No | Peran | Fungsi | Kegiatan |
1 | Pemberi pertimbangan (advisory) | 1.1 Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai:
|
1.1.1 Mengadakan pendataan kondisi sosial ekonomi keluarga peserta didik dan sumber daya pendidikan dalam masyarakat1.1.2 Menganalisis hasil pendataan sebagai pemberian masukan, pertimbangan, dan atau rekomendasi kepada sekolah
1.1.3 Menyampaikan masukan, pertimbangan, dan atau rekomendasi secara tertulis kepada sekolah, dengan tembusan kepada dinas pendidikan dan dewan pendidikan 1.1.4 Memberikan pertimbangan kepada sekolah dalam rangka pengembangan kurikulum muatan local 1.1.5 Memberikan pertimbangan kepada sekolah untuk meningkatkan proses pembelajaran 1.1.6 Memberikan masukan dan pertimbangan kepada sekolah dalam penyusunan visi, misi, tujuan, kebijakan, dan kegiatan sekolah |
2 | Pendukung (Supporting) | 2.1 Mendorong tua dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan | 2.1.1 Mengadakan rapat secara berkala dan incidental dengan orang tua dan anggota masyarakat2.1.2 Mencari bantuan dana dari dunia usaha dan industri untuk biaya pembebasan uang sekolah bagi siswa yang tidakmampu
2.1.3 Menghimbau dan mengadakan pendekatan kepada orang tua dan masyarakat yang dipandang mampu untuk menjadi naa sumber dalam kegiatan intrakurikuler bagi peserta didik 2.1.4 Memberikan dukungan untuk pemeriksaan kesehatan anak-anak 2.1.5 Memberikan dukungan kepada sekolah untuk secara preventif dan kuratif dalam penyebarluasan narkoba di sekolah 2.1.6 Memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler |
No | Peran | Fungsi | Kegiatan |
2.2 Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan | 2.2.1 Memverifikasi RAPBS yang diajukan oleh sekolah2.2.2 Memberikan pengesahan terhadap RAPBS setelah proses verifikasi dalam rapat pleno
2.2.3 Memotivasi masyarakat kalangan menengah ke atas untuk meningkatkan komitmennya bagi upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah 2.2.4 Membantu sekolah dalam rangka penggalangan dana masyarakat untuk pengumpulan dana abadi |
||
2.3 Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu | 2.3.1 Melaksanakan konsep subsidi silang dalam penarikan iuran dari orang tua siswa2.3.2 Mengadakan kegiatan inovatif untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen masyarakat, misalnya panggung hiburan sekolah dan masyarakat
2.3.3 Membantu sekolah dalam menciptakan hubungan dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua masyarakat |
||
3 | Pengotrol (controlling) | 3.1 Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan, dan keluaran pendidikan | 3.1.1 Mengadakan pertemuan secara rutin atau incidental dengan kepala sekolah atau dewan guru3.1.2 Sering mengadakan kunjungan atau silaturrahmi ke sekolah, atau dengan dewan guru di sekolah
3.1.3 Meminta penjelasan kepada sekolah tentang hasil belajar siswa 3.1.4 Bekerjasama dengan sekolah dalam kegiatan penelusuran alumni |
4 | Mediator | 4.1 Melakukan kerjasama dengan masyarakat | 4.1.1 Membina hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan seluruh stakeholder pendidikan khususnya dunia usaha dan industri4.1.2 Mengadakan penjajagan tentang kemungkinan untuk mengadakan kerjasama atau MOU dengan lembaga lain dalam memajukan sekolah |
4.2 Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat | 4.2.1 Menyebarkan kuesioner untuk memperoleh masukan, saran, dan ide kreatif dari masyarakat4.2.2 Menyampaikan laporan kepada sekolah secara tertulis, tentang hasil pengamatannya terhadap sekolah |
Indikator Kinerja Komite Sekolah
dalam Perannya Sebagai Badan Pertimbangan
PERAN KOMITE SEKOLAH | FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN | INDIKATOR KINERJA |
1. Badan Pertimbangan (Advisory Agency ) | 1. 1 Perencanaan sekolah | 1.1.1 Identifikasi sumber daya pendidikan dalam masyarakat.1.1.2 Memberikan masukan untuk penyusunan RAPBS.
1.1.3 Menyelenggarakan rapat RAPBS (sekolah, orang tua siswa, masyarakat) 1.1.4 Memberikan pertimbangan perubahan RAPBS. 1.1.5 Ikut mengesahkan RAPBS bersama kepala sekolah. |
1. 2. Pelaksanaan Programa. Kurikulum
b. PBM c. Penilaian |
1.2.1 Memberikan masukan terhadap proses pengelolaan pendidikan di sekolah.1.2.2 Memberikan masukan terhadap proses pembelajaran kepada para guru. | |
1. 3. Pengelolaan Sumber daya Pendidikana. SDM
b. S/P c. Anggaran |
1.3.1 Identifikasi potensi sumber daya pendidikan dalam masyarakat.1.3.2 Memberikan pertimbangan tentang tenaga kependidikan yang dapat diperbantukan di sekolah.
1.3.3 Memberikan pertimbangan tentang sarana dan prasarana yang dapat diperbantukan di sekolah. 1.3.4 Memberikan pertimbangan tentang anggaran yang dapat dimanfaatkan di sekolah. |
Indikator Kinerja Komite Sekolah
dalam Perannya Sebagai Badan Pendukung
PERAN KOMITE SEKOLAH | FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN | INDIKATOR KINERJA |
2. Badan Pendukung (Supportinng Agency) | 2.1 Pengelolaan Sumber Daya2. 2 Pengelolaan Sarana dan Prasarana
2. 3 Pengelolaan Anggaran |
2.1.1 Memantau kondisi ketenagaan pendidikan di sekolah.2.1.2 Mobilisasi guru sukarelawan untuk menanggulangi kekurangan guru di sekolah.
2.1.3 Mobilisasi tenaga kependidikan non guru untuk mengisi kekurangan di sekolah. 2.2.1 Memantau kondisi sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 2.2.2 Mobilisasi bantuan sarana dan parasarana sekolah. 2.2.3 Mengkoordinasi dukungan sarana dan parasarana sekolah 2.2.4 Mengevaluasi pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana sekolah. 2.3.1 Memantau kondisi anggaran pendidikan di sekolah. 2.3.2 Memobilisasi dukungan terhadap anggaran pendidikan di sekolah. 2.3.3 Mengkoordinasikan dukungan terhadap anggaran pendidikan di sekolah. 2.3.4 Mengevaluasi pelaksanaan dukungan anggaran di sekolah. |
Indikator Kinerja Komite Sekolah
dalam Perannya Sebagai Badan Pengontrol
PERAN KOMITE SEKOLAH | FUNGSI MANAJEMENPENDIDIKAN | INDIKATOR KINERJA |
3. Badan Pengontrol (Controlling Agency) | 3.1 Mengontrol perencanaan pendidikan di sekolah3.2 Memantau pelaksanaan program sekolah
3.3 Memantau out put pendidikan |
3.1.1 Mengontrol proses pengambilan keputusan di sekolah.3.1.2 Mengontrol kualitas kebijakan di sekolah.
3.1.3 Mengontrol proses perencanaan pendidikan di sekolah 3.1.4 Pengawasan terhadap kualitas perencanaan sekolah 3.1.5 Pengawasan terhadap kualitas program sekolah. 3.2.1 Memantau organisasi sekolah 3.2.2 Memantau penjadwalan program sekolah 3.2.3 Memantaua alokasi anggaran untuk pelaksanaan program sekolah. 3.2.4 Memantau sumber daya pelaksana program sekolah. 3.2.5 Memantau partisipasi stake-holder pendidikan dalam pelaksanaan program sekolah. 3.3.1 Memantau hasil ujian akhir. 3.3.2 Memantau angka partisipasi sekolah 3.3.3 Memantau angka mengulang sekolah 3.3.4 Memantau angka bertahan di sekolah. |
Indikator Kinerja Komite Sekolah
dalam Perannya Sebagai Badan Penghubung (Mediator)
PERAN KOMITE SEKOLAH | FUNGSI MANAJEMENPENDIDIKAN | INDIKATOR KINERJA |
4. Badan Penghubung (Mediator Agency) | 4. 1 Perencanaan4. 2 Pelaksanaan program
4. 3 Pengelolaan sumber daya pendidikan |
4.1.1 Menjadi penghubung antara Komite Sekolah dengan masyarakat, Komite Sekolah dengan sekolah, dan Komite Sekolah dengan Dewan Pendidikan.4.1.2 Mengidentifikasi aspirasi masyarakat untuk perencanaan pendidikan.
4.1.3 Membuat usulan kebijakan dan program pendidikan kepada sekolah 4.2.1 Mensosialisasikan kebijakan dan program sekolah kepada masyarakat 4.2.2 Memfasilitasi berbagai masukan kebijakan program terhadap sekolah 4.2.3 Menampung pengaduan dan keluhan terhadap kebijakan dan program sekolah 4.2.4 Mengkomunikasikan pengaduan dan keluhan masyarakat terhadap sekolah 4.3.1 Mengindentifikasi kondisi sumber daya di sekolah 4.3.2 Mengidentifikasi suber-sumber daya masyarakat 4.3.3 Memobilisasi bantuan masyarakat untuk pendidikan di sekolah 4.3.4 Mengkoordinasikan bantuan masyarakat |
Kegiatan | Pelaksanaan | Komentar | |
Y | T | ||
1.1.7 Mengadakan pendataan kondisi sosial ekonomi keluarga peserta didik dan sumber daya pendidikan dalam masyarakat1.1.8 Menganalisis hasil pendataan sebagai pemberian masukan, pertimbangan, dan atau rekomendasi kepada sekolah
1.1.9 Menyampaikan masukan, pertimbangan, dan atau rekomendasi secara tertulis kepada sekolah, dengan tembusan kepada dinas pendidikan dan dewan pendidikan 1.1.10 Memberikan pertimbangan kepada sekolah dalam rangka pengembangan kurikulum muatan local 1.1.11 Memberikan pertimbangan kepada sekolah untuk meningkatkan proses pembelajaran 1.1.12 Memberikan masukan dan pertimbangan kepada sekolah dalam penyusunan visi, misi, tujuan, kebijakan, dan kegiatan sekolah |
|||
2.1.1 Mengadakan rapat secara berkala dan incidental dengan orang tua dan anggota masyarakat2.1.2 Mencari bantuan dana dari dunia usaha dan industri untuk biaya pembebasan uang sekolah bagi siswa yang tidakmampu
2.1.3 Menghimbau dan mengadakan pendekatan kepada orang tua dan masyarakat yang dipandang mampu untuk menjadi naa sumber dalam kegiatan intrakurikuler bagi peserta didik 2.1.4 Memberikan dukungan untuk pemeriksaan kesehatan anak-anak 2.1.5 Memberikan dukungan kepada sekolah untuk secara preventif dan kuratif dalam penyebarluasan narkoba di sekolah 2.1.6 Memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler |
Kegiatan | Pelaksanaan | Komentar | |
Y | T | ||
2.2.1 Memverifikasi RAPBS yang diajukan oleh sekolah2.2.2 Memberikan pengesahan terhadap RAPBS setelah proses verifikasi dalam rapat pleno
2.2.3 Memotivasi masyarakat kalangan menengah ke atas untuk meningkatkan komitmennya bagi upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah 2.2.4 Membantu sekolah dalam rangka penggalangan dana masyarakat untuk pengumpulan dana abadi |
|||
2.3.1 Melaksanakan konsep subsidi silang dalam penarikan iuran dari orang tua siswa2.3.2 Mengadakan kegiatan inovatif untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen masyarakat, misalnya panggung hiburan sekolah dan masyarakat
2.3.3 Membantu sekolah dalam menciptakan hubungan dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua masyarakat |
|||
3.1.1 Mengadakan pertemuan secara rutin atau incidental dengan kepala sekolah atau dewan guru3.1.2 Sering mengadakan kunjungan atau silaturrahmi ke sekolah, atau dengan dewan guru di sekolah
3.1.3 Meminta penjelasan kepada sekolah tentang hasil belajar siswa 3.1.4 Bekerjasama dengan sekolah dalam kegiatan penelusuran alumni |
|||
4.1.1 Membina hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan seluruh stakeholder pendidikan khususnya dunia usaha dan industri4.1.2 Mengadakan penjajagan tentang kemungkinan untuk mengadakan kerjasama atau MOU dengan lembaga lain dalam memajukan sekolah |
bagus pak blognya..he…he…he. Masalah isi blog belum bisa komentar, soale blum sempat baca. nanti klu udah baca pasti sy kasih komentar
SukaSuka
trims ya….ajak teman guru berdiskusi pada forum guru ya???
SukaSuka
buagus banget mas, artikelnya sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas. trims buanget. moga mas senantiasa diberi kecerahan dan kekuatan ilmu serta diberikan barokahnya. amin
SukaSuka
amiiin.Trims ya n salam kenal adik pipin moga sukses selalu ,amiiin.
SukaSuka