PERBEDAAN RPP SIKLUS I DAN II PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MODEL JIGSAW

 RPP SIKLUS I

a.       Kegiatan awal

1)      Guru menyampaikan apersepsi terkait dengan materi (………).

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa, melalui penjelasan pentingnya pemahaman tentang materi (….), sertamenjelaskanteknispembelajarankooperatiftipeJigsaw.

3)      Guru menyampaikantujuanpembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)    Guru membentuk siswa menjadi 8 kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang), selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

c)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

2)      Elaborasi:

a)    Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)   Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

c)    Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli.

3).     Konfirmasi:

a)    Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)   Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

c.         Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya

RPP SIKLUS II

a.       Kegiatan awal

1)      Apersepsi: guru menegaskankembalilangkah-langkahpembelajaran model kooperatiftipejigsaw.

2)Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran siklus I agar lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, serta tetap memberikan semangat kepada siswa yang sudah berhasil dalam pembelajaran pada siklus I.

3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan inti

1)      Eksplorasi:

a)     Guru menugaskan siswa untuk menujuk elompok yang telah dibentuk sebelumnya yaitu 8 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang, selanjutnya disebut sebagai sebagai kelompok asal.

b)    Kelompok yang dibentuk pada siklus II ditata kembali disesuaikan dengan kondisi/kendala yang dijumpai pada siklus I.

c)     Guru memberikan masalah yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal.

d)    Guru mengarahkan setiap anggota kelompok asal yang mendapatkan tugas sejenis dengan anggota kelompok lainnya membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.

Guru meningkatkan pengawasan agar diskusi dapat berjalan lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Bantuan individual diberikan kepada siswa yang mengalami masalah dalam penguasaan materi

a)     diampunya.

b)     Dalam kelompok ahli, guru menugaskan siswa membaca berbagai literatur yang terkait dengan materi (Susila).

c)     Guru meningkatkan intensitas bimbingan pada kelompok ahli, agar hasil yang dicapai siswa lebih optimal.

1)      Elaborasi:

a)      Dalam kelompok ahli, siswa menulis dan mendiskusikan temuannya dari hasil membaca berbagai literatur yang relevan.

b)     Guru kembali meningkatkan pengawasan dan memberikan bimbingan yang lebihefektif agar bisa dipastikan setiap siswa menguasai materi  yang  diampunya.

c)      Selanjutnya, dalam waktu yang telah ditentukan siswa dalam kelompok ahli diarahkan oleh guru menuju kelompok asal untuk menjelaskan temuannya dalam kelompok ahli, kepada anggota kelompok asal.

d)     Guru berkeliling memantau diskusi dalam kelompok asal, dan  memastikan agar setiap kelompok dapat memahami materi secara utuh. Guru juga memberikan bantuan apabila ada anggota kelompok kesulitan memberikan penjelasan materi  yang  diampu kepada temannya dalam kelompok asal.

Guru memfasilitasi diskusi dalam kelompok asal, sehingga setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan menjelaskan atau mempresentasikan temuannya dalam kelompok ahli

1)      Konfirmasi:

a)      Guru memberikan penguatan terhadap temuan siswa yang benar.

b)      Guru memberikan penjelasan/meluruskan temuan siswa yang kurang tepat.

a.    Penutup

1)      Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan.

2)      Guru memberikan PR kepada siswa.

Guru menginformasikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.

DIKUTIP DARI WIDANA ( BAHAN BIMTEK PTK )

About these ads

1 Comment

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s