//
you're reading...
Pendidik

Tugas dan Tanggung Jawab Pihak Terkait dalam Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru

Diagram di atas menunjukkan adanya keterkaitan tugas dan tanggung jawab pihak-pihak  yang terlibat dalam pelaksanaan  penilaian kinerja guru, mulai dari tingkat pusat (Kemdikbud) sampai dengan sekolah. Konsekuensi dari adanya keterkaitan tersebut, menuntut agar pihak-pihak  yang terlibat dalam pelaksanaan  penilaian kinerja gurumelakukan koordinasi. Tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak dirinci sebagai berikut.

A.   Tugas dan Tanggung Jawab Tingkat Pusat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  1. Menyusun dan mengembangkan Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan  penilaian kinerja guru
  2. Menyusun Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan  penilaian kinerja guru.
  3. Menyusun instrumen dan perangkat lain untuk pelaksanaan  penilaian kinerja guru.
    1. Mensosialisasikan, menyeleksi dan melaksanakan TOT penilai  penilaian kinerja gurutingkat pusat.
  4. Memantau dan mengevaluasi kegiatan  penilaian kinerja guru.
  5. Menyusun laporan hasil pemantauan dan evaluasi  penilaian kinerja gurusecara nasional.
  6. Menyampaikan laporan hasil pemantauan dan evaluasi  penilaian kinerja gurukepada Dinas Pendidikan dan sekolah sebagai umpan balik untuk ditindak lanjuti.
  7. Mengkoordinasikan dan mensosialisasikan kebijakan-kebijakan terkait  penilaian kinerja guru.

B.   Tugas dan Tanggung Jawab Tingkat Provinsi: Dinas Pendidikan Provinsi dan LPMP

  1. Menghimpun data profil guru dan sekolah yang ada di daerahnya berdasarkan hasil  penilaian kinerja gurudi sekolah.
  2. Mensosialisasikan, menyeleksi, dan melaksanakan TOT untuk melatih penilai  penilaian kinerja gurutingkat Kabupaten/Kota.
  3. Menetapkan dan mengesahkan tim penilai  penilaian kinerja guruyang berada di bawah kewenangan provinsi dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Kepala  Dinas Pendidikan Provinsi.
  4. Melaksanakan pendampingan kegiatan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di  bawah kewenangannya.
  5. Menyediakan pelayanan konsultasi pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja guruyang ada di bawah kewenangannya.
  6. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di bawah kewenangannya.
  7. Dinas Pendidikan Provinsi bersama-sama dengan LPMP membuat laporan hasil pemantauan dan evaluasi kegiatan  penilaian kinerja gurudan mengirimkannya kepada sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan/atau Kemdiknas, cq. Direktorat yang menangani Pendidik,

 

C.   Tugas dan Tanggung Jawab Tingkat Kabupaten/Kota: Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

  1. Menghimpun dan menyediakan data profil guru dan sekolah yang ada  di wilayahnya berdasarkan hasil  penilaian kinerja gurudi sekolah.
  2. Mensosialisasikan dan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan LPMP melatih penilai  penilaian kinerja gurutingkat Kabupaten/Kota.
  3. Membantu pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya.
  4. Melaksanakan pendampingan kegiatan dan pengelolaan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya.
  5. Menetapkan dan mengesahkan tim penilai  penilaian kinerja gurubagi guru yang berada di bawah kewenangannya dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Kepala  Dinas.
  6. Mengetahui dan menyetujui program kerja pelaksanaan  penilaian kinerja guruyang diajukan sekolah.
  7. Menyediakan pelayanan konsultasi dan penyelesaian konflik dalam pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di daerahnya.
  8. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja guruuntuk menjamin pelaksanaan yang efektif, efisien, obyektif, adil, akuntabel, dan sebagainya.
  9. Membuat laporan hasil pemantauan dan evaluasi kegiatan  penilaian kinerja gurudi sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya dan mengirimkannya kepada sekolah, dan/atau LPMP dengan tembusan ke Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing.

 

D.   Tugas dan Tanggung Jawab Tingkat Kecamatan: UPTD Dinas Pendidikan

  1. Menghimpun dan menyediakan data profil guru dan sekolah yang ada  di kecamatan wilayahnya berdasarkan hasil  penilaian kinerja gurudi sekolah.
  2. Membantu pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja gurudi wilayah kecamatannya.
  3. Melaksanakan pendampingan kegiatan dan pengelolaan  penilaian kinerja gurudi wilayah kecamatannya.
  4. Menetapkan dan mengesahkan penilai  penilaian kinerja gurudalam bentuk Surat Keputusan (SK) penetapan sebagai penilai.
  5. Menyediakan pelayanan konsultasi dalam pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja guruyang ada di daerahnya.
  6. Memantau dan mengevaluasi serta melaporkan pelaksanaan kegiatan  penilaian kinerja gurudi tingkat kecamatan untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

E.   Tugas dan Tanggung Jawab Tingkat Sekolah

  1. Memilih dan mengusulkan penilai untuk pelaksanaan  penilaian kinerja guru.
  2. Menyusun program kegiatan sesuai dengan Rambu-Rambu Penyelenggaraan penilaian kinerja gurudan  Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan penilaian kinerja guru.
  3. Mengusulkan rencana program kegiatan ke UPTD atau Dinas Kabupaten/Kota.
  4. Melaksanakan kegiatan penilaian kinerja gurusesuai program yang telah disusun secara efektif, efisien, obyektif, adil, akuntabel, dsb.
  5. Memberikan kemudahan akses bagi penilai untuk melaksanakan tugas
  6. Melaporkan kepada UPTD atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota jika terjadi permasalahan dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru
  7. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, administrasi, keuangan (jika ada) dan pelaksanaan program.
  8. Membuat rencana tindak lanjut program pelaksanaan penilaian kinerja guruuntuk tahun berikutnya.
  9. Membantu tim pemantau dan evaluasi dari tingkat pusat, LPMP, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten di Kecamatan, dan Pengawas Sekolah.

10. Membuat laporan kegiatan penilaian kinerja gurudan mengirimkannya kepada Tim penilai tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau nasional sesuai kewenangannya sebagai dasar penetapan angka kredit (PAK) tahunan yang diperlukan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Tim Penilai untuk menghitung dan menetapkan angka kredit, terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap berbagai dokumen hasil penilaian kinerja guru. Pada kegiatan verifikasi jika diperlukan dan memang dibutuhkan tim penilai dapat mengunjungi sekolah. Sekolah juga menyampaikan laporan tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan/atau ke UPTD Pendidikan Kecamatan.

11. Merencanakan program untuk memberikan dukungan kepada guru yang memperoleh hasil penilaian kinerja gurudi bawah standar yang ditetapkan maupun bagi guru yang telah mencapai standar.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Desember 2012
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: