//
you're reading...
Pendidik

SOSIALISASI ANGKA KREDIT GURU DAN PENGAWAS

 

0.Jangan Lupa Sholat

Perbedaan-perbedaan yang ada:

 

 

 

Guru    :    1.  Guru  Kelas

 

2.  Guru Mata Pelajaran       84/1993 lanjut dengan Penetapan

 

3.  Guru Praktek                   Permendiknas No. 025/0/1995

 

4.  Guru Pembimbing

 

 

 

Guru    :    1.  Guru  Kelas

 

2.  Guru Mata Pelajaran                                               03/V/PB/201

 

3.  Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor              14 tahun 2010

 

 

Penilaian Kinerja:

 

Penilaian dari setiap butir kegiatan

 

Tugas guru

 

 

 

84/1993

38/2010

IIa – Guru Pertama – Pengatur Muda

IIb – Guru Pertama Tk. I – Pengatur Muda Tk I

IIc – Guru Muda – Pengatur

IId – Guru Tk. I – Pengatur Tk. I

IIIa – Guru Muda – Penata Muda

IIIb – Guru Madya – Penata Muda Tk. I

IIIa – Guru Pertama – Penata Muda

IIIb – Guru Pertama – Penata Muda Tk. I

IIIc – Guru Dewasa – Penata

IIId – Guru Dewasa Tk. I – Penata Tk. I

IIIc – Guru Muda – Penata Muda

IIId – Guru Muda – Penata Tk. I

IVa – Guru Pembina – Pembina

IVb – Guru Pembina Tk. I – Pembina Tk. I

IVa – Guru Madya – Pembina

IVb – Guru Madya – Pembina Tk. I

IVc – Guru Utama Muda – Pembina Utama Muda

IVd – Guru Utama Madya – Pembina Madya

IVc – Guru Madya – Pembina Utama Muda

IVd – Guru Utama – Pembina utama Madya

IVe – Guru Utama – Pembina Utama IVe – Guru Utama – Pembina Utama

 

 

 

Tugas Guru: 7

 

1) Mendidik, 2) mengajar, 3) membimbing, 4) mengarahkan, 5) melatih, 6) menilai, 7) mengevaluasi.

 

 

 

 

 

 

 

Setiap usul harus berisi:

 

  1. Surat pernyataan melaksanakan tugas pembelajaran/pembimbingan dan tugas tertentu.
  2. Surat pernyataan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  3. Surat pernyataan melakukan kegiatan penunjang tugas guru

 

+ dengan bukti fisik

 

 

 

Unsur-unsur:

 

1.  Utama        :    a.  Pendidikan

 

b.  Pembelajaran pembimbingan, tugas tambahan dan tugas lain yang relevan

 

c.  Pengembangan keprofesian berkelanjutan

 

 

 

2.  Penunjang  :    a.  Ijazah (yang tidak sesuai dengan bidang yang diampu)

 

b.  Penghargaan/tanda jasa

 

c.  Kegiatan yang mendukung tugas guru

 

–    Membimbing siswa praktek kerja nyata, ekstrakurikuler

 

–    Organisasi profesi/pramuka, dll

 

–    Tim penilai angka kredit

 

–    Tutor/pelatih/instruktur

 

 

 

Rincian Angka Kredit 2010 (Pasal 3 (ayat 4)

 

–          Dikembalikan pada keputusan tahun sebelumnya yaitu No. 16 tahun 2009.

 

 

 

Pasal 42 (No. 03/V/PB/2010 dan 14 tahun 2010)

 

Peraturan bersama ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2013.

 

 

 

PAK dikirim ke:

 

  1. Guru ybs
  2. Sekretaris Tim Penilai Guru
  3. Kepala Biro Kepegawaian Daerah/Instransi ybs
  4. Pejabat Pengusul Angka Kredit
  5. Pejabat lain yang dianggap perlu
  6. Kepala BKD/Kepala Kantor Regional BKN ybs (Pasal 8)

 

 

 

 

 

Penilaian dilakukan 2x 1 tahun yaitu:

 

  1. Yang April PAK sudah ditetapkan paling lambat Januari tahun yang bersangkutan.
  2. Yang Oktober – paling lambat Juli tahun yang bersangkutan.

 

 

 

Yang menetapkan AK/kepada berkelanjutan

 

Bisa ditetapkan oleh pejabat lain satu tingkat di bawahnya setelah mendapat delegasi atasannya.

 

 

 

Anggota Tim Penilai

 

Harus lulus pendidikan dan pelatihan calon Tim Penilai dan mendapat sertifikat (Pasal 10 (2)).

 

 

 

Masa Jabatan Tim:

 

–          3 tahun dan dapat diangkat kembali untuk  masa jabatan selanjutnya. Hanya 2x masa jabatan.

 

–          Bisa dipilih setelah 2x dengan harus bersertifikat selama 1x jabatan.

 

–          Ketua Tim dapat mengangkat anggota Tim sebagai pengganti bila berhalangan yang disuruh menilai.

 

 

 

Tim Penilai:

 

–          7 orang (pasal 10 (7))

 

–          Ketua merangkap anggota dari unsur teknis

 

–          Wakil ketua merangkap anggota

 

–          Sekretaris merangkap anggota dari unsur kepegawaian

 

–          Paling kurang 4 orang anggota (paling kurang 2 dari pejabat 1 orang fungsional)

 

 

 

Pasal 11 (ayat 10)

 

Tim penilai belum terbentuk:

 

–          Boleh ke provinsi

 

–          Boleh ke provinsi lain yang terdekat

 

 

 

Pembantuan Tim

 

Oleh Sekretariat dipimpin seorang Sekretaris yang bertanggung jawab dibidang kepegawaian.

 

 

 

 

 

 

 

Boleh naik pangkat: Pasal 15 (1)

 

–          PAK 1 tahun paling singkat

 

–          Dapat memenuhi angka kredit yang disyaratkan

 

–          DP3 paling kurang baik dalam 1 tahun terakhir

 

 

 

Kenaikan Pangkat (pasal 16)

 

–          Boleh 2 tahun

 

–          Memenuhi angka kredit

 

–          DP3 minimal baik 2 tahun terakhir

 

 

 

Yang menetapkan kenaikan pangkat

 

–          IVb – IVc

 

–          IVc – IVd    → Presiden

 

–          IVd – IVe

 

 

 

Unsur-unsur:

 

  1. 90% dari unsur utama tidak boleh kurang
  2. 10% dari unsur penunjang

 

 

 

 

 

 

JUMLAH ANGKA KREDIT KUMULATIF MINIMAL

 

UNTUK PENGANGKATAN DAN KENAIKAN PANGKAT/JABATAN GURU

 

 

NO

UNSUR KEGIATAN

JENJANG JABATAN, GOLONGAN, RUANG, DAN ANGKA KREDIT

PER

SEN

TASE

GURU PRA TAMA

GURU PRA TAMA TK I

GURU MUDA

GURU MUDA TK I

GURU MA DYA

GURU MA DYA TK I

GURU DEWA SA

GURU DEWA SA TK I

GURU PEM BINA

GURU PEM BINA TK I

GURU UTA MA MUDA

GURU UTA MA MA DYA

GURU UTA MA

 

II/a

II/bc

II/

II/d

III/a

III/b

III/c

III/d

IV/a

IV/b

IV/c

IV/d

IV/e

I

 

UNSUR UTAMA

 

  1. Pendidikan
  2. Proses Belajar Mengajar atau Bimbingan
  3. Pengembangan profesi

> 80 %

 

20

32

48

64

80

120

160

240

320

428

12

526

24

644

36

752

48

II

 

UNSUR PENUNJANG

 

Penunjang Pengawasan Sekolah

 

 

< 20 %

5

8

12

16

20

30

40

60

80

110

140

170

200

 

JUMLAH

 

100%

25

40

60

80

100

150

200

300

400

550

700

850

1000

 

IIIa – IIIb      3 sub unsur pengembangan diri

 

IIIb – IIIc      4     –    Karya ilmiah publikasi ilmiah

 

3     –    Pengembangan diri

 

IIIc – IIId     6     –    Karya ilmiah

 

3     –    Pengembangan diri

 

IIId – IVa     8     –    Karya ilmiah

 

4     –    Pengembangan diri

 

IVa – IVb      12   –    Karya ilmiah

 

4     –    Pengembangan diri

 

IVb – IVc      12   –    Karya ilmiah

 

4     –    Pengembangan diri

 

IVc – IVd     14   –    Karya ilmiah

 

5     –    Pengembangan diri

 

IVd – IVe     20   –    Karya ilmiah

 

5     –    Pengembangan diri

 

IVc – IV d    Wajib melaksanakan presentasi ilmiah

 

 

 

Kelebihan Angka Kredit

 

Diperhitungkan pada kenaikan pangkat berikutnya.

 

 

 

Paket Kerja:

 

  1. Pembelajaran:

 

  • Perencanaan
  • Pelaksanaan pembelajaran
  • Evaluasi
  • Penilaian
  • Analisis hasil penilaian
  • Pelaksanaan tindak lanjut

 

  1. Pembimbingan:

 

  • Perencanaan
  • Pelaksanaan pembimbingan
  • Evaluasi
  • Penilaian hasil pembimbingan
  • Analisis hasil pembimbingan
  • Pelaksanaan tindak lanjut

 

  1. Tugas lain:

 

  • Sebagai Kepala Sekolah
  • Sebagai Wakil Kepala Sekolah
  • Kaprog
  • Kepala Perpustakaan, Lab, Bengkel, Unit Produksi atau yang sejenisnya
  • Pembimbingan khusus/program inklusi, pendidikan terpadu
  • Wali Kelas, menyusun Kurikulum
  • Mengawas Ebta, Ujian
  • Membimbing guru pemula
  • Extra, membimbing karya ilmiah
  • Membimbing kelas (khusus guru kelas)

 

 

 

Paket Kerja Guru:

 

24 jam – 40 jam tatap muka, dibuat guru yang bersangkutan ditetapkan oleh Kepala Sekolah.

 

Paket Kerja Kepala Sekolah:

 

6 jam tatap muka, dibuat Kepala Kepala Sekolah, ditetapkan oleh Pengawas Sekolah.

 

Penilaian:

 

–          Guru oleh Kepala Sekolah

 

–          Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah (Pasal 22 ayat 2)

 

–          Berdasar Paket Kerja di atas

 

 

 

Guru Bimbingan:

 

Paling sedikit 150 siswa, paling banyak 250 siswa per tahun.

 

 

 

Kriteria Penilaian:

 

91 – 100          Amat baik 125%

 

Setiap tahun setelah dikurangi pengembangan profesi penunjang pada setiap jenjang

 

76 – 90            Baik 100%

 

61 – 75            Cukup 75%

 

51 – 60            Sedang 50%

 

50 kebawah     Kurang 25%

 

 

 

Sanksi:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v  Publikasi Ilmiah:

 

  1. Karya-karya ilmiah + gagasan inovatif
  2. Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru

 

v  Pengembangan Diri:

 

  1. Diklat-diklat fungsional
  2. Kegiatan-kegiatan kelektif guru untuk peningkatan kompetensi/atau keprofesian guru (cara yang baik: mendidik, mengajar, dst, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dst, pengembangan kompetensi)

 

v  Karya Inovatif:

 

  1. Teknologi tepat guna
  2. Karya seni
  3. Modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
  4. Penyusunan standar, pedoman, soal, dll

 

v  Buku Pengayaan:

 

Sama dengan buku teks, tetapi menyangkut remedial dan pengayaan.

 

v  Pedoman Guru:

 

 

 

BUNYI-BUNYI YANG SAMA (1993 – 2010)

 

 

  1. Jabatan fungsional guru – sama
  2. Definisi guru: pendidik profesional dengan tugas utama: 1) mendidik, 2) mengajar, 3) membimbing, 4) mengarahkan, 5) melatih, 6) menilai, 7) mengevaluasi

 

–          Menilai – memberi nilai

 

 

Webster’S New American Dictionary

 

Mengevaluasi –    menilai: kegunaan

 

Mencocokan : kecocokan dengan tujuan

 

dengan: keberartian

 

  1. Penilaian paling sedikit 1x dalam setahun
  2. Kewenangan guru: menetapkan materi, metode, media, alat penilaian, alat evaluasi
  3. Tanggung jawab guru: menyelesaikan tugas utama dan tugas tambahan
  4. Kewajiban guru:

 

1)      Membuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian, evaluasi, membuat program remedial dan pengayaan dan melaksanakannya (ini nanti pada pelatihan selama 7 angkatan Bulan Mei mendatang)

 

2)      Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi (Kepala Sekolah meng-SK kan untuk seminar-seminar ilmiah di sekolah)

 

3)      Objektif dan tidak diskriminatif

 

4)      Wajib menjunjung peraturan-peraturan yang ada, misalnya: Permen-Permen, dsb.

Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa

 

BUNYI-BUNYI YANG BEDA

 

 

 

Lama

1993

Baru

2010

1.

Jenis Guru (lihat di kertas lain)

 

 

2.

Penilaian Penilaian Prestasi Guru Penilaian Kinerja Guru

 

3.

Jenjang Kepangkatan Guru (lihat di kertas lain)

 

 

 

4.

Guru Teladan (1993)

 

 

5.

Jumlah Tim Penilaian (tidak ditetapkan) 7 orang

 

6.

Lama Karena semua masih dibawah provinsi alurnya ke provinsi

 

Baru Alurnya di kabupaten, tapi kalau belum punya Tim Penilai, boleh minta pada tim penilai provinsi.

 

Pelatihan dan sertifikat Tim Penilai akan diupayakan oleh Provinsi pada pelatihan Tim Penilai mendatang

 

7.

Lama Tidak diharuskan Tim Penilai bersertifikat, boleh asal ditunjuk oleh Kepala Dinas.

 

Baru Ditentukan harus lulus pelatihan dan memperoleh ijasah.

0.Jangan Lupa Sholat

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2013
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Statistik Blog

  • 1,758,171 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Andik: Melawan Vietnam Menguras Tenaga 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemain sayap Tim Nasional Indonesia, Andik Vermansyah mengaku sangat senang dan puas bisa mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 2-1. Dia mengatakan kemenangan pada putaran pertama babak...
    Andi Nur Aminah
  • Koeman Ingin Pemainnya Tunjukkan Kekuatan Melawan MU 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih Everton, Ronald Koeman mengatakan para pemainnya harus menunjukkan kekuatan dan komitmen mereka dalam beberapa pekan mendatang. Hal tersebut dimulai dari pertandingan pada Ahad malam (4/12) melawan...
    Israr Itah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: