RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : IPA /Fisika
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
B. Standar Kompetensi
Memahami konsep rotasi bumi dan pembagian daerah waktu di bumi
C. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan gerak rotasi bumi, taksiran waktu dan pembagian daerah waktu di bumi.
D. Indikator
1. Mengidentifikasi bukti bahwa bumi berotasi.
2. Menaksir waktu dengan posisi matahari di langit.
3. MenerapKan adanya pembagian daerah waktu di bumi.
E. Materi Pokok dan Uraian Materi:
1. Gerak bumi dalam tata surya
a. Rotasi bumi.
b. Rotasi bumi dan waktu.
c. Daerah waktu di bumi
F. Metode: Informasi, diskusi kelompok, eksperimen
G. Media : Modul, globe, model matahari-bumi-bulan, papan tulis.
H. SKENARIO PEMBELAJARAN
Langkah Aktivitas Siswa Aktivitas Guru Metode
Pembukaan
(5 menit)
Diskusi modul pembelajaran
(15 menit)
Eksperimen
(25 menit)
Diskusi klasikal
(5 menit)
Demonstrasi penguatan
(10 menit)
Tes akhir
(15 menit)
Penutupan pembelajaran
(5 menit)
1. Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa
2. Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru jika diberi pertanyaan
3. Mengelompokkan diri sesuai dengan arahan guru
4. Mendikusikan isi modul pembelajaran dalam kelompok.
5. Melakuan eksperimen dalam kelompok dan mendiskusikan
6. Mengumpulkan LKS dan kembali dalam bentuk klasikal
7. Mengikuti diskusi secara klasikal
8. Memperhatikan demonstrasi dan mengikuti tanya jawab.
9. Mengerjakan tes akhir
10. Memperhatikan informasi guru tentang rangkuman hasil pembelajaran.
11. Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
1. Memulai pembelajaran dengan salam dan doa
2. Memberi informasi pendahuluan tentang adanya siang, malam, waktu, dan pembagian daerah waktu: WIB, WITA, WIT. Memberi informasi tentang tujuan pembelajaran
3. Mengelompokkan siswa, masing-masing kelompok maksimum 5 orang.
4. Memberikan modul pembelajaran kepada semua siswa dan menugaskan siswa untuk mediskusikan isi modul pembelajaran dalam interval waktu tertentu.
5. Membagi LKS agar siswa melakukan eksperimen dalam kelompok tentang bayang-bayang benda dan waktu
6. Meminta siswa mengakhiri eksperimen, mengumpulkan LKS, dan kembali ke bentuk klasikal.
7. Mengajak dikusi secara klasikal tentang hasil eksperimen dalam LKS
8. Memberikan penguatan tentang materi pembelajaran dengan demonstrasi menggunakan globe dan model matahari-bumi-bulan
9. Memberikan tes akhir
10. Menutup pembelajaran dengan merangkum hasil pembelajaran
11. Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
Informasi dan tanya jawab
Informasi
Diskusi
Eksperimen dan diskusi
Tanya-jawab dan diskusi
Demonstrasi dan tanya jawab
Resitasi/penugasan
Informasi
I. Sumber Bahan Pembelajaran:
Modul, Buku Pelajaran Fisika SMA/MA
J. Evaluasi:
Evaluasi ranah kognitif
Jawablah secara singkat pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Sebutkan sekurang-kuranya tiga peristiwa yang menunjukkan bahwa bumi berotasi
2. Tuliskan satu kalimat penuh tentang istilah-istilah berikut: sumbu rotasi bumi, daerah waktu standar, Garis Penanggalan Internasional.
3. Bayangkan kalian tinggal di Jayapura, dan kawan kalian tinggal di Jakarta. Jika kalian ingin berbicara dengan kawan itu pada jam 14.00 WIB, pada jam berapa (WIT) kalian harus menelponnya?
menurut saya rpp ini, belum sesuai dengan KTSP, masih sangat umum, belum lengkap pada langkah-langkah kegiatannya
SukaSuka
dalam RPP ini saya harap terperinci setiap kegiatan dan sistematika yang jelas
SukaSuka