakukanperbaikandenganmengacupadauraian padaKegiatanBelajar2.Padasaatperbaikanakanlebihbaikapabiladilakukan melaluikonsultasidenganparaahlidi  bidangnya.Dengandemikianproposal

Andaakan menjadilebih sempurna.

 

 

 

DaftarBacaan yangDianjurkan

 

 

 

 

Creswell,  J.  2008.  EducationalResearch:Quantitative&Qualitative.Upper

 

SaddleRiver,NewJersey:Pearson International Edition.

 

 

 

Glikman,   C.D.,   Gordon,   S.P.,   &   Gordon,   J.M.R.   2007.Supervisionand InstructionalLeadrshipADevelopmentalApproach.SeventhEdition.New York: Pearson Education, Inc.

 

 

Hopkins,D.2008.ATeacher’sGuidetoClassroomResearch.FourhEdition.

 

Kondon:McGrawHill.

 

 

 

HusainiUsman.2009.PengantarPenelitianSosial.EdisiKetiga.Jakarta:Bumi

 

Aksara.

Kemmisand McTaggart (1994) TheActionResearchPlanner,Dekain University. McNiff,  J.,  &  Whitehead,J.  2002.  ActionResearch:PrincipleandPractice.

 

Second Edition. London:Routledge Falmer.

 

 

 

Mills,G.E.2003.ActionResearchAGuideforTheTeacherResearch.Second

 

Edition. Upper SaddleRiver,NewJersey:Merrill PrenticeHall.

 

 

 

Stringer,E.2004.ActionResearchinEducation.Upper SaddleRiver,NewJersey: Pearson Merrill PrenticeHall.

 

 

Suhardjono,A.AzisHoesein,dkk(1995).PedomanpenyusunanKTIdiBidangPendidikan  dan  AngkaKreditPengembanganProfesiGuru.Digutentis, Jakarta:Diknas.

 

 

 

 

 

39


 

Suhardjono.  2005.  Laporan  Penelitian  Eksperimen  dan  Penelitian  Tindakan Kelassebagai  KTI,makalahpadaPelatihanPeningkatanMutuGurudiLPMPMakasar,Maret2005.

 

 

Suhardjono. 2009. Tanya jawabtentangPTKdan PTS,naskah buku.

 

 

 

Suharsimi,Arikunto.2002.PenelitianTindakanKelas,MakalahpadaPendidikan dan Pelatihan (TOT) PengembanganProfesibagiJabatanFungsionalGuru,

1120Juli2002di Balai penataran Guru (BPG)Semarang.

 

 

 

Suharsimi,SuhardjonodanSupardi.2006.PenelitianTindakanKelas.Jakarta: PTBumi Aksara.

 

 

Sulipan.2010.PenyusunKaryaTulisIlmiah: LaporanPenelitianTindakanKelasdanSekolah. Bandung: CV. Tantiarama.

 

 

Supardi.2005.PenyusunanUsulan,danLaporanPenelitianPenelitianTindakanKelas,   Makalah            disampaikan          pada  “DiklatPengembangan                Profesi Widyaiswara”,            DitektoratTenaga  Pendidikdan         Kependidikan          Dirjen Pendidikan Dasar danMenengah, DepartemenPendidikan Nasional.

 

 

Tomlinson,H.2005.EducationalLeadershipPersonalGrowthforProfesional

 

Development.London:Sage.

 

 

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

8 thoughts on “PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Apa,Mengapa dan Bagainama)

  1. saya akan melakukan penenlitian berkaitan dg assessment,tp saya kesulitan menuangkan ide2 saya dg tulisan. sebaiknya darimana saya hrs memulainya? saya guru TK, dan masalah ini sdh lama saya amati di kelas. mohon bantuannya

    Suka

    Posted by chustini ama | 5 Juli 2013, 7:50 pm
    • Apakah masalah itu sudah di Identifikasi masalah?.

      MENETAPKAN MASALAH : apakah masalah Masalah berkaitan dg assessment diarahkan pada tugas pokok guru yaitu PBM?.

      PIKIRKAN SOLUSI/ALTERNATIF : pemecahan masalah (yang dimaksud adalah metode/strategi/ model yang jelas kajian teorinya)

      RANCANG JUDUL PTK yang memuat : What, Who, How, Where, When?

      ADA APA DENGAN ASSESMENT?. ITU HARIS JELAS, SUPAYA DICARIKAN SOLUSINYA DENGAN TINDAKAN TERTENTU…!.

      Suka

      Posted by suaidinmath | 6 Juli 2013, 2:40 pm
  2. Apakah masalah itu sudah di Identifikasi masalah?.

    MENETAPKAN MASALAH : apakah masalah Masalah berkaitan dg assessment diarahkan pada tugas pokok guru yaitu PBM?.

    PIKIRKAN SOLUSI/ALTERNATIF : pemecahan masalah (yang dimaksud adalah metode/strategi/ model yang jelas kajian teorinya)

    RANCANG JUDUL PTK yang memuat : What, Who, How, Where, When?

    ADA APA DENGAN ASSESMENT?. ITU HARIS JELAS, SUPAYA DICARIKAN SOLUSINYA DENGAN TINDAKAN TERTENTU…!.

    Suka

    Posted by suaidinmath | 6 Juli 2013, 2:39 pm
    • trimakasih atas respon bapak pada permasalahan saya saya seorang guru TK dan sedang menenpuh program master di sebuah PTN dan sudah lama sekali saya mengamati anakdidik saya di kelompok B pada th ajaran kemarin (2012/2013), mereka kebanyakan kurang antusias ketika mengerjakan sesuatu yg diberikan gurunya, dan itu sdh 1 semester berlangsung spt itu, kemudian saya mencoba membuat perubahan pada pola belajar anak dg meemberikan reward pada anak berupa penilaian sesama temannya, sederhana dan simpel sebenarnya. anak yang sudah selesai memperlihatkan hasil kerjanya pada teman2nya hanya dg mengucapkan kalimat: teman2 bagus apa tidak? nah dari jawaban teman2 itulah tumbuh semangat belajar anak dan berlomba2 supaya hasil kerjanya mendapat pujian bagus dari teman2nya darti situlah kelihatan minat anak untuk belajar menjadi lebih baik. itulah permasalahan yg ada di kelas saya , akan tetapi saya masih bingung dari mana saya harus memulai menuangkan ide ini dalam bentuk KTI.

      ada 2 kemungkinan saya akan saya teliti yi melakukan PTK ataukah membuat Pengembangan Media

      mohon saran dan bimbingannya……..

      ________________________________

      Suka

      Posted by Chustini A.ma | 7 Juli 2013, 7:56 am
      • Yth.Bu chustin,: dari persalahan di atas bisa di garis bawahi sbb:
        1.anak didik kurang antusias/kurang minat/kurang motivasi dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
        2.untuk merubah belajar anak dari tdk antusias menjadi lebih antusia ibu mencobanya dengan memberikan perlakuan berupa”Penilaiaan sesama teman”

        dari 2 kemungkinan yang ibu ingin teliti sama sama benarnya,
        kalau ibu mau dengan PTK, makan Variabel masalahnya : motivasi/minat kurang dan variaabel tindakanya Penilaian sesama teman.

        Kalau ibu mapu dengan membuat pengembangan media untuk meningkatkan minta siswa itu lebih baik lagi dan akan semakin mantap KTI nya. selamat dan sukses

        Suka

        Posted by suaidinmath | 9 Juli 2013, 11:33 pm
        • trimakasih atas sarannya, atau bahkan akan saya gunakan dua2nya.

          ________________________________

          Suka

          Posted by Chustini A.ma | 10 Juli 2013, 1:40 am
  3. as.wr.wb.saya ingin mengajukan judul PTK ” Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya Kelas XII Program IPA SMAN 2 WOJA TAHUN PELAJARAN 2013-2014 Melalui Pembelajaran JIGSAW “

    Suka

    Posted by Muhammad Rusdi ,S.Pd | 7 Juli 2013, 2:23 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Mei 2013
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Statistik Blog

  • 1,760,511 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Ribuan Muslim Semarakkan Morowali Mengaji 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MOROWALI—Ribuan jamaah umat Islam larut melantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam Morowali Nusantara Mengaji.  Acara yang dimotori dan digagas oleh Bupati Morowali, Anwar Hafiz dalam rangka HUT Kabupaten ke-17 ini...
    Nasih Nasrullah
  • Ini Alasan Mantan Ketua DPR Akom Ingin 'Melawan' Putusan MKD 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua DPR Ade Komarudin, akan melakukan langkah-langkah terhadap keputusan MKD, yang pada Rabu (30/12) memberhentikannya sebagai ketua DPR. Pria yang akrab disapa Akom itu mengaku...
    Nur Aini

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: