//
you're reading...
Pendidik

LAPORAN ONJOB LEARNING

 

BAB  I 

 PENDAHULUAN

  1. Rasional

Profesionalisme dan tanggung jawab pengawas sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan bukanlah suatu tanggung jawab yang mudah dan bisa di anggap spele, karena harus mendapat dukungan penuh dari berbagai pigak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah maupun masyarakat. Untuk itu diperlukan langkah langkah kongkrit yang dapat menjamin agar pengawas sekolah berkualitas dan berkreativitas secara terus menerus dan berkonsentrasi penuh untuk meningkatkan kualitas dan komitmen pengawas dalam melakanakan kegiatan supervisi (pemamntauan, pembinaan dan Penilaian) terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah , sehingga mutu lulusan dapat dicapai secara optimal.

Dalam rangka Peningkatan Kemampuan profesional Pengaqwas sekolah  di NTB ,pemerintah melalui PPPPTK Matematika  dan  LPMP NTB telah melaksanakan  pelatihan Penguatan kemampuan kompetensi pengawas sekolah pada tanggal 23 sd 28 Agustus 2010 .dengan  mengacu kepada Standar Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah sebagaimana dinyatakan dalam Permendiknas Nomor 12 tahun 2007. Salah satu dimensi kompetensi pengawas sekolah yang dinilai paling relevan dengan peningkatan kompetensi guru adalah dimensi kompetensi supervisi akademik.

Perlu  dan manfaat dilakukannya langkah-langkah kegiatan dalam On The Job Learning melalui peningkatan kompetensi supervisi akademik, agar pengawas sekolah memiliki kemampuan membimbing guru agar lebih profesional dalam menyusun Proposal dan melaksanakan PTK ,melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis CTL sehingga pada gilirannya dapat menumbuhkembangkan peserta didik untuk berpikir kreatif, inovatif, mampu memecahkan masalah,dan  berpikir kritis.

Mengingat bahwa kinerja Pengawas sekolah sangat berkolerasi dengan tingkat kompetensinya , maka dengan adanya  Pelatihan Penguatan Kemampuan Pengawas yang di lanjutkan dengan Kegiatan On the Job Learning ini diharapkan munculnya motivasi-motivasi , baik insstrinstik maupun ekstrinstik pada diri pengawas untuk lebih memacu guru-guru maupun sekolah sekolah yang menjadi binaan untuk betprestasi dan meningkatkan kualitas profesionalisme pengawas dalam melakukan supervisi

. Sebagai imbal balik dari kegiatan On the Job Learning ini .masing pengawas membuat Laporan Hasil Binaan yang meliputi hasil kegiatan membimbing guru-guru dalam mengembangkan RPP model Pembelajaran CTL, membimbing guru-guru dalam penulisan Proposal PTK serta Pelaksanaan Supervisi Akademik dan EDS .Semua itu merupakan  bentuk petanggungjawaban moral bagi pengawas sekolah sebagai peserta diklat Penguatan Kemampuan Kompetensi Pengawas sekolah yang diharapkan berfungsi sebagai salah satu masukan yang aktual bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan dalam rangka pelaksanaan Program ke depan.

  1. B.   Tujuan
  • Tujuan dilakukan langkah kegiatan dalm On Job the learning  bagi pengawas adalah :
  1. Terwujudnya Pengawas sekolah yang memliki kemampuan membimbing guru dalam merencanakan Model – model  Pembelajaran yang berbasis CTL-PAIKEM,
  2. Terwujudnya Pengawas Sekolah yang memiliki kemampuan membimbing guru melaksanakan PTK
  3. Terwujudnya Pengawas sekolah yang memiliki kemampuan membimbing guru dalam mempraktekkan teknik – teknik supeevisi akademik
  4. Terwujudnya pengawas sekolah yang meiliki kemampuan membimbing sekolah binaan dalam menyusun laporan EDS dan RPS berdasarkan hasil olahan EDS
  • Tujuan dilakukan langkah kegiatan dalm On Job the learning  bagi guru/sekolah  adalah :
  1. Memahami PTK
  2. Mengetahui akan pentingnya PTK
  3. Mengetahui prinsi-prinsip PTK
  4. Dapat Menyususun proposal PTK dan melaksanakannya untuk memperbaiki prpses pembelajaran di kelas
    1. Guru dapat menyusun RPP dengan model pembelajaran yang berbasis CTL
    2. Sekolah dapat menyusun laporan EDS untuk mengetahui level sekolahnya berdasarkan SNP

  1. Ruang Lingkup

Lingkup/batasan kajian/subtansi yang dilakukan pada langkah kegiatan On the Job Learning meliputi  :

  1. Membimbing guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran yang berbasis CTL-PAIKEM pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada tumbuh berkembangnya peserta didik untuk berfikir kritis , kreatif, inovatif maupun memecahkan masalah yang berjiwa wirausaha.
  2. Membimbing guru melakukan Penelitian indakan Kelas
  3. Melakukan monitoring dan membimbing sekolah binaan melakukan EDS
  4. Melaksanakan supervisi Akademik di sekolah binaan.

  1. D.       Waktu dan Tempat Pelaksanaan

 

Kegiatan On the Job Learning Penguatan Kemampuan Pengawas sekolah dilaksanakan sejak tanggal 14 september  sd 09 Oktober 2010 bertempat dua wilayah sekolah binaan yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas A dan Kelas B .

Kelas A bertempat di SMA Kosgoro ditambah dengan guru-guru matematika dan MIPA dari SMA 1 Dompu, SMA 1 Woja dan SMA 2 Woja,

Kelas B bertempat di SMAN 1 Kempo ditambah dengan Guru-guru dari SMAN 2 Kempo

Tabel  1

JADWAL KEGIATAN

No

Uraian Kegiatan

Waktu Kegiatan

1 PERSIAPAN  
 
  1. Menyempurnakan Action Plan

 

Tanggal 14 september sd 20 september 2010

 
  1. Menyusun panduan,jadwal, dan instrumen pengamatan dan penilaian
 
  1. Penyiapan materidan power point pembimbingan
 
  1. Pendistribuan jdwal dan intrumen  ke sekolah
2 PELAKSANAAN  
 
  1. Pembinaan guru menggunakan model pembelajaran berbasis CTL
Wilayah : A

Tanggal 20 sd 21 September 2010

 

Wilayah : B

Tanggal 22 sd 23 September 2010

 
  1. Pembinaan guru menyusun Proposal PTK
 
  1. Presentase kelompom dan Real Teaching CTL
Tanggal 24 Oktober 2010
 
  1. Pelaksanaan Supervisi Akademik
Tanggal 27 sd 29 Oktober 2010
 
  1. Pelaksnaan EDS
Tanggal 30 sd 2 ktober 2010
3 REKAP DATA DAN PENYUSUNAN LAPORAN Tanggal 1 sd 9 Oktober 2010
4 PERSIAPAN dan IN SERVICE LEARNING Tanggal 10 sd 13 Oktober 2010
5 Tindak Lanjut Pelaksanaan PTK dan PTS di Sekolah Binaan  Oktober sd Desember 2010

BAB II

PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING

  1. Pelaksanaan EDS

Hasil Pengolahan EDS  yang telah dicapai pada tahapan kegiatan ini seperti tabel berikut :

Tabel  2

Tingkat Ketercapaian  EDS pada Standar Proses

 

Komponen

Tingkat Ketercapaian

SMA Kosgoro

SMAN 1 Kempo

SMAN 2 Kempo

3.1.Silabus

3

4

2

3.2. RPP

3

3

2

3.3.Pelaksanaan  PBM

2

3

2

3.4.Pelaksanaan PBM PAIKEM/CTL

2

2

2

3.5.Perencanaan Proses Belajar

2

3

2

3.6.Pelaksanaan Pembelajaran

3

3

2

TINGKAT EDS

3

3

2

 

Masalah

 

 

1.Kurang dari 50% guru menggunakan alata praga,ICT,

2.Sebagaian besar guru belum terbiasa menyusun silabus dan RPP CTL/PAIKEM dalam pembelajaran

3. Sebagain besar RPP Yang dibuat guru  belum terlihat Rangkaian Elaborasi, eksplorasi dan komfirmasi.( masih dominan ceramah )

1.Sebagaian besar guru belum terbiasa menyusun silabus dan RPP CTL/PAIKEM dalam pembelajaran

2. Program supervisi sudah dibuat, tapi jarang dilaksanakan

 

1.Belum semua guru mengembangkan  Silabus dan RPP sesuai dengan kondisi sekolah ( masih sebagain besar adopsi )

2. Sebagain besar RPP Yang dibuat guru  belum terlihat Rangkaian Elaborasi, eksplorasi dan komfirmasi.( masih dominan ceramah )

3. Program Supervisi oleh kepala sekolah jarrang dilakukan

 

 

 

Rencana Tindak

 

 

1. Mengadakan pemantauan dan penilaian Silabus dan RPP  terhadap semua guru di sekolah binaan

2.Mengadakan pendampingan yang insentif kepada guru guru untuk menyusun silabus dan RPP yang berbasis  CTL /Pakem

3.Mengadakan Kolaborasi /Pendampingan menyusun program supervisi oleh kepala sekolah

4.Mengajukan proposal Block Grant kepada P4Tk untuk membiayai Pelatihan Media pembelajaran,ICT, dan  CTL, PAIKEM

 

Hasil yang dicapai  

1.Pemetaan  guru yang telah menyusun RPP CTL /PakeM serta kemampuan guru menyusun RPP CTL sebagai langkah awal melakukan pembinaan

2.Guru dapat menyususn  silabus dan  RPP berbasis CTL untuk mengatasi permasalah dalam pembelajaran di kelas

Diagram 01. Tingkat Ketercapaian EDS pada Standar Proses

 

 

  1. Pembinaan Guru Dalam  Menggunakan Model Peembelajaran PAIKEM-CTL

Hasil Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Guru dalam menyusun silabus dan RPP CTL (seluruh hasil yang telah dicapai pada tahapan kegiatan)

 

  1. 1.          Hasil Diskusi dan Tanya Jawab

AMARHADI,S.Pd

Pertanyaan:

Pada contoh –contoh RPP yang dikembangkan ,Saya belum bisa membedakan antara Strategi , pendekatan ,dan Metode Pembelajaran,Mohon penjelasan !

Jawaban Fasilitator

Baik, antara ketiganya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak terpisah satu sama lain

 Strategi pembelajaran merupakan siasat atau kiat yang sengaja direncanakan oleh guru, berkenaan dengan segala persiapan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuannya yang berupa hasil belajar bisa tercpai secara optimal, seperti: pemilihan materi  ,penyaji materi ,cara penyajian materi dan sejenisnya

 Pendekatan pembelajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam melaksanakan pembelajaran agar konsep yang disajikan bisa beradaptasi dengan siswa  atau jalan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan misalnya CTL

Sedangkan Metode Pembelajaran merupakan cara menyajikan materi yang masih bersifat umum  yang dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, misal: ceramah, eksperimen, tanya jawab, demonstrasi,diskusi,penugasan dll

RINA PUSPAWATI

Pertanyaan

Selain Pedekatan CTL dan PAIKEM yang bapak paparkan , apa ada pedekatan lain yang inovatif yang dapat kami gunakan dalam tindakan PTK di kelas?

Jawaban Peserta lain Dody Herdiana )

Selain CTL ada pendekatan lain yang lebih inovatif dan kreatif yaitu CBSA

Penguatan Fasilitator:

Benar , masih ada beberapa pendekatan yang lain seperti : Keterampilan proses ,Sistim belajar siswa aktip  ,Kecakapan hidup dan Tematik .dll, sedangkan komponen atau bagian dari CTL itu sendiri mencakup 7 komponen pendekatan pembelajaran  yaitu : Konstruktivisme (constructivism), Menemukan (inquiry),Bertanya (questioning), Masyarakat belajar (learning community), Pemodelan (modeling), Refleksi (reflection) dan Penilaian sebenarnya (authentic assessment) .materi selengkapnya bisa di copy di laptop pembimbing

  1. 2.       Bukti fisik seluruh hasil worksop /pembinaan  (ketikan dan tulisan tangan)berupa
    1. RPP berbasis CTL hasil kerja guru mata pelajaran , dibagi menurut kelompom Matematika, IPA,IPS, Bahasa dan Pend Agama
    2. Rekap Diskusi tanya jawab pserta dengan pembimbing
    3. Respon guru setelah mendapat bimbingan dari Pengawas

 ( terlampir )

  1. Daftar Hadir Peserta bimbingan (terlampir )

  1. Hasil Rekap seluruh intrumen
    1. a.    Hasil Evaluasi sebagai Data Awal Peserta Sebelum pembinaan

Tabel 3

Hasil Evaluasi Diri Peserta Pra  Bimbingan CTL

 

No.

Instrumen

Jawaban responden

Prosentase

1.

Memahami CTL
  1. memahami

0.2414

  1. memahami sebagian

0.1724

  1. Belum memahami

0.3448

  1. Tidak memahami

0.2414

2.

Pernah melaksanakan Pembelajaran CTL
  1. Pernah

0.17241

  1. Belum pernah

0.2414

  1. Tidak pernah

0.5862

  1. Tidak berminat

0

3.

Mengetahui pentingnya Pembelajaran CTL
  1. Tahu

0.2414

  1. Tahu  sebagian

0.2759

  1. Belum tahu

0.4828

  1. Tidak tahu

0

4.

Mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran CTL
  1. Tahu

0.1379

  1. Tahu sebagian

0.3103

  1. Belum tahu

0.4828

  1. Tidak tahu

0

           Diagran 1. Grafik Evaluasi Diri minat dan Kemapuan CTL

Melihat data di atas, dapat disimpulkan bahwa guru banyak yang belum pernah melaksanakan pembelajaran CTL di kelas. Tetapi guru–guru sebagian besar kurang berani menyatakan tidak tahu atau tidak memahami tentang CTL. Alasan sementara yang diperoleh berdasarkan wawancara masih banyak belum mendapatkam pengetahuan tentang model model pembelajaran CTL, alasan lain baik MGMP tkt Kaabupaten , atau Propinsi jarang  di bahas secara lengkap tentang berbagai macam model CTL.Setelah kegiatan ini mereka baru mendapatkan info yang detail tentang CTL dan contoh RPP yang benar benar CTL.demikian pula masih banyak guru  yang mnggunakan  RPP dari pusat atau sekedar merevisi seadanya tidak menverminkan CTL

 

  1. b.    Rekap Respon guru sebagai berikut :

Dari Respon terhadap 29 orang guru yang telah mendapat bimbingan dapat di rangkum sebagai berikut

Tabel 4

Rekap Respon/Testomony  Guru Setelah di Bimbingan



NO

Nama Peserta

Aspek Yang Ditanyakan

Substansi Materi

Cara memberi bimbingan

Peningk wawasan,sikap, ketermapilan

Saran Feserta

1 Amar hHadi,S.Pd Alhamdulillah dengan adanya materi ini saya bisa menyusun RPP yang baik dan benar karena selama ini saya terus terang masih kurang pengetahuan tentang ini. Metode yang diberikan sudah baik,karena langsung dihadapkan kepada substansi masalah menyusun RPP yang baik dan benar Setelah mendapatkan materi CTL ini saya merasa kemampuan menulis RPP saya semakin baik kegiatan ini harus dilanjutkan dengan kolaborasi antara pengawas dan guru,agar kita sebagai guru tetap mendapatkan bimbingan.
2 Triani handayani S.Pd materi yang disampaikan sangat bergunabagi guru dalam melakukan perubahan dalam proses KBM di kelas yang tidak monoton hanya menggunakan metode ceramah. Materi yang disampaikan terurut dan dapat dipahami oleh peserta bimbingan Sangat berguna bagi peningkatan kualitas dan kinerja guru. Perlu diadakan lebih banyak lagi kegiatan bimbingan seperti ini.
3 Yulis puji astuti S.Pd materi yang disampaikan sangat berguna bagi kami, karna menambah pengetahuan kami tentang penyusunan RPP CTL. Setelah mendapat bimbingan, pengawas menggunakan cara yang baik. Materi disampaikan secara jelas. Setelah mendapat bimbingan,wawasan dan keterampilan kami semakin baik. Kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan, dan waktunya agar ditambah.
4 Hafni juhra S.Pd Memberi pengetahuan tentang cara membuat RPP CTL Sudah sistematis sehingga saya lebih jelas lagi tentang CTL Pastinya menambah wawasan dan keterampilan tentang CTL. Adakan pertemuan yang kontinu
5 Muhammad Rusdi S.Pd Baik sekali dengan ini kami dapatkan materi CTL yang terarah walaupun sedikit Baik dan komunikatif Kami akan mencoba merancang RPP yang CTL Mudah-mudahan kita dapat berkumpul 1 x sebulan

 

 

6 Agus gunawansyah S.Pd Dengan adanya bibmbingan ini  guru dapat menambah pengetahuan  dan sangat bermanfaat untuk membantu RPP pembelajaran berikutnya Sangat luas, bermanfaat dan cepat dipahami Bimbingan ini sangat bermanfaat  dan cepat dipahami Dalam bimbingan perlu adanya ”print out” untuk peserta
7 Firdaus S.Pd Materi CTL sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalankan tugas sebagai guru, dengan adanya materi CTL tersebut maka dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di kelas Cara yang diberikan cukup bagus,mudah dipahami karena langsung ke akar persoalan dan urutannya sistematis Dapat menambah wawasan dalam hal cara mengatasi persoaln yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas melalui materi CTL Diharap ke depan bimbingan semacam ini perlu ditindak lanjuti dalam skala besar dan harus melibatkan semua guru,karena memberi semacam ini sangat dibutuhkan
8 Dody Herdiana,S.Si Cukup memberikan pemahaman tentang cara penysyunan RPP

 

Cukup mengena saat menyampaaikan mareri tidak keluar dari materi yang di bicarakan

 

Cara peemberiaan materi cukup bisa dimengerti

Cukup bagus karena cukup mudah di pahami

Wawasan mengenai RPP CTL mulai ada , yang selama ini pemahaman saya masih ngambang Diharapkan kedepan bisa memberikan foto copy contoh PTK jadi  hasil penelitian yang kongkrit sebagi acuan dalam penulisan,
9 Rina RPP CTL sangat diperlukan untuk memotivasi guru membuaat siswa aktif belajar Bimbingan dengan menggunakan ICT dan contoh yang ada lebih mudah dipahami dan dapat langsung dikerjakan guru Dengan bimbingan kami sebagai guru lebih memotivasi untuk mencari sejuta cara dan strategi yang bisa menarik siswa belajar Setelah penyususnan RPP CTL pembimbing telah melihat dan membimbing secara langssung KBM di kelas

 

10 Adi supriadin Bagus untuk peningkatan kualitas guru Cukup singkat Bagus untuk menambah wawasan guru Perlu di bahas lebih jelas lagi
11 Rahmah Kartiningsih Informatif Cukup Saya tertarik untuk mulai melaksanakan pembelajaran berbasis CTL Media penyampaian dan metode penyampaian bimbingan lebih di fariasikan.
12 Dra.Nafisah Materi yang disampaikan cukup bagus untuk meningkatkan wawasan dan kualitas guru Interaktif dan flaksibel Mudahan kedepan kami bisa menerapkan dengan baik dan benar Semoga kami terus dibimbing dan di Bina
13 Ice trisnawati,S.Pd Dengan diberikan materi ini saya sebagai guru menjadi lebih paham tentang CTL yang sebenarnya, karena  RPP yaang saya ketahu selama ini masih keliru karena adopsi Cara penyampaiannya sangat jelas, luwes, karena memang kami yang mengikuti bimbingan masih banyak yang belum pahan secara specifik dari CTL itu sendiri Dengan adanya bimbingan seperti ini kami sebagai guru bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar Selalu memberikan bimbingan kepada guru demi peningktan kualitas dan kuantitas guru maupun siswa
14 St.Aisyah Materi Yng Disampaikan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan wawasan guru terutama dalam pemecahan masalah proses pembelajaran Interaktif/tidak kaku Lebih termotifasi Lebih intensif/kontinyu supaya pemahaman peserta lebih menyeluruh dan tidak terputus
15 Jahrawati,S.pd Denga n adanya bimbingan ini kami dapat menambah wawasan tantang baimana cara membuat RPP CTL Pemberian bimbingan sudah optimal , apa yang tidak kita ketahui CTL sudah disampaikan secara berurutan Wawasan saya menjadi bertambah terutama tentang pembiatan l/materi ctl `untuk bimbingan berikutnya tolong materi pelajaran BP/BK ditampilkan sebagai contoh
16 Dra.Hafiah Cara penympaian materi baik, terarah dan menyenangkan Cara memberi bimbingaan tenang, teratur, penuh kesabaran dan perhatian dalam bimbingan PTK/CTL Kami menerima penuh semangat dan keinginan mau belajar dan menukar pikiran untk menambah wawasan dan 27pengetahuan kami tentang bimbingan PTK dan CTL Untuk peetemuan selanjutnya  supata terinci satu persatu dan penyampqian pelan pelan aja, Trim’s
17 Emi Nurahmi,S.SI Materi CTL ini sangat menarik dan membatu guru Sudah cukup baik dan terarah Setelah mendapat bimbingan CTL ini alhamdulillah wawasan sudah mulai terbuka, mudah-mudahan ke depanya lebih meningkat Untuk kedepan penyampaian nya jangan terlaulu cepat
18 Bambang Siswanto,S.Pd Penyampaian cukup bagus Baru petama kali , perlu bimbingaan lebih mendalam. Belum begitu jelasm perlu bimbingan lebih lanjut Perlu bimbingan secara khusus dan langsung tugas tugas.
19 Juraidin,S.Pd Materinya cukup bagus, mudah dan cepat dipahami Cara penjelasanya masih secara umum, kalu bisa secara rinci lagi Menyenangkan, mengasikkan, dapat termotivasi Kalau bisa bimbingan seperti ini dapat dilakukan pada setiap sekolah yang ada di kempo
20 Jufrin Sesuai judul yang ada Sangat bagus, karena saya menganggap selama ini bahwa pengawas sulit di ajak kompomi, tetapi sangat betentangan dengan anggapan saya. Terus terang karena saya juga adalah guru baru sudah barabg tentu sangat membantu saya dalam meningkatkan wawasan serta keterampilan saya Tolong diserati dengan praktek lansung, tolong ditqmbah lagi jam pertemuannya
21 Drs.Yusuf Materi CTL sangat manarik dan membatu guru Sudah cukup baik dan terarah Dengan adanya bimbingan CTL ,kami sebagai guru dapat menerapkannya di depan kelas Untuk kedepan penyampaian jangan dipercepat
22 Syaifuk,S.Pd Bagus Baik dan terarah Menyenangkan dan termotivasi Kegiatan ini dapat di lanjutkan terus
23 Akhmad,S.Pdi Menarik dan jelas Menyenangkan dan mengasiikan, tidak bosan. Alhamdulillah sdikit terbuka wawasan saya tentang CTL yang selama ini keliru yang pernah saya lakukan Saya berharap agar bimbingan ini dilakukan secara rutin supaya melahirkan generasi prestasi.
24 Lili Ramlah, S.Pd Dengan adanya bibingan CTL ini kami sudah mengetahui penjelasan tentang CTL Penjelasan tentang CTL nya sudah bagus dan secara mendetail Sangat membantu wawasan kami tentang CTL Untuk bimbingan berikutnya perlu diberikan foto copy tentang apa yang telah disampaikan
25 Widiawaty ,SPd Materi yang disaanmpaikan sangat pendukung penyususnan CTL Cara penyampaian materi jelas dengan pemanfaatan media hanya saja terlalu cepat Sangat berguna dan membatu wawasan guru Untuk bimbingan berkutnya kamibutuh penjelasan yang lebih optimal
26 Wahyudin, S.,Pd Materi sangat esensial untuk mendukung penyusnan CTL Jelas dengan pemanfaatan media, hanya karena keterbatasaan waaktu , penyampaiannya agak cepat Sangat membantu peningkatan wawasan guru Diupayakan penyampaiannya lebih santai lagi
27 Anwar,S.{d sangat manarik dan membatu guru mengasiikan, tidak bosan Wawasan saya menjadi bertambah terutama tentang CTL yang benar.selama ini kami keliru memahami CTL Kegiatan ini dapat di lanjutkan terus
28 Muhidin.S.Pd Materi CTL sangat bermanfaat bagi saya, dengan adanya materi CTL tersebut maka dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di kelas Penyampaian materi cukup bagus,mudah dipahami karena langsung ke akar persoalan dan urutannya sistematis menambah wawasan dalam hal cara mengatasi persoaln yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas melalui materi CTL bimbingan semacam ini perlu ditindak lanjuti dalam skala besar dan harus melibatkan semua guru,karena memberi semacam ini sangat dibutuhkan
29 Drs.A,bakar saya sebagai guru menjadi lebih paham tentang CTL yang sebenarnya, karena  RPP yaang saya ketahu selama ini masih keliru karena adopsi sangat jelas, luwes, karena memang kami yang mengikuti bimbingan masih banyak yang belum pahan secara specifik dari CTL itu sendiri Dengan adanya bimbingan seperti ini kami sebagai guru bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar Lajtkan terus kepada semua guru  guru di kec. Kempo demi peningktan kualitas dan kuantitas guru maupun siswa

 

  1. C.  Pembinaan Guru Dalam Menyusun Proposal PTK

Hasil Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Guru dalam  menyususn Proposal PTK  yang telah dicapai pada tahapan kegiatan

  1. 1.      Hasil Diskusi dan tanya jawab

Tabel 5

 Rekap Hasil Diskusi Tanya jawab Peserta

No Nama Pesrta Pertanyaan Jawaban Pembimbing
1 Wahyudin Apakah dalam membuat rumusan masalah harus dengan kalimat tanya? Tidah harus. Tapi Pada umunya menggunakan kalimat tanya.Bisa juga dengan kalitan pernyataan

Comtoh.

KBAGAIMANAKAH MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA  MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SISWA KELAS  X1 IPA SMA KOSGORO DOMPU ?”

Rendahnya Kualitas Proses Pembelajaran matematika tersebut akan diatasi melalui MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTR

2 Bambang S Dalam melaksanakan PTK apa harus 2 siklus?. Tudak harus, minimal 2 siklus, boleh 3 atau 4 .

Kalau sampai 5,6 dstnya tidak ada perubahan makan tindkannya sebaiknya di ganti .,

4 St.Asyah Baimana cara kita tau bahwa PTK telah berhasil? Caranya kita tentukan dulu indikator keberhasilannya.dan tiap silus diharapkan terjadi peningkatan terhadap perbaikan perbaikan ditiap siklusnya
5 Bambang S Andai pada silus kedua hasilnyanya malah menurun, apa boleh kita mengganti dengan tindakan yang lain? Tidak. Karena yang ingin kita teliti adalah apakah tindakan yang kita pilih dapat meningkatkan prose dan hasil belajar,

 

  1. 2.    Lampiran Bukti fisik seluruh hasil Pembinaan/ worksop (ketikan atau tulisan tangan ( terlampir)meliputi :
    1. Proposal PTK berdasarkan kelompok mata pelaran Matematika, IPA, IPS , Bahasa .
    2. Rekap Evaluasi diri minat peserta/guru melaksanakan PTK sebelum pembinaan (terlapir )
    3. Respon Guru setelah mendapat bimbingan dari pengawas (terlampir)
    4. Daftar Hadir Peserta

 

 

 

 

 

 

  1. 3.    Hasil rekap seluruh isian Instrumen
  1. Hasil Evaluasi diri Guru sebelum Bimbingan

 

Tabel 6

. Hasil Evaluasi Diri Peserta sebelum Bimbingan PTK

No.

Instrumen

Jawaban responden

Prosentase

1.

Memahami penelitian tindakan kelas
  1. memahami

0.1724

  1. memahami sebagian

0.1724

  1. Belum memahami

0.3793

  1. Tidak memahami

0.2759

2.

Pernah melaksanakan penelitian tindakan kelas
  1. Pernah

0.10345

  1. Belum pernah

0.2069

  1. Tidak pernah

0.6897

  1. Tidak berminat

0

3.

Mengetahui pentingnya penelitian tindakan kelas
  1. Tahu

0.1724

  1. Tahu  sebagian

0.3103

  1. Belum tahu

0.66

  1. Tidak tahu

0.5172

4.

Mengetahui prinsip-prinsip penelitian tindakan

kelas

  1. Tahu

0.069

  1. Tahu sebagian

0.2759

  1. Belum tahu

0.6552

  1. Tidak tahu

0

 

 

 Diagran 2. Grafik Evaluasi Diri minat dan Kemapuan CTL

 

  1. b.  Rekap  Respon guru setelah mendapat Bimbingan sebagai mana dituangkan dalam Tabel  7 berikut

Tabel  7

Testimony Guru Setelah Mendapat Bimbingan

NO

Nama Peserta

Aspek Yang Ditanyakan

Substansi Materi

Cara memberi bimbingan

Peningk wawasan,sikap, ketermapilan

Saran Feserta

1 Amarhadi S.Pd Alhamdulillah dengan adanya materi ini saya bisa menyusun proposal PTK yang baik dan benar karena selama ini saya terus terang masih kurang pengetahuan tentang ini. Metode yang diberikan sudah baik,karena langsung dihadapkan kepada substansi masalah menyusun proposal PTK. Setelah mendapatkan materi PTK ini saya merasa kemampuan menulis saya semakin baik. kegiatan ini harus dilanjutkan dengan kolaborasi antara pengawas dan guru,agar kita sebagai guru tetap mendapatkan bimbingan.
2 Triani handayani S.Pd materi yang disampaikan sangat bergunabagi guru dalam melakukan perubahan dalam proses KBM di kelas yang tidak monoton hanya menggunakan metode ceramah. Materi yang disampaikan terurut dan dapat dipahami oleh peserta bimbingan Sangat berguna bagi peningkatan kualitas dan kinerja guru. Perlu diadakan lebih banyak lagi kegiatan bimbingan seperti ini.
3 Yulis puji astuti S.Pd Materi yang disampaikan sangat berguna bagi kami, karna menambah pengetahuan kami tentang penyusunan proposal PTK. Setelah mendapat bimbingan, pengawas menggunakan cara yang baik. Materi disampaikan secara jelas. Setelah mendapat bimbingan,wawasan dan keterampilan kami semakin baik. Kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan, dan waktunya agar ditambah.
4 Hafni juhra S.Pd Dengan pertemuan ini memberi pengetahuan  pada saya ternyata PTK tidak sesulit yang dibayangkan Sudah sistematis sehingga saya lebih jelas lagi dalam membuat proposalnya (PTK) Pastinya menambah wawasan dan keterampilan sehingga timbul  keinginan ingin mencoba Adakan pertemuan lagi sehingga tindak lanjut dari pertemuan hari ini.
5 Muhammad Rusdi S.Pd Baik sekali dengan ini kami dapatkan materi  PTK yang lebih terarah Baik dan komunikatif Kami akan mencoba membuat PTK  disekolah dengan cara kerja sama siswa Mudah-mudahan kita dapat berkumpul 1 x sebulan

 

 

6 Agus gunawan S.Pd Dengan adanya bimbingan ini guru dapat menambah pengetahuan dan sangat bermanfaat untuk membantu penelitian pembelajaran berikutnya Sangat luas, bermanfaat dan cepat dipahami Bimbingan ini sangat bermanfaat maka prlu adanya bimbingan/pertemuan rutin Dalam bimbingan perlu adanya ”print out” untuk peserta
7 Firdaus S.Pd Materi PTK sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalankan tugas sebagai guru, dengan adanya PTK tersebut, maka dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di kelas Cara yang diberikan cukup bagus,mudah dipahami karena langsung ke arah persoalan dan urutannya sistematis Dapat menambah wawasan dalam hal cara mengatasi persoalan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas melalui materi PTK Diharap ke depan bimbingan semacam ini perlu ditindak lanjuti dalam skala besar dan harus melibatkan semua guru,karena memberi semacam ini sangat dibutuhkan
8 Dody Herdiana,S.Si Cukup memberikan pemahaman tentang cara penysyunan PTK Cara peemberiaan materi cukup bisa dimengerti Wawasan mengenai PTK mulai ada , yang selama ini pemahaman saya masih ngambang Diharapkan kedepan bisa memberikan foto copy contoh PTK jadi  hasil penelitian yang kongkrit sebagi acuan dalam penulisan,
9 Rina Puspawati,S.Pd PTK sangat menarik dan perlu untuk di bimbing Cara membimbing memang membutuhkan waktu yang lama untuk memperjelas ,tapi dengan cara menggunakan ICT lebih jelas Setelah mendapat bimbingan akhirnya kami tau banhwa PTK butuh rangsanganuntuk menulis apa yang telah kita alami di kelas Setelah penyususnan RPP CTL pembimbing telah melihat dan membimbing secara langssung KBM di kelas

 

10 Adi Supriadin ,S{d Awal yang baik untuk peningkatan/evaluasi KBM selama ini menggunakan cermah mnoton. Cukup singkat , mungkin perlu waktu lebih Cukup informatif dan kita memang perlu wadah yang bisa menunjang / membantu PTK yang kita buat Perlu di bahas lebih jelas lagi
11 Rahma kartiningsih ,S.Pd Cukup bagus dan informatif Cukup Saya tertarik untuk muli membuat proposal PTK dan melaksanakan PTK di kelas Media penyampaian dan metode penyampaian bimbingan lebih di fariasikan.
12 Dra.Nafisah Materi yang disampaikan cukup bagus untuk meningkatkan wawasan dan kualitas guru terutaman tentang PTK Interaktif dan flaksibel Mudahan kedepan kami bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar Semoga kami terus dibimbing dan di Bina
13 Ice trisnawati,S.Pd Dengan diberikan materi ini saya sebagai guru menjadi lebih paham tentang PTK yang sebenarnya, karena  PTK yaang saya ketahu selama ini masih keliru Cara penyampaiannya sangat jelas, luwes, karena memang kami yang mengikuti bimbingan masih banyak yang belum pahan secara specifik dari PTK itu sendiri Dengan adanya bimbingan seperti ini kami sebagai guru bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar Selalu memberikan bimbingan kepada guru demi peningktan kualitas dan kuantitas guru maupun siswa
14 St.Aisyah Materi Yng Disampaikan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan wawasan guru terutama dalam pemecahan masalah proses pembelajaran Interaktif/tidak kaku Lebih termotifasi Lebih intensif/kontinyu supaya pemahaman peserta lebih menyeluruh dan tidak terputus
15 Jahrawati,S.pd Denga n adanya bimbingan PTK ini kami dapat menambah wawasan tantang baimana cara /teori PTK Peemberian bimbingan sudah optimal , apa yang tidak kita ketahui PTK sudah disampaikan secara berurutan Wawasan saya menjadi bertambah terutama tentang pembiatan proposal/materi PTK `untuk bimbingan berikutnya tolong materi pelajaran BP/BK ditampilkan sebagai contoh
16 Dra.Hafiah Cara penympaian materi baik, terarah dan menyenangkan Cara memberi bimbingaan tenang, teratur, penuh kesabaran dan perhatian dalam bimbingan PTK/CTL Kami menerima penuh semangat dan keinginan mau belajar dan menukar pikiran untk menambah wawasan dan pengetahuan kami tentang bimbingan PTK dan CTL Untuk peetemuan selanjutnya  supata terinci satu persatu dan penyampqian pelan pelan aja, Trim’s
17 Emi Nurahmi,S.SI Materi PTK ini sangat menarik dan membatu guru Sudah cukup baik dan terarah Setelah mendapat bimbingan PTK ini alhamdulillah wawasan sudah mulai terbuka, mudah-mudahan ke depanya lebih meningkat Untuk kedepan penyampaian nya jangan terlaulu cepat
18 Bambang Siswanto,S.Pd Penyampaian cukup bagus Baru petama kali , mendapat bimbingaan lebih mendalam. Belum begitu jelasm perlu bimbingan lebih lanjut Perlu bimbingan secara khusus dan langsung tugas tugas.
19 Juraidin,S.Pd Materinya cukup bagus, mudah dan cepat dipahami Cara penjelasanya masih secara umum, kalu bisa secara rinci lagi Menyenangkan, mengasikkan, dapat termotivasi Kalau bisa bimbingan seperti ini dapat dilakukan pada setiap sekolah yang ada di kempo
20 Jufrin Sesuai judul yang ada Sangat bagus, karena saya menganggap selama ini bahwa pengawas sulit di ajak kompomi, tetapi sangat betentangan dengan anggapan saya. Terus terang karena saya juga adalah guru baru sudah barabg tentu sangat membantu saya dalam meningkatkan wawasan serta keterampilan saya Tolong diserati dengan praktek lansung, tolong ditqmbah lagi jam pertemuannya
21 Drs.Yusuf Materi PTK sangat manarik dan membatu guru Sudah cukup baik dan terarah Dengan adanya bimbingan PTK ,kami sebagai guru dapat menerapkannya di depan kelas Untuk kedepan penyampaian jangan dipercepat
22 Syaifuk,S.Pd Bagus Baik dan terarah Menyenangkan dan termotivasi Kegiatan ini dapat di lanjutkan terus
23 Akhmad,S.Pdi Menarik dan jelas Menyenangkan dan mengasiikan, tidak bosan. Alhamdulillah sdikit terbuka wawasan saya tentang PTK yang selama ini keliru yang pernah saya lakukan Saya berharap agar bimbingan ini dilakukan secara rutin.
24 Lili Ramlah, S.Pd Dengan adanya bibingan PTK ini kami sudah mengetahui penjelasan tentang PTK Penjelasan tentang PTK nya sudah bagus dan secara mendetail Sangat membantu wawasan kami tentang PTK Untuk bimbingan berikutnya perlu diberikan foto copy tentang apa yang telah disampaikan dan contoh RPP CTL serta contoh PTK sebagai referensi peserta dakam menyusn proposal
25 Widiawaty ,SPd Materi yang disaanmpaikan sangat pendukung penyususnan PTK Cara penyampaian materi jelas dengan pemanfaatan media hanya saja terlalu cepat Sangat berguna dan membatu wawasan guru Untuk bimbingan berkutnya kamibutuh penjelasan yang lebih optimal
26 Wahyudin, S.,Pd Materi sangat esensial untuk mendukung penyusnan PTK Jelas dengan pemanfaatan media, hanya karena keterbatasaan waaktu , penyampaiannya agak cepat Sangat membantu peningkatan wawasan guru Diupayakan penyampaiannya lebih santai lagi
27 Anwar,S.{d sangat manarik dan membatu guru mengasiikan, tidak bosan Wawasan saya menjadi bertambah.selama ini kami keliru memahami CTL Kegiatan ini dapat di lanjutkan terus
28 Muhidin.S.Pd Materi sangat bermanfaat bagi saya, dengan adanya materi PTK tersebut maka dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di kelas Penyampaian materi cukup bagus,mudah dipahami karena langsung ke akar persoalan dan urutannya sistematis menambah wawasan dalam hal cara mengatasi persoaln proses pembelajaran di kelas perlu ditindak lanjuti dalam skala besar dan harus melibatkan semua guru,karena memberi semacam ini sangat dibutuhkan
29 Drs.A,bakar saya sebagai guru menjadi lebih paham tentang CTL yang sebenarnya, karena  RPP yaang saya ketahu selama ini masih keliru karena adopsi sangat jelas, luwes, karena memang kami yang mengikuti bimbingan masih banyak yang belum pahan secara specifik dari PTK itu sendiri Dengan adanya bimbingan seperti ini kami sebagai guru bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar Laujtkan terus kepada semua guru  guru di kec. Kempo demi peningktan kualitas dan kuantitas guru maupun siswa

  • Berdasarkan analisa instrumen Evaluasi Diri peserta sebelum mendapat bimbingan , dapat disimpulkan bahwa guru banyak yang belum melaksanakan pembelajaran CTL dan belum pernah melaksanakan PTK ( penelitian Tindakan Kelas). Tetapi guru–guru sebagian besar kurang berani menyatakan tidak tahu atau tidak memahami tentang penelitian tindakan kelas. Alasan sementara yang diperoleh berdasarkan wawancara masih banyak guru yang belum mengenal model-model pembelajarn PAKEM atai CTL , karena mereka terbiasa dengan RPP adopsi atau Revisi seadanya yang sarat dengan metode ceramah  dan tanya jawab
  • Selanjutnya dari aspek yang ditanyakan dalam instrumen tentang  pendapat/testimony peserta setalah mendapat bimbingan CTL dan PTK dapat dismpulkan banwa:

Substansi Materi            : Materi yang disampaikan sangat berguna, karna menambah pengetahuan tentang cara membuat RPP yang PAKEM/CTL  dan sangat menunjang dalam proses penyusunan proposal PTK. Ternyata RPP CTL dan  PTK tidak sesulit yang dibayangkan.sehingga dngan pembinaan materi CTL dan PTK dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di kelas.

Cara Memberi Bimbingan        : Baru petama kali , mendapat bimbingaan lebih mendalam. Cara penyampaiannya sangat jelas, luwes, bagus,mudah dipahami karena langsung ke akar persoalan dan urutannya sistematis. (saya menganggap selama ini bahwa pengawas sulit di ajak kompromi, tetapi sangat betentangan dengan anggapan saya.)

Peningkatan wawasan dan Ketrampilan    : Wawasan mengenai pembelajaran CTL dan PTK mulai ada , yang selama ini pemahaman saya masih ngambang, Setelah mendapat bimbingan akhirnya kami tau banhwa PTK butuh rangsangan untuk menulis apa yang telah kita alami di kelas. Mudahan kedepan kami bisa menerapkan PTK dengan baik dan benar

Saran Peseta      : Diharap ke depan bimbingan semacam ini perlu ditindak lanjuti dalam skala besar dan harus melibatkan semua guru,karena bimbingan  semacam ini sangat dibutuhkan  oleh guru-guru yaang selama ini sangat minim pehaman pembelajaran CTL dan PTK.dan semua peserta diberikan hand out dan foto copy contoh RPP CTL dengan model dan pendekatan yang berfariasi serta contoh PTK yang sudah jadi untuk bahan refrensi peserta

Tindak Lanjut     :

Hasil Evaluasi awal dan hasil testimonu peserta akan dijakikan masukan yang sangat berharga dalam membuat progran tindak lanjut hasil On the Job Learning oleh pengawas binaan, khususnya pengawas sekolah di kabupaten Dompu

  1. Pelaksanaan Supervisi Akademik
  1. 1.    Hasil rekap Supervisi Akademik

Tabel   8

 Rekap Hasil Supervisi Akademik Sekolah Binaan

No

Komponen Supervisi

KUALIFIKASI HASIL SEKOLAH BINAAN

Rata-Rata
SMAN 1 KEMPO SMAN 2 KEMPO SMA TD KOSGORO  
  Standar Isi 82.14 75 75 77.38
  Standar Proses 68.27 65.39 65.39 66.35
  Standar kompetensi Lulusan 59.38 50 53.13 54.17
  Standar Pengelolaan/manajemen 77.94 70.59 73.53 74.02
  Standar Penilaian 89.58 70.83 72.92 77.77

Rata-Rata

75.46 66.362 67.994 69.738

KUALIFIKASI

B C C C

 

Diagram 9 . Hasil Supervisi Akademik Sekolah Binaan

Dari hasil Supervisi akademik terhadap 5 Standat di atas dapat disimpulan sebagai berikut :

  • Terhadap sekolah binaan ( SMA Kosgor dan SMA 2 Kempo) yang berkualifikasi C akan di berikan bantuan pembinaan secara intensif agar berupaya memenuhi krriteria minimal yang di persyaratkan, dengan cara mencermati mencermati kekurangan – kekurangan yang dimilikinya berdasarkan komponen yang dirasa masih lemah sehingga dapat di tingkatkan untuk mencapai standar minimal setingakat lebih tinggi.
  • Terhadap sekolah binaan SMAN 1 Kempo diberikan bimbingan dan pembinaan agar mampu mendapat kualifikasi A dan diharapkan bisa bersaing secara global
  • Berdasarkan tabel di atas ternyata ke tiga sekolah biaan tersebut masih menghadapi masalah dalam melaksanakan standar kelulusan dan standar poses . Pada SKL ,pada umumnya sangat sedikit prestasi yang diraih baik akademik maupun non akademik baik itu di  tingkat kabupaten, propoinsi dan nasional/internasional . Sedangkan pada standar proses sebagaian besar guru belum menggunakan alat praga, media belajar, CTL, dan ICT da

 proses pembelajaran.

Rekomendasi dan Syaran Pembinaan :

  1. Disayankan kepada sekolah untuk memfasilitasi, memberdayakan dan mengoptimalkan pembina akademik dan non akademik untuk meningkatkan frekuensi pembiaan terhadap siswa binannya.
  2. Diharapkan kepada sekolah, Pemda,dan Pemerintah pusat untuk memfasilitasi guru guru melengkapialat praga, media pembelajaran, buku teks, serta MGMP/BIMTEK  ICT dan Model model Pembelajaran CTL
  3. Pengawas melakukan tugas pokok dan fungsinya untuk memantau, membina, dan menilai sekolah binaanya agar memenuhi standar yang di harapkan pada SNP

BAB  III

KESIMPULAN dan REKOMENDASI

  1. Kesimpulan

Sebagai kesimpulan utama dari Pelaksanaan Kegiatan On The Job Learning penguatan kemapuan kompetensi  pengawas sekolah sebagai berikut ;

  1. Pelaksanaan Pembinaan terhadap guru dalam merencakan dan melaksanakan Pembelajaran PAKEM-CTL dan PTK , Supervisi Akademik dan EDS  ternyata memberi dampak yang sangat signifikan terhadap motivasi dan kemapuan guru dalam menyusun Silabus dan RPP yang berbasis CTL dan  PTK serta kemampuan sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi Supervisi Akademik dan EDS dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan berdanpak pada kualitas hasil belajar siswa dan  peningkatan mutu pendidikan pada umumnya
  2. Hambatan yang dialami selama kegiatan on job learning kurang maksimal karena dilaksanakan pada hari efektif belajar sehingga tidak semua guru di sekolah binaan mendapatkan perlakuan yang sama.Cara mengatasi atau meminimalisir hambatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat ,saptu dan minggu diaharapkan semua guru bisa berkesempatan menyaksikan real teaching dari beberapa guru yang dijadikan model
  1. Rekomendasi dan Tindak Lanjut

Mengingat Kegiatan Pembimbingan CTL dan PTK mendapaqt respon yang tinggi dan sangat dirasakan manfaatnya oleh guru di lapangan berdasarkan testimny dari peserta, dan hasil yang di capai dalam kegiatan tersebut ,maka kami merkomendasikan :

  1. Kegiatan akan di lajutkan dan di tingkatkan sampai pada proses penelitian Tindakan di kelas.
  2. Hasil-hasil kegiatan pembinaan dapat dimanfaatkan oleh pengawas sebagai Karya tulis Ilmiah ( KTI ) berbasis Penelitian Tindakan Pengawas .Sehingga Proses Pembinaan On The Job Learning dapat di pandang sebagai Penelitian tindakan Kepengawasan dengan menempatkan Pembinaan dalam Bentuk Loka Karya 3 hari sebagai jenis tindakan kepengawasan.
  3. diharapkan agar pemerintah dalam hal ini P4Tk dan LPMP NTB menindaklanjuti dengan pemberian Block grant kepada masing masing pengawas binaan dalam menindaklanjuti Program Pembinaan di Sekolah.
  4. Sebagai salah seorang peserta Diklat, saya merasa amat bersukur atas komitmen pemerintah dalam hal Kemetrian Pendidikan Nasional memalui P4TK matematika dan LPMP NTB  dalam memperbaiki mutu pengawas sekolah khususnya di NTB. Atas nama pribadi dan dan atau mungkin juga atas nama rekan rekan pengawas sekolah lainya di NTB dan dan bahkan di seluruh Indonesia    pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apreasi yang setinggi tinginya atas segala upaya yang telah dan akan dilakukan pemerintah terkait dengan uapaya membangun citra dan nasib pengawas sekolah sebagai sebuah profesi yang bermartabat sebagaimana yang dirapkan. Akhirnya semoga Laporan ini dapat bermanfaat adanya.Amiiin

Penyusun

Drs.Suaidin

Pengawas SMA/SMK

Rumpun Matematika

 00. fntbsuaidin JUDUL ,PENGESAHAN,KT PENG

01. fntbsuaidin

 01. fntbsuaidin

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

5 thoughts on “LAPORAN ONJOB LEARNING

  1. Perlu kesadaran untuk menambal yang retak pak Din.Bravo,terus maju

    Suka

    Posted by ncuhidompu,Bambang Sukamto | 24 September 2013, 11:20 am
  2. Mohon ijin mengunduh pak….terima kasih

    Suka

    Posted by haris harsin | 26 April 2014, 10:34 pm
  3. Tak share Pak, makasi

    Suka

    Posted by Dapodik Bali | 8 Mei 2014, 3:18 pm
  4. silahkan pk

    Suka

    Posted by suaidinmath | 10 Mei 2014, 8:40 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2013
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: