//
you're reading...
Pendidik

BELAJAR DARI MODEL SUKSES, YUK !

 

KUNCI PERUBAHA

Sesungguhnya Tuhan tidak akan mengubah nasib sebuah kaum, sehingga kaum itu sendiri mau melakukan perubahan terhadap dirinya sendiri

Sejarah manusia membuktikan bahwa manusia tidak mungkin menciptakan peradaban atau membuat masa depan sebelum didahului dengan mengubah dirinya sendiri. Setelah itu, baru manusia serius menapaki anak tangga perubahan hingga ia mampu mengubah orang dan kondisi sekelilingnya. Ketika sukses melakukannya, ia layak menjadi sang hero . Namun, jika tidak mampu melakukannya, ia tak lebih dari sekadar parasit yang tidak berguna.

Berikut ini di antara sosok hero yang dapat dijadikan sebagai model sukses dalam melakukan perubahan.

  1. Sosok Umar bin Abdul Aziz adalah tipe orang yang mampu mengadakan perubahan sebaik-baiknya, dimana masyarakat berada dalam situasi nyaman tenteram akan diri, keluarga, kehormatan, dan harta mereka.
  2. Abdurrahman Ad-Dakhil, menjadi penguasa di negeri Barat, mengeluarkan bangsa Barat dari kegelapan kebodohan ke cahaya ilmu hingga kini Barat mampu memimpin dunia.
  3. Shalahuddin Al-Ayyubi, berhasil memerdekakan Baitul Maqdis
  4. Presiden Prancis, Jacques Chirac, pernah bekerja di restoran selama 40 tahun
  5. Nelson Mandela, pernah mendekam di penjara 28 tahun
  6. Margareth Thatcher, pernah menjadi pelayan toko minyak wangi di London

IT’S TIME TO BE A NEW YOU

Sebab, dari tahun ke tahun, kita sering kali melaluinya dengan standar yang sama. Padahal kita membutuhkan perubahan, standar yang jauh berbeda, dan langkah yang jauh lebih brilian . Sekadar keinginan saja, kita tidak akan bisa mewujudkannya, karena sesuatu yang lebih baik tak bisa didapatkan dengan hanya bermimpi. Kita butuh tindakan dan aksi nyata. Kita butuh arah dan rute yang jelas dalam mengarungi perjalanan hidup kita dari hari ke hari menggunakan tools berupa kompas, peta, kurikulum pribadi dan skenario hidup/mati yang kita disain sendiri.

CERITANYA BEGINI

Zaky seperti juga aku dan kamu, punya kelebihan dan juga kelemahan. Dulu, saat masih remaja Zaky menginginkan sesuatu, yaitu kesuksesan. Zaky sadar bahwa dia masih jauh dari kata sukses, bahkan Zaky sempat merasa tidak akan bisa sukses. Sebab, dia merasa tidak sekaya teman-temannya. Sebab, Zaky merasa tidak se macho teman-temannya. Sebab, Zaky merasa tidak se keren teman-temannya. Sebab, Zaky merasa dirinya tidak pintar, walaupun juga tidak bisa dibilang bodoh. Juga, beberapa sebab lain yang mungkin sama seperti kebanyakan kita, Iya betul ! Kita terlalu standar dan sangat rata-rata, bahkan kadang-kadang di bawah standar, di bawah rata-rata.

Tapi, Zaky merasa beruntung karena diberi anugerah yang begitu besar dan tak ternilai harganya. Zaky, juga aku dan kamu diberikan otak, pikiran dan hati oleh Tuhan untuk segera keluar dari tekanan-tekanan tersebut. Zaky pun memutar otak bagaimana caranya supaya bisa menjadi lebih baik dan bukan seperti orang kebanyakan. Iya benar ! Zaky membutuhkan perubahan dan ingin sukses. Berubah yuk !

Nah, sejak itulah Zaky mulai mengubah cara pandangnya tentang kesuksesan. Bahwa sukses bukanlah ketika mendapati diri kalau dia bisa sangat macho , keren , sangat kaya, bahkan sangat pintar.

Kini, kesuksesan baginya adalah ketika dia bisa melakukan banyak hal dengan baik dan lebih baik lagi, dan terus lebih baik lagi ! Saat itulah Zaky merasa dirinya benar-benar sukses !

YUK, BELAJAR DARI MASA LALU KITA UNTUK MASA DEPAN !

Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertaqwalah kepada Alloh, Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Proses belajar diharapkan akan mendorong lahirnya sebuah kesadaran diri serta komitmen perubahan diri menjadi pribadi yang baru yang lebih baik lagi. Dimana proses belajar yang dilakukan memenuhi kriteria :

  1. Proses yang terus menerus
  2. Bersifat terbuka terhadap masukan, pendapat dan ide baru
  3. Mencari solusi yang terbaik
  4. Mempunyai collaboration mindset
  5. Mau belajar dari kesalahan di masa lalu
  6. Siap menghadapi resiko
  7. Mempunyai daya respon yang cukup besar
  8. Mempunyai visi yang kuat

Berharap masa depan yang lebih baik, maka lakukan evaluasi terhadap apa yang pernah dilakukan di masa lalu dan rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan di masa depan agar kehidupan barumu memang lebih baik.

Jadikan lembaran kehidupan masa silam kita sebagai dokumentasi (data, fakta & pengalaman) yang amat berharga bagi kita untuk menjadi landasan kita melakukan proses pembelajaran (learning process) , sehingga kita mampu merenungi :

  1. Apa saja pengalaman dan prestasi positif yang pernah kita lakukan yang mesti dipertahankan dan terus kita lanjutkan untuk dipelihara bahkan bila mungkin bisa ditingkatkan lagi di masa yang akan datang
  2. Kegagalan yang mungkin pernah kita alami selama hidup dan kehidupan kita di masa lampau serta mencoba berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghindari segala penyebab terjadinya kegagalan sehingga tidak sampai terulang kembali di masa dating
  3. Kekeliruan dan kesalahan yang pernah kita perbuat di masa lalu untuk dihindari, termasuk kebiasaan, sifat dan karakter negatif yang pernah singgah melekat dalam diri kita.

Kehidupan hakiki, petualangan hidup untuk perbaikan diri tiada mengenal akhir. Demi masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara :

  1. Sehat sebelum sakit
  2. Muda sebelum tua
  3. Kaya sebelum miskin
  4. Lapang sebelum sempit
  5. Hidup sebelum mati

Oleh karenanya, selagi sehat, selagi muda, selagi kaya, selagi lapang, selagi masih hidup dan selagi masih ada kesempatan, lakukan perubahan diri, berbuat yang terbaik, Today have to be Better than Yesterday !. Bagaimana dengan hari esok maupun lusa ?

Kini, saatnya telah tiba bagi kita untuk membuat target perubahan bagi diri kita masing-masing untuk masa depan yang lebih baik. How do you think about your future ?jawabannya adalah � Your future will happen cos your mind right now.

Maka dari itu, mari jadikan masa depan kita lebih baik daripada masa lalu dengan sejak awal melakukan perencanaan diri, dan bekerja keras untuk mencapainya, If you fail to plan, you plan to fail.

HARI BARU, AWAL KEHIDUPAN BARU KITA

Dari mana kita memulai hari baru ?

Berawal dari merancang cita-cita. Hidup tanpa tujuan pasti tak berarti. Sebaliknya, jika kita punya harapan, maka kita akan punya arah panduan yang akan menjadi kompas bagi perjalanan hidup kita selanjutnya. Harapan atau cita-cita akan membuat kita berjuang berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Harapan menjadikan hidup penuh gairah. Sebagian orang bahkan menganggap cita-cita adalah pembeda antara orang hidup & orang mati. Manusia tanpa cita-cita, sama artinya dengan mayat berjalan.

Namun cita-cita tak mungkin tercapai gratisan. Kita harus berjuang untuk meraihnya. Semakin tingi cita-cita, semakin tinggi pula anak tangga yang harus ditempuh. Semakin besar kemauan, semakin besar pula rintangan yang menghadang.

Meski begitu, kita tidak perlu gentar melihat rintangan yang ada. Sekali ikrar diucap, pantang langkah disurutkan. Anggaplah masalah & rintangan itu seperti bebatuan di sungai. Besar ataupun kecil bebatuan itu, tidak akan mampu membendung air yang mengalir. Dan kitalah air itu.

Sekali lagi, tidak ada cita-cita yang tercapai dengan cuma-cuma. Menjadi apapun kita, harus diawali dengan usaha sungguh-sungguh dan tekad sekeras baja. Dalam mencapai cita-cita diperlukan pengorbanan harta, pikiran dan tenaga. Namun modal terpenting adalah tekad kuat dan semangat pantang menyerah. Juga kesabaran menghadapi rintangan dan kerikil-kerikil tajam yang menghadang.

Belajar Menyatakan Cita-cita, yuk !

AISYAH HANUM (Alumni SMA Negeri di Jakarta)

Saya bercita-cita menjadi entertainer , public relation dan public figure . Saya ingin menjadi orang yang terbaik dari yang paling baik. Saya yakin suatu saat bisa mewujudkannya. Saya ingin mengejar prestasi agar orang tua bangga dan bahagia. Komitmen Saya terhadap orang tua adalah ingin berbakti dan membuat mereka merasa bangga dengan prestasi akademik dan non-akademik yang Saya capai. Saya ingin mengubah dan memperbaiki sikap yang kurang baik pada diri dan senantiasa menambah pengetahuan. Masa depan adalah tujuan Saya sebagai wujud bakti kepada orang tua & kebahagiaan Saya.

KENAPA TARGET CITA-CITA ITU PENTING ?

Karena kita akan mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak penting dalam hidup kita. Dari situ kita dapat memilih :

1. Apa yang harus kita lakukan

2. Apa yang boleh tidak kita lakukan

3. Apa yang tidak boleh kita lakukan

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Desember 2012
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: