//
you're reading...
Pendidik

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS TERPADU (Model Integrated).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP / MTs                 

:

Sukamaju

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tema        

:

Lembah Bengawan Solo

Kelas / Semester

:

VII  / 1

Alokasi Waktu

:

8  X 40 menit (4 x pertemuan)

 

 

A.   Standar Kompetensi

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia (SK no. 1)

2. Memahami kehidupan sosial manusia (SK no.2)

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan (SK no.6)

B.   Kompetensi Dasar

1.    Mendeskripsikan keragaman bentuk Muka bumi , proses pembentukan , dan dampaknya terhadap kehidupan

2.    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia

3.    6.1.Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi

4.    2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

5.    6.2. Mendiskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

C.   Indikator

  1. Mendiskripsikan pengertian urbanisasi dengan menggunakan kalimat sendiri
  2. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  3. Mendiskripsikan terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi geografi)
  4. Mengidentifiksi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  5. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  6. Mengidentifikasi dapak terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  7. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  sosiologi)
  8. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  geografi)
  9. Menjelaskan strategi mengatasi terjadinya urbanisasi

 

D.   Tujuan Pembelajaran :

1.    Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo

2.    Menyebutkan kota-kota yang dilalui aliran sungai Bengawan Solo

3.    Mendeskripsikan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

4.    Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara

5.    Menjelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat pra-aksara.

Pertemuan I

6.    Menyanyikan dan mamaknai lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang

7.    mendiskripsikan  kondisi fisik, sosial dan ekonomi di sekitar aliran sungai bengawan Solo.

8.    Mengamati peta/ membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

9.    Menginterpretasikan  peta letak aliran sungai Bengawan Solo

10. Mengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan Solo.

Pertemuan II

  1. Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kondisi alam di lembah Bengawan Solo
  2. Mencari referensi  pengertian kurun waktu  dan masa pra-aksara
  3. Mencari referensi  dari atlas sejarah / mencari foto-foto / gambar tentang jenis-jenis manusia purba, monyet  dan manusia masa kini.
  4. Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusai pra-aksara
  5. Studi kasus tentang kondisi sungai bengawan Solo dan mengaitkannya dengan implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Pertemuan III

1.    Menjelaskan corak kehidupan Ekonomi dan sosial manusia pra-aksara.

2.    Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia pra aksara.

3.    Studi kasus perubahan sosial budaya dan mengaitkannya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan adn ekonomi kreatif.

E.    Materi  Pembelajaran

1.    Bentukan-bentukan Muka Bumi

2.    Peta Jawa Tengah khususnya Surakarta

3.    letak aliran sungai Bengawan Solo dan letak kota-kota yang dilalui Sungai Bengawan Solo

4.    Kondisi alam di lembah Bengawan Solo

5.    Pengertian Kurun Waktu masa pra aksara

6.    Penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara di beberapa tempat di sekitar lembah Bengawan Solo

7.    Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara

8.    Kehidupan ekonomi dan sosial manusia pra-aksara

9.    Kehidupan sosial budaya manusia pra-aksara

10. Nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berkaitan dengan tema menelusuri lembah Bengawan Solo

11. Jiwa dan semangat kewirausahaan serta ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lembah Bengawan Solo

F.    Metode  Pembelajaran

1.    Diskusi

2.    Observasi

3.    Tanya jawab

4.    Ceramah

5.    Tugas

Dengan pendekatan CTL.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

1.   Kegiatan pendahuluan

v  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

v  Mengajak semua siswa menyanyikan lagu bengawan Solo ciptaan gesang dan tanya-jawab makna dari lagu tersebut

v  Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo , menunjukkan contoh gambar dan tanya jawab keberadaan manusia purba saat ini sebatas yang diketahui siswa.

2.   Kegiatan inti

a.    Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan menelusuri sungai Bengawan Solo

b.    Dengan model pembelajaran Jigsaw:

1)    Kelas dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.

2)    Tiap kelompok mencari informasi dari berbagai sumber yang  berkaitan dengan kondisi fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat disekitar lembah Bengawan.

3)    Tiap  kelompok  mendiskusikan / membahas informasi yang telah ditemukan dari sumber, membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasilnya.

4)    Masing-masing kelompok mengamati peta Jawa Tengah khususnya Surakarta dan menginterpretasikan letak aliran sungai bengawan Solo dan menunjukkan kota-kota yang dilalui alran sungai Bengawan Solo.

5)    Membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

c.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat / pekerjaan  siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

3.   Kegiatan Penutup

d.    Refleksi : tentang manfaat keberadaan sungai Bengawan Solo bagi kehidupan masyarakat sekitar, permasalahan dan cara mengatasinya.

e.    Penilaian.

f.     Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis manusia purba dan penemuan fosil-fosil pada zaman pra aksara.

g.    Guru menutup kegiatan pembelajaran.

h.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran

 

Pertemuan Kedua :

1.    Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran

v  Bertanya jawab adanya penemuan fosil manusia purba di sekitar lembah Bengawan Solo.

Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo sambil tanya jawab tentang daerah ditemukan fosil manusia purba

Menunjukkan foto/gambar manusia purba dan manusia masa kini dan tanya-jawab ciri-ciri , perbedaan nya

1.   Kegiatan Inti :

a.    Siswa dibagi ke dalam  kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi pelajaran dengan mempelajari buku teks atau sumber lainnya dan mendiskusikan  :

1)      Bukti-bukti apa menunjukkan adanya zaman pra-aksara?

2)      Bagaimana kehidupan ekonomi zaman pra aksara.

3)      Bagaimana kehidupan sosila-budaya zaman pra aksara

4)      Bagaimana hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara  ?

c.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain

d.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

2.    Kegiatan penutup:

a.        Refleksi: Siswa menyimpulkan kehidupan manusia pada zaman pra aksara dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia sekarang.

b.        Guru melaksanakan penilaian

c.        Menutup Pelajaran

Pertemuan ketiga

  1. Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai

v  Berdialog tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan  daerah ditemukannya manusia purba, kondisi alam.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia saat ini.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia zaman pra aksara.

2.   Kegiatan Inti:

a.    Siswa  dibagi ke dalam beberapa kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi tentang corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara.

c.    Setiap kelompok melakukan studi kasus tentang diminta corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara

d.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

e.    Kelompok lain memberikan tanggapan ,sanggahan dan pendapat terhadap materi yang disajikan

f.     Tanya jawab corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia.

g.    Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat dan pertanyaan para siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.

3.           Kegiatan penutup

a.    Refleksi : Siswa memaknai corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia zaman pra-aksara dan berupaya melestarikan yang terbaik dan meninggalkan kebiasaan yang tidak tidak baik.

b.    Penilaian

c.    Guru memberikan tugas mengidentifikasi peninggalan-peninggalan manusia zaman pra-aksara

d.    Guru menutup pelajaran

 

H.   Sumber Belajar

1.    Buku teks IPS pegangan siswa

2.    buku referensi.

3.    Atlas sejarah.

4.    Situs sejarah di daerahnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi dan dasar laut sekitar lembah Bengawan SoloMengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan SoloMenjelaskan kondisi alam lembah bengawan Solo

mengidentifikasi sistem kehidupan masa praaksara

Menjelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Tes penugasanunjuk kerjaTes tertulis

tes penugasan

tes tertulis

-LKS (lembar pengamatan) 

 

 

 

Bentuk tugas

Soal uraian

LKS

soal uraian

-Lakukan pengamatan bentukan –bentukan muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi di sekitar aliran sungai Bengawan Solo-

Tunjukkan pada peta letak kota-kota yang dialiri  sungai bengawan Solo.

Jelaskan kondisi alam lembah B.

Jelaskan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

Cari informasi dari berbagai sumber dan buatlah resume mengenai masa pra aksara

Jelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Menjelaskan kehidupan sosial ekonomi manusia pra -aksara tes tertulis soal uraian Jelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial  masyarakat pra-aksara
Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia zaman  pra aksara di lembah bengawan Solo tes tertulis soal pilihan ganda Kehidupan pada masa manusia purba sebenarnya sudah ada sistem pembagian peran, karena pada masa itu mereka sudah mengenal adanya pembagian : a…..b….c…dan d….
Menjelaskan keragaman budaya masyarakat praaksara. tes tertulis pilihan ganda Jelaskan keragaman budaya masyarakat pra- aksara
Menjelaskan kegiatan pokok ekonomi unjuk kerja LKS Diskusikan jenis-jenis kegiatan ekonomi manusia purba di sekitar lembah sungai bengawan Solo.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS TERPADU (Model Integrated).

  1. selamat membaca.

    Suka

    Posted by suaidinmath | 20 Februari 2012, 8:26 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 1,657,210 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 5.204 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Menkeu Nilai Fintech Bisa Dorong UMKM Mampu Bayar Pajak 30 Agustus 2016
    REPUBLIKA.CO.ID,BANTEN -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai jika penggunaan teknologi dalam inklusi keuangan ((financial technologi) dapat mendorong pelaku usaha informal, yaitu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi...
    Nur Aini
  • BI Khawatirkan Modal Keluar Indonesia Bertambah Besar 30 Agustus 2016
    REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengkhawatirkan jumlah modal asing yang keluar dari Indonesia akan bertambah besar apabila kredibilitas fiskal tidak baik. Dari Januari hingga Agustus 2016, jumlah...
    Nur Aini

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

A WORLD OF NEVERENDING HAPPINESS

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.204 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: