//
you're reading...
Pendidik

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

IDENTITAS GURU

 

NAMA                                                                     : ……………………………………………………………………………………..

NIP                                                                          : ……………………………………………………………………………………..

UNIT KERJA                                                          : ……………………………………………………………………………………..

ALAMAT                                                                : ……………………………………………………………………………………..

JENJANG JABATAN FUNGSIONAL   : …………………………………………………………………………………….

Petunjuk Penggunaan Instrumen

  1. 1.        Instrumen ini digunakan untuk mengukur kompetensi kepribadian guru.
  2. Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai (TP, P, JR, SR, dan SL)

INSTRUMEN PENILAIAN

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

DESKRIPTOR

Skala Penilaian

TP

P

JR

SR

SL

11. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. 11.1 Menghargai peserta didik tanpa membedakan

keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat,

daerah asal, dan gender.

Skor 4 : Mengakui keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 3:  Menerima keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 2: Merespon peserta didik lain tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender          
      Skor 1: Mendengarkan pendapat peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
    11.2 Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam Skor 4: Membiasakan  sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 3: Membentuk sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 2: Membangun sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 1:  Mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam

 

         
12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. 12.1 Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi. Skor 4: Membiasakan berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
      Skor 3: Berperilaku  jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 2: Membangun perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 1: Meyakini perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
    12.2 Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan

akhlak mulia.

 

Skor 4: Membiasakan  berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 3: : Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 2: Membangun perilaku mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia..          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
    12.3 Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta

didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.

 

Skor 4: Membiasakan  perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 3: Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 2: Membangun perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa 13.1 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap

dan stabil.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 1: memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.

 

         
    13.2 Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa,

arif, dan berwibawa.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 1: Memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
14. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. 14.1 Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.

 

 

 

Skor 4: Membiasakan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 3: Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 2: Menampilkan  etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 1: Memprakarsai etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
    14.2 Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

 

Skor 4: Membiasakan perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 3: Mengubah perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 2: Membuktikan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

         
      Skor 1: Menunjukkan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
    14.3 Bekerja mandiri secara profesional. Skor 4:  Membangun bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 3:  mengelola bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 2: Menata cara bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 1: Mengklasifikasikan cara bekerja mandiri secara profesional.          
15. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

15.1 Memahami kode etik profesi guru.

 

 

Skor 4: Mengaktualisasikan setiap kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 3:  Membedakan contoh kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 2: Memberikan kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 1:  Mengklasifikasikan kode etik profesi guru.

 

         
    15.2 Menerapkan kode etik profesi guru.

 

Skor 4: Mempertahankan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Membangun kode etik profesi guru.          
      Skor 2: Memadukan cara penerapan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Mengklasifikasi kode etik profesi guru.          
    15.3 Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. Skor 4: Mengaktualisasi perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Mengubah pelayanan dalam bentuk perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 2:  Memberi respon terhadap perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Menunjukkan perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
  Jumlah skor          
  Jumlah Skor Total          
  Nilai Akhir = Jumlah Perolehan Skor : 24          

 

 

Keterangan :

TP           : Tidak pernah dengan skor 0

P              : Pernah dengan skor 1

JR            : Jarang dengan skor 2

SR           : Sering dengan skor 3

SL            : Selalu dengan skor 4

KATERGORI PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

A = 3,00 -4,00 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI TINGGI

B = 2,00-2,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SEDANG

C = 1,00-1,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI RENDAH

D = 0,00-0,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………………., ……………………………………………………

Penilai,

 

 

 

………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

IDENTITAS GURU BK

NAMA                         : …………………………………………………………………………………

NIP                              :………………………………………………………………………………….

UNIT KERJA              :…………………………………………………………………………………

ALAMAT                     :…………………………………………………………………………………

PetunjukPenggunaanInstrumen

  1. Instrumeninidigunakanuntuk mengukur profil kompetensi Kepribadian KepalaSekolah  .
  2. Teknikpenilaiannyaadalahdengancaramemberikantandacek ( Ö ) padakolom yang sesuai

                                                            INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI

                                                 GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

 

No

Kompetensi

Indikator Kompetensi

Skala Penilaian (Skor)

1

2

3

4

1 Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa          
         
         
         
2 Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih          
         
         
         
3 Menunjukkan integritas dan stabilitas keperibadian yang kuat          
         
         
         
4 Menampilkan kinerja berkualitas tinggi          
         
         
         
Jumlah skor ..      
  Jumlah  Perolehan Skor  
                         Jumlah Perolehan Skor

Nilai Akhir = ——————————-      x 100

Skor Maksimal

 

 

 

 

 

Nilai Akhir

Kategori

Kualifikasi kompetensi

91 100

A

Sangat baik

76 90

B

Baik

61 75

C

Sedang

51 60

D

Kurang

≤ 50

E

Sangat Kurang

                  ……………………….;…………………………

                                                                                                                    Penilai

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2013
S S R K J S M
« Mar   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Statistik Blog

  • 1,463,828 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 5.198 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Sesali Kegagalan di Champions, Trezeguet Yakin Juve Bakal Juara 6 Februari 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, TURIN- Mantan striker Juventus David Trezeguet masih menyayangkan kegagalanya saat kalah dari AC Milan di all Italian Final Liga Champions musim 2002-2003. Saat itu Juventus harus menyerah dari Rossoneri...
    Achmad Syalaby
  • Penjelasan Psikolog Berdasarkan Pengakuan Pasien 6 Februari 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog keluarga dan anak, Roslina Verauli mengungkapkan beberapa teori yang mengacu pada faktor-faktor psikososial yang memicu seseorang menjadi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).Di dinding Facebook-nya,...
    Ilham

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu akan mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

LaDIYfest Sheffield

2015 - NOW ORGANISING!

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites (& Other Stories )

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

I'M STUCK WITH A VALUABLE FRIEND

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.198 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: