//
you're reading...
Pendidik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
  • Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
  • Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
  • Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
  • Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
  • Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
  • Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan

Pertemuan Pertama :

 

1. Sifat Komutatif

Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.

Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2

 

 

Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.

Pertemuan Kedua :

 

2. Sifat Asosiatif

Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian.

Pertemuan Ketiga :

3. Sifat Distributif

Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif. Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya, perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).

Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan.

Pertemuan Keempat :

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

Sifat distributif dapat kamu gunakan pada perkalian dua bilangan. Pada perkalian tersebut, salah satu bilangannya merupakan bilangan yang cukup besar. Agar kamu lebih memahaminya, coba pelajari contoh-contoh berikut.
Contoh 1
a. 8 × 123 = …
b. 6 × 98 = …
Jawab:
a. 8 × 123 = 8 × (100 + 20 + 3)
= (8 × 100) + (8 × 20) + (8 × 3)
= 800 + 160 + 24 = 984
Jadi, 8 × 123 = 984.

b. 6 × 98 = 6 × (100 – 2)
= (6 × 100) – (6 × 2)
= 600 – 12
= 588
Jadi, 6 × 98 = 588.
Contoh 2
a. (3 × 46) + (3 × 54) = ….
b. (7 × 89) – (7 × 79) = ….
Jawab:
a. (3 × 46) + (3 × 54) = 3 × (46 + 54)
= 3 × 100
= 300
Jadi, (3 × 46) + (3 × 54) = 300.
b. (7 × 89) – (7 × 79) = 7 × (89 – 79)
= 7 × 10
= 70
Jadi, (7 × 89) – (7 × 79) = 70.

  1. Metode Pembelajaran

Games, Tanya Jawab, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

  • Kegiatan awal

Prasarat Pengetahuan :

–      Sebuatkan jenis-jenis operasi hitung..?

–      Bagaimanakan cara-cara penyelesaian operasi hitung menggunakan operasi hitung ?

Motivasi :

–      Pemahaman menggunakan sifat-sifat operasi hitung.

–      Guru menuliskan tujuan pembelajaran

Pra Pembelajaran :

–      Siswa lebih hati-hati dalam menyelesaikan operasi hitung

–      Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

&       Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

 

Pertemuan ke-2

  • Kegiatan awal

Apresepsi/ Motivasi

–      Mengingatkan kembali materi sebelumnya.

–      Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:

v  penjumlahan dan perkalian dengan nol

v perkalian dengan satu

v perkalian dua angka dengan angka sebelas

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan ke-3

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan  latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan ke-4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukanpercobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Buku lain yang relevan
  • Kegiatan keseharian yang relevan
  1. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
  • Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
  • Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
  • Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Tugas Individu

dan Kelompok

 

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

 

 

 

 

  • Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
  • Tentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
  • Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Contoh soal :

1. Sifat Komutatif

 

 

 

2. Sifat Asosiatif

 

 

3. Sifat Distributif

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.

 

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

…………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,760,511 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Ribuan Muslim Semarakkan Morowali Mengaji 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MOROWALI—Ribuan jamaah umat Islam larut melantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam Morowali Nusantara Mengaji.  Acara yang dimotori dan digagas oleh Bupati Morowali, Anwar Hafiz dalam rangka HUT Kabupaten ke-17 ini...
    Nasih Nasrullah
  • Ini Alasan Mantan Ketua DPR Akom Ingin 'Melawan' Putusan MKD 6 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua DPR Ade Komarudin, akan melakukan langkah-langkah terhadap keputusan MKD, yang pada Rabu (30/12) memberhentikannya sebagai ketua DPR. Pria yang akrab disapa Akom itu mengaku...
    Nur Aini

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: