//
you're reading...
Pendidik

MARI PENULIS PTK YANG PRAKTIS

Salah satu perubahan mendasar dalam permendiknas No.16/2009 adalah adanya Penilaian Kinerja Guru yang sebelumnya lebih bersifat administratif menjadi lebih berorientasi praktis, kuantitatif, dan kualitatif, sehingga diharapkan para guru akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya.Makin banyak gr profesional, makinb meningkat mutu pendidkan Guru profesional ,tidak hanya melaksanakan, tetapi harus mengembngkan profesinya.
Bagi yang mampu mngembangkan profesi, diberi penghargaan (angka kredit) kenakan pangkat dan atau “coin”

PTK bertujuan untuk:
1. Memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas,(guru sudah biasa),tp harus dengan kaidah-kaidah ilmiah.
2. Meningkatkan Keterampilan guru da-lam mengatasi masalah
3. Menumbuhkembangkan produktivitas dan budaya meneliti guru dalam menjawab masalah

Manfaat PTK :
1. Guru dapat memperbaiki pembelajaran yang dikelola.
2. Guru dapat berkembang secara lebih profesional dan dapat mengembang-kan pengetahuannya sendiri.
3. Hasil Belajar siswa dapat diperbaiki dan meningkat
4. Adanya guru yang profesional dan hasil belajar siswa yang bermutu maka sekolah akan berkembang dan maju.
Karekteristik PTK:
1. INOVATIF: Penemuan strategi/ metode, media, asesmen
2. KOLABORATIF: dosen-guru, guru-guru
3. REFLEKTIF: Hasil refleksi pembelajaran di kelas secara terus menerus
4. SIKLUS: berulang

Tahapan PTK :1. Prapelaksanaan ,2. Pelaksanaan , 3. Pasca pelaksanaan
A. PRA-PELAKSANAAN
1. Penetapan masalah
2. Identifikasi bentuk tindakan sesuai masalah yang dihadapi
3. Memformulasikan masalah
4. Memformulasikan hipotesis tindakan
5. Memformulasikan kegiatan 1 – 4 ke dalam bentuk rencana penelitian yang disebut Proposal PTK.

1.MENETAPKAN MASALAH
Penetapan masalah, terdiri dari:
a. identifikasi masalah = mencari/ menemukan masalah dengan cara melakukan refleksi atas pembelajaran yang dilakukan.
Caranya ajukan pertanyaan kepada diri sendiri:
“Apa yg memprihatinkan Saudara dalam melaksanakan pembelajaran (proses, sarana, atau hasil P)”? Lalu jawablah.

Identifikasi Masalah
Misalnya, jawaban pertanyaannya:
1. partisipasi & aktivitas siswa rendah; 2. hasil belajar siswa rendah; 3. motivasi belajar siswa rendah;
4. kemampuan berpikir rendah; dsb

Guru, harus obyektif , mengungkap kelemahan yang terjadi tdk ditutupi.

b. Analisis masalah = menentukan kelayakan dan jenis masalah yang akan dipecahkan.
Cara menganalisis bila masalah kompleks:
Teknis , bisa tidak bapak/ibu memecahkan masalah (apa dan bagaimanakah), diketahui dengan cara:
-apa yg harus dilakukan;
-bukti apa yg harus dikumpulkan; dan
-bagaimana mengumpulkan.

c.Menetapkan masalah , misalnya yang ditetapkan: “Aktifitas dan hasil belajar siswa rendah” (V.Harapan)

2. IDEMTIFKASI BENTUK TINDAKAN
a.Refkesikan/Identifikasi kemungkinan bentuk tindakan sesuai masalah yang dihadapi (poin c), Caranya dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri:
“Tindakan apakah yang dilakukan untuk memecahkan keprihatinan tentang pembelajaran yang bapak/ibu lakukan?”
Sebelum menjawabnya identifikasilah faktor penyebab munculnya masalah:
•saya mengajar banyak ceramah
•aktivitas siswa rendah
•pemanfaatan media pembelajaran tidak dilakukan

b.Mendiskusikan dengan teman sejawat

3.Ahli pendidikan/pembelajaran
4.Buku ilmiah

Pilihlah tindakan yang sesuai berdasarkan 4 pertimbangan di atas, misalnya: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD (variabel tindakan)

Berarti sudah didapatkan:
Masalah : rendahnya aktifitas dan hasil belajar (variabel harapan/masalah)
Tindakan : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (variabel tindakan)
Misal settingnya : FISIKA MATERI FLUIDA STATIK SISWA KELAS XI-A SMA X Dompu?

3.MEMFORMULASIKAN MASALAH
Memformulasikan masalah = menyajikan masalah dalam bentuk.
a. Kalimat tanya.
b. Kalimat Pernyataan

Formulasi masalah terdiri dari:
(a). kata tanya :apakah atau “bagaimanakah”;
(b).variabel masalah/harapan;
(c). variabel tindakan sesuai dengan jenis masalah; dan
(d). setting penelitian.

Masalah yang dirumuskan harus bersifat:
a. jelas, tidak ambigu ,b. dituangkan dlm bentuk kalimat tanya ,c. menunjukkan secara jelas setting penelitian. , d. Urutannya penyajiannya dapat:
(1) Kata tanya > Variabel Tindakan > Variabel Harapan > Setting Penelitian;
(2) Kata tanya > Variabel Tindakan > Setting Penelitian > Variabel Harapan
(3) Kata tanya > Variabel Harapan > Variabel Tindakan > Setting Penelitian; dan
(4) Kata Tanya > Variabel Harapan > Setting Penelitian > Variabel Tindakan

Contoh Rumusan Masalah :
1.Bagaimanakah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk meningkatkan Aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Fisika materi fluida Statik siswa kelas XI SMA X Dompu?
2.Bagaimanakah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD pada mata pelajaran Fisika materi fluida Statik kelas XI SMA X Dompu untuk meningkatkan hasil belajar siswa?
3.Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar melalui …………………. pada mata pelajaran ………. siswa Kelas …………………….?
4.Bagaimanakah meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran ………….. melalui …………..?

b. Kalimat Pernyataan
Masalah yang ingin dipecahkan dalam PTK ini adalah rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata ………… Rendahnya hasil belajar siswa tersebut akan diatasi melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD

4. MEMFORMULAIKAN HIPOTESIS TINDAKAN
Dugaan mengenai perubahan yang akan terjadi jika suatu tindakan dilakukan dan biasanya dalam bentuk keyakinan.
Diformulasikan dengan 2 cara:
a. variabel tindakan + akan meningkatkan + variabel harapan + Setting penelitian,
misalnya: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD akan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika materi fluida Statik kelas XI SMA X Dompu
b. Jika + variabel tindakan + maka + variabel harapan + setting penelitian,
misalnya:
Jika Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD digunakan maka akan meningkatkan aktiftas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ………………..

Memformulasikan kegiatan 1 – 4 ke dalam bentuk rencana penelitian yang disebut Proposal PTK.
Tahap 5 biasa disebut Tahap Penyusunan proposal PTK.
Proposal PTK disusun berdasarkan format proposal PTK yang ada.

TIGA KEG UTAMA PTK
1. MEYUSUN USUSLAN /RANCANAGAN/PROPOSAL
2. MELAKSANAKAN PTK
3. MENULIS LAPORAN HASIL PTK sebagai KTI

FORMAT PROPOSAL PTK
Format Proposal PTK
A. Judul
B. Latar Belakang Masalah
C. Rumusan Masalah dan Cara Pemecahannnya
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
F. Tinjauan Pustaka dan Kerangka Teori
G. Hipotesis Tindakan
H. Metode/Perencanaan Penelitian
I. Jadwal Penelitian
J. Personalia Penelitian
K. Rencana Anggaran Penelitian
L. Daftar Pustaka

A. Judul PTK
Bagaimana menuliskan Judul PTK?
Judul yang baik harus:
1. Singkat, Jelas, & Menarik, biasanya maksimal 20 kata
2. Berupa nomina/benda
3. Unsur-Unsurnya terdiri dari:
a. variabel harapan
b. variabel tindakan
c. setting penelitian
4. Contohnya:
Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar melalui melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD pada mata pelajaran Fisika materi fluida Statik siswa kelas XI SMA X Dompu

Judul Lain
a). V. Harapan + V. Tindakan + SETTING
PENINGKATAN KUALITAS PROSES dan HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SISWA KELAS X1 IPA SMA 1 MANGGELEWA DOMPU

b). V. Harapan + setting + V. Tindakan
PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI-IPA SMA MANGGELEWA DOMPU MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS
c). V. Tindakan + V. Harapan + setting
MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 MANGGELEWA
d). V. Tindakan + setting + V. Harapan
MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS XI-IPA SMA MANGGELEWA DOMPU DALAM MENINGKATKAN KUAALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

JUDUL PTK/PTS/PTSW
MENGANDUNG TIGA UNSUR:
* WHAT – apa yang akan ditingkatkan (dipecahkan masalahnya)
* WHO – siapa yang akan ditingkatkan
* HOW – bagaimana cara untuk meningkatkannya

1.CONTOH PENERAPAN
WHAT : Meningkatkan Aktifitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah matematika
WHO : Siswa Kelas X di SMA 1 KEMPO
HOW : Melalui Strategi Pembelajaran Thing-Talk-Write

WHAT : Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Mengoperasikan Software e-Mail Mata Pelajaran KKPI
WHO : KelasXI … SMK N 1 Kempo Smester Ganjil Thn 2011
HOW : Menggunakan Metode Think-Pair-Share

WHAT – PENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT
WHO – SISWA KELAS X (SMA)
HOW – DENGAN DISKUSI DAN SHARING

B. Latar Belakang
1. Menguraikan “mengapa masalah yang ingin dipecahkan melalui variabel yang dipilih penting untuk dipecahkan?”
2. Latar Belakang yang baik memuat:
a. Refleksikan tentang masalah pembelajaran di kelas dan diperkuat dengan data.
b. Uraikan faktor penyebab munculnya masalah
c. Uraikan/kemukakan pengaruh terhadap kelas, apa yang terjadi dan apabila hal itu dibiarkan
d. Uraikan/kemukakan alternatif tindakan yang akan diambil
e. Uraikan keuntungan yang didapat apabila masalah terpecahkan
3. Kelima komponen no. 2 di atas disusun saling terkait dalam bentuk alinea, umum-khus

Contoh Latar Belakang
1. Refleksi Masalah
SMAN X Dompu merupakan salah satu SMA di Kota Dompu yang memiliki sarana prasarana pembelajaran yang cukup memadai. Tetapi hasil pengamatan, pada tahun pelajaran yang lalu nilai rata-rata KKM diperoleh siswa 61,5 padahal KKM yang ditentukan untuk mata pelajaran Fisika materi Fuluda 70. Sedangkan nilai ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 59. Walaupun nilai rata-rata tersebut berada di atas KKM, akan tetapi masih jauh berada di bawah standar ideal KKM, yaitu 75 ke atas. Adapun nilai SKB klasikal berada di bawah 85%. Hal ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Fisika mata pelajaran…….

2. Faktor Penyebab
Setelah ditelusuri, munculnya permasalahan di atas disebabkan oleh beberapa hal, yaitu (1) aktivitas pembelajaran masih didominasi guru, siswa banyak mencatat; (2) metode pembelajaran yang digunakan guru tidak variatif, cenderung ceramah (ekspositori); (3) penggunaan media pembelajaran kurang optimal; (4) hasil belajar siswa kurang mengembirakan
2.Faktor Penyebab (alternatif lain)
Demikian pentingnya keterampilan berdiskusi untuk dimiliki oleh siswa agar memiliki kemampuan berkomunikasi dan berjiwa demokratis namun setelah ditelusuri munculnya permasalahan disebabkan karena sering kegiatan diskusi dalam pembelajaran tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, bahkan sering guru menghindari kegiatan diskusi dalam pembelajaran karena ragu dan khawatir. Guru ragu atas kemampuan dan kesiapan siswa juga khawatir akan terjadi kekacauan dikelas sehingga siswa tidak belajar sebagaimana yang diharapkan.
Kenyataan dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan metode diskusi siswa terlihat kurang aktif. Hal ini terjadi karena kurang baiknya rancangan diskusi yang dilakukan atau karena model diskusi yang dirancang belum memenuhi kaidah-kaidah diskusi yang seharusnya dilakukan.
Hal ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Fisika mata pelajaran……

3. Akibat yang Ditimbulkan
Kondisi atau model pembelajaran seperti di atas dapat mengakibatkan (1) siswa kurang kreatif karena guru terlalu dominan; (2) semangat belajar siswa rendah karena pembelajaran monoton sehingga aktivitas belajar siswa menurun. Menurunnya akitivitas siswa dapat berdampak terhadap rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan guru; (3) siswa jenuh dan bosan dengan serta pada akhirnya tidak menyukai mata pelajaran fisika ; dan (3) anak-anak menjadi rentan tidak lulus mata pelajaran Fisika materi….

4. Bentuk Tindakan yang Diambi
Permasalahan tersebut di atas sering ditemukan dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA X Dompu. Sehingga diperlukan suatu tindakan atau upaya sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan analisis terhadap faktor penyebab di atas dan situasi siswa perlu penerapan metode atau media pembelajaran yang inovatif.
Berkaitan dengan hal tersebut bentuk tindakan yang diambil Untuk meningkatkan aktifitas berdiskusi dalam proses dan hasil pembelajaran mungkin dapat dilakukan dengan meningkatkan frekuensi atau dengan mencobakan teknik-teknik pembelajaran dalam model pembelajaran kooperatif, salah satu diantaranya adalah teknik STAD (Student Teams Achievement Division) atau tim siswa kelompok prestasi.
STAD merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana. Kooperatif teknik STAD terdiri dari 5 komponen utama yakni : Penyajian kelas, belajar kelompok, kuis, skor pengembangan dan penghargaan kelompok.
5. Keuntungan yang Didapat
Penggunaan model pembelajaran kooperatif, salah satu diantaranya adalah teknik STAD (Student Teams Achievement Division) atau tim siswa kelompok prestasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama untuk mengurangi dominasi guru dalam pembelajaran, meningkatkan partisipasi siswa, dan pembelajaran berlangsung lebih menyenang.
Dengan demikian, penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar yang ingin di capai lebih baik sehingga pada gilirannya hasil belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, penelitian tentang penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Fisika materi fluida Statik siswa kelas XI SMA X Dompu perlu dilakukan.

C.Rumusan Masalah dan Cara Pemecahannya
Rumusan Masalah
Bisa dalam 2 bentuk, yaitu kalimat tanya dan kalimat pernyataan

a. Kalimat tanya,
terdiri dari:1. kata tanya: bagaimanakah ;2. variabel harapan ;3. variabel tindakan; 4. setting penelitian
Contoh:
Bagaimanakah meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI-a SMA X Dompu melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD?.

b. kalimat pernyataan:(1) ada alternatif tindakan yang akan diambil; (2) ada hal positif yang tercapai
Contoh:
Sesuai masalah di atas, bentuk tindakan yang digunakan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa adalah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD.

Cara Formulasi : Rumusan Masalah
Kalimat tanya:
a. Bagaimanakah + V. harapan + V. Tindakan + setting
Bagaimanakah meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika materi(tulis materinya)melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD siswa kelas XI-a SMA X Dompu?.

b. Bagaimanakah + V. Harapan + setting + V. Tindakan
Bagaimanakah meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Fisika materi (tulis materinya) siswa kelas XI-a SMA X Dompu melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD

c. Bagaimanakah + V. Tindakan + V. Harapan + setting
Bagaimanakah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika materi fluida Statik pada siswa kelas XI-a SMA X Dompu?.

d. Bagaimanakah + V. Tindakan + setting + V. Harapan
Bagaimanakah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD mata pelajaran fisika materi fluida statik pada siswa kelas XI-a SMA X Dompu untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar?.

Kalimat Pernyataan
Masalah yang ingin dipecahkan dalam PTK ini adalah rendahnya aktifitas dan hasil belajar fisika materi fulida statik kelas XI-a SMA X Dompu akan diatasi melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD

Rumusan Masalah (Model lain

Berdasarkan permasalahan-permasalahan diatas, maka dapat ditarik rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
Aktifitas (keterampilan berdiskusi) siswa kelas XI-a SMA X Dompu dalam mata pelajaran fisika dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik STAD ?
Apakah dengan meningkatnya Aktifitas keterampilan berdiskusi melalui model pembelajaran trknik STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-a SMA X dalam mata pelajaran Fisika ?.
Cara Pemecahannya
Cara Pemecahaan Masalah berisi:
1. Langkah Tindakan yang diambil atas masalah
2. Argumentasi Logis pemilihan tindakan,mencakup:

Kesesuaian dengan masalah, Kemutakhiran, keberhasilan dalam penelitian sejenis, dan keselarasan dengan teori atau pendapat ahli.

Contoh Uraian Cara Pemecahannya
Pemecahan masalah pembelajaran fisika materi fluida statik di kelas XI-a SMA X Dompu ditempuh melalui beberapa tahapan kegiatan, dengan kegiatan pokok sebagai berikut.
1. Mengidentifikasi kembali sumber-sumber masalah yang dihadapi dalam pembelajaran fisika
2. Menyusun skenario pembelajaran yang berorientasi pada CTL dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik STAD
3. Menyusun lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru serta lembar penilaian hasil belajar.
4. Melaksanakan tahap-tahap pembelajaran sesuai RPP yang disusun butir 2
5. Mendiskusikan hasil evaluasi kegiatan pembelajaran dan memberikan refleksi terhadap semua kegiatan yang sudah dilakukan
6. Merevisi perencanaan siklus berikutnya berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus sebelumnya.

D. TUJUAN
Tujuan diuraikan sesuai dengan rumusan masalah dan diformulasikan dengan kalimat pernyataan, yaitu menggunakan kata: untuk mengetahui ….,
contoh
1.untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar fisika materi fluida statik melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD siswa kelas XI-a SMA X Dompu
2. Untuk Mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika materi fluida Statik pada siswa kelas XI-a SMA X Dompu

RUMUSan :Untuk mengetahui + V. Harapan + V. Tindakan + setting ( untuk mengetahui + rumusan masalah)

Umumnya dimulai dengan kalimat :
PTK ini bertujuan untuk menguji manfaat …( tulis dengan jelas nama tindakannya), guna meningkatkan ….( tulis dengan rinci apa yang akan di tingkatkan), bagi siswa ….( tulis subyek PTK-nya)

TUJUAN YANG BENAR,
INGIN MENINGKATKAN DAN MENGETAHUI HAL-HAL YANG DITANYAKAN DALAM RUMUSAN MASALAH
INGIN MENINGKATKAN DAN MENGETAHUI DAMPAK TINDAKAN DALAM PEMBELAJARAN, misalnya:
* BAGAIMANA SISWANYA?
* BAGAIMANA SUASANA PEMBELAJARAN?
* BAGAIMANA KELANCARANNYA
* BAGAIMANA PENINGKATAN HASILNYA

TUJUAN PTK YANG SALAH:
DENGAN MENERAPKAN DISKUSI KELOMPOK, PENELITI INGIN MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
PENELITI INGIN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INDIVIDUAL
TUJUAN PTK YANG BETUL
BETUL:
DENGAN MENERAPKAN DISKUSI KELOMPOK PENELITI INGIN MENINGKATKAN DAN MENGETAHUI APAKAH SISWA AKTIF DAN KREATIF
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA INDIVIDUAL PENELITI INGIN MENINGKATKAN DAN MENGETAHUI TINGGINYA MINAT BELAJAR SISWA

D.MANFAAT
PTK ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa….( tuliskan manfaat bagi sisa, guru , sekolah ).
Manfaat bagi:
1.Siswa: 2.Guru; dan 3.Sekolah.

Bagi siswa
a.Meningkatnya kemampuan berdiskusi siswa dalam pembelajaran fisika.
b. Dapat membangun pengetahuan siswa tentang konsep-konsep fisika melalui diskusi dengan sesama teman
c. Meningkatnya kemampuan bekerja sama secara demokratis dalam diri siswa

Bagi guru
Meningkatnya keterampilan guru dalam memimpin diskusi sebagai salah satu metode dalam pembelajaran.
alternatif dalam pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Teknik STAD untuk mengembangkan keterampilan berdiskusi siswBagi guru
Meningkatnya keterampilan guru dalam memimpin diskusi sebagai salah satu metode dalam pembelajaran.
Memberikan alternatif dalam pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Teknik STAD untuk mengembangkan keterampilan berdiskusi sisw

E.KERANGKA TEORI/KAJIAN PUSTAKA
Berisi tentang:
1.Hakikat tentang peningkatan mutu pembelajaran (V.Harapan)
2.Hakikat tentang Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (apa) (V.Tindakan)
3.Bentuk atau Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (bagaimana)
4.Indikator tentang Variabel Harapan
5.Kaitan antara Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD dengan peningkatan mutu pembelajaran/ variabel harapan
Sumber Kerangka Teori: Karya Ilmiah, jurnal, buku teks, teori-teori, dan pengalaman praktis
Catatan: Indiktor kineja: (kemampuan tentang aktifitas , dan kemampuan hasil)…Kembangkan dirumah

F.Hipotesis Tindakan
Hipotesis Tindakan dirumuskan dengan kalimat pernyataan yang meyakinkan: Jika …. maka …, contoh:
Jika …( tulis var.tindakan) digunakan pada mata pelajaran fisika kelas … SMA X Dompu maka hasil aktifitas dan belajar siswa akan meningkat.

Aktifitas Keterampilan berdiskusi siswa kelas XIa SMA x Dompu dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik STAD, dengan demikian dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika

G.PROSEDUR PENELITIAN/Rancangan Pelaksanaan PTK/Metodologi Penelitian
Hal penting :
PTK terdiri dari 4 keg yang dilakukan dalam siklus berulang)
Prosedur Penelitian, berisi:
1. Setting Penelitian: tempat & waktu
2. Faktor yang diselidiki: siswa & guru
3. Tahapan Pemecahan: Siklus
4. Data: Jenis, Sumber & Cara Pengambilan
5. Analisis Data
6. Indikator Kinerja

1.Setting Penelitian
Penelitian tindakan ini akan dilaksanakan di …… Pelaksanaan penelitian di kelas 4…..dengan jumlah siswa sebanyak …. siswa yang terdiri dari ….siswa laki-laki dan …. siswa perempuan. Penelitian ini akan dilaksanakan selama 6 bulan pada semester pertama, yaitu dari Bulan September sampai Bulan Desember 2012
2.Faktor yang Diselidiki
Faktor yang diselidiki: Guru dan Siswa, contohnya:
Faktor yang diselidiki dalam PTK ini terdiri dari faktor aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Faktor aktivitas belajar siswa terdiri dari aktivitas siswa dalam menggunakan ..(tulis v.tindakannya) sebagai model pembelajaran dan diskusi kelompok. Sedangkan aktivitas mengajar guru yang akan diselidiki adalah langkah-langkah mengajar guru disesuaikan dengan RPP yang tertuang dalam skenario pembelajaran. Faktor aktivitas siswa dan guru ini akan memberikan kontribusi positif atau tidak terhadap peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dan akan dievaluasi pada setiap penyampaian materi

3.Tahapan/Desain Tindakan
Berisi: langkah atau desain tindakan/ pemecahan masalah yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah, terdiri dari empat langkah, yaitu:1.Perencanaan Tindakan ;2.Pelaksanaan Tindakan; 3.Observasi 4.Refleksi

Perencanaan Tindakan terdiri dari:
1.Menyusun skenario pembelajaran, RPP,
2.Mempersiapkan media dan atau sumber belajar
3.Mengembangkan format evaluasi)
4.Menyusun lembar observasi pembelajaran

Pelaksanaan Tindakan berisi:
menerapkan tindakan mengacu RPP (oleh siswa, guru, maupun observer)
Observasi/pengamatan berisi:
Menerapkan observasi dengan dengan lembar observasi ,kapan, siapa, apa, dan bagaimana hasil yang diobservasi
Refleksi berisi uraian:
bandingan antara hasil dengan indikator

Refleksi
Refleksi dalam PTK ini adalah upaya untuk menganalisis, interpretasi dan penjelasan terhadap semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi ini digunakan untuk menetapkan langkah lebih lanjut dalam upaya mencapai tujuan PTK. Dengan kata lain, refleksi merupakan pengkajian terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam menentukan tindak lanjut dalam rangka pencapaian tujuan yang diharapakan
5Teknik Pengumpulan Data
Data yang dimaksud adalah data nilai hasil evaluasi setelah kegiatan pembelajaran satu siklus dilaksanakan. Data nilai ini diperoleh melalui tes. Disamping itu diperoleh data keterampilan sosial . Data ini diperoleh selama poses pembelajaran berlangsung dan ada format khusus untuk itu.yakni lembar observasi penilaian keterampilan berdiskusi.
Alat dan teknik pemantauan
a.Instrumen pengamatan keterampilan diskusi siswa
b.Instrument pengamatan keterampilan kegiatan guru
c.Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
4. Sumber, Jenis, dan Cara Pengumpulan Data: a. Sumber: Siswa, Guru; b. Jenis data: perencanaan, proses, dan hasil

c. Cara pengumpulan: observasi dan dokumentasi
5. Analisis Data:
a. Reduksi data
b. Pemaparan hasil reduksi
c. Penyimpulan
6. Indikator Keberhasilan:
Tolok ukur keberhasilan siswa baik secara individual maupun secara klasikal.
CTH : Yang menjadi kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu apabila jumlah yang siswa menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90 % dengan memperoleh nilai sesuai kriteria ketuntasan Minimal (KKM ) untuk mata pelajaran Fisika kelas XI SMK X semester ganjil yaitu 65
Nilai perolehan = skor perolehan/skor idel x 100
I. Jadwal Penelitian:
1. Lama penelitian
2. Jenis kegiatan tiap bulan/minggu
3. Dibuat dalam tabel/grafik
J. Personalia Penelitian:
a. Jumlah Peneliti dan Statusnya
b. Identitas Peneliti (nama, NIP, pangkat, golongan, pendidikan, pengalaman penelitian)
K. Rencana Pembiayaan:
1. Honor peneliti,
2. Alat & Bahan Habis Pakai,
3. Perjalanan
4. Lain-lain
L. Daftar Pustaka

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKAN

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

One thought on “MARI PENULIS PTK YANG PRAKTIS

  1. selamat mencoba!

    Suka

    Posted by suaidinmath | 7 Januari 2012, 10:06 pm

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Januari 2012
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: