1 | Standar Isi. | 1. Sudah melaksanakan KTSP untuk semua mata pelajaran. |
2. Telah melaksanakan kegiatan pengembangan KTSP sesuai ketentuan. | ||
3. Ada dokumen kurikulum yang berupa dokumen I (buku KTSP) dan Silabus semua mata pelajaran. | ||
4. Ada dokumen kegiatan Remedial dan pengayaan oleh guru. | ||
5. Ada kegiatan BK dan ekstra kurikuler. | ||
6. Terdapat Standar Kompetensi (SK) untuk semua mata pelajaran. | ||
7. Menghitung hari-hari efektif, minggu dan hari libur dalam dokumen kalender akademik. | ||
2 | Standar Proses. | 1. Guru-guru mengembangkan Silabus secara mendiri. |
2. Guru-guru menyusun RPP sebelum mengajar. | ||
3. Guru-guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai KTSP. | ||
4. Kepala Sekolah melaksanakan Supervisi Pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian). | ||
5. Kepala Sekolah menindak lanjuti hasil supervisi. | ||
3 | Standar Keputusan Lulusan. | 1. Ada dokumen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk kelompok Iptek, IPS dan Seni Budaya. |
2. Guru mengajar dengan mengutamakan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. | ||
3. Guru melaksanakan proses pembelajaran CTL. | ||
4. Menggunakan media pembelajaran lingkungan. | ||
5. Melatih siswa berfikir kritis, kreatif dan inovatif. | ||
6. Terdapat proses pembelajaran pembiasan. | ||
7. Siswa memperoleh pengalaman di bidang seni dan budaya. | ||
8. Siswa dilatih memperoleh pengalaman berjiwa / sikap sportif. | ||
9. Siswa diberi pengalaman dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara. | ||
4 | Standar Pendidik dan Tendik. | 1. 75 % kiualifikasi guru S.1 / D.IV. |
2. 75 % guru mengajar sesuai latar belakang ijazah. | ||
3. Kepala Sekolah, Wakasek dan KTU S.1. | ||
4. Punya Tata Usaha memadai. | ||
5. Ada tenaga laboran, pustakawan dan penjaga sekolah yang cukup. | ||
6. Tenaga Laboran, Pustakawan dan Tenaga Administrasi 75 % sesuai keahlian pendidikan. | ||
7. Pendidik dan Tendik 90 % berperilaku baik. | ||
8. Kepala Sekolah memiliki pengalaman sebagai pendidik. | ||
9. Memiliki guru BK yang cukup memadai. | ||
10. Kepala Sekolah cukup melaksanakan supervisi. | ||
5 | Standar Sarana dan Prasarana. | 1. Memiliki luas lahan sesuai ketentuan. |
2. Memiliki gedung sekolah sendiri. | ||
3. Memiliki ruang Kepala Sekolah dengan ruang TU. | ||
4. Sarana / prasarana belajar yang cukup. | ||
5. Ada ruang laboratorium (IPA Biologi, IPA Fisika, Ruang Perpustakaan dan Ruang Keterampilan. | ||
6. Terdapat ruang BK, OSIS, PMR / UKS. | ||
7. Terdapat ruang guru. | ||
8. Terdapat Musholla. | ||
9. Terdapat fasilitas olah raga (alat dan lapangan). | ||
10. Terdapat gudang dan aula. | ||
6 | Standar Pengelolaan. | 1. Terdapat rumusan visi-misi sekolah. |
2. Memiliki program kerja menengah (4 tahun) dan program kerja tahunan. | ||
3. Memiliki dokumen pengelolaan 8 Standar Nasional Pendidikan. | ||
4. Memiliki struktur organisasi sekolah. | ||
5. Ada program pemberdayaan pendidik dan tenaga kepandidikan. | ||
6. Terdapat dokumen pengelolaan pembiayaan. | ||
7. Ada dokumen pembinaan kesiswaan. | ||
8. Ada dokumen pengelolaan sarana dan prasarana. | ||
9. Terdapat aturan untuk menciptakan tata tertib dan keamanan sekolah. | ||
10.Ada dokumen pengelolaan pembelajaran. | ||
11.Ada dokumen supervisi guru. | ||
12.Ada dokumen pengelolaan pegawai. | ||
7 | Standar Pembiayaan. | 1. Memiliki dokumen nilai aset. |
2. Terdapat Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS). | ||
3. Memiliki modal kerja / anggaran untuk pembiayaan sekolah. | ||
4. Memiliki data pembayaran gaji / upah. | ||
5. Memiliki anggaran pembiayaan sarana dan prasarana. | ||
6. Memiliki anggaran pembiayaan ujian semester, ujian sekolah dan UN. | ||
7. Memiliki data sumber dana yang jelas dan teratur. | ||
8. Terdapat laporan pertanggung jawaban keuangan tahunan. | ||
8 | Standar Penilaian. | 1. Setiap guru merancang kriteria penilaian yang di muat dalam silabus. |
2. Setiap silabus mata pelajaran dilengkapi dengan indikator pencapaian Kompetensi Dasar (KD). | ||
3. Guru memiliki dan mengembangkan berbagai instrumen penilaian. | ||
4. Setiap mata pelajaran dilengkapi dengan pedoman penilaian sesuai bentuk dan tekniknya. | ||
5. Guru memiliki dokumen hasil penilaian. | ||
6. Guru menganalisis hasil penilaian untuk kegiatan perbaikan. | ||
7. Setiap mata pelajaran di tetapkan KKM nya. | ||
8. Sekolah memiliki program evaluasi semester dan ujian akhir. | ||
9. Sekolah memiliki dokumen hasil ujian 2 tahun terakhir. | ||
10. Sekolah memiliki dokumen penerbitan Raport, SKHUN dan Ijazah 2 tahun terakhir.
|
||
Pedoman Penentuan Skor setiap Komponen SNP sebagai berikut :
1. Terpenuhi kurang dari 20 % Skor = 0,00 2. Terpenuhi di atas 20 – 35 % Skor = 25,00 3. Terpenuhi 36 – 50 % Skor = 50,00 4. Terpenuhi 51 – 75 % Skor = 75,00 Terpenuhi 76 – 100 %
dunload file di sini :INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SMP
|
http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf
RADIO EDUKASI
Live Streaming AM 1251 kHz
Assalamu’alaikum wr wb….
Bolehkah saya mendapat kiriman file ini di email saya ?
Terima kasih atas informasinya, semoga sukses selalu untuk Bapak.
Salam.
Enita.
SukaSuka
silahkan dunloan file di akhir tulisan ini !.
SukaSuka
silakan dunload ada diakhir tulisa di ats, thanks ya dah masuk ke blog ku
SukaSuka
tlng d kirimkan tautan di atas.trim
SukaSuka
maksusnnya tautan yang mana ya?.
SukaSuka
minta tolong indikator pemenuhan SNP yang SD pak 🙂
SukaSuka
Dalam Dupak seorang pengawas boleh tidak menggabungkan antara bukti fisik pelaksanaan tugas ketika masih kepsek dengan bukti setelah menjadi pengawas. Terima kasih atas jawaban bapak.
SukaSuka
sebaikya bikin 2 buah pak,
SukaSuka
Jadi DUPAK nya sendiri-sendiri ya? Terima kasih dan maaf baru lihat balasan bapak.
SukaSuka