//
you're reading...
Pendidik

INSTRUMEN PENILAIAN PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

INSTRUMEN PENILAIAN PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

IDENTITAS GURU

 

NAMA                                                                    : ……………………………………………………………………………………..

NIP                                                                         : ……………………………………………………………………………………..

UNIT KERJA                                                       : ……………………………………………………………………………………..

ALAMAT                                                              : ……………………………………………………………………………………..

JENJANG JABATAN FUNGSIONAL           : …………………………………………………………………………………….

Petunjuk Penggunaan Instrumen

  1. Instrumen ini digunakan untuk mengukur kompetensi pedagogik guru.
  2. Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai (1, 2, 3, dan 4)

INSTRUMEN PENILAIAN

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SMP/MTS

NO

KOMPETENSI INTI GURU

PROFIL KOMPETENSI GURU SMP/M.Ts

Jenis Instrumen Yang Digunakan (Skor)

Test Terulis

Unjuk Kinerja

1

2

3

4

1

2

3

4

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

 

1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.

 

               
    1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               
    1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               
    1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

 

2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

 

               
    2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

 

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

 

               
    3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.

 

               
    3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.

 

               
    3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

 

               
    3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.

 

               
    3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

 

               
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

 

4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

 

               
    4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.

 

               
    4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.

 

               
    4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.

 

               
    4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

 

               
    4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.

 

               
5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

 

5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.

 

               
6 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

 

6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.

 

               
    6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.

 

               
7 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

 

7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.

 

               
    7.2  secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

 

               
8 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.

 

               
    8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.

 

               
    8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

               
    8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

               
    8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen.

 

               
    8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.

 

               
    8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

               
9 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

 

9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

 

               
    9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

 

               
    9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.

 

               
    9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

               
10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

 

10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

 

               
    10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               
    10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

 

               

Skor

               

Skor Total

 

 

 

Keterangan :

1              : Skor Total sampai dengan 25

2              : Skor Total 26 – 50                                              : 1

3              : Skor Total 51 -75

4              : Skor Total 76 -100

KATERGORI PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK

A = 76 – 100 ARTINYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KATEGORI TINGGI

B =  51 – 75 ARTINYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KATEGORI SEDANG

C = 26 – 50 ARTINYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KATEGORI RENDAH

D = 0 – 25 ARTINYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KATEGORI SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………………., ……………………………………………………

Penilai,

 

 

 

………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2013
S S R K J S M
« Mar   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: