//
you're reading...
Pendidik

IMPLIKASI UU GURU DAN DOSEN TERHADAP PERENCANAAN ANGGARAN DAN KEBIJAKAN STRATEGIS PENDIDIKAN NASIONAL

Oleh :

Drs. H. M. Irsyad Sudiro, M.Si.

A. Pendahuluan

Undang-undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen yang telah disahkan oleh DPR RI pada 6 Desember 2005 dan diundangkan pada 30 Desember 2005 merupakan suatu langkah maju dalam dunia pendidikan nasional kita dengan beberapa alasan, yakni:

  1. Undang-undang tersebut memberikan payung hukum yang memberi jaminan perlindungan hukum kepada para guru dan dosen dalam menjalankan tugas profesionalnya.
  1. Undang-undang tersebut memberi jaminan kepada para guru dan dosen untuk memperoleh hak-haknya secara layak sesuai martabat profesi dan tugas pengabdiannya.
  1. Undang undang tersebut menjamin adanya peningkatan kesejahteraan guru dan dosen yang selama ini diharapkan dan diperjuangkan.
  1. Undang-undang itu juga mempersyaratkan guru dan dosen memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat profesi serta kewajiban profesional yang harus diembannya yang pada gilirannya akan dapat memacu peningkatan mutu pendidikan sebagaimana yang diharapkan.

Alasan-alasan yang dikemukakan di atas yang juga dapat disebut sebagai indikator langkah maju dalam dunia pendidikan nasional tersebut, sejatinya menimbulkan implikasi terhadap perencanaan anggaran pendidikan baik di Pusat (APBN) maupun di daerah (APBD).

Implementasi Undang-Undang Guru dan Dosen juga membawa implikasi terhadap Kebijakan Strategis Pendidikan Nasional

B. Implikasi terhadap Perencanaan Anggaran Pendidikan

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menetapkan anggaran pendidikan yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan guru dan dosen; peningkatan kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat profesi; disamping untuk pembayaran gaji, tunjangan, insentif, honorarium, dll

Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31 ayat (4) menyatakan  “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja Negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional”

Selain itu, UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 49 ayat (1) menyatakan “Dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20 % dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sektor pendidikan dan minimal 20 % dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan UU No. 20 Tahun 2003 tersebut harus dilaksanakan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Namun dengan berbagai keterbatasan kemampuan keuangan yang ada baik Pemerintah maupun Pemerintah Daerah belum mampu memenuhi anggaran pendidikan sebesar 20 % dari APBN/APBD dimaksud.

Pada rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendiknas, Menbudpar, Meneg Pora dan Kepala Perpustakaan Nasional pada tanggal 20 Februari 2006, Mendiknas menyampaikan penjelasan Pemerintah mengenai pengalokasian seluruh anggaran pendidikan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2005 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2006, dialokasikan untuk anggaran pendidikan kurang-lebih Rp. 125.421.917.727.000 (19,37%). Dari total anggaran tersebut di atas, untuk Depdiknas dialokasikan sebesar Rp. 36.755 triliun.  Namun jumlah ini setelah dikurangi alokasi gaji guru dan dosen menjadi Rp. 34.635 triliun atau hanya 8,1 % dari APBN Tahun 2006.  Untuk mencapai jumlah 20 % dari APBN masih kurang 11,9 %.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2005 tentang APBN Tahun Anggaran 2006, menurut penjelasan pemerintah pada dasarnya merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar 1945, meskipun prosentase total anggaran baru mencapai 19,37% (untuk seluruh anggaran pendidikan) dan baru sebesar 8,1 % untuk anggaran sektor pendidikan yang dikelola oleh Depdiknas.

Implementasi Undang-Undang Guru dan Dosen sudah barang tentu mengharuskan Pemerintah dan Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional agar diperoleh hasil yang optimal dari implementasi undang-undang tersebut.

C. Implikasi terhadap Kebijakan Strategis Pendidikan Nasional

Selain berimplikasi terhadap perencanaan anggaran pendidikan, pemberlakuan Undang-Undang Guru dan Dosen juga menimbulkan implikasi terhadap Kebijakan Strategis Pendidikan Nasional yang meliputi antara lain:

  1. Memberi payung hukum terhadap guru dan dosen dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya, adanya jaminan perlindungan hukum terhadap hak-hak profesionalnya, peningkatan kesejahteraan, kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat profesi guru dan dosen.
  1. Menempatkan eksistensi dan posisi Guru dan Dosen sebagai jabatan profesional sejajar dengan jabatan-jabatan profesional lainnya, seperti dokter, jaksa, hakim, advokat/pengacara, apoteker, konsultan dan akuntan publik.
  1. Menyediakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lainnya yang profesional dalam bidang tugasnya masing-masing.
  1. Memberi dukungan terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  1. Mendukung peningkatan dan pencapaian mutu pendidikan nasional yang berdaya saing tinggi dalam persaingan global.

D. Penutup

  1. 1. Kesimpulan

Implementasi Undang-Undang Guru dan Dosen secara komprehensif melahirkan implikasi positif terhadap perencanaan anggaran pendidikan dan kebijakan strategis pendidikan nasional dalam rangka penerapan fungsi, visi, misi dan tujuan pendidikan nasional.

  1. 2. Saran

Kepada seluruh insan guru dan dosen, pakar dan praktisi pendidikan, institusi kependidikan, peserta didik dan mahasiswa serta pihak-pihak lain yang terkait dengan pendidikan di seluruh Tanah Air, hendaknya benar-benar memahami secara utuh semangat, jiwa, isi dan tujuan dari Undang-Undang Guru dan Dosen tersebut.

Jakarta, 25 Februari 2006

About suaidinmath

Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Diskusi

6 thoughts on “IMPLIKASI UU GURU DAN DOSEN TERHADAP PERENCANAAN ANGGARAN DAN KEBIJAKAN STRATEGIS PENDIDIKAN NASIONAL

  1. Tulisan Bapak sy gunakan utk tambahan referensi tgs Saya, mksh….

    Suka

    Posted by Ani | 6 Mei 2010, 7:45 am
  2. tulisan bapak sangat perlu untuk membuka wawasan yayasan kami, yang sampai saat ini masih mengganggap guru adalah buruh dengan jam kerja 10 jam perhari dengan 44 jam pelajaran.

    Suka

    Posted by kyan | 24 Mei 2010, 7:13 am
    • Alhamdulillah perhatian pemerintah terhadap guru dengan terbitnya UU guru dan dosen akan menempatkan guru sejajar dengan guru bangsa lain di dunia.Tunggu aja Pa apa jangan takut anak anak kita sekolkahkan ke guru . 5 th ke depan stok guru sangat kurang secara nasional.karena akan ada pesniunan guru secara massal yang tdk seimbang dengan jumlAH guru yang ada sekarang

      Suka

      Posted by suaidinmath | 24 Mei 2010, 3:57 pm
  3. implikasi positif sudah pasti pak….tapi sapras pendidikan masih perlu ditingkatkan dan rekrutmen pimpinan sekolah perlu diadakan oleh timindependen….di daerah banyak raja yang semau nya……

    Suka

    Posted by edi purnomo | 5 Oktober 2010, 3:45 am
  4. menurut bapak, bagaimana penerapan kebijakan pendidikan di indonesia,apakah sudah berjalan dengan baik/tidak dan dilihat dari mana?

    Suka

    Posted by kartini | 12 Oktober 2010, 11:52 am

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hari ini

April 2010
S S R K J S M
    Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 1,758,171 hit

Arsip blog

Award Blog Pendidikan 2012

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya

Dunia Pendidikan

Teratas

RSS Republika online

  • Andik: Melawan Vietnam Menguras Tenaga 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemain sayap Tim Nasional Indonesia, Andik Vermansyah mengaku sangat senang dan puas bisa mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 2-1. Dia mengatakan kemenangan pada putaran pertama babak...
    Andi Nur Aminah
  • Koeman Ingin Pemainnya Tunjukkan Kekuatan Melawan MU 3 Desember 2016
    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih Everton, Ronald Koeman mengatakan para pemainnya harus menunjukkan kekuatan dan komitmen mereka dalam beberapa pekan mendatang. Hal tersebut dimulai dari pertandingan pada Ahad malam (4/12) melawan...
    Israr Itah

RSS educatinalwithptk

newsalloy

NewsAlloy button

MUSIK

suara Edukasi

 

 http://radioedukasi.com/modules/mod_miniradio/mod_miniradio.swf

suara_edukasi

RADIO EDUKASI

Live Streaming AM 1251 kHz

Silahkan unduh produk audio radio Suara edukasi

[KLIK DISINI]

Zaimuttpjok/tik

BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN DAN KISAH HIDUP

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

ANNISA USH SHOLIHAH

ALL ABOUT CHEMIS_3 (sharing for carring)

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

Whatever

LET ME STEAL THIS MOMENT FROM YOU NOW

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

%d blogger menyukai ini: