Direktorat Pembinaan SMA telah melaksanakan program rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Program tersebut dimulai tahun 2007 di 441 SMA, jumlah ini kemudian bertambah menjadi 2.625 SMA pada tahun 2008, dan menjadi 3.252 SMA pada tahun 2009. Selain itu, Direktorat PSMA juga telah melaksanakan rintisan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) di 100 sekolah dan rintisan Pusat Sumber Belajar (PSB) di 33 sekolah. Jumlah ini tersebar di 33 Provinsi dan 463 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
Pada tahun 2010 dilakukan verifikasi terhadap sejumlah SMA yang menjadi rintisan SKM, PBKL, dan PSB yang disebutkan diatas, dan telah terpilih 132 sekolah yang dijadikan SMA Model SKM-PBKL-PSB. SMA model SKM-PBKL-PSB bukan merupakan pengkategorian sekolah, tetapi merupakan alternatif strategi pembinaan untuk mempercepat pemenuhan SNP.
Program pembinaan SMA Model SKM-PBKL-PSB dilaksanakan bersama oleh Direktorat Pembinaan SMA dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota baik secara teknis maupun manajerial. Selanjutnya untuk memudahkan semua pihak terkait dalam pelaksanaan program-program tersebut, Direktorat Pembinaan SMA mempersiapkan berbagai bahan pendukung berupa naskah rujukan dalam pemenuhan SNP, baik berupa konsep, pedoman, panduan, maupun petujuk teknis.
Panduan Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan salah satu panduan yang dikembangkan dan dijabarkan dari Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Kerja Sekolah yang telah disusun terlebih dahulu, serta mengacu kepada Pedoman Penyusunan Program Sekolah yang telah diterbitkan oleh Direktorat PSMA sebelumnya. Panduan ini terbuka untuk dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan Sekolah sesuai dengan kebutuhan.
semoga bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) | ||||||||||
SMA …… | ||||||||||
KABUPATEN/KOTA: ……. | ||||||||||
PROVINSI: ……. | ||||||||||
NO | ASPEK DAN URAIAN KEGIATAN | TGL PELAKSA-NAAN | UNSUR YG TERLIBAT | TUJUAN KEGIATAN | HASIL KEGIATAN | SUMBER DANA | ||||
JABATAN | PERAN | URAIAN | JUMLAH | SEKOLAH | BLOCK GRANT | LAIN-NYA | ||||
OUT PUT | (Rp) | (Rp) | (Rp) | |||||||
1. | Standar isi dan standar kompetensi lulusan | |||||||||
1.1 Penyusun-an/ penyemp. dokumen kurikulum | ||||||||||
1.1.1 Penyem-purnaan dokumen KTSP | 23-25 Agust | § Kasek | Nara-sumber | Menyempur nakan dokumen KTSP | Dokumen KTSP yang disempur-nakan melalui analisis konteks dan analisis peluang dan tantangan | 1 naskah | 1.800.000 | – | – | |
§ 3 Wa- kasek | ||||||||||
§ 4 Guru | Penyu-sun | |||||||||
§ 2 TU | Panitia | |||||||||
1.1.2 Dst | ||||||||||
2. | Standar Proses | |||||||||
2.1 …. | ||||||||||
2.1.1 …. | ||||||||||
2.1.2 Dst | ||||||||||
3 | Standar Sarana dan Prasarana | |||||||||
3.1 Pengadaan 1 unit RKB | 18 Juli s.d. 18 Oktober 2010 | Panitia pemba-ngunan | Pelak- sana | Memenuhi kebutuhan ruang kelas | Ruang kelas baru | 1 unit | 25.000.000 | ######## | ||
Catatan : | ||||||||||
Kolom–kolom pada RKAS ini diisi dengan jenis kegiatan dan pembiayaan yang telah ditentukan mengacu kepada hasil analisis kebutuhan dan penentuan jenis kegiatan, serta penghitungan biaya seperti pada contoh 1 s.d. contoh 4 panduan penyusunan RKAS.
DOWNLOAD MATERI : Panduan Penyus RKAS (Kt Peng) 25082010 Contoh 1 penentuan kegiatan dan biaya contoh Isi RKAS CONTOH Rencana Anggaran Keg. SekolahT Contoh RKAS contoh RKJM Panduan Penyus RKAS (Kt Peng) 25082010 Program Kerja Jangka Pendek PROGRAM KERJA YANG TERKAIT DENGAN PEMENUHAN SNP RAPBS |
makasih bos infonya. izin kopas yah ….
SukaSuka
trims atas materinya saya kepala sekolah baru di pamekasan madura
SukaSuka