//
you're reading...
Pendidik

instrumen PENILAIAN ASPEK AKHLAK MULIA PENGAMALAN AGAMA

PENILAIAN ASPEK AKHLAK MULIA PENGAMALAN AGAMA

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nama Siswa   :  …………………………………………………

Kelas            :  ………………

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Kedisiplinan

D

a.    Hidup yang teratur

b.    Mematuhi berbagai aturan yang berlaku

c.     Memiliki prinsif hidup

d.    Tidak merugikan orang lain

e.    Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan

2

Kebersihan

B

a.    Sadar bahwa kebersihan sebagaian dari iman

 

b.    Menjaga dan merawat kebersihan pribadi

c.     Menjaga dan merawat kebersihan lingkungan

d.    Tidak membuang sampah sembarangan

e.    Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan

3

Tanggung Jawab

T

a.    Melaksanakan berbagai kewajiban dengan sebaik-baiknya

 

b.    Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan

c.     Tidak marah dan tidak jengkel ketika gagal meraih sesuatu

d.    Bekerja keras untuk meraih sukses

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

4

Sopan Santun

S

a.    Sopan dalam perkataan, perbuatan dan cara berpakaian

 

b.    Memberi salam setiap bertemu teman dan guru

c.     Tidak angkuh

d.    Murah senyum pada siapapun

e.    Sopan santun pada guru dan orang tua

5

Hubungan Sosial

H

a.    Menjalin silaturahmi dengan siapapun

 

b.    Menolong teman yang mengalami kesusahan

c.     Saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan positif

d.    Menghindari permusuhan dengan siapapun

e.    Toleransi dan empati terhadap orang lain

6

Kejujuran

J

a.    Tidak berkata bohong

 

b.    Menjaga amanah

c.     Hidup harus konsekuen

d.    Menepati janji

e.    Mengkui kelebihan orang lain

7

Pelaksanaan Ibadah Ritual

I

a.     Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama yang dianutnya

 

b.    Menghormati teman yang beragama lain

c.     Mempunyai perasaan yang selalu diawasi Alloh

d.    Menerima ketentuan Alloh

e.    Beramal untuk bekal akhirat

 

NORMA-NORMA PENILAIAN

 

Norma-norma penilaian Aspek Kepribadian :

1.  Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.  Setiap aspek mempunyai 5 indikator

3.  Nilai maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga nilai maksimum setiap aspek adalah 25.

4.  Adapun kriteria penilaiannya adalah :

a.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 21 s.d 25 maka penilaiannya A atau 4 ( Amat Baik )

b.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 16 s.d 20 maka penilaiannya B atau 3 ( Baik )

c.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 10 s.d 15 maka penilaiannya C atau 2( Cukup )

d.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah kurang dari 10 maka penilaiannya K atau 1 ( Kurang Baik )

,   Januari 2011

Guru Penilai

……………………………………………….

NIP.  ………………………………………

Iklan

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 2,159,918 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

AWARD BLOG PENDIDIKAN

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 274 pengikut lainnya

Teratas

RSS Republika online

  • Memandang Masa Depan Lewat Forum Ekonomi Indonesia 23 November 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Ekonomi Indonesia (Indonesia Economic Forum/IEF) kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya. Diikuti oleh forum bisnis terkemuka di Indonesia dan regional tersebut membahas masa depan Indonesia.Acara yang...
    Gita Amanda
  • Rumah Murah untuk yang Berhak, Siapa Mereka? 23 November 2017
    REPUBLIKA.CO.ID, Sejak di tingkat sekolah dasar kita telah dijelaskan bahwa ada tiga kebutuhan pokok manusia, yakni sandang, pangan dan perumahan.  Di dalam UUD 1945, juga ditegaskan pada Pasal 28...
    Agus Yulianto

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Rhakateza's Weblog

Aku menulis karena aku ada

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Siapapun Anda, jika nyasar ke sini semoga tak menyesal 😋🐝🌸

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

A Public Sphere for Poetry, Nature, and Politics

Architecture Here and There

Style Wars: classicism vs. modernism

Stories From the Belly

Feminine Embodiment, Detoxing From Sexual Objectification, & Taking Up Space

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

THIS MACHINE MOCKS FASCISTS

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

%d blogger menyukai ini: