//
you're reading...
Pendidik

Contoh RPP Bahasa Indonesia Berbasis PAIKEM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah       : SD .  .   .  .

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester      : IV / 1

Jumlah pertemuan: 1

Alokasi waktu        : 2 x 45 menit (90 menit)

Standar Kompetensi Mendengarkan:

1.    Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

 

Kompetensi Dasar  :

1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan  ke dalam beberapa kalimat

Indikator Pencapaian Kompetensi   :

1. Siswa dapat  membuat daftar hal-hal penting yang didengar.

2. Siswa dapat menuliskan kembali berita dari hal-hal penting yang dituliskan.

 

Tujuan Pembelajaran:

Menyampaikan kembali berita yang didengarnya secara tertulis/lisan.

 

Materi Ajar              : Mendengarkan berita.

Metode Pembelajaran         : Metode curah pendapat, tanya jawab, diskusi

Langkah-langkah Pembelajaran:

Tahap

Kegiatan

Waktu

Guru

Siswa

Pendahuluan 1.  Menyampaikan Salam

 

1.    Menjawab salam.

 

5’

 

Kegiatan inti 2.  Menanyakan kegiatan pagi hari yang dilakukan sebelum berangkat ke sekolah, dan meminta siswa menuliskan dalam bentuk mind map di papan tulis yang telah dibuat guru. (eksplorasi) 2.    Masing-masing menyebutkan kegiatannya sebelum berangkat ke sekolah dan menuliskannya di bagan di papan tulis (mind map)

Kegiatan kita sebelum sekolah

 

 

 

 

 

 

75
  3.  Melihat hasil tulisan siswa di papan dan menanyakan apakah ada yang mendengarkan berita? Berita apa yang pernah kamu dengar dan sangat menarik baik dari radio atau televisi? (elaborasi)

 

3.    Menjawab berita apa yang baru saja didengar.

 

 
  4.  Selanjutnya membagi lembar kerja dan meminta siswa menanyakan ke 3 siswa lain tentang berita yang didengar, menuliskan hal-hal penting, dan meminta tanda tangan siswa yang telah menceritakan berita. (eksplorasi)

 

4.    Dengan lembar kerja, siswa menanyakan ke 3 siswa tentang berita yang didengar

 

Lembar Kerja 1  
No Hal-hal penting Tanda tangan      
1          
2          
3          

 

 
  5.  Meminta siswa membuat lingkaran besar dan memberi kesempatan kepada 5 orang siswa untuk menceritakan berita yang paling menarik dari temannya berdasarkan hal-hal penting yang ditulisnya di lembar kerja (elaborasi)

 

5.    Ke 5 orang siswa menceritakan berita yang paling menarik dari temannya dan lainnya mendengarkannya.

 

 
  6.  Guru memperdengarkan rekaman berita/membacakan berita untuk pertama kalinya, serta menanyakan kira-kira apa yang didengarnya (apakah sebuah dongeng atau berita?).(ekplorasi)

 

6.    Menyimpulkan bahwa yang didengarnya sebuah berita.

 

 
  7.  Guru memperdengarkan rekaman berita/membacakan berita untuk ke 2  kalinya., dan meminta siswa mendengarkannya serta mencatat hal-hal penting dari berita tersebut.(elaborasi) 7.    Mendengarkannya serta mencatat hal-hal penting dari berita tersebut.

 

Lembar Kerja 2

Hal-hal penting dari

berita yang didengar:

 

Tentang apa Siapa Dimana Kapan Lain-lain
         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

8.  Guru meminta siswa menuliskan kembali hal-hal penting (pada Lembar Kerja 2)  ke dalam sebuah berita (elaborasi)

 

8.    Menuliskan kembali hal-hal penting (pada Lembar Kerja 2)   ke dalam sebuah berita

 
  Meletakan beberapa karton (warna-warni) secara tertutup masing-masing berisi pertanyaan tentang isi berita. (dapat dilakukan di luar kelas) dan memperdengarkan sebuah lagu. Pada saat lagu dihentikan/melalui aba-aba siswa berlari kearah karton tersebut  dan mendiskusikan jawabannya. (konfirmasi)

 

Mendengarkan lagu, dan pada saat saat lagu dihentikan/melalui aba-aba siswa berlari kearah karton tersebut  dan mendiskusikan jawabannya.  
Penutup Menyimpulkan kembali bagaimana menyimpulkan isi berita.

Memberi tugas mencatat hal-hal penting dari berita sore pada salah satu stasiun televisi/radio

Mengulangi kesimpulan yang dibuat bersama

 

Mencatat pekerjaan rumahnya untuk pertemuan berikutya.

10

Sumber Belajar/Media/Alat:

1.    Buku Siswa

2.    Lembar Kerja

3.    Karton berisi pertanyaan

 

Penilaian:

Portofolio siswa (Lembar Kerja 1 & 2)

Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                         Guru Kelas 1

 

……………………………..                              ………………………..

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 1,465,541 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 5.198 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Pemprov DKI Kesulitan Penuhi 30 Persen Ruang Terbuka Hijau 9 Februari 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih kesulitan memenuhi ruang terbuka hijau (RTH) di Ibu Kota. Dari 30 persen ruang terbuka hijau yang diamanatkan undang-undang, realisasinya baru mencapai...
    Hazliansyah
  • Kasus RJ Lino, KPK Periksa Manager Peralatan PT Pelindo II 9 Februari 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tiga unit Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II tahun 2010. Penyidik pun...
    Bayu Hermawan

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

Komunitas

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu akan mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

LaDIYfest Sheffield

2015 - NOW ORGANISING!

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites (& Other Stories )

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

I'M STUCK WITH A VALUABLE FRIEND

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.198 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: