//
you're reading...
Pendidik

IDENTIFIKASI MODALITAS BELAJAR UNTUK KOMUNIKASI EFEKTIF

Waktu itu pernah belajar soal modalitas belajar yang bisa mengefektifkan sesorang dalam belajar dan menangkap informasi, yang dibagi tiga seperti ini :

1. Visual
merupakan kecenderungan orang dalam belajar dan menangkap informasi secara optimal melalui penglihatan atau sesuatu yang ditangkap secara visual, seperti gambar-gambar, warna-warna, atau apapun yang memuaskan penglihatannya

2. Auditorial kecenderungan untuk menangkap informasi dan kenyamanan dalam belajar dengan melalui indera pendengaran. Orang seperti ini pasnya kalau sedang belajar ga usah cape-cape nulis, mendingan rekam aja, nanti setel lagi untuk mengulang, ini salah satu contohnya.

Sedangkan 3. Kinestetik adalah kecenderungan dengan cara merasakan atau mempraktekkan langsung. Kalu ini dari sisi rasa. Kalau sama orang ini kalau bilang makanan itu enak apa engga kalau cuma diceritain atau diliatin gambarnya engga mempan (sebenarnya yang lain juga sih…. lapeeeerrrr hehehe), tapi musti kudu nyicipin baru dia ngeh kalau makanan itu enak. Kira-kira gitulah contohnya.

Nah sekarang gimana caranya kita bisa tau seseorang itu memiliki salah satu kecenderungan tersebut. Perlu diperhatikan bahwa, kecenderungan itu setiap orang punya ketiganya, hanya saja mana yang paling dominan dari ketiganya tersebut sehingga orang tersebut bisa optimal dalam menangkap pesan dan informasi yang diberikan.

Ini asyik banget nih kalau buat orang marketing, supaya dapat jalan pintas untuk mempengaruhi orang biar beli produknya. Atau guru, atau orang biasa yang lagi pengen tau kecenderungan lawan bicaranya sehingga dia bisa menyesuaikan diri dengan orang tersebut.

Bahkan buat suami istri bisa jadi membantu sekali menambah keharmonisa rumah tangga, soalnya kita bisa nyambung dalam komunikasi karena masing-masing tau bagaimana menyampaikan pesan ke pasangannya secara efektif.

Nah secara sederhana untuk melakukan penjajakan, istilah sundanya mah assessment begituh…:-), kita bisa mengajukan pertanyaan sebagaimana yang saya tulis di judul.

Kita ajukan pertanyaan misalnya begini, “Bu, kamu kalau jalan-jalan sukanya kemana, pantai apa gunung ?”. Nah tinggal kita tunggu jawabanya untuk tau kecenderungannya itu.

Kalau dijawab gunung, karena pemandangannya bagus, bayak yang dilihat dst, dst yang memberikan kecenderungan visual, bisa dipastikan orang itu tipenya visual, nah kalau jawab pantai ya sama aja. Intinya mau pilih mana sama aja,yang penting kenapanya begituh….

Kalau jawabannya enakan ke pantai karena bisa denger deburan ombak dst, dst, nah berarti apa tuh…. ya tull, orang itu auditori, ke gunung juga kalau enak dengerin kicau burung, gemericik air pancuran de el el juga sama begituh..

Kalau enak euy bisa berenang, berjemur dan lain-lain, nah eta mah berarti kinestetik begituh….

Perhatian juga buat yang sudah punya putra atau putri yang susah dibilangin, bisa jadi anaknya kinestetik. Karena biarpun mulut udah berbusa dan pegel, tapi anaknya tetep aja melakukan hal yang sama, ini berarti perlu cara lain dalam memberi tau.

Misal, “Haduuuuh Ujaaaang udah mamah bilangin berkali-kali kalalu masuk ke rumah sendalnya dibuka, mamah cape dong ngepel melulu….”. Nah karena si Ujang termasuk kinestetik dia gak begitu ngaruh kalau cuma dibilangin ajah, besok-besok mendingan mamahnya tepuk aja pundak ujang terus suruh lihat dan ngepel kotoran yang di lantai, gak usah banyak ngomong tepuk, tunjuk terus suruh bersihin. Insya Allah penyampaiannya akan lebih efektif dibanding dengan yang pertama.

Memang semuanya enggak mutlak-mutlakan juga, yang penting kan kita bisa mengefektifkan komunikasi, strategi penyampaian pesan atau kenyamanan kita sendiri dalam belajar.

Yah begitu dulu atuh yang bisa disampaikan. Lebih dan kurang mohon maklum, abisna masih diajar ari kata sundana mah.

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Januari 2011
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: