//
you're reading...
Pendidik

Sistem Penyelenggaran Pendidikan Inklusif

Waktu: 2 jam (120 menit)

A.   PENGANTAR

Pendidikan inklusif dimaksudkan sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Penyelenggaraan pendidikan inklusif menuntut pihak sekolah melakukan penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu peserta didik. Tak kalah pentingnya, bagaimana guru-guru yang diberi tugas khusus sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus dapat dibekali kemampuan-kemampuan dan kecakapan dasar untuk melaksanakan pendidikan inklusif.

Pada sesi materi ini, peserta diberikan pengetahuan, pemahaman dan kecakapan dasar system penyelenggaraan pendidikan inklusif agar pelaksanaan pendidikan inklusif yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam penyelenggaraan system pendidikan di sekolah dapat disispkan, direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi dan dikembangkan secara lebih baik.

B.    TUJUAN

Peserta pelatihan diharapkan memiliki kecakapan:

Tujuan Umum:

Bapak/Ibu dapat mengidentifikasi persyaratan dalam penyelenggaraan pendidikan Inklusif

 

Tujuan Khusus:

Mendeskripsikan konsep dasar sistem penyelenggaraan pendidikan inklusif

Mendeskripsikan kecakapan dasar dan tugas guru pembimbing khusus anak berkebutuhan khusus.

Merumuskan ciri-cici sistem penyelenggaraan  pendidikan inklusif

Merumuskan komponen-komponen penting sekolah yang hasur disiapkan dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif

Mengidentifikasi upaya yang dapat ditempuh tim sekolah dalam pelakasanaan pendidikan inklusif di sekolah reguler

C.  BAHAN DAN ALAT

Tayangan presentasi power point (electronic file)

Handout bahan presentasi

Lembar Kerja: (1). LK untuk diskusi kelompok, (2).  LK identifikasi upaya-upaya yang dapat dialakukan tim sekolah dalam mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif


D.  LANGKAH KEGIATAN

 

.  Pengantar ( 5 menit )

Pada tahap pendahuluan ini, Fasilitator memulai kegiatan dengan menyampaikan informasi tentang aktivitas yang akan dilakukan selama 120 menit dan memberikan ilustrasi tentang kebijakan pemerintah dalam meningkatkan koalitas pendidikan persekolahan.  Salahsatunya melalui pengembangan pendidikan inklusif.

Peserta menjawab menyimak review  fasilitator mengenai pendidikan inklusif.

2. KUIS ( 15 menit )

Pada tahap  ini, Fasilitator memulai kegiatan dengan menyampaikan kuis untuk dijawab peserta: Menurut pengamatan Bapak/Ibu, bagaimana sebaiknya sistem penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah?

3. Presentasi dan penguatan (20) 

Peserta yang dipilih menjawab pertanyaan kuis dan fasilitator menyampaikan penguatan berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusif

4. Kerja Kelompok (15 menit)

Peserta bekerja dalam kelompok. Peserta mengerjakan tugas dengan mengisi LEMBAR KERJA yang telah disediakan: Identifikasilah, upaya-upaya  yang bisa Bapak/Ibu lakukan sebagai anggota Tim Sekolah dalam hal: Penyediaan Sarana dan Prasarana dan Pemberdayaan masyarakat untuk melaksanakan Pendidikan Inklusif di sekolah Bapak Ibu?

 

      Lembar Verja Kelompok: Identifikasi upaya yang dapat dilakukan

No

Komponen

Upaya-upaya yang dilakukan

1.

Penyediaan Sarana dan Prasarana bagi anak berkebutuhan khusus

2.

Strategi pelibatan masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan Pendidikan Inklusif

5. Presentasi (15’)

Berdasarkan hasil undian (jenis dan bentuk undian dapat dikembangkan fasilitator), salah satu atau beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi/kerja kelompoknya. Peserta lain memberi tanggapan dan  masukkan. Yang perlu diingat, setiap presenter harus dibatasi waktu agar tidak terlalu banyak menyita waktu untuk kegiatan selanjutnya.

6.        Penguatan  (15 menit)

Fasilitator menyampaikan penguatan

7.        Refleksi (5)

Pada tahap akhir kegiatan sesi, salah satu peserta diminta menyampaikan kesan dan pendapat, atau menyampaikan hikmah yang bisa diperoleh setelah menerima materi darisesi ini.

E.    BAHAN TAMBAHAN UNTUK FASILITATOR

 

Untuk memperdalam materi pendidikan inklusif, sebaiknya fasilitator memiliki dan menguasai buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan inklusif.

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 1,682,669 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 257 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Bareskrim Tunggu 700 WNI Berhaji Pakai Paspor Filipina Dipulangkan 28 September 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Agus Andrianto mengatakan ada keterkaitan antara kasus 177 WNI calon jamaah haji dengan 700 WNI berpaspor Filipina. Keterkaitan...
    Karta Raharja Ucu
  • Liga Champions: Rangkuman Laga Grup E, F, G, H 28 September 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, Babak penyisihan grup Liga Champions pada Rabu (28/9) dini hari WIB memainkan delapan laga. Berikut rangkuman hasil pertandingan dari GRUP E, F, G, dan H. GROUP E Menjadi malam yang...
    Andri Saubani

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

y

what it comes down to

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: