Kepala sekolah adalah tokoh sentral dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan. Peran kepala sekolah sangat strategis dalam upaya mewujudkan sekolah yang mampu membentuk insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Kepala sekolah sebagai pimpinan diharapkan mampu menjadi penyumbang keberhasilan dalam penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik pendidikan Indonesia. Keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kompetensi dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi sebagai kepala sekolah. Untuk meningkatkan mutu kepala sekolah, kita perlu mengidentifikasi secara sistematis potensi seorang calon kepala sekolah sejak dari tahap rekrutmen. Penerapan sistem rekrutmen yang dapat memilah dan memilih calon kepala sekolah yang sangat berpotensi, berpotensi dan yang kurang berpotensi menjadi sangat penting pada era pendidikan kita saat ini. Kepala sekolah baru yang berpotensi diharapkan dapat menciptakan kondisi baru di sekolah dimana yang bersangkutan akan ditempatkan nantinya. Kondisi baru itu adalah peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang lebih efektif dan mampu memenuhi harapan, keinginan, tuntutan dan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara
3.PENILAIAN DAN PELAPORAN MK[1]
8. Pengantar Pengembangan Instrumen – rev
9.PENILAIAN POTENSI KEPEMIMPINAN
10. KETENTUAN DAN KODE ETIK ASESOR
2. Juklak Penyusunan Proyeksi Kebutuhan Kepala Sekolah-Madra
3. Juklak Rekrutmen Calon Kepala Sekolah-Madrasah (2)
Diskusi
Belum ada komentar.