//
you're reading...
Pendidik

Penilaian Hasil Belajar dalam Setting Pendidikan Inklusif

Ciri Pokok Pendidikan Inklusif

•Mengakomodasi semua anak (tidak diskriminatif) •Sistem sekolah disesuaikan dengan kebutuhan anak •Anak belajar bersama-sama dengan kelompok umur sebaya •Masalah terletak pada sistem bukan pada anak •Setiap anak mendapat keuntungan dari sekolah yang sama •Pembelajaran berlangsung dalam atmosfir yang menyenangkan

Sistem Sekolah yang Diadaptasikan terhadap Anak

•Lingkungan:

   Fisik dan sosial menjadi aksesibel bagi semua anak

•Kurikulum:

   Tujuan, Bahan, strategi dan penilaian hasil belajar (sesuai kebutuhan anak)

•Warga sekolah:

   Guru, Kep.Sek, Siswa, Pegawai, orang tua (sikap dan penerimaan thd perbedaan)

Penilaian Hasil Belajar
(Assessment)

Hasil Belajar:

•Aspek sosial-emosional, fisik-motorik, dan perilaku adaptif (aspek perkembangan individu) •Aspek kompetensi akademik

Dimaksudkan untuk mendapatkan data siapakah anak yang mengalami hambatan belajar (memiliki kebutuhan khusus):

   – Bersifat internal, kebutuhan khusus 

     karena faktor diri anak itu

     sendiri (kecacatan atau keberbakatan)

   – Bersifat eksternal, kebutuhan  khusus akibat

     sistem/lingkungan

Kapan Penilaian (Assessment) Dilakukan

•Sebelum pembelajaran dimulai: untuk mendapatkan data tentang baseline setiap anak sebelum pembelajaran dilakukan •Pada saat pembelajaran berlangsung: untuk melihat apakah anak mengalami hambatan, melihat respon anak thd proses, dan melihat atmosfir kelas (LIRP) •Pada akhir pembelajaran: untuk melihat perkembangan yang terjadi.

Fungsi Penilaian (Assessment)

•Screening & Indentification (penyaringan dan penjaringan) •Child’s Educational Needs exploration (eksplorasi kebutuhan belajar anak) •Intructional Planning (perencanaan pembelajaran) •Evaluation (penilaian hasil)

Screening & Identification (penyaringan dan penjaringan)

Dimaksudkan untuk mendapatkan data siapakah anak yang mengalami hambatan belajar (memiliki kebutuhan khusus):

   – Bersifat internal, kebutuhan khusus 

     karena faktor diri anak itu

     sendiri (kecacatan atau keberbakatan)

   – Bersifat eksternal, kebutuhan  khusus akibat

     sistem/lingkungan

Eksplorasi Kebutuhan Kebutuhan Belajar Anak

Untuk mendapatkan data tentang :

•apa yang sudah dikuasaai anak saat ini •Apa yang menjadi hambatan bagi anak untuk belajar •Apa yang menjadi kebutuhan belajarnya

Penilaian oleh Pemerintah

Ujian Nasional, dilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu

•Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional

Penilaian oleh Pemerintah

Ujian Nasional, dilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu

•Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional 

Untuk mendapatkan data tentang :

apa yang sudah dikuasaai anak saat ini
Apa yang menjadi hambatan bagi anak untuk belajar
Apa yang menjadi kebutuhan belajarnya
Instructional Planning & Evaluation (Perencaan Pembelajaran & Evaluasi) 
Bagaimana mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai untuk melayani semua anak yang beragam (termasuk anak berkebutuhan khusus) dan untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah proses dilakukan
Adaptasi Penilaian
•Adaptasi dalam cara •Adaptasi dalam waktu •Adaptasi dalam isi •Adaptasi dalam cara waktu dan isi
Penilaian Dilakukan Oleh Pendidik
Pendidik : Setiap anak mendapat penilaian ttg aspek sosial-emosional, fisik motorik dan perilaku adaptif dan tentang kompetensi akademik,dengan melakukan adaptasi dalam cara, waktu, isi (salah satu atau  semuanya), dilaporkan bisa secara kuantitaif dan atau deskriptif kualitatif
•Pendidik : Setiap anak mendapat penilaian ttg aspek sosial-emosional, fisik motorik dan perilaku adaptif dan tentang kompetensi akademik,dengan melakukan adaptasi dalam cara, waktu, isi (salah satu atau  semuanya), dilaporkan bisa secara kuantitaif dan atau deskriptif kualitatif.
•Penilaian oleh Satuan Pendid •Dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran (naik kelas/pindah kelas) •Dilaksanakan pada setiap akhir program satuan pendidikan (tamat sekolah/lulus)
 

Penilaian oleh Pemerintah

Ujian Nasional, dilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu

Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

Mei 2010
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Statistik Blog

  • 1,762,190 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: