//
you're reading...
Pendidik

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
•1. Pengembangan Diri
•2. Publikasi Ilmiah
•3. Karya Inovatif
PUBLIKASI ILMIAH
Presentasi pada forum ilmiah

Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif

Publikasi buku pelajaran, dan atau buku pedoman

Publikasi Ilmiah =  KTI :Ada 10 macam

1.presentasi di forum ilmiah
2.hasil penelitian
3.tinjauan ilmiah
4.tulisan ilmiah populer
5.artikel ilmiah
6.buku pelajaran
7.modul/diktat
8.buku dalam bidang pendidikan
9.karya terjemahan
10.bukupedoman guru

FORMAT PROPOSAL PTK/PTS

Judul   :

A.Latar Belakang
B.Rumusan Masalah
C.Tujuan Penelitian
D.Manfaat Penelitian
E.Kajian Pustaka
F.Metodelogi Penelitian

a. Setting penelitian (Lokasi, waktu penelitian dan subyek penelitian)

b. Data dan Sumber data

c. Metode dan instrumen pengumpulan data

d. Prosedur Penelitian

Siklus 1.   

perencanaan

pelaksanaan

pengamatan

Perenungan

Siklus 2.   

perencanaan

pelaksanaan

pengamatan

Perenungan

e. Metode analisis data

f.  Indikator Keberhasilan Penelitian

FORMAT LAPORAN PTK

Halaman judul

Pengantar

Halaman pengesahan

Pernyataan keaslian

Daftar Isi

Abstrak

Daftar tabel

Daftar gambar

Bab I Pendahuluan

A. Latar Belakang

B. Identifikasi Masalah

C. Rumusan Masalah

D. Tujuan Penelitian

E. Manfaat Penelitian

Bab II Kajian Pustaka

A. Kajian Teori

B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu

Bab III Metodologi Penelitian

A. Setting Penelitian dan Subyek Tindakan

B. Prosedur Penelitian

C. Metode dan Instrumen Pengumpulan Data

D. Metode Analisis Data

E. Indikator  keberhasilan penelitian

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

A. Pelaksanaan dan Hasil Penelitian

B. Pembahasan

Bab V  Kesimpulan dan Saran

A. Kesimpulan

B. Saran

Daftar Pustaka

Lampiran-Lampiran

Riwayat Hidup Peneliti

Abstrak

Gambaran umum tentang keseluruhan laporan penelitian. Penulisan abstrak mencakup :

•Latar belakang
•Rumusan masalah
•Tujuan penelitian
•Teori pendukung
•Metode penelitian
•Hasil penelitian dan pembahasan
•Kesimpulan dan saran

Kata kunci :

A. Latar Belakang

Keadaan nyata

Ada kesenjangan ?

Keadaan ideal yang diharapkan

•pengalaman yang terkait dengan kegagalan menggunakan metode atau cara lama
•Alasan melakukan penelitian tindakan harus tergambar dalam penjelasan tentang situasi kelas.

B. Identifikasi masalah

•Merupakan hal-hal spesifik yang berkaitan dengan permasalahan
•Permasalahannya digali dari kegiatan sehari-hari yang termasuk profesional guru, kepala sekolah, atau juga staf TU.
•Jumlah dari permasalahan yang disebutkan, merupakan permasalahan yang tertera di dalam judul.
•Identifikasi masalah tidak harus dalam bentuk kalimat pertanyaan
•Pembatasan masalah adalah membatasi apa yang sudah disebutkan dalam identifikasi masalah, yaitu mempersempit apa yang sudah disebutkan dalam identifikasi masalah, jadi bukan kembali ke judul penelitian.   
C. Rumusan Masalah
•PTK adalah penelitian kualitatif, maka rumusan   masalah yang ditulis harus berupa rangkaian pertanyaan yang menggali informasi tentang proses tindakan yang diharapkan terjadi sebagaimana sudah disebutkan dalam latar belakang masalah
D. TUJUAN  PENELITIAN
•Tujuan penelitian harus sejajar dengan rumusan masalahnya.
•tujuan  penelitian adalah untuk mengetahui apakah proses tindakan berjalan lancar, apakah siswa senang, apakah tugas dapat dilaksanakan dengan baik, dan sebagainya menyangkut hal-hal yang disebutkan dalam rumusan masalah.
E. MANFAAT  PENELITIAN 
–Manfaat jangan terlalu ambisius, untuk pihak atasan yang terlalu banyak, seolah-olah penelitiannya merupakan hal yang sangat penting yang akan dibaca oleh para pejabat.
•Sebaiknya manfaat penelitian ditujukan kepada sejawat peneliti, siswa yang menjadi subyek penelitian  atau institusi
BAB  II  KAJIAN PUSTAKA
•Kajian teori bukan hanya untuk metode, tetapi untuk subjek yang belajar, dan kaitannya dengan hasil yang diharapkan.
•Jadi teori tentang kejiwaan siswa yang dikenai tindakan harus dicantumkan.
•Teori lain yang dapat mendukung penelitian adalah teori tentang pembelajaran secara umum dan tentang metode yang bersangkutan
BbIII
•Dalam bab III ini peneliti dituntut untuk mengemukakan semua hal yang terkait dengan kegiatan tindakan yang dilakukan.
•Hal-hal yang harus dilaporkan dalam bab III metodologi penelitian menyangkut semua hal yang terkait dengan tindakan, yaitu:
(1)setting dan subjek tindakan,
(2)pengelolaan kelas, yaitu pengaturan siswa, misalnya bagaimana guru mengatur siswa dalam kelompok,
(3)tindakan yang dilakukan oleh guru – yaitu ketika guru memberikan pengarahan kepada siswa dan bagaimana siswa melaksanakan arahan tersebut,
(4)bagaimana pengamatan telah dilakukan, oleh siapa, berapa lama, yang diamati apa saja, instrument pengamatannya berupa apa dan sebagainya.

Jika ada peralatan yang digunakan, atau siswa perlu mengunjungi suatu tempat atau objek, harus dijelaskan dalam bab

METODE  PENELITIAN
•yang terkait dengan kegiatan tindakan yang dilakukan.
•Hal-hal yang harus dilaporkan dalam bab III metodologi penelitian menyangkut semua hal yang terkait dengan tindakan, yaitu:
(1)setting dan subjek tindakan,
(2)pengelolaan kelas, yaitu pengaturan siswa, misalnya bagaimana guru mengatur siswa dalam kelompok,
(3)tindakan yang dilakukan oleh guru – yaitu ketika guru memberikan pengarahan kepada siswa dan bagaimana siswa melaksanakan arahan tersebut,
(4)bagaimana pengamatan telah dilakukan, oleh siapa, berapa lama, yang diamati apa saja, instrument pengamatannya berupa apa dan sebagainya.
(5)Jika ada peralatan yang digunakan, atau siswa perlu mengunjungi suatu tempat atau objek, harus dijelaskan dalam bab III ini.
•yang terkait dengan kegiatan tindakan yang dilakukan.
•Hal-hal yang harus dilaporkan dalam bab III metodologi penelitian menyangkut semua hal yang terkait dengan tindakan, yaitu:
(1)setting dan subjek tindakan,
(2)pengelolaan kelas, yaitu pengaturan siswa, misalnya bagaimana guru mengatur siswa dalam kelompok,
(3)tindakan yang dilakukan oleh guru – yaitu ketika guru memberikan pengarahan kepada siswa dan bagaimana siswa melaksanakan arahan tersebut,
(4)bagaimana pengamatan telah dilakukan, oleh siapa, berapa lama, yang diamati apa saja, instrument pengamatannya berupa apa dan sebagainya.
(5)Jika ada peralatan yang digunakan, atau siswa perlu mengunjungi suatu tempat atau objek, harus dijelaskan dalam bab III ini.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
•Hal-hal yang harus masuk dalam bab IV dan urutannya adalah sebagai berikut:
(1)gambaran tentang setting penelitian,
(2)gambaran umum, yaitu uraian pelaksanaan penelitian secara urut dan runtut,
(3)uraian masing-masing siklus,
(4)penyajian data dan analisis yang dilakukan oleh peneliti,
(5)pembahasan terhadap proses pelaksanaan dan hasil penelitian.
•Jika menggunakan format atau instrumen pengamatan, lembar pengamatannya harus dilampirkan.
•Dalam menuliskan kesimpulan peneliti tidak boleh lepas diri  rumusan masalah, karena deretan kesimpulan merupakan jawaban terhadap deretan rumusan masalah, serta merupakan gambaran target yang tertuang dalam tujuan di bab I.
•Jika isi kesimpulan tidak runtut, tidak searah dengan rumusan masalah penelitian dan tidak menggambarkan target yang ada, berarti laporan PTK ini tidak benar, dan tidak akan mendapatkan nilai.
•Saran-saran yang dikemukakan dalam bab V juga harus didasarkan pada kesimpulan yang tertuang di kesimpulan.
•Jika rumusan masalah, tujuan penelitian, kesimpulan, dan saran tidak runtut, tidak ada alasan bahwa laporan PTK  akan ditolak oleh penilai.
•Daftar pustaka adalah daftar referensi yang digunakan sebagai landasan teori atau referensi (acuan) dalam penulisan karya ilmiah
•Semua referensi yang digunakan sebagai acuan harus di daftar dalam daftar pustaka
•Tata cara penulisannya adalah berurutan seperti berikut: Namapengarang, tahunpenerbitan. KomapembukaJudulbuku yang digunakansebagaiacuankomapenutup. tempatpenerbitan, Penerbit.
•Ijin penelitian dan dokumentasi kegiatan setiap setiap siklus
•Surat pernyataan telah dipublikasikan dan didokumrntasikan di p

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: