//
you're reading...
Pendidik

MENILAI PROPOSAL PTK

PENELITIAN TINDAKAN KHUSUS
Dicermati proses dan akibat tindakan
Dilakukan tindakan berikutnya
Agar didapat informasi yang mantap thd dampak tindakan
Mencermati sistematika Usulan Penelitian
•Kegiatan awal MENILAI SISTEMATIKA INTI USULAN PTK
A.Judul,
B.Pendahuluan

1.  Latar belak masalah,

2. Rumusan masalah,

3. Tujuan

4. Manfaat

5. Cara pemech masalah

C. Landasan teori/ Pustaka

D. Prosedur/ Pelaksanaan penelit

 

  • Latar belakang masalah :(alasan mengapa dipermasalahkan (ada masalah apa di kelasnya? )
  • Tujuan dan manfaat penelitian (apa manfaat bagi PBM/ sekolah/ PT/siswa/ Mhs?)
  • Cara pemecahan masalah :(KEMUKAKAN PERMASALAHAN INTI YANG AKAN DIPECAHKAN KEMUKAKAN KEMUNGKINAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. BERIKAN ASUMSI BAHWA DENGAN CARA TERSEBUT AKAN BERDAMPAK POSITIF TERHADAP PROSES/HASIL PEMBELAJARAN
  • KAJIAN TEORI/PUSTAKA : CERMATI VARIABEL TINDAKANNYA, KEMUKAKAN DENGAN JELAS SECARA TEORI MAUPUN HASIL TEMUAN LAIN YG BERKAITAN DENGAN MASALAH DAN TINDAKAN YG AKAN DILAKUKN KEMUKAKAN SECARA TEORITIS BAHWA DENGAN TINDAKAN ITU BERAKIBAT POSITIF PD HASIL BELAJAR
  • METODE/PROSEDUR PENEL   : KEMUKAKAN SET. PENELITIANNYA, URAIKAN SECARA JELAS TAHAPAN PADA SETIAP SIKLUS, MULAI DARI PERENCANAAN, TINDAKAN, OBSERVASI, MAUPUN REFLEKSINYA. PADA TINDAKAN APA YG DILAKUKAN GURU DAN APA KERJA SISWANYA WAKTU OBSERAVSI INSTRUMEN YG AKAN DIGUNAKAN, PADA WAKTU OBSERVASI PERLU DIKEMUKAKAN PULA ASPEK/KOMPONEN APA SAJA YG AKAN DI UNGKAP DAN CARANYA BERAPA SIKLUS RACANGAN YANG AKAN DILAKUKAN SELAMA PTK. LAMPIRKAN INSTRUMEN PENELITIAN YG AKAN DIGUNAKAN
  • KESALAHAN UMUM USULAN PTK  : PENYEBAB TERJADINYA MASALAH TIDAK JELAS, PERMASALAHAN TIDAK DIANGKAT DARI LAPANGAN, RELEVANSI MASALAH DAN DASAR TEORI TIDAK MEMADAI, KAJIAN PUSTAKA SANGAT DANGKAL, CIRI-CIRI LANGKAH PTK TIDAK LENGKAP, INDIKATOR KEBERHASILAN TIDAK ADA, JUDUL TIDAK MENGGAMBARKAN PTK, CARA PEMECAHAN MASALAH TIDAK JELAS, EKSPERIMEN/UJI COBA DILAKUKAN, KEGIATAN TIAP SIKLUS TIDAK TEPAT, WAKTU PENELITIAN TIDAK SESUAI, TIDAK ADA PENGESAHAN SEKOLAH DAN PERPUSTAKAAN, INSTRUMEN TIDAK KONSISTEN, CV ANGGOTA PENELITI TIDAK ADA, MATERI AJAR/ KLAS TERLALU LUAS PEMECAHAN MASALAH TIDAK MENGGAMBARKAN TINDAKAN
  • INDIKATOR YANG DIPERLUKAN PADA LAPORAN PTK :1). ABSTRAK (MAKS. 200 KATA), 2). PENDAHULUAN   : (ATAR BELAKANG: MASALAH NYATA RUMUSAN MASALAH: SPESIFIK, ADA TUJUAN DAN MANFAAT), 3).KAJIAN PUSTAKA: (  MEMUAT KAJIAN TEORI , MEMUAT TEMUAN HASIL PENELITIAN , KERANGKA BERPIKIR      ARGUMENT, 4).METODOLOGI  :(KEJELASAN SETTING PENELITIAN TAHAPAN TIAP SIKLUS, CARA PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMENNYA & ANALISIS DATA). HASIL DAN PEMBAHAS: ( TEMUAN DARI SIKLUS KE SIKLUS DGN GAMBARAN ADANYA PERUBAHAN DAN PEMBAHASAN), 5).SIMPULAN DAN SARAN😦 URAIAN TEMUAN POKOK HASIL         SARAN YANG SESUAI DGN TEMUAN), 6).DAFTAR PUSTAKA      ( PENULISAN SESUAI DGN ATURAN),
    7).LAMPIRAN  : (  DOKUMEN YANG DIGUNAKAN DAN    DIANGGAP PENTING).

 

Bagian ISI Laporan:

1. PENDAHULUAN:

– Latar belakang masalah (kemukakan secara jelas disertai data faktual yang dijumpai di klas).Kemukakan pentingnya masalah tersebut dipecahkan.

– Rumuskan masalahnya secara jelas

– Tujuan penelitian kemukakan secara tuntas sesuai dengan masalahnya.

– Manfaat penelitian

– Kemukakan secara jelas bagaimana cara pemecahan masalah yang akan dilakukn

 

2.  Kajian Teori

Jabarkan teori, konsep, atau hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan variabel-variabel penelitian yang dipermasalahkan. GUNAKAN kajian tersebut untuk menjelaskan bahwa tindakan itu dapat mengatasi masalah.

Uraikan variabel bebas secara rinci, termasuk bagaimana cara pelaksanaan tindakan atau action yang akan dilakukan.

Kemukakan secara  jelas  variabel tindakan dan masalah yg dipecahkan serta kemungkinan hipotesis atas  tindakan tersebut

 

3.  Metode penelitian

Uraikan pelaksanaan, berapa siklus, uraikan tahapan tiap siklus, intrumen, termasuk memvalidasi

Perlu diingat tahapan tiap siklus {ren cana, tindakan, observasi, refleksi}

Jelaskan tindakan di tiap siklus, langkah dan hasil evaluasi-refleksi, uraian tindakan selanjutnya, dan indikator keberhasilannya

 

4. HASIL PENELITIAN

*Paparkan kondisi lapangan yg diperoleh.
*Diskripsikan semua data yang didapat di tiap siklus, dan sajikan dalam tabel.
*Analisis data yg sesuai, sajikan hasilnya
*Rangkum analisis semua siklus pada suatu  tabel sehingga menjawab hipotesis serta masalahnya.
*Pada PTK diskripsikan data perubahan pada tiap siklus serta simpulkan untuk semua siklus yang dicapai.

5.  PENUTUP

Tulis simpulan-simpulan hasil   penelitian yang didapat, urutkan   sesuai dengan rumusan   masalah.

Berdasarkan hasil penelitian, tulis   saran-saran yang diperlukan   (bagaimana sarannya kepada siapa dengan didasarkan pada simpulan yang diperoleh)

 

BAGIAN PENUNJANG

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN:  – DAFTAR HADIR SAPL.

– INSTRUMEN PENELIT.

– SAMPEL JAWABAN

– IJIN PENELITIAN

– PERNYATAAN PENULIS

– FOTO KEGIATAN

– DLL.

SELAMAT BEKERJA

 

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: