//
you're reading...
Pendidik

BREAKING THE EGG

 

 

Sessi andalan saya kalau pas lagi ceritanyah mah ngisi acara training itu kalau sudah masuk sessi ini. Sessi mecahin telor, bener-bener mecahin telor begitu. Indikatornya mudah saja kalau telornya pecah berarti sudah sukses. Beneran kan bener sukses, sukses mecahkuen telor maksud na mah…🙂

Tapi yang jauh lebih dahsyat justru sebenarnya apa yang bisa dijadikan ibrah dari memecahkan telor itu untuk sukses.

Seperti kita tau, se-awam-awamnya pasti kita ngerti kalau telor atau bahasa sopannya telur itu banyak manfaatnya. Ada protein, vitamin, zat besi dan lain-lain pokonamah begitu yah.

Nah telor dengan segala potensi kelebihannya itu tentunya punya manfaat untuk kita manusia. Si telor bisa memberikan manfaat kepada kita, dan kita bisa bisa memberikan manfaat kepada telor dengan mengambil manfaatnya tentunya sehingga si telor jadi tidak mubazir. Kalau mubazir kan diberdayakan oleh kita tidak, jadi menetas sebagai unggas atau burung atau binatang lain juga tidak.

Oleh karena dua belah pihak bisa saling memberi manfaat. Apapun yang bisa memberikan manfaat tetntunya kita sepakat itu adalah kesuksesan dalam segala ukurannya yang relatif.

Sayangnya telor dengan potensinya itu tidak bisa memberi manfaat kepada kita, dan karenanya kita juga akhirnya tidak bisa mengambil manfaat dari telor. Karena cangkangnya menghalangi kita dan telor untuk bisa saling memberi manfaat.

Maka untuk suskes yang ingin diraih tersebut mau ga mau si cangkang alias barrier yang menghalangi antara telor dan kita dan siapapun juga itu harus dipecahkan, harus dibuka, harus di luluh lantakkan. Sehingga potensi yang sedemikian dahsyat tersebut bisa segera dioptimalkan.

Kalau telor itu menetas pun jelas juga sukses dengan pecahnya si cangkang. Dari harga dan kualitas telor jadi harga dan kulaitas ayam (kalau itu jadinya ayam). Coba mahal mana telor goreng sama ayam goreng ?.

Artinya dengan memecahkan cangkangnya si telor telah bertransformasi (cieeeh…berat euuyy basana) menjadi sesuatu yang lebih bernilai tambah. Coba kalau cangkangg tersebut tidak pecah atau dipecahkan telor akan tetap jadi telor atau potensi ayam di dalamnya malahan mati tidak berguna lagi kecuali dibuang.

Nah demikian juga dengan kita manusia. Jelas keneh ceuk ustad mun manusia teh diciptakan dengan potensi dan bentuk dan segala-galanya yang sempurna bagaimanapun itu sebagaimana dikutip dari Al-Qur’an. Sehingga potensi itu akan meningkatkan kualitasnya, menjadikannya suskes tidak hanya dunia tapi juga menembus dunia alias akhirat. Ari ceuk do’a mah fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah begitu.

Tapi manusia juga punya barrier yang menghalagi dia untuk suskes ya cangkangnya itu seperti, malu, ga pd, akhlaq yang jelek, bodoh, tidak mau belajar, malas dan segala sifat jelek lainnya. Termasuk siapapun dia yang nyaman di zona nyamannya.

Maka kalau mau sukses harus pecah cangkangnya itu. Kalau kata pepatah mah mau pandai berarti mesti rajin berarti pecah si cangkang malas. Sampai mau masuk surga berarti harus pecah cangkangnya dari bermalas-malasan dalam beribadah, termasuk pecah si akhlaq jelek, pecah si maksiyat dan saudara-saudaranya. Otomatis membuat kita berusaha untuk bagaimana caranya bisa memecahkan cangkangnya telor itu.

Dalam simulasi saya meminta peserta untuk memecahkan dengan satu tangan dan caranya diremas. Lumayan agak susah juga. Nah kalau ga bisa sendiri maka ajaklah orang lain untuk membantu kita memecahkan telornya. Begitu juga jika kita tidak sanggup memecahkan cangkang diri kita untuk bisa menjadi suskes itu. Ajak atau bergabunglah dengan orang lain untuk memecahkannya. Insya Allah bebannya jadi lebih ringan dan peluang untuk pecah akan lebih besar. Demikian berkahnya berjamaah itu alias kerja tim. Memungkinkan segala yang ga mungkin menjadi mungkin.

Nah ketika pecah tentunya si telor akan muncrat. Itu resiko kita terima saja, karena tidak ada sukses tanpa resiko. Biasanya karena ini juga peserta banyak yang ga mau ke depan mecahin telor takut tangannya bau amis kena telornya. Jelas yang ga mau masih betah di zona nyamannya. Padahal resikonya sebentar abis itu dicuci sudah bersih lagi. Demikian juga resiko dalam hidup kita, coba kalau yang malas sholat shubuh nyangkanya ga enak banget kalau pas mau bangunnya, sehingga dia malas bangun dan tetap meneruskan zona nyamannya. Beda dengan yang bangun memang ada yang ga enak ketika bangun, maksa mata melek, jalan sempoyongan ke kamar mandi, gosok gigi. Tapi kalau udah selesai dan berhasil shalat shubuhnya, berjamaah lagi. Subhanallah indah betul rasanya, seger, paginya dapet banget gitu loch, enak di hati jauh lebih nikmat rasanya dibanding kalau ga bangun malah bangun kesiangan, lemes dan yang pasti shubuhnya kelewat.

Di situlah resiko menjadi penghalang yang menakutkan buat orang-orang yang ga mau berjuang meraih sukses buat dirinya yang sudah jelas sudah Allah persipakan untuk dia. Karena hakikatnya sukes itu bukan dicari tapi dijemput. Karena masa depan, rezeki dan segalanya sudah jelas bagi Allah buat masing-masing kita.

Maka apapaun susahnya, apapun halangannya pecahkan telor itu dengan segala mujahadah kita. Dan jika telah tunai segala usaha maka wakilkan saja segalanya kepada Allah. Sesungguhnya kepada Allah saja kesuksesan itu berada pada hakikat yang setinggi-tingginya.

Kurang lebih begitu kira-kira. .

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Januari 2011
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,759,046 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Milan Amankan Tiga Angka Lawan Crotone 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan akhirnya mengamankan tiga angka saat menjamu Crotone di stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (4/12). Skuat asuhan Vincenzo Montella berhasil memenangkan pertandingan 2-1 jelang pertandingan...
    Didi Purwadi
  • NTB Dorong Penambahan Jumlah Penerbangan ke Lombok 4 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun depan. Salah satu caranya dengan penambahan jumlah penerbangan ke Pulau Lombok, yang menjadi destinasi wisata utama...
    Indira Rezkisari

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: