//
you're reading...
Pendidik

INSTRUMEN PENILAIAN AKHIR ASPEK KEPRIBADIAN DAN PRILAKU BERKEPRIBADIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PENILAIAN AKHIR ASPEK KEPRIBADIAN DAN PRILAKU BERKEPRIBADIAN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nama Siswa   :  …………………………………………………

Kelas            :  ………………

  1. ASPEK DAN INDIKATOR KEPRIBADIAN

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Tanggung jawab

T

a.    Melaksanakan berbagai kewajiban dengan sebaik-baiknya

b.    Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan

c.     Tidak marah dan tidak jengkel ketika gagal meraih sesuatu

d.    Bekerja keras untuk meraih sukses

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

 

           

2

Saling Menghargai

P

a.    Membiarkan orang lain berbuat sesuatu sesuai haknya

b.    Menghormati pilihan orang lain

c.     Mengakui hak-hak orang lain

d.    Bersikap hormat kepada setiap warga sekolah

e.    Menghargai pendapat orang lain

 

           

3

Percaya Diri

H

a.    Tidak menyesali nasib

b.    Tidak menyalahkan orang lain

c.     Tidak mudah menyerah/Tidak putus asa

d.    Memiliki prinsip hidup

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

 

           

4

Santun

S

a.    Sopan dalam perkataan, perbuatan dan cara berpakaian

b.    Memberi salam setiap bertemu teman

c.     Murah senyum pada siapapun dan tidak angkuh

d.    Menerima saran dan nasehat siapapun

e.    Menghindari permusuhan dengan siapapun

 

           

5

Kompetitif

K

a.    Berani bersaing

b.    Menunjukan semangat berprestasi

c.     Berusaha untuk maju

d.    Memiliki keinginan untuk tahu

e.    Menghargai hasil karya orang lain

 

           

 

2.  ASPEK DAN INDIKATOR PRILAKU BERKEPRIBADIAN

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Hubungan Sosial

HS

a.   Menjalin hubungan baik dengan setiap warga di sekolah maupun di masyarakat

b.   Menolong teman yang mengalami kesusahan

c.    Bekerjasama dalam kegiatan positif

d.   Toleransi dan empati terhadap orang lain

e.   Menjaga perasaan orang lain

 

           

2

Mematuhi Tata Aturan Sosial

MT

a.  Mematuhi tata aturan di sekolah maupun di masyarakat

b.  Tidak merugikan orang lain

c.  Menjaga keamanan dan ketertiban

d.  Mengikuti kegiatan sekolah sesuai aturan/jadwal

e.  Tidak masuk genk apapun juga, termasuk genk motor

 

           

3

Memanfaatkan Lingkungan

secara Produktif

ML

a.  Menjaga Kebersihan  lingkungan

b.  Menjaga kerapihan lingkungan

c.  Memberdayakan lahan kosong menjadi lahan produktif

d.  Ciptakan lingkungan yang hijau dan berbunga

e.  Memanfaatkan sampah untuk menjadi pupuk dan produk yang bermanfaat

 

           

4

Mengembangkan Diri

secara Optimal

MD

a.    Mengikuti kegiatan OSIS atau organisasi lain yang positif

b.    Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah

c.     Mengikuti berbagai kegiatan remaja mesjid bagi muslim atupun gereja bagi nasrani

d.    Berani mengembangkan bakat seni spt; vocal, MTQ, Band dll

e.    Mengikuti berbagai kegiatan positif di masyaraka

 

           

5

Memanfaatkan Fasilitas

Teknologi Informasi

MT

a.    Memiliki keinginan untuk tahu tentang teknologi informasi

b.    Memanfaatkan komputer dengan baik dan benar

c.     Memanfaatkan handphone sesuai dengan fungsinya

d.    Mengakses internet hal-hal yang bermakna dan benar

e.    Menjaga fasilitas teknologi informasi dengan baik

 

           

6

Memberdayakan Diri dengan Belajar

MB

a.    Mengikuti kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal pelajaran

b.    Memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran

c.     Melaksanakan setiap tugas yang diberikan guru

d.    Gemar membaca

e.    Senang menulis

 

           

7

Menjaga Kesehatan Jasmani

MK

a.    Tidak merokok dan minum-minuman keras

b.    Tidak menggunakan Narkoba

c.     Membiasakan hidup sehat melalui aktivitas jasmani

d.    Merawat kesehatan diri

e.    Menjaga kebersihan dan kerapihan diri

 

           

8

Menghargai Karya-karya Estetika

KE

a.    Senang akan keindahan

b.    Dapat menciptakan karya yang baik dan bermanfaat

c.     Dapat menjaga dan tidak merusak karya-karya yang ada

d.    Menghargai hasil karya orang lain

e.    Manfaatkan karya-karya yang ada dengan baik dan benar

 

           
             

 

NORMA-NORMA PENILAIAN

 

Norma-norma penilaian Aspek Kepribadian :

1.  Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.  Setiap aspek mempunyai 5 indikator

3.  Skor maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga skor maksimum setiap aspek adalah 25.

4.  Adapun kriteria penilaiannya adalah :

a.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 23 s.d 25 maka penilaiannya A ( Amat Baik )

b.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 18 s.d 22 maka penilaiannya B ( Baik )

c.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 13 s.d 17 maka penilaiannya C ( Cukup )

d.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah kurang dari 13 maka penilaiannya K ( Kurang Baik )

5.  Dalam menentukan penilaian untuk seluruh Aspek baik A, B, C, maupun K, tergantung jumlah banyak A, B, C ataupun K dari seluruh penilaian Aspek tersebut.

 

Norma-norma penilaian Aspek Prilaku Berkepribadian :

1.   Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.   Setiap aspek mempunyai sedikitnya 5 indikator

3.   Skor maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga skor maksimum setiap aspek adalah 25.

4.   Adapun kriteria skore penilaiannya adalah :

a.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 23 s.d 25 maka penilaiannya A ( Amat Baik )

b.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 18 s.d 22 maka penilaiannya B ( Baik )

c.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 13 s.d 17 maka penilaiannya C ( Cukup )

d.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah kurang dari 13 maka penilaiannya K ( Kurang Baik )

5.   Dalam menentukan penilaian untuk seluruh Aspek baik A, B, C, maupun K, tergantung jumlah banyak A, B, C ataupun K dari seluruh penilaian Aspek tersebut.

 

Margahayu,   Januari 2011

Guru Penilai

 

 

 

 

……………………………………………….

NIP.  ………………………………………

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 1,625,173 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 5.203 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Peneliti Ungkap Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Baik untuk Anak 25 Juli 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, Apakah anak Anda memiliki "kebiasaan buruk" suka menghisap ibu jari dan menggigit kuku? Tidak perlu khawatir. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengurangi kepekaan terhadap alergi pada anak...
    Indira Rezkisari
  • Mengerikannya Eksekusi Mati di Kampung Pecah Kulit 25 Juli 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi ShahabToponim nama-nama tempat di Jakarta menunjukkan sesuatu pernah terjadi di tempat tersebut. Seperti Bendungan Jago dan Bendungan Ilir di Jakarta Pusat. Karena di kedua tempat ini...
    Karta Raharja Ucu

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

LaDIYfest Sheffield

2015 - NOW ORGANISING!

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites (& Other Stories ) by Diahann Reyes

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

A WORLD OF NEVERENDING HAPPINESS

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.203 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: