//
you're reading...
Pendidik

INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) SMP

1 Standar Isi. 1.  Sudah melaksanakan KTSP untuk semua mata pelajaran.
2.  Telah melaksanakan kegiatan pengembangan KTSP sesuai ketentuan.
3.  Ada dokumen kurikulum yang berupa dokumen I (buku KTSP) dan Silabus semua mata pelajaran.
4.  Ada dokumen kegiatan Remedial dan pengayaan oleh guru.
5.  Ada kegiatan BK dan ekstra kurikuler.
6.  Terdapat Standar Kompetensi (SK) untuk semua mata pelajaran.
7.  Menghitung hari-hari efektif, minggu dan hari libur dalam dokumen kalender akademik.
2 Standar Proses. 1.  Guru-guru mengembangkan Silabus secara mendiri.
2.  Guru-guru menyusun RPP sebelum mengajar.
3.  Guru-guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai KTSP.
4.  Kepala Sekolah melaksanakan Supervisi Pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian).
5.  Kepala Sekolah menindak lanjuti hasil supervisi.
3 Standar Keputusan Lulusan. 1.  Ada dokumen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk kelompok Iptek, IPS dan Seni Budaya.
2.  Guru mengajar dengan mengutamakan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar.
3.  Guru melaksanakan proses pembelajaran CTL.
4.  Menggunakan media pembelajaran lingkungan.
5.  Melatih siswa berfikir kritis, kreatif dan inovatif.
6.  Terdapat proses pembelajaran pembiasan.
7.  Siswa memperoleh pengalaman di bidang seni dan budaya.
8.  Siswa dilatih memperoleh pengalaman berjiwa / sikap sportif.
9.  Siswa diberi pengalaman dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara.
4 Standar Pendidik dan Tendik. 1.     75 % kiualifikasi guru S.1 / D.IV.
2.     75 % guru mengajar sesuai latar belakang ijazah.
3.     Kepala Sekolah, Wakasek dan KTU S.1.
4.     Punya Tata Usaha memadai.
5.     Ada tenaga laboran, pustakawan dan penjaga sekolah yang cukup.
6.     Tenaga Laboran, Pustakawan dan Tenaga Administrasi 75 % sesuai keahlian pendidikan.
7.     Pendidik dan Tendik 90 % berperilaku baik.
8.     Kepala Sekolah memiliki pengalaman sebagai pendidik.
9.     Memiliki guru BK yang cukup memadai.
10.   Kepala Sekolah cukup melaksanakan supervisi.
5 Standar Sarana dan Prasarana. 1.          Memiliki luas lahan sesuai ketentuan.
2.          Memiliki gedung sekolah sendiri.
3.          Memiliki ruang Kepala Sekolah dengan ruang TU.
4.          Sarana / prasarana belajar yang cukup.
5.          Ada ruang laboratorium (IPA Biologi, IPA Fisika, Ruang Perpustakaan dan Ruang Keterampilan.
6.          Terdapat ruang BK, OSIS, PMR / UKS.
7.          Terdapat ruang guru.
8.          Terdapat Musholla.
9.          Terdapat fasilitas olah raga (alat dan lapangan).
10.   Terdapat gudang dan aula.
6 Standar Pengelolaan. 1.       Terdapat rumusan visi-misi sekolah.
2.       Memiliki program kerja menengah    (4 tahun) dan program kerja tahunan.
3.       Memiliki dokumen pengelolaan 8 Standar Nasional Pendidikan.
4.       Memiliki struktur organisasi sekolah.
5.       Ada program pemberdayaan pendidik dan tenaga kepandidikan.
6.       Terdapat dokumen pengelolaan pembiayaan.
7.       Ada dokumen pembinaan kesiswaan.
8.       Ada dokumen pengelolaan sarana dan prasarana.
9.       Terdapat aturan untuk menciptakan tata tertib dan keamanan sekolah.
10.Ada dokumen pengelolaan pembelajaran.
11.Ada dokumen supervisi guru.
12.Ada dokumen pengelolaan pegawai.
7 Standar Pembiayaan. 1.  Memiliki dokumen nilai aset.
2.  Terdapat Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS).
3.  Memiliki modal kerja / anggaran untuk pembiayaan sekolah.
4.  Memiliki data pembayaran gaji / upah.
5.  Memiliki anggaran pembiayaan sarana dan prasarana.
6.  Memiliki anggaran pembiayaan ujian semester, ujian sekolah dan UN.
7.  Memiliki data sumber dana yang jelas dan teratur.
8.  Terdapat laporan pertanggung jawaban keuangan tahunan.
8 Standar Penilaian. 1.     Setiap guru merancang kriteria penilaian yang di muat dalam silabus.
2.     Setiap silabus mata pelajaran dilengkapi dengan indikator pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
3.     Guru memiliki dan mengembangkan berbagai instrumen penilaian.
4.     Setiap mata pelajaran dilengkapi dengan pedoman penilaian sesuai bentuk dan tekniknya.
5.     Guru memiliki dokumen hasil penilaian.
6.     Guru menganalisis hasil penilaian untuk kegiatan perbaikan.
7.     Setiap mata pelajaran di tetapkan KKM nya.
8.     Sekolah memiliki program evaluasi semester dan ujian akhir.
9.     Sekolah memiliki dokumen hasil ujian 2 tahun terakhir.
10.   Sekolah memiliki dokumen penerbitan Raport, SKHUN dan Ijazah 2 tahun terakhir.

 

 

Pedoman Penentuan Skor setiap Komponen SNP sebagai berikut :

1.  Terpenuhi kurang dari 20 %               Skor                   = 0,00

2.  Terpenuhi di atas 20 – 35 %                 Skor                   = 25,00

3.  Terpenuhi 36 – 50 %                     Skor                   = 50,00

4.  Terpenuhi 51 – 75 %                     Skor                   = 75,00

Terpenuhi 76 – 100 %

 

 

 

 

dunload file di sini :INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SMP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

9 thoughts on “INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) SMP

  1. Assalamu’alaikum wr wb….
    Bolehkah saya mendapat kiriman file ini di email saya ?
    Terima kasih atas informasinya, semoga sukses selalu untuk Bapak.
    Salam.
    Enita.

    Suka

    Posted by Eni'ta Clara | 9 Maret 2012, 11:51 am
  2. tlng d kirimkan tautan di atas.trim

    Suka

    Posted by tedy | 15 Juni 2012, 11:33 am
  3. minta tolong indikator pemenuhan SNP yang SD pak 🙂

    Suka

    Posted by purwaning | 19 Juni 2013, 3:54 am
  4. Dalam Dupak seorang pengawas boleh tidak menggabungkan antara bukti fisik pelaksanaan tugas ketika masih kepsek dengan bukti setelah menjadi pengawas. Terima kasih atas jawaban bapak.

    Suka

    Posted by ahmad azikin | 20 Juni 2013, 6:19 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Statistik Blog

  • 2,154,927 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

AWARD BLOG PENDIDIKAN

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 274 pengikut lainnya

Teratas

RSS Republika online

  • Dinsos Banten Beri Bimbingan Sosial Tahanan Anak 21 November 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Sosial Provinsi Banten mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pria Kota Tangerang. Kepala Seksi Rehabilitasi Anak dan Lansia Dinas Sosial Provinsi Banten, Budi Darma mengatakan,...
    Hazliansyah
  • 13 Faksi Politik Palestina Berunding di Kairo 21 November 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Tokoh senior dari 13 faksi politik di Palestina, termasuk Hamas,dijadwalkan akan bertemu di Kairo, Mesir, Selasa (21/11) untuk melakukan perundingan. Perundingan yang dilakukan selama tiga hari...
    Ani Nursalikah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Rhakateza's Weblog

Aku menulis karena aku ada

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Siapapun Anda, jika nyasar ke sini semoga tak menyesal 😋🐝🌸

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

A Public Sphere for Poetry, Nature, and Politics

Architecture Here and There

Style Wars: classicism vs. modernism

Stories From the Belly

Feminine Embodiment, Detoxing From Sexual Objectification, & Taking Up Space

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

THIS MACHINE MOCKS FASCISTS

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

%d blogger menyukai ini: