//
you're reading...
Pendidik

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF

1. KBM YG MENUNJANG PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA

A.MAKNA BELAJAR
B.BERPUSAT PADA SISWA
C.BELAJAR DAN MENGALAMI
D.MENGEMB KETR SOSIAL, KOGNITIF, DAN EMOSIONAL
E.MENGEMB KEINGINTAHUAN, IMAJINASI, DAN FITRAH BERTUHAN
F.PERPADUAN KEMANDIRIAN DAN KERJA SAMA
G.BELAJAR SEPANJANG HAYAT
A. Makna Belajar

Belajar merupakan proses membangun pemahaman/pemaknaan terhadap informasi dan atau pengalaman siswa

B. Berpusat pada Siswa

Siswa sebagai subjek belajar. KBM memperhatikan bakat, minat, kemampuan, cara dan strategi belajar, motivasi belajar, dan latar belakang sosial siswa

C. Belajar dan Mengalami

Dikembangkan melalui:

Pengalaman inderawi: melihat, mendengar, meraba/menjamah, mencicipi, mencium
Pengalaman simulasi
Audio-visual
Mendengarkan informasi
D. Mengembangkan Ketr Sosial,  Kognitif, dan Emosional
Mengkomunikasikan gagasan, hasil kreasi, hasil temuan
Berinteraksi dg lingk
Belajar kelompok
Saling mempertajam, memperdalam, memantapkan, menyempurnakan gagasanuBersosialisasi: menghargai perbedaan pendapat, sikap, kemampuan, prestasi
Bekerja sama dan mengembangkan empati
E. Mengembangkan Keingintahuan, Imajinasi, dan Fitrah Ber-Tuhan
Rasa ingin tahu             : peka, kritis,  mandiri, dan   kreatif

Fitrah Ber-Tuhan    :    bertaqwa kepada Tuhan YME

F.  Perpaduan Kemandirian dan  Kerja Sama :berkompetisi, kerja mandiri, kerja sama, dan, solidaritas

G. Belajar Sepanjang Hayat :
   Untuk bertahan (survive) & berhasil (success)
   Mengenali diri
   Keterampilan belajar: percaya diri, keingintahuan, memahami orang lain, kemampuan berkomunikasi, dan bekerja sama
2. PENGALAMAN BELAJAR  YANG BERAGAM
A.Pengalaman Mental
B.Pengalaman Fisik
C.Pengalaman Sosial
A. Pengalaman Mental

Melalui:  – membaca buku

– mendengarkan ceramah

– mendengarkan berita radio,

televisi

– melakukan perenungan

– menonton film

– …

B. Pengalaman Fisik

Melalui:  – pengamatan

– percobaan

– penelitian

– kunjungan

– karya wisata

– pembuatan buku harian

– …

 

C. Pengalaman Sosial

 Melalui:
   – berwawancara dg tokoh

– bermain peran

– berdiskusi

– bekerja bakti

– melakukan bazar

– melakukan pameran

– berjual beli

– pengumpulan dana sosial

– berinteraksi sosial (bertanya, menjawab,berkomentar, mempertanyakan jawaban, mendemonstrasikan, ….

uMelibatkan siswa untuk:

– berbuat

– berpikir

– berinteraksi

melalui kegiatan-kegiatan:

– mengamati

– bertanya

– mempertanyakan

– menjelaskan

– berkomentar

– mengajukan hipotesis

– mengumpulkan data

– ….

Dengan situasi:

– nyata

– buatan

– audio-visual (misal: sajian film)

– visualisasi verbal:  – ilustrasi

– carta

– grafik

– tabel

– …

– audio-verbal

Contoh-contoh pengalaman belajar

umenggubah syair dan bernyanyi
umelakukan permainan
udiskusi (bertanya, menjawab, berkomentar, mendengar penjelasan, menyanggah)
umenggambar dan mengarang
umenulis prosa, puisi, pantun
umembaca
umenyimak
umengisi teka-teki
umengajukan pertanyaan penelitian
umengajukan pendapat dg alasan yang logis
umengomentari
ubercerita
umendengarkan cerita
umengamati persamaan dan perbedaan untuk mencari ciri benda
umendengarkan penjelasan sambil membuat catatan penting
umembuat rangkuman/sinopsis
umendemonstrasikan hasil temuan
umencari pemecahan soal-soal (matematika)
umembuat soal cerita
umendiskusikan wacana dari media cetak/media elektronik
umembuat cergam
umembuat resensi buku
umengkritisi suatu artikel
umengkaji pola tulisan suatu artikel
umenulis artikel ilmiah populer
umembuat ensiklopedi
u(tambahkan kegiatan lain yang mengerahkan keterampilan berpikir dan mengaplikasikan pengetuan yang sudah dimiliki siswa) ….
3. PENGELOLAAN KBM
A.Pengelolaan Tempat Belajar
B.Pengelolaan Siswa
C.Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran
D.Pengelolaan Isi Pembelajaran
E.Pengelolaan Sumber Belajar
A. Pengelolaan Tempat Belajar
uBergantung strategi yang akan digunakan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
uMemperhatikan intensitas interaksi antarsiswa
uYang dikelola:

– pajangan (hasil kerja siswa, gambar,

peta, diagram, model, benda asli,

kumpulan puisi, karangan…).

– meja kursi

– perabot sekolah

– sumber belajar

B. Pengelolaan Siswa

uSiswa dikelola secara individual, berpasangan, berkelompok, seluruh kelas
uHal yang perlu menjadi pertimbangan

– jenis kegiatan

– tujuan kegiatan

– keterlibatan siswa

– waktu belajar

– ketersediaan sarana/prasarana

– karakteristik siswa

KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK SISWA

Faktor Keberagaman

Pengelolaan Siswa
Isi (by content) Siswa berpeluang mempelajari materi yg berbeda dlm sasaran kompetensi yg sama taupun berbeda
Minat dan motivasi (by interest) Siswa berpeluang berkreasi sesuai dg minat dan motivasi belajar baik dlm kompetensi yg sama maupun berbeda. Siswa termotivasi belajar secara mandiri
Kecepatan tahapan belajar (by speed) Siswa berpeluang belajar (bekerja) sesuai dengan kecepatan yg dimilikinya. Keberagaman bisa pada kompetensi, isi, maupun kegiatan

 

Faktor Keberagaman Pengelolaan Siswa
Tingkat Kemampuan (by level) Siswa berpeluang untuk mencapai kompetensi secara maksimal sesuai dg tingkat kemampuan yg dimiliki
Reaksi yg diberikan siswa (by respond) Siswa berpeluang menunjukkan respon melalui presentasi/menyajikan hsl karyanya secara lisan, tertulis, benda kreasi, …
Siklus cara berpikir (by circular sequence)

 

 

Siswa berpeluang menguasai kompetensi melalui cara-cara, dan seleksi berdasarkan perspektif yg mereka pilih

 

 

Faktor Keberagaman Pengelolaan Siswa
Waktu (by time) Siswa berkemungkinan untuk memiliki perbedaan durasi untuk menguasi kompetensi tertentu
Pendekatan pembelajaran (by teaching style) Siswa diberi perlakuan secara individual sesuai dengan keadaannya

 

baca lebih lanjut :

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: