//
you're reading...
Pendidik

Sistem Penyelenggaran Pendidikan Inklusif

Waktu: 2 jam (120 menit)

A.   PENGANTAR

Pendidikan inklusif dimaksudkan sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Penyelenggaraan pendidikan inklusif menuntut pihak sekolah melakukan penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu peserta didik. Tak kalah pentingnya, bagaimana guru-guru yang diberi tugas khusus sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus dapat dibekali kemampuan-kemampuan dan kecakapan dasar untuk melaksanakan pendidikan inklusif.

Pada sesi materi ini, peserta diberikan pengetahuan, pemahaman dan kecakapan dasar system penyelenggaraan pendidikan inklusif agar pelaksanaan pendidikan inklusif yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam penyelenggaraan system pendidikan di sekolah dapat disispkan, direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi dan dikembangkan secara lebih baik.

B.    TUJUAN

Peserta pelatihan diharapkan memiliki kecakapan:

Tujuan Umum:

Bapak/Ibu dapat mengidentifikasi persyaratan dalam penyelenggaraan pendidikan Inklusif

 

Tujuan Khusus:

Mendeskripsikan konsep dasar sistem penyelenggaraan pendidikan inklusif

Mendeskripsikan kecakapan dasar dan tugas guru pembimbing khusus anak berkebutuhan khusus.

Merumuskan ciri-cici sistem penyelenggaraan  pendidikan inklusif

Merumuskan komponen-komponen penting sekolah yang hasur disiapkan dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif

Mengidentifikasi upaya yang dapat ditempuh tim sekolah dalam pelakasanaan pendidikan inklusif di sekolah reguler

C.  BAHAN DAN ALAT

Tayangan presentasi power point (electronic file)

Handout bahan presentasi

Lembar Kerja: (1). LK untuk diskusi kelompok, (2).  LK identifikasi upaya-upaya yang dapat dialakukan tim sekolah dalam mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif


D.  LANGKAH KEGIATAN

 

.  Pengantar ( 5 menit )

Pada tahap pendahuluan ini, Fasilitator memulai kegiatan dengan menyampaikan informasi tentang aktivitas yang akan dilakukan selama 120 menit dan memberikan ilustrasi tentang kebijakan pemerintah dalam meningkatkan koalitas pendidikan persekolahan.  Salahsatunya melalui pengembangan pendidikan inklusif.

Peserta menjawab menyimak review  fasilitator mengenai pendidikan inklusif.

2. KUIS ( 15 menit )

Pada tahap  ini, Fasilitator memulai kegiatan dengan menyampaikan kuis untuk dijawab peserta: Menurut pengamatan Bapak/Ibu, bagaimana sebaiknya sistem penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah?

3. Presentasi dan penguatan (20) 

Peserta yang dipilih menjawab pertanyaan kuis dan fasilitator menyampaikan penguatan berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusif

4. Kerja Kelompok (15 menit)

Peserta bekerja dalam kelompok. Peserta mengerjakan tugas dengan mengisi LEMBAR KERJA yang telah disediakan: Identifikasilah, upaya-upaya  yang bisa Bapak/Ibu lakukan sebagai anggota Tim Sekolah dalam hal: Penyediaan Sarana dan Prasarana dan Pemberdayaan masyarakat untuk melaksanakan Pendidikan Inklusif di sekolah Bapak Ibu?

 

      Lembar Verja Kelompok: Identifikasi upaya yang dapat dilakukan

No

Komponen

Upaya-upaya yang dilakukan

1.

Penyediaan Sarana dan Prasarana bagi anak berkebutuhan khusus

2.

Strategi pelibatan masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan Pendidikan Inklusif

5. Presentasi (15’)

Berdasarkan hasil undian (jenis dan bentuk undian dapat dikembangkan fasilitator), salah satu atau beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi/kerja kelompoknya. Peserta lain memberi tanggapan dan  masukkan. Yang perlu diingat, setiap presenter harus dibatasi waktu agar tidak terlalu banyak menyita waktu untuk kegiatan selanjutnya.

6.        Penguatan  (15 menit)

Fasilitator menyampaikan penguatan

7.        Refleksi (5)

Pada tahap akhir kegiatan sesi, salah satu peserta diminta menyampaikan kesan dan pendapat, atau menyampaikan hikmah yang bisa diperoleh setelah menerima materi darisesi ini.

E.    BAHAN TAMBAHAN UNTUK FASILITATOR

 

Untuk memperdalam materi pendidikan inklusif, sebaiknya fasilitator memiliki dan menguasai buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan inklusif.

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 1,282,949 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4.937 pengikut lainnya.

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • 500 Pekerja Kota Tangerang di-PHK 2 September 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 500 orang pekerja di Kota Tangerang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Saat ini, Dinas Ketenagakerjaan setempat masih mengusahakan advokasi bagi para pekerja tersebut.Kepala Dinas Ketenagakerjaan...
    Karta Raharja Ucu
  • Blast suspect's prints found on bomb equipment: Thai Police 2 September 2015
    REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- The fingerprints of a foreign man arrested over last month's deadly Bangkok blast match those found on bomb-making equipment discovered at a flat over the weekend,...
    Julkifli Marbun

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

TERMINAL KOMPUTER

MERDEKA ATAU MATI..!

FORUM KOMUNIKASI PENGAWAS TK/SD KOTA PALEMBANG

CIPTAKAN SDM YG HANDAL MENUJU PALEMBANG EMAS 2018

Dyah Budiarsih

Berbagi ilmu dengan para pendidik bangsa

Sharing

Berbagi tak pernah rugi

Staff Dikmen LPMP Jawa Tengah

Dengan TIK Memajukan Pendidikan Jawa Tengah

hilangpermataku.wordpress.com

A great WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

Makalah dan Artikel Pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 4.937 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: