//
you're reading...
Pendidik

OVERVIEW WDD-WSD AIBEP

I.   PENGANTAR

Berdasarkan nota kesepakatan antara Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten tentang Pemberian Program Block Grant Pengembangan SD-SMP Satu Atap, dan Berdasarkan loan agreement Australia Indonesia Basic Education Program (AIBEP) no. AIPRD LO 1 AusAID tanggal 12 Juli 2006, maka dipandang perlu untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Salah satu cara yang dikembangkan untuk mewujudakan pendidikan yang berkualitas lewat program pengembangan kabupaten terpadu (WDD), dan program pengembangan sekolah terpadu (WSD).

WDD (Whole District Development) atau Pengembangan Kabupaten Terpadu adalah suatu pendekatan yang suatu pendekatan dalam peningkatan mutu pendidikan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) di Kabupaten.     WDD berfokus peningkatan kapasitas kabupaten untuk mencapai standar nasional yang ditetapkan  BSNP dan Tujuan Pendidikan Nasional.

WSD (Whole School development) atau Pengembangan Sekolah Terpadu adalah suatu pendekatan dalam peningkatan mutu sekolah/Madrasah dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) di sekolah/madrasah. WSD bertujuan meningkatkan kesempatan belajar untuk anak-anak lewat peningkatan kapasitas orang-orang penting di sekolah/madrasah dan masyarakat. WSD mengacu pada peningkatan kualitas MBS dan berfokus pada perencanaan dan pengembangan satuan pendidikan sesuai SNP

Materi ini sangat penting bagi peserta karena gambaran WDD-WSD merupakan materi awal yang melingkupi materi-materi sesudahnya. Dalam sesi ini akan diberikan penjelasan lengkap tentang apa, mengapa, dan bagaimana, dan siapa yang terlibat dalam program WDD-WSD mulai dari pemerintah Pusat, Propinsi, dan Kabupaten.

II. TUJUAN

Para peserta diharapkan mampu:

q  Dasar – dasar  hukum program WDD-WSD

q  Menjelaskan apa, menggana, siapa, dan bagaimana progaram WDD-WSD mulai dari pemerintah pusat, propinsi, dan kabupaten

III.       BAHAN DAN ALAT

q  Materi Presentasi.

q  Flipchart

q  Laptop

q  LCD Projector

I.    LANGKAH KEGIATAN

Pengantar                                              5′

Diskusi Kelompok                               15′

Presentasi                                            10′

Penguatan                                            15′

Tanya Jawab                                       15′

Kesimpulan                                         10′

Langkah-langkah kegiatan adalah sebagai berikut:

1.   Pengantar (5 menit)

Fasilitator  menjelaskan tentang  tujuan kegiatan dan skenario yang akan dilakukan dalam sesi ini, termasuk memberikan kegiatan ice breaker. Memberikan penjelasan pentingnya sesi ini dan kaitannya antara sesi ini dengan kegiatan program keseluruhan.

Tips: Ice breaker yang dipakai dalam acara ini diharapkan dipilih yang ada unsur perkenalan antara satu dengan yang lain.

1.   Diskusi Kelompok (15 menit)

Dalam tahap ini, fasilitator memberikan pertanyaan kepada kelompok meja untuk menjawab pertanyaan sbb:

Apa WDD-WSD itu?

Apa keuntungan WDD-WSD itu?

Siapa yang terlibat dalam WDD-WSD itu?

Setiap kelompok menuliskan hasil setiap kelompok di papan flipchart yang sudah disediakan. Fasilitator memanggil secara acak salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

1.   Penguatan I (15 menit)

Fasilitator memberikan paparan tentang sertifikasi guru yang berhubungan dengan :

  • Dasar – dasar hukum program WDD-WSD
  • WDD-WSD; apa, mengapa, siapa, dan bagaimana program WDD-WSD dilaksanakan
  • Keuntungan WDD-WSD untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Materi penguatan  sbb:

WDD: suatu pendekatan dalam peningkatan mutu pendidikan dengan melibatkan pemangku kepentingan di Kabupaten

WDD berfokus peningkatan kapasitas kabupaten utk mencapai standar2 BSNP &Tujuan Pendidikan Nasional

Siapa yang Terlibat?

WDD
a.BAPPEDA
b.DPRD Komisi Pendidikan
c.Dinas Pendidikan
d.Kantor Departemen Agama
e.Dewan Pendidikan
WSD
a.Penngawas satuan pendidikan
b.Kepala Sekolah/Madrasah
c.Komite Sekolah/Madrasah
d.Yayasan
e.Guru
f.Perwakilan orang tua siswa

Posisi WDD/WSD

WSD 2007
Menjawab kebutuhan masyarakat atas pembelajaran seumur hidup
Peningkatan Strategi bersifat menyeluruh utk peningkatan semua satuan Pendidikan dalam kabupaten
kapasitas orang2 yg terlibat dalam dunia pendidikan utk mengambil peran kepemimpinan di Kab, Sekolah, masyarakat
Berbagai kemajuan standar nasional dapat dipetakan
Program pengenalan dikembangkan dengan berfokus pada manajemen berbasis sekolah
Memanfaatkan keahlian dan pengalaman program2 donor sebelumnya  CLCC(UNICEF),MBE dan DBE (USAID), IAPBE (Aus AID), dll,  serta program yg sudah dikembangkan pemerintah (SSN/SSI).

Apa yang sudah dilakukan?

A.Workshop Sosialisasi WDD/WSD 2007

Tujuan:

Melibatkan para pemangku kepentingan utama dalam berbagai kegiatan WDD/WSD
Meningkatkan kapasitas  peserta dalam hal Renstra dan MBS
Pengenalan untuk para KS/KAMAD dan Ketua Komite S/M BEP dalam kegiatan perencanaan awal.
B. Workshop Capacity Building
Madrasah

Tujuan : Agar Madrasah siap mengikuti program WSD dalam rangka peningkatan manajemen & mutu yang berbasis SNP

WS ini untuk 46 MTs (PSA&PB)

Materi Pokok: disamping materi utk sosialisasi WSD juga Pedoman QA,Peranan P4TK,Akreditasi S/M, PSM,Kepemimpinan, dan Strategi Pengembangan Madrasah.

C. Kegiatan Training

Training berlangsung secara berjenjang;
Berlangsung pada level Nasional, Propinsi,Kabupaten;
Training diberikan dalam 2 Grp: TOT 1 Grp 1    di Jakarta; TOT 1 Grp 2 di Makassar

(4 TOT dalam 1 tahun);

Setiap TPK dan TPS mendapat 15 hari Training/Workshop
D. Kegiatan2 Terkait
Mendukung Pemerintah dalam menerapkan strategi gender
Menfasilitasi pembelajaran anak2 inclusive
Menfasilitasi kesempatan belajar  utk anak dan orang dewasa melalui NFE
KS & KAMAD sasaran BEP dan Dewan Pengelola/Komite S/M diberi pelatihan manajemen aset  dan sistem pemeliharaan.
TEMA TOT

TOT

SERI-A                               KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL

TOT SERI-B                     PERENCANAN PENDIDIKAN SEKOLAH & DAERAH

TOT SERI-C                    KURIKLM & PEMBELAJARAN

TOT SERI-D                   PELIBATAN MASYARAKAT SECARA BERKUALITAS

TEMA  WSD

TPS SERI-A                      MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)

TPS SERI -B                  RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

TPS SERI-C                  KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

TPS SERI-D                  PARTISIPASI MASYARAKAT

TPS SERI-E                  MONITORING & EVALUASI

LOKAKARYA (WDD)

SERI-A                                            REGULASI PENDIDIKAN

SERI-B                                               RENCANA STRATEGIS    PENDIDIKAN KABUPATEN/ KOTA

SERI-C                                        RENCANA KERJA DISPENDIK

SERI-D                                        ANGGARAN PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA

SERI-E                                       MONITORING DAN EVALUASI

Apa yang akan dikerjakan?

A. TOT

l4 LPMP
l2 MoRA Training Centre
l2 P4TK

B. LPMP,MTC,P4TK à will train and additional 5 trainer per district + 2 per province (20 BEP provinces)

Support existing activities à 2009
District capacity to work with school other than BEP school
C. Block Grants
Inovasi dalam bidang pendidikan
Perencanaan dan manajemen
Gender
Pendidikan inklusif
Partisipasi masyarakat
Kabupaten dan sekolah
Keuntungan WDD/WSD
Mendukung BSNP
Mendukung RENSTRA
Berada dalam sistem
Meningkatkan kapasitas lokal yang ada
Melengkapi kerja donor lainnya
Bisa ditiru
Berhubungan dengan kegiatan BEP lainnya

Bekerja sama dengan Depdiknas dan Depag, berbagai Direktorat, sekolah negeri dan swasta, di 20 provinsi, lebih dari 180 kabupaten dan mencapai 300,000+ anak.

MATERI PR3SENRASI

 

 

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 1,764,690 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Warga Pidie Jaya Harapkan Bantuan Segera Tersalurkan 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, TRIENGGADENG -- Masyarakat korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya mengharapkan bantuan dari pemerintah bisa segera tersalurkan. Seperti masyarakat Desa Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12). Dimana...
    Sadly Rachman
  • BPBD Magetan Bangun Posko Tanggap Darurat 9 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membangun sebuah pos komando (posko) tanggap darurat bencana di wilayah paling rawan tanah longsor guna memberikan penanganan cepat jika sewaktu-waktu terjadi...
    Yudha Manggala P Putra

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: